30 Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan dan Tak Ada Matinya

Cari peluang usaha sampingan tapi tak punya cukup modal? Tenang, ada banyak opsi yang bisa dijalankan. Pilih yang pasti laku dan tidak ada matinya. Kami akan ulas di sini detailnya.

Memulai usaha sampingan merupakan salah satu cara untuk menambah penghasilan. Artinya, Anda sudah memiliki sumber penghasilan utama. Hanya saja, penghasilan tersebut mungkin terasa kurang atau memang masih butuh tambahan dana untuk ditabung buat jangka panjang.

Apa pun tujuan Anda memulai usaha sampingan, yang jelas yakinkan dulu diri sendiri untuk telaten dan tekun menjalankannya. Sebab meski jadi sampingan, bisnis tetaplah bisnis. Dia harus dijalankan secara serius supaya berhasil.

Apabila sudah yakin, silakan simak pilihan bisnisnya di bawah ini.

Peluang usaha sampingan modal kecil online

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis sampingan yang bisa dijalani secara online:

1. Ojek online

Opsi pertama yang bisa dijalankan adalah menjadi member platform ojek online. Contoh: Gojek dan Grab.

Peluang usaha sampingan modal kecil online - Ojek Online

Sumber foto: pixabay.com

Dengan menjadi member-nya, Anda bisa aktif sewaktu-waktu tanpa terikat jam kerja. Artinya, pada saat sedang bekerja di kantor, Anda bisa offline dari platform tersebut.

Baru setelah pekerjaan selesai atau jam kantor usai, Anda aktif kembali dan siap menerima order dari para pelanggan. Saat sedang libur kantor, Anda pun bisa menjalankan bisnisnya secara full.

2. Menjual kerajinan tangan

Jika Anda punya kelebihan membuat kerajinan tangan yang unik, cobalah buat prakarya kemudian jual secara online.

Biasanya, hal-hal yang berbau kreasi seperti ini bisa dihargai dengan mahal. Tak hanya itu, pangsa pasarnya pun jelas, yakni mereka yang suka dengan hal unik dan kreatif.

Terlebih lagi, Anda bisa membuat kerajinan tangan saat sedang tidak bekerja. Maksudnya, waktu untuk membuat karyanya bisa disesuaikan dengan aktivitas, baik di rumah maupun di kantor.

3. Penulis atau editor lepas

Menulis merupakan sebuah keahlian yang tidak dimiliki oleh sembarang orang. Meski terkesan mudah, tapi ternyata merangkai kata menjadi kalimat yang naratif dan persuasif itu tidak mudah.

Apabila Anda memiliki skill seperti ini, silakan manfaatkan untuk menjadi penulis atau editor lepas. Kini, ada banyak sekali website yang membuka lowongan penulis.

Artinya, tak perlu menjadi penulis buku atau novel untuk menghasilkan uang. Anda bisa mulai dengan menulis artikel online. Baik dengan cara menjadi member website atau membuka lapak menulis online kemudian menerima order langsung dari para pelanggan.

4. Buka toko online (jualan online)

Membuka toko online juga bisa jadi salah satu opsi yang dapat diambil. Modalnya kecil dan bisa dikerjakan kapan saja.

Sambil ngantor atau mengurus anak, Anda bisa melayani pelanggan yang bertanya-tanya via HP. Saat ada yang deal, pesanan bisa dibungkus dan dikirim saat sedang ada waktu longgar atau jam kantor selesai.

Untuk memperbesar market, silakan buka toko di instagram, facebook, atau media sosial lain. Gencarkan pemasaran supaya ada banyak new customer yang datang ke lapak Anda.

5. Dropshipper

Dropshipper merupakan solusi paling pas buat Anda yang ingin buka toko online tapi terkendala dengan modal. Dengan dropship, Anda bisa menjualkan barang milik orang lain tanpa perlu membeli stok terlebih dahulu.

Jadi, Anda bisa ambil foto produk supplier kemudian memasarkannya di lapak online. Cara kerjanya hampir sama dengan membuka toko online. Bedanya, dropshipper tidak perlu stok barang.

Usaha sampingan ibu rumah tangga (offline dan online)

Berikut ini adalah beberapa opsi bisnis yang umumnya dijalankan oleh ibu rumah tangga:

6. Warung kopi

Salah satu usaha kuliner yang bisa dijalankan di malam hari adalah warung kopi. Peluang usaha sampingan ini cukup menjanjikan apabila dijalankan dekat sekolah, kampus, atau area ramai lainnya.

 

Usaha sampingan ibu rumah tangga (offline dan online) - Warung Kopi

Sumber foto: pixabay.com

Warung kopi biasanya menjadi tempat bertemunya komunitas tertentu. Artinya, mereka butuh lokasi yang asyik buat nongkrong sambil mengobrol. Oleh karena itu, akan sangat baik jika warung tersebut dilengkapi dengan fasilitas wifi.

7. Warung makan

Warung makan merupakan salah satu peluang usaha rumahan bermodal kecil. Karena bisa dijalankan di rumah, bisnis ini juga dapat dilakukan sebagai usaha sampingan.

Bagi ibu rumah tangga yang lebih banyak tinggal di rumah, bisnis ini sangat amat cocok. Anda bisa coba buka di warung makan di pagi hari. Jadi, menunya juga khusus sarapan seperti pecel, nasi uduk, dll.

Jika Anda tinggal di lingkungan perumahan, membuka usaha warung makan khusus untuk lauk pauk juga cukup disarankan.

Hal ini karena kebanyakan orang yang tinggal di perumahan merupakan pekerja kantoran yang punya waktu untuk memasak nasi tapi tak punya cukup waktu untuk memasak sayur dan lauk pauknya.

8. Jasa jahit

Menjahit identik dengan usaha rumahan dan sangat cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga. Waktu untuk menjalankan bisnis ini sangat fleksibel dan bisa dilakukan sambil mengurus rumah.

Perkembangan bisnis ini bervariasi. Anda bisa coba buka usaha jahit baju/pakaian dan permak. Atau bisa juga membuat konveksi kecil-kecilan yang kemudian bisa dikembangkan menjadi butik kecil.

Bahkan sekarang, ada banyak orang yang menjual jasa jahit di internet. Anda pun bisa mencobanya jika memang ingin usahanya cepat dikenal dan berkembang.

9. Jasa setrika

Salah satu usaha rumahan yang bisa dijalankan dengan modal kecil adalah jasa setrika. Alih-alih laundry yang membutuhkan mesin cuci dan pengering, modal membuka jasa setrika terbilang jauh lebih kecil.

 

Usaha sampingan ibu rumah tangga (offline dan online) - Jasa Setrika

Sumber foto: pexels.com

Kans untuk mendapatkan pelanggan juga lebih besar karena menyetrika merupakan salah satu pekerjaan rumah yang cukup berat. Bagi wanita karier yang tidak punya pembantu, jasa setrika merupakan salah satu solusi yang paling banyak dicari.

Untuk mendapatkan banyak pelanggan, Anda bisa melakukan promo di sekitar kompleks perumahan. Jika sudah ada pelanggan, buat mereka loyal dengan memberikan diskon khusus di saat tertentu.

10. Terima pesanan kue dan jajanan lainnya

Apabila Anda punya bakat baking atau membuat kue, maka manfaatkanlah dengan membuka pesanan cake, kue, roti, atau jajanan semacamnya.

Peluang bisnis rumahan ini membutuhkan modal yang kecil dan waktunya fleksibel. Berikut ini beberapa ringkasan biaya yang dibutuhkan untuk membuka peluang usaha sampingan ini:

  1. Mixer seharga 200 ribuan rupiah, sudah dapat stand mixer.
  2. Oven tangkring yang biasa seharga 200 ribuan rupiah.
  3. Cetakan, dll dianggarkan 100 ribu rupiah.

Dengan demikian, hanya dengan uang 500 ribuan, bisnis ini sudah bisa dibuka.

11. Kuliner jajanan

Ada banyak sekali kuliner jajanan di Indonesia, contohnya gorengan, kebab, burger, cilok, sempol, dll. Bahkan, ada juga yang bergerak di bidang minuman. Contohnya es teh, es coklat, cincau, dll.

Khusus untuk jajanan seperti ini, Anda bisa memilih waktu bukanya. Apakah sepanjang hari atau hanya di malam hari.

Yang jelas, modal peluang usaha sampingan ini tidak terlalu besar. Peminatnya pun banyak sehingga pasti laku dan tak ada matinya.

Kalau bikin brand sendiri terasa ribet, Anda bisa coba beli franchise yang alat dan bahannya sudah siap.

12. Toko pracangan atau sembako

Toko pracangan atau warung sembako merupakan satu jenis bisnis yang tidak ada matinya. Pasti laku meskipun banyak pesaingnya. Hal ini karena produk yang dijual merupakan kebutuhan pokok.

Usaha rumahan ini bisa dimulai dari yang sederhana dan dijaga langsung oleh pemilik rumah. Penjaga warung juga bisa bergantian, siapa yang sedang punya waktu luang.

13. Jasa penitipan anak

Penitipan anak merupakan usaha yang kelihatannya biasa saja tapi ternyata menghasilkan banyak uang.

Semakin ke sini, makin banyak pasangan muda yang mencari TPA (tempat penitipan anak) karena belum punya pembantu. Di tengah kesibukan yang padat, mereka tidak bisa mengawasi anak selama 24 jam.

Nah, sebagai ibu rumah tangga, Anda bisa memanfaatkan ini untuk membuat bisnis dan membuka lapangan usaha baru buat para pengangguran.

Peluang usaha sampingan yang umum (karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa)

Jenis usaha di bawah ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Asalkan ada waktu dan/atau skill-nya:

14. Les privat

Mahasiswa atau karyawan fresh graduate sangat cocok dengan peluang usaha sampingan ini. Les privat yang dibuka boleh berkonsep offline atau online. Keduanya dapat dibuka dengan modal yang kecil dengan waktu yang fleksibel.

Kalau mau mengambil opsi offline, Anda mungkin akan membutuhkan kendaraan, bangku, atau papan tulis. Namun jika yang diambil adalah opsi online, maka modalnya hanya HP dan kuota internet saja.

15. Jual pulsa dan kuota internet

Pulsa dan kuota internet merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Bisnis ini masuk dalam kategori pasti laku dan tidak akan ada matinya.

Yang menarik, peluang usaha sampingan ini sangat mudah dilakukan. Bahkan, sambil bekerja di kantor pun Anda bisa menjalankannya. Hal ini karena pengisian pulsa dan kuota internet bisa dilakukan dari HP.

Anda hanya perlu memperhatikan cara bayarnya saja. Jangan sampai menerima pembayaran non tunai karena biasanya akan mengganggu alur kas bisnis.

16. Agen asuransi

Kalau Anda bekerja sebagai marketing, maka bisnis sampingan yang cocok adalah menjadi agen asuransi. Bisnis ini cocok buat marketing bank atau finance yang memiliki banyak sekali kenalan nasabah dengan alur kas jelas.

 

Peluang usaha sampingan yang umum (karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa) - Agen asuransi

Sumber foto: pexels.com

Namun, bukan berarti ibu rumah tangga atau mahasiswa tidak bisa jadi agen asuransi. Semuanya bisa dan berpotensi asalkan punya lead atau kenalan yang banyak. Asal mau serius, agen asuransi merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan.

17. Bisnis MLM

Ada banyak yang memandang sebelah mata terhadap bisnis MLM. Namun ternyata banyak juga yang memanfaatkan peluang usaha sampingan ini dan terbukti berhasil.

Yang perlu dilakukan adalah selektif dalam memilih bisnis MLM-nya. Pilih yang sudah kredibel dan tidak menipu.

Di antara MLM yang terbukti menghasilkan adalah Oriflame dan Tupperware. Dua MLM ini cocok buat ibu rumah tangga atau karyawan sebab berhubungan langsung dengan kecantikan dan kebutuhan dapur.

18. Makelar

Menjadi makelar juga bisa jadi salah satu pilihan yang pas untuk berbisnis. Penghasilannya memang kadang tidak menentu, tapi kalau sudah mendapatkan pelanggan, uangnya langsung banyak.

Sebagai contoh, menjadi makelar tanah dan properti. Menjual properti dan tanah memang butuh waktu yang lama. Tapi kalau sudah laku, penghasilannya senilai sekian persen dari harga propertinya. Jumlahnya pasti besar.

19. Bisnis bingkisan

Hampers atau bingkisan menjadi salah satu bisnis yang sedang hits saat ini. Usaha ini fokus pada pembuatan paket bingkisan yang bisa digunakan sebagai kado atau hadiah.

Sebagai contoh, hampers yang berisi sepaket pakaian bayi yang bisa diberikan sebagai hadiah untuk menyambut kelahiran.

20. Membuat blog

Jika Anda suka menulis dan berbagi kegiatan sehari-hari di media sosial, cobalah buat blog pribadi. Tuangkan ide di blog ini dan aktiflah.

Jika sudah mendapatkan banyak pengunjung dan situsnya terkenal, Anda bisa coba daftar ke program Google Adsense. Dari program ini, blog bisa dipasangi iklan dan menghasilkan uang.

Selain program Google Adsense, Anda juga bisa menghasilkan uang dari program afiliasi melalui blog. Ada banyak kesempatan lainnya. Silakan cari informasinya ketika blog sudah ready.

21. Jadi youtuber

Youtube memberikan peluang kepada siapa saja untuk menghasilkan uang lewat program Adsense. Anda bisa membuat konten menarik kemudian mengunggahnya di Youtube.

Apabila view dan subscribernya sudah memenuhi syarat, silakan daftarkan ke Adsense. Dari sinilah biasanya para youtuber mendapatkan uang.

22. Jual beli motor bekas

Kalau Anda punya banyak kenalan, cobalah terima jual beli motor bekas. Tak harus langsung besar atau punya showroom. Mulailah dari yang kecil dan lakukan pemasaran dari mulut ke mulut juga via online.

Bila pelanggan sudah percaya, mereka tidak akan segan menjual atau membeli motor dari Anda.

23. Sewa kendaraan

Jika Anda punya kendaraan yang menganggur, misalnya mobil atau motor, cobalah untuk membuka persewaan. Meski hanya satu, tetap ada peluang untuk mendapatkan uang dari kendaraan tersebut.

Contoh cara kerjanya:

  1. Jika Anda punya teman yang membuka rental, silakan titipkan dan menjadi anggota di sana.
  2. Sewakan pada tetangga saat sedang libur kerja. Akan sangat menguntungkan jika bisa sekalian menjadi driver.
  3. Jika Anda tinggal di kawasan wisata, silakan buka sendiri khusus persewaan untuk para wisatawan.

Dengan begitu, kans untuk mendapatkan uang akan terbuka lebar dan pundi-pundi keuangan pun bertambah.

24. Desain grafis

Desain grafis merupakan skill yang cukup dibutuhkan di era digital seperti sekarang. Anda bisa membuka usaha rumahan ini bila memiliki kemampuan yang sama.

Meski kini banyak sekali aplikasi editing, taste mendesain grafis tetaplah dibutuhkan karena ada nilai kreatif dan keunikan yang ada di setiap hasil desain.

Peluang usaha sampingan karyawan ini cocok dilakukan di malam hari, saat weekend, atau waktu libur kantor.

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan desain grafis, waktunya tinggal disesuaikan saja dengan urusan rumah tangga.

25. Usaha peternakan

Beternak merupakan bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Hal ini karena pengaturan waktunya bisa disesuaikan dengan aktivitas utama secara mudah.

Saat beternak, Anda tinggal mengatur waktu untuk memberi pakan, vitamin, dan melakukan perawatan.

Tinggal pilih saja hewan apa yang akan diternak sesuai dengan modal, passion, dan kemampuan.

26. Jasa ketik

Meski saat ini sudah banyak orang yang bisa mengetik, nyatanya masih banyak yang membutuhkan jasa pengetikan, khususnya di desa.

 

Peluang usaha sampingan yang umum - Jasa ketik

Sumber foto: pexels.com

Bisnis ini mudah berkembang di area pendidikan seperti sekolah dan kampus. Pelanggannya bisa jadi mahasiswa, siswa yang mengerjakan tugas, ataupun guru yang sedang membuat tugas atau soal untuk murid-muridnya.

27. Jual suvenir pernikahan

Peluang usaha sampingan berikutnya adalah jual suvenir. Keahlian yang dibutuhkan umumnya adalah membungkus suvenir dengan cantik. Sementara untuk isinya bisa dicari dari vendor.

Pembungkusan suvenir juga bisa dilakukan kapan saja, tinggal disesuaikan dengan waktu luang yang Anda miliki.

Untuk modal terbilang kecil, karena hanya perlu beberapa contoh suvenir yang bisa dipilih oleh pembeli saat hendak menentukan pesanan.

28. Software developer

Jika Anda bisa membuat software, tak ada salahnya membuka usaha jasa software developer. Waktu pengerjaannya sangat fleksibel dan berpeluang menghasilkan uang per bulan.

29. Membuka jasa pembuatan website e-commerce

Jika Anda punya skill membuat situs, maka bukalah jasa pembuatan website. Klien datang dari berbagai kalangan. Mulai dari perusahaan hingga pemilik toko online.

30. Menjadi penerjemah

Ada banyak buku, film, hingga drama berbahasa asing. Jika Anda punya kemampuan menerjemahkan, maka menjadi penerjemah bisa jadi salah satu ladang bisnis yang dapat dikembangkan.

Pastikan untuk mengasah kemampuan penerjemahan sehingga hasil translate-nya semakin bagus, luwes, dan tidak kaku.

Itulah beberapa peluang usaha sampingan yang dapat dijalankan oleh karyawan, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga. Jika Anda mau telaten menjalankannya, bukan tidak mungkin usaha sampingan inilah yang justru memberikan penghasilan utama. Serius, konsisten, dan telaten adalah kuncinya.