30 Peluang Usaha Untuk Pemula Modal Kecil Untung Besar

Jangan takut, peluang usaha untuk pemula terus terbuka lebar. Anda bahkan bisa pilih yang modalnya kecil tapi untungnya besar.

Ada banyak opsi usaha yang cocok buat pemula. Sayangnya, kadang kendala untuk memulai bisnis tersebut ada pada diri sendiri. Di mana tidak ada cukup keberanian atau ada sedikit keraguan untuk memulainya.

Padahal, jika mau mencobanya tentu akan ada jalan. Seperti kata pepatah, tak ada hasil yang akan mengkhianati usaha. Selama Anda mau mencobanya, lalu serius menekuninya, hasilnya pun akan mengikuti.

Jatuh bangun adalah hal biasa dalam bisnis, yang penting terus jalani secara serius sambil menjadikan setiap masalah yang ada sebagai pelajaran dan pengalaman.

Jika Anda sudah cukup berani dan yakin, kami akan membahas pilihan usaha yang modalnya kecil tapi berpotensi besar bila dikembangkan. Selamat menyimak.

Bisnis pemula yang menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa bisnis anti rugi dan terbukti cocok buat pemula:

1. Toko kelontong atau sembako

Membuka toko kelontong sangat cocok buat pemula karena produk yang dijual pasti laku. Produknya merupakan kebutuhan pokok yang pasti dibeli setiap hari oleh orang sekitar.

2. Pertamini

Stan pertamini memang cukup mahal, yakni di atas 10 juta rupiah. Namun bisnis ini cocok buat pemula karena pasti menghasilkan dan tidak akan bikin rugi.

Bagaimanapun, bensin pasti dibutuhkan orang. Jadi kalau lokasi rumah Anda ada di pinggir jalan yang strategis, manfaatkanlah untuk membuka bisnis ini.

3. Membuka daycare atau tempat penitipan anak

Tempat penitipan anak semakin banyak dicari sehingga masuk dalam bisnis paling menjanjikan di era sekarang.

 

Bisnis pemula yang menguntungkan - daycare

Sumber foto: Unsplash.com

Saat ini, ada banyak orang tua yang sibuk sehingga tidak bisa mengurus anak mereka. Alih-alih membayar pembantu yang mahal, daycare dinilai lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget.

Anda bisa membuka usaha ini di rumah. Cukup sediakan mainan anak sebagai penunjang dan jaga kepercayaan para customer dengan menjaga anak mereka dengan tulus.

4. Jualan perlengkapan bayi

Perlengkapan bayi seperti pakaian, tempat makan, popok, sepatu, dan lain-lain merupakan produk yang banyak peminatnya.

Alasannya simpel, selain dibutuhkan oleh orang tua yang anaknya baru lahir, perlengkapan bayi juga dicari oleh orang yang hendak menjenguk bayi yang baru lahir.

Terlebih, perkembangan bayi sangat cepat sehingga kebutuhannya pun ikut beragam menyesuaikan usia dan perkembangannya.

Apabila Anda tertarik, cobalah pilih perlengkapan bayi yang sesuai passion. Misalnya pakaian. Jika sudah dipilih, carilah supplier yang menyediakan harga murah dengan kualitas bagus.

Batasi modal awalnya sesuai dengan kemampuan dan jual dengan mengambil keuntungan yang sesuai.

5. Jualan mainan anak

Mainan anak juga punya pangsa pasar yang luas. Yang menarik, bisnis ini bisa dimulai dari modal kecil karena ada banyak sekali mainan hits yang dibanderol dengan harga murah.

Dengan modal 5 jutaan, Anda bisa memulai bisnisnya. Pemasarannya dapat dilakukan secara online maupun offline.

6. Budidaya ikan

Ada banyak ikan yang bisa dibudidayakan dengan modal kecil. Salah satunya adalah lele. Modal bisnis ini kecil

Sebagai pemula, Anda bahkan bisa buka dengan modal 3 jutaan rupiah. Peminat lele yang banyak membuat peluang usaha untuk pemula ini pasti menghasilkan.

7. Jual kue atau roti

Pembuatan kue juga tidak membutuhkan modal besar. Oleh karenanya sangat cocok dijalankan pemula. Namun perlu diingat bahwa untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus punya skill baking yang baik.

 

Bisnis pemula yang menguntungkan - Jual kue atau roti

Sumber foto: Unsplash.com

Kalau untuk awal-awal, bisa coba satu atau dua menu. Misalnya membuat pizza dan donat. Setelah berkembang, Anda bisa berlatih membuat jenis kue lainnya atau membuka katering snack khusus untuk hajatan.

Modalnya kecil karena tidak perlu beli peralatan khusus. Kalau pun mau beli, paling oven dan mixer yang harganya tidak sampai Rp 500.000,-.

Bisnis ini jelas menguntungkan karena persentase untungnya bisa sampai 50% bahkan 100%. Tergantung banderol harganya dan dijual di daerah mana.

8. Membuka warung makan atau katering

Warung makan adalah bisnis yang tidak ada matinya sebab menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Modalnya juga tergolong kecil karena peralatan dapur sudah tersedia semua.

Nah, jika Anda masih ragu mencobanya karena khawatir tak ada yang beli, cobalah buka katering yang melayani pelanggan berdasarkan pesanan.

9. Buka laundry atau jasa setrika

Laundry atau jasa setrika merupakan usaha sampingan yang bisa dilakukan dari rumah. Modalnya pun kecil karena peralatannya sangat sederhana dan sudah pasti dapat ditemukan di rumah dengan mudah.

10. Jual pulsa, paket data, dan token listrik

Anda tak perlu berpikir ribet mau menggelar lapak saat hendak mengambil peluang usaha untuk pemula bermodal kecil ini.

Sebab faktanya, penjualan pulsa, paket data, token listrik, dan PPOB bisa dijalankan melalui HP. Tak perlu lokasi strategis, tak perlu modal besar, Anda hanya butuh HP dan kenalan.

Agar bisnis berkembang pesat, pastikan banyak orang yang tahu bahwa Anda berjualan pulsa. Selain itu, jangan sampai ada yang membayar secara “hutang” karena alur kas bisnis ini sangat rentan.

11. Kuliner yang hits

Jika sebagai pemula Anda ingin mendobrak keuntungan langsung di bulan pertama, maka cobalah beli franchise kuliner kekinian. Sebagai contoh, saat sedang hits minuman boba, saat itu pula pembeli boba sangat banyak.

Harga franchise-nya sangat bervariasi. Tinggal disesuaikan saja dengan budget. Soal pendapatan, biasanya pihak pemilik brand sudah memiliki skemanya sendiri dan pasti menguntungkan. Jadi jangan khawatir.

Peluang usaha untuk pemula yang cocok buat anak muda dan kekinian

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis yang cocok buat generasi muda yang melek digital:

12. Jadi dropshipper

Menjadi dropshipper merupakan pilihan bagi hampir semua wanita yang sudah kenal marketplace dan punya banyak kenalan. Kadang, bisnis ini dimulai dari iseng-iseng.

Untuk memulainya, Anda hanya butuh kuota internet. Sebab pembelian dan penjualannya kebanyakan dilakukan via online.

13. Jastip (jasa titip)

Pada awal kemunculannya, jastip merupakan usaha untuk pemula yang terbilang out of the box. Betapa tidak, bisnis ini sangat simpel dan tidak akan ada yang menyangka bahwa titipan bisa dijadikan ladang berbisnis.

Jastip bisa dibuka dengan modal kuota internet bulanan dan kendaraan. Bila diasumsikan keduanya sudah Anda miliki, maka sudah jelas modal usaha ini nol rupiah.

Anda bisa menentukan margin keuntungan sendiri disesuaikan dengan produk yang dibeli oleh pelanggan.

14. Jasa pengetikan

Saat ini, pengetikan mungkin tidak terlalu dibutuhkan di area kota karena sudah banyak yang punya laptop dan komputer. Kecuali jika memang malas atau tak ada waktu mengetik, barulah jasa pengetikan akan dibutuhkan.

Sebaliknya, di desa ada banyak sekali orang yang mencari jasa ini. Ketersediaan laptop dan komputer di pedesaan masih sangat minim. Pun dengan skill pengetikannya.

Peluang bisnis buat pemula ini hanya butuh laptop / komputer sebagai modal. Ditambah dengan skill mengetik cepat.

15. Menulis online

Kita sudah masuk ke zaman di mana menulis tak harus di buku, majalah, atau koran. Semua bisa dilakukan secara online, termasuk menulis.

Menjadi penulis artikel lepas bisa jadi pilihan jika memang Anda memiliki skill menulis yang baik. Modalnya sama dengan jasa pengetikan, yakni laptop atau komputer.

Bedanya, penulis harus memikirkan ide atau materinya sendiri sementara jasa pengetikan tidak perlu melakukan hal tersebut.

16. Les privat

Ini adalah bisnis segala usia dan tidak kenal jenis kelamin. Privat merupakan peluang usaha untuk pemula bermodal kecil yang patut dicoba. Modal utamanya bukanlah uang melainkan pengetahuan.

Bisnis ini hanya bisa berjalan apabila Anda tahu tentang materi yang diprivatkan.

Soal pendapatan, sistemnya upah. Pemberi privat bisa menentukannya sendiri. Meski begitu, sebaiknya Anda mencari tahu harga pasarannya dulu sebelum pasang tarif.

17. Jual foto di internet

Jika Anda punya hobi fotografi, maka gunakanlah hobi tersebut untuk menghasilkan uang dengan cara menjual foto di internet.

Ada banyak situs yang bisa dimanfaatkan. Silakan cari informasinya secara online agar lebih jelas.

Modal bisnisnya cukup pakai smartphone dengan kamera yang hasil gambarnya bagus. Kalau punya dana lebih, Anda pun bisa membeli kamera DSLR.

18. Membuat blog

Kemampuan yang dibutuhkan untuk membuat blog adalah menulis dan mengelola website. Pengelolaan website yang dimaksud di sini bukan hanya bikin situs biasa, melainkan juga SEO.

 

Peluang usaha untuk pemula yang cocok buat anak muda - membuat blog

Sumber foto: pexels.com

Tujuannya adalah agar blog atau situs yang dibuat bisa masuk ke halaman pencarian Google. Dengan begitu, pengunjung situs akan meningkat.

Setelah pengunjungnya banyak, Anda bisa mendaftar Google Adsense atau afiliasi agar blognya menghasilkan uang.

Modalnya sedikit, hanya laptop dan kuota internet saja.

19. Jadi selebgram

Selebgram merupakan profesi baru yang cukup menguntungkan. Anda bisa fokus menjadi selebgram jika memang suka main media sosial.

Caranya adalah dengan mengelola media sosial pribadi dengan lebih serius, misalnya:

  • Menjadwalkan postingan.
  • Aktif memberikan komentar atau feedback kepada follower.
  • Menjaga kualitas postingan.
  • Mengadakan giveaway, dll.

Bila sudah jadi selebgram, Anda bisa menghasilkan uang dari paid promote atau iklan lainnya.

Modal peluang usaha untuk pemula ini hanya HP dan kuota internetnya.

20. Membuat konten youtube

Jika Anda punya hobi bikin video dan tahu cara editing video, tak ada salahnya coba membuat konten untuk Youtube.

Kuasai trik supaya channel youtube Anda mendapatkan banyak viewer dan subscriber. Setelah memenuhi syarat, silakan daftarkan Adsense agar bisa dipasangi iklan dan menghasilkan uang.

21. Jasa manajemen sosial media

Ada banyak toko online yang ada di Indonesia. Masing-masing toko online tersebut punya lebih dari satu akun media sosial.

Nah, biasanya mereka kesulitan melakukan pengelolaan toko online. Meski ada admin, kadang untuk membuat konten yang menarik butuh seseorang yang cakap di bidang tersebut.

Jika Anda punya skill seperti ini, tak ada salahnya mencoba. Toh modalnya sangat kecil, hanya kuota internet, smartphone, dan laptop bila diperlukan.

22. Desain grafis dan percetakan

Skill desain cukup banyak dibutuhkan di era digital. Tak hanya di perkotaan, di pedesaan pun kemampuan ini sangat dicari. Contohnya saja untuk mendesain undangan, banner, dll.

 

Peluang usaha untuk pemula yang cocok buat anak muda dan kekinian - Desain grafis dan percetakan

Sumber foto: pexels.com

Umumnya, jasa desain grafis disandingkan dengan usaha percetakan. Namun bila modalnya belum cukup, silakan bekerja sama dengan digital printing untuk mencetak desain yang sudah Anda buat.

Bisnis pemula yang menguntungkan berbasis keagenan

Bisnis di bawah ini sangat minim modal, tapi hasilnya besar bila ditekuni dalam jangka panjang:

23. Ikut bisnis MLM

MLM merupakan bisnis yang pada dasarnya minim modal. Anda tinggal membayar biaya pendaftaran lalu mulai memasarkan barang yang ada di MLM tersebut kepada teman atau komunitas.

Bila ada pesanan, Anda bisa melanjutkan orderan ke stockist menggunakan nomor member. Setiap MLM punya peraturan sendiri-sendiri mengenai jumlah persentase potongan harga yang diberikan kepada anggotanya. Potongan inilah yang nantinya akan jadi profit margin Anda.

Untuk biaya member, masing-masing MLM punya kebijakan masing-masing. Ada yang murah sekali misalnya Rp 9.900,-, ada pula yang gratis biaya pendaftaran tapi perlu belanja dulu agar bisa jadi member.

Pilihlah bisnis MLM yang tak hanya bermodal kecil tapi juga memiliki barang yang mudah dijual karena sudah terkenal dan perusahaannya kredibel.

24. Jadi agen umroh

Kini ada banyak sekali penyedia jasa keberangkatan umroh. Biasanya, penyedia jasa tersebut mencari partner untuk meluaskan jaringan. Anda bisa mengambil kesempatan ini atau mencarinya bila memang tidak ada yang menawari.

Tidak ada syarat khusus untuk menjadi agen umroh. Namun pastikan bahwa Anda paham product knowledge-nya untuk menghindari terjadinya penipuan jasa travel umroh yang akhir-akhir ini marak terjadi.

25. Agen asuransi

Asuransi menjadi produk proteksi yang makin banyak dicari saat ini. Selain bisa dipakai untuk memproteksi kesehatan, produk ini juga disukai karena dapat dipakai untuk berinvestasi jangka panjang.

Yang menarik, untuk mendaftar jadi agen Anda harus punya polis asuransi dulu. Anda pun akan dites untuk sampai mendapatkan kartu AAJI.

Polis asuransi umumnya bisa dibuka dengan biaya paling sedikit Rp 300.000,-. Biaya ini bisa dianggap sebagai modal awal.

Sementara pendapatannya biasanya berkonsep seperti komisi setiap kali ada orang yang mendaftarkan polis asuransinya melalui Anda.

26. Jual beli motor bekas

Bisnis jual beli motor bekas yang cocok buat pemula bukan yang langsung buka showroom karena jelas itu modalnya besar. Selain butuh tempat yang luas, motor yang ada di dalamnya juga banyak.

Sebaliknya, penjualan motor bekas untuk pemula dapat dimulai dari 1 atau 2 motor dulu. Kemudian dijual via online. Mungkin via marketplace atau dari mulut ke mulut.

Anda pun bisa membantu menjualkan motor tetangga atau kerabat. Kemudian nanti labanya diambil dengan sistem komisi.

27. Makelar tanah dan properti

Selain motor bekas, tanah dan properti juga menjanjikan. Penghasilannya sangat banyak jika berhasil menjual produknya. Meskipun hanya satu properti, upahnya bisa mencapai jutaan rupiah.

 

Bisnis pemula yang menguntungkan berbasis keagenan - Makelar tanah dan properti

Sumber foto: pixabay.com

Upah makelar biasanya menggunakan sistem komisi yang dihitung secara persentase. Semakin tinggi harga propertinya, semakin besar pula komisi yang akan didapatkan.

Modal membuka usaha ini hanya satu, smartphone atau HP. Sementara skill yang paling dibutuhkan adalah komunikasi.

Usaha modal kecil untung besar buat pemula lainnya

Selain opsi-opsi di atas, Anda juga bisa mencoba bisnis di bawah ini:

28. Make up artist

Usaha rias merupakan jasa yang menghasilkan dengan modal yang minim. Bayangkan saja, hanya dengan modal alat make up lengkap Anda bisa merias banyak orang sebanyak yang dikehendaki.

Pelanggannya biasanya datang saat musim pernikahan, wisuda, hingga hari besar nasional.

29. Jasa print

Printing yang dimaksud di sini adalah usaha cetak kecil-kecilan. Misalnya, di area kampus biasanya ada jasa printing tugas seperti makalah hingga skripsi. Modal usaha ini hanyalah printer, tinta, dan kertasnya.

30. Jasa pengiriman barang

Jual beli online kini makin maju. Seiring dengan hal tersebut, jasa pengiriman barang pun makin dibutuhkan. Anda bisa melihat ini sebagai peluang usaha untuk pemula yang anti rugi.

Untuk memulainya, Anda bisa bekerja sama dengan franchise. Siapkan juga lahan yang strategis dan cukup luas untuk menerima pengiriman barang dari para pelanggan.

Selain opsi bisnis di atas, Anda dapat mendirikan peluang usaha untuk pemula lainnya. Kuncinya adalah berani dan segera beraksi. Jangan hanya berani berencana tapi tidak ada eksekusi yang jelas.