30 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar yang Sedang Trend

Yuk jalankan peluang usaha rumahan yang modalnya kecil tapi untungnya besar! Lakukan dengan serius supaya bisnisnya makin berkembang dan terus menghasilkan.

Semakin majunya zaman, kini kita memiliki lebih banyak opsi untuk menentukan mau membuka usaha apa dengan konsep seperti apa. Tak terkecuali usaha rumahan.

Ada banyak sekali peluang untuk memulai bisnis dari rumah. Ada yang bergerak di penjualan barang, ada juga yang di bidang jasa. Semuanya bisa menghasilkan asalkan konsepnya jelas dan dilakukan dengan telaten.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa ide bisnis rumahan dengan modal kecil. Selamat menyimak sampai selesai.

Peluang usaha rumahan modal kecil yang fokus di penjualan barang

Berikut ini adalah beberapa ide usaha rumahan yang bergerak di bidang penjualan barang:

1. Toko sembako sederhana, peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya

Opsi pertama yang bisa diambil adalah membuka toko sembako. Bisnis ini sangat mudah ditemui di mana saja, baik di pedesaan maupun perkotaan.

 

Peluang usaha rumahan modal kecil yang fokus di penjualan barang - toko sembako sederhana

Sumber foto: Pixabay.com

Salah satu hal yang menarik dari bisnis ini adalah “pasti laku”. Hal ini karena sembako merupakan kebutuhan yang paling pokok. Artinya, semua orang pasti membutuhkannya setiap hari. Entah banyak atau sedikit, pasti orang akan membelinya sesuai kebutuhan mereka.

Untuk memulai usaha ini, modal yang dibutuhkan juga cukup variatif. Kalau mau membuka yang grosiran atau skala besar, jelas kebutuhan modalnya juga besar. Namun, apabila mau memulainya dari skala kecil, tentu saja modalnya juga akan mengikuti.

Jika memang saat ini modal yang Anda miliki masih terbatas, cobalah fokus kulakan di bahan pokok yang jelas dibutuhkan setiap hari seperti minyak goreng, mi instan, telur, beras, tepung, gula, garam, bumbu dapur, sabun cuci, dan rokok.

Hindari dulu pembelian produk yang tidak selalu dibutuhkan seperti minyak kayu putih, minyak urut, hand and body, dll.

Mulailah dari produk paling penting dan dibutuhkan. Selanjutnya, Anda bisa menambah variasi produknya nanti saat usahanya makin berkembang.

2. Berjualan pulsa, paket data, dan pembayaran lainnya

Pulsa, paket data, dan pembayaran-pembayaran lainnya kini juga menjadi kebutuhan pokok. Apalagi, saat ini hampir semua orang memiliki smartphone.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sudah memiliki HP sendiri-sendiri untuk mengikuti pembelajaran online (daring). Belum lagi pembayaran listrik, TV kabel, hingga BPJS yang setiap bulan pasti dibutuhkan.

Artinya, tak bisa dipungkiri kalau pulsa, paket data, dan pembayaran lainnya merupakan pengeluaran bulanan yang pasti dianggarkan dalam rumah tangga.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa pangsa pasar bisnis ini sangat besar dan cenderung sangat menguntungkan.

Terlebih, modal usahanya sangat kecil. Anda bisa mulai bahkan dengan uang 500 ribu rupiah saja. Ada banyak sekali situs jual beli pulsa yang membuka pendaftaran member secara gratis dan tidak ada minimal pembelian.

Anda pun tidak perlu sewa tempat usaha untuk memulai peluang usaha rumahan ini. Cukup pakai salah satu spot di bagian depan rumah kemudian pakai konsep marketing dari mulut ke mulut. Berikan pelayanan cepat dan jaga kepercayaan konsumen agar bisnisnya terus berjalan.

3. Menjadi dropshipper, usaha rumahan yang lagi tren

Dropshipper merupakan salah satu bisnis yang sedang hits di kalangan ibu rumah tangga. Dengan modal paket data bulanan, mereka bisa menjualkan produk milik orang lain yang dipasang di marketplace atau di tempat lain.

Untuk menjadi dropshipper, sebaiknya Anda pastikan kualitas produk yang dijual, bagaimana packaging-nya, dll. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan para customer agar mereka tidak merasa tertipu dengan jualan Anda.

Dengan kata lain, Anda perlu melakukan seleksi terhadap supplier atau reseller yang membuka kesempatan dropship. Jangan asal cari harga murah tanpa tahu bagaimana kualitas produknya.

Agar bisnis dropship yang Anda jalankan makin sukses, silakan lakukan pemasaran melalui status WA, mengikuti grup jual beli di FB (fokus di daerah Anda), dan lewat penjualan langsung ke teman atau tetangga.

4. Warung makan dan kopi

Potensi penjualan makanan dan minuman juga cukup menjanjikan. Selain itu, peluang usaha rumahan ini bisa dimulai dari modal kecil.

Jika skalanya kecil, Anda bisa membukanya dengan modal 2 jutaan rupiah dengan keuntungan yang sangat besar. Misalnya dengan profit margin 40% sampai 50%.

5. Budidaya dan penjualan ikan

Salah satu hobi yang cukup menjanjikan adalah membudidayakan ikan. Anda tinggal pilih mau membudidayakan ikan apa. Apakah ikan hias atau fokus pada ikan-ikan yang dapat dimasak seperti lele, nila, atau ikan air tawar lainnya.

Sebelum memulai usahanya, pastikan Anda tahu cara budidayanya dengan benar. Lakukan perhitungannya dengan tepat supaya dapat menghasilkan uang dengan cepat.

6. Ternak burung

Burung juga menjadi salah satu usaha rumahan modal kecil yang terbilang menguntungkan. Anda bisa mulai usahanya dari sepasang burung kemudian dikembangkan.

Untuk mendapatkan uang dari bisnis ini, Anda bisa melakukan pemasaran secara langsung atau mengikuti kompetisi burung agar lebih terkenal. Jika menang, biasanya harga burung akan cenderung lebih mahal.

7. Pertamini

Modal usaha membuka Pertamini memang bisa sampai di atas 10 jutaan rupiah. Namun karena produk yang dijual merupakan kebutuhan pokok dan pasti laku, maka bisnis ini sangat menjanjikan.

Dengan peluang besar yang dimilikinya, kans BEP akan jauh lebih cepat. Artinya, Anda pun bisa memutar modal itu kembali untuk memperbesar skala usahanya.

Selain soal modal dan peluang, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan lokasi usahanya. Pertamini lebih cocok dibuka di area padat penduduk yang letaknya di pinggir jalan. Hal ini karena di situlah banyak kendaraan berlalu lalang.

8. Jasa air minum isi ulang

Bila dulu kebanyakan orang minum air rebusan, kini banyak yang memilih minum air galon. Baik itu isi ulang, RO, atau galon asli.

Nah, Anda bisa mulai usaha ini dengan modal yang tidak terlalu besar. Uang di bawah 5 juta pun rasanya sudah lebih dari cukup.

Agar bisa berkembang cepat, buatlah konsep usaha delivery order. Jadi, Anda tinggal menerima pesanan melalui HP dan langsung mengantarkannya ke pelanggan.

9. Katering

Ada banyak pilihan jasa katering yang dapat dicoba. Mulai dari katering hajatan, aqiqah, hingga katering sehat. Anda tidak perlu beli banyak alat karena bisa memanfaatkan peralatan dapur di rumah.

 

Peluang usaha rumahan modal kecil yang fokus di penjualan barang - katering

Sumber foto: Pixabay.com

Modalnya cukup untuk membeli bahan-bahan yang kemudian akan terbayar lunas saat pembeli sudah membayar pesanan mereka.

10. Jual mainan anak

Seiring dengan banyaknya review mainan di Youtube, minat beli anak-anak terhadap mainan juga semakin tinggi. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan membuka usaha toko mainan anak.

Jika Anda memulai usaha di desa, mulailah dari mainan yang harganya murah dan paling banyak disukai. Dengan begitu, modal yang dibutuhkan tidak akan banyak dan kans untuk cepat BEP jadi besar.

11. Ikut MLM terpercaya, usaha rumahan modal 50 ribu

Dewasa ini, ada banyak usaha yang dikembangkan secara MLM. Mulai dari produk pertanian, kecantikan, hingga minuman kesehatan.

Nah, agar sukses Anda harus memilih produk dengan konsep MLM yang terpercaya. Maksudnya, cari yang sudah kredibel dan “no tipu-tipu”.

Salah satu MLM yang cukup terkenal adalah Oriflame, sebuah produk kecantikan asal Swedia. Untuk ikut di bisnis ini, Anda cukup menyiapkan modal Rp 49.900,- sebagai biaya registrasi. Bahkan kadang hanya tinggal Rp 9.900,- saat sedang promo.

Ide usaha rumahan yang bergerak di bidang jasa

Bisnis di bawah ini bergerak di bidang jasa. Artinya, modal utamanya adalah skill atau keahlian.

12. Jasa jahit dan permak pakaian

Jika Anda memiliki kemampuan untuk menjahit, maka manfaatkanlah untuk membuka usaha jahit. Jasa ini bisa dibuka dengan modal yang minim. Berikut ini beberapa komponen yang dibutuhkan:

  1. Mesin jahit seharga Rp 2,5 jutaan.
  2. Benang, pendedel, gunting, dll. seharga Rp 300.000,-.

Secara total, Anda membutuhkan uang sekitar 3 jutaan untuk membuka peluang usaha modal kecil ini.

 

Ide usaha rumahan yang bergerak di bidang jasa - jahit atau permak pakaian

Sumber foto: Pixabay.com

Anda tidak perlu menyewa tempat usaha karena bisa dijalankan dari dalam rumah. Namun perhatikan anggaran listrik jika Anda memakai mesin jahit listrik. Kemungkinan akan ada penambahan biaya.

Agar bisnisnya lancar, silakan coba buka jasa jahit dan permak pakaian. Jika di sekitar Anda ada konveksi baju atau jilbab, jadilah salah satu anggotanya supaya mereka bisa menjahitkan produknya di rumah Anda.

13. Servis barang elektronik

Skill lain yang cukup menjanjikan adalah bisa memperbaiki barang-barang elektronik. Hal ini karena kini banyak orang yang tergantung dengan benda elektronik untuk melakukan aktivitas.

Sebut saja magic com, mesin cuci, kulkas, kompor gas, hingga kipas angin. Semuanya adalah benda elektronik yang hampir pasti ada di setiap rumah. Apabila ada sedikit kerusakan, sang pemilik akan merasa bingung. Di sinilah muncul peluang buat para pemilik skill perbaikan benda elektronik.

Untuk memulai usaha ini, Anda tidak memerlukan modal besar. Cukup siapkan skill dan alat-alat perbaikan saja.

Soal keuntungan, jasa servis barang elektronik ini pasti menghasilkan banyak uang karena merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa. Di mana uang yang didapatkan merupakan upah seutuhnya.

Yang perlu Anda perhatikan adalah pemasarannya. Cara pemasarannya adalah dengan menerima servis panggilan atau berkeliling mencari pelanggan. Jangan hanya menunggu ada orang yang datang.

14. Rental mobil

Rental mobil adalah salah satu usaha yang cukup banyak dilakukan saat ini. Meski hanya punya satu mobil, Anda bisa memulai peluang usaha rumahan ini.

Caranya adalah dengan menyewakan langsung ke ojek online atau menitipkannya ke rental mobil milik orang lain.

Kalau belum punya mobil, cobalah untuk mencari uang buat DP. Kemudian angsurannya nanti dibayar pakai hasil rental.

15. Rias pengantin / manten

Bagi ibu rumah tangga yang punya hobi berias atau punya keahlian merias, tak ada salahnya mencoba usaha rias pengantin atau manten. Modalnya hanya alat make-up lengkap. Soal baju-baju pengantin, Anda bisa bekerja sama dengan persewaan baju.

Selain pengantin, jasa rias ini juga ramai pada saat ada wisuda, hari kemerdekaan, hari kartini, dan yang lainnya.

16. Potong rambut

Usaha potong rambut itu tidak ribet. Yang diperlukan hanya alat cukur, cermin, dan kemampuan untuk memotong rambut dengan model sesuai keinginan pelanggan.

Intinya, modalnya sangat kecil dengan upah yang setara langsung dengan pendapatan.

17. Penitipan anak

Peluang usaha menguntungkan lainnya adalah TPA atau tempat penitipan anak. Bisnis ini bisa dibuka hanya dengan modal mainan anak yang harganya murah. Selain itu, Anda tidak perlu sewa tempat karena lebih aman dijalankan dari rumah.

Bisnis ini berbasis kepercayaan. Jika ingin sukses, Anda harus dapat menjaga kepercayaan para pelanggan yang sudah menitipkan anak mereka.

18. Les atau privat (offline dan online)

Anda bisa membuka kursus atau les baik secara online atau offline. Kalau online, modalnya hanya HP dan paket data. Kalau offline, Anda mungkin butuh beli meja dan papan tulis. Harganya tak mahal, jadi modalnya bisa disesuaikan. Tidak perlu sebesar kursusan EF.

 

Ide usaha rumahan yang bergerak di bidang jasa - les atau privat offline online

Sumber foto: Pexels.com

Yang paling penting dari usaha rumahan modal kecil ini adalah skill untuk mengajar sesuai materinya. Jadi, pilihlah materi yang paling dikuasai.

19. Laundry

Biar mesin cuci di rumah tidak menganggur, Anda bisa membuka jasa laundry. Bisnis ini cocok dijalankan di dekat area kampus atau sekolah.

Namun, jika Anda tinggal di area perumahan di mana kebanyakan orang sudah punya mesin cuci, maka membuka jasa setrika bisa jadi pilihan yang pas.

20. Jasa foto

Usaha rumahan berikutnya adalah membuka jasa fotografi. Misalnya adalah foto produk, paket wisuda, dll. Selain skill fotografi, Anda hanya perlu uang untuk membeli kamera dan background foto yang kece.

21. Wedding Organizer

Apabila Anda memiliki manajerial yang baik, tak ada salahnya mencoba bisnis WO. Sebagai planner, yang dibutuhkan adalah konsep dan ide. Sisanya, Anda bisa bekerja sama dengan perias, pemilik sound and system, dll.

22. Persewaan perlengkapan bayi

Alih-alih membeli, banyak ibu rumah tangga yang memilih menyewa perlengkapan untuk bayinya. Contohnya adalah baby walker, stroller, dll.

Anda bisa melihat ini sebagai peluang dengan cara membeli stroller, baby walker, dan perlengkapan bayi lain. Bila modalnya masih kecil, silakan mulai dengan unit terbatas. Anda bisa mengembangkannya seiring berjalannya waktu.

23. Cuci motor dan mobil

Cucian motor juga tidak membutuhkan modal besar. Untuk paket lengkap peralatannya, harganya mulai 1,6 jutaan rupiah. Soal tempat, bisnis ini bisa dijalankan di rumah jadi tak perlu tambahan biaya sewa tempat.

24. Servis HP

Ada banyak orang yang pakai HP tapi tidak bisa memperbaikinya saat terjadi kerusakan. Jika mau mencoba bisnis ini, pastikan Anda punya skill servis HP yang bagus dan alatnya lengkap.

Usaha rumahan yang lagi trend bergerak di bidang jasa digital

Berikut ini beberapa jenis bisnis yang sedang tren dan mengikuti perkembangan dunia digital di Indonesia:

25. Jasa desain grafis

Jika Anda memiliki kemampuan desain grafis, maka manfaatkanlah untuk membuka jasa desain. Saat ini memang ada banyak aplikasi yang bisa digunakan oleh pemilik smartphone untuk membuat desainnya sendiri. Akan tetapi faktanya masih banyak orang yang membutuhkan jasa desain.

Cobalah buka usaha desain yang lebih fokus pada pembuatan banner, undangan, sampul buku, dan semacamnya. Ini adalah produk yang cenderung membutuhkan desain unik. Tidak seperti yang ada di aplikasi, di mana tema gambarnya kebanyakan sama tinggal diedit sedikit saja.

Modal yang dibutuhkan untuk jasa desain ini adalah laptop atau komputer. Kalau Anda belum punya cukup modal untuk membeli printer, silakan bekerja sama dengan digital printing yang bisnisnya sudah stabil.

26. Youtuber

Youtube merupakan salah satu platform yang membuka kesempatan kepada siapa saja untuk menghasilkan uang lewat adsense.

 

Usaha rumahan yang lagi trend bergerak di bidang jasa digital - Youtuber

Sumber foto: Pexels.com

Agar bisa demikian, Anda harus:

  1. Membuat konten menarik dan
  2. Mendapatkan banyak subscriber dan viewers.
  3. Mendaftarkan diri ke Google Adsense bila sudah memenuhi syarat.

Modal yang perlu disiapkan sangat kecil, yakni:

  1. Smartphone dengan spesifikasi kuat sehingga aman buat edit video.
  2. Paket data bulanan.
  3. Skill fotografi dan videografi.

Jika Anda punya laptop, editing video bisa dilakukan dari laptop. Namun jika tidak, fokus memakai HP juga akan lebih mudah karena bisa mengedit dari mana saja dan kapan saja.

Agar banyak viewers dan subscriber, Anda harus membuat video yang bagus. Pastikan untuk belajar mengenai teknik videografi dan editing. Jangan lupa belajar soal SEO agar kontennya ditonton banyak orang.

27. Influencer

Jika Youtube sulit ditembus, Anda bisa mencoba media sosial lainnya. Sebut saja instagram, facebook, atau yang lain.

Kini masing-masing media sosial juga membuka kesempatan bagi para penggunanya agar bisa mendapatkan uang.

Sebagai contoh, di instagram Anda bisa menjadi selebgram dengan jutaan pengikut hanya dengan membuat konten yang menarik.

Kemudian, Anda bisa buka paid promote untuk mendapatkan sejumlah iklan dari akun-akun lain yang ingin memasarkan produknya.

28. Konsultan SEO, peluang usaha yang belum banyak pesaing

Search engine optimization atau SEO merupakan salah satu ilmu yang sedang sangat dibutuhkan. Dengan SEO, seseorang bisa mendapatkan peringkat baik di mesin pencari sehingga website atau channelnya mendapatkan banyak kunjungan.

Hanya saja, tidak semua orang bisa SEO. Untuk itu, Anda bisa coba buka bisnis jasanya jika memang memiliki skill yang baik di sini.

Modalnya sangat minim, yakni paket data biasa. Pendapatannya cenderung besar karena upahnya merupakan pendapatan dan pelanggannya datang dari seluruh Indonesia.

29. Jasa pembuatan website

Jika Anda punya kemampuan baik untuk membuat website, maka ini bisa jadi ladang usaha yang menguntungkan.

Untuk memulai usaha ini, yang dibutuhkan adalah koneksi internet. Sesekali Anda perlu membeli domain, hosting, dll.

30. Penulis online

Jika Anda punya keahlian menulis, maka memanfaatkannya untuk membuka jasa penulisan artikel atau menjadi member penulis di salah satu website bisa dijadikan pilihan.

Modalnya hanya paket data dan skill. Sementara upahnya bisa langsung jadi pendapatan bulanan.

Itulah beberapa pilihan peluang usaha rumahan modal kecil dengan laba besar. Kebanyakan memang bergerak di bidang jasa karena upah jasanya sebagian besar langsung jadi pendapatan bersih. Oleh karena itu, tak ada salahnya memperkaya skill dari sekarang agar bisa bermanfaat di masa depan.