30 Peluang Usaha Makanan yang Cocok untuk Mahasiswa

Ada banyak pilihan peluang usaha makanan yang dapat dijalankan oleh mahasiswa agar mendapatkan tambahan uang kuliah.

Artinya, seorang mahasiswa tidak melulu harus mengajar privat untuk bisa memperoleh uang. Sebaliknya, mahasiswa dapat mengambil peluang bisnis makanan yang secara perhitungan profit margin terbilang besar sehingga sangat menjanjikan.

Bila mau mencobanya, ini juga akan menjadi pengalaman berharga dan dapat dikembangkan nanti saat sudah lulus kuliah. Dengan begitu, saat lulus Anda tidak perlu mencari-cari pekerjaan lagi.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa pilihan usahanya. Selamat menyimak.

Usaha yang cocok untuk mahasiswa dengan menu makanan cepat laku

Berikut ini beberapa pilihan menu makanan yang cepat laku dengan modal yang tidak terlalu besar:

1. Cilok

Opsi pertama adalah berjualan cilok. Untuk memulai bisnis ini, Anda butuh peralatan dapur seperti bak besar, kukusan, gas, hingga kompor. Untuk menjajakan dagangan, Anda bisa memanfaatkan rombong atau gerobak mini.

Jalankan bisnisnya pada saat tidak sedang kuliah. Misalnya di pagi atau malam hari. Silakan atur jadwal kuliah dengan baik agar dapat menyesuaikan waktu berjualan dan belajar secara bergantian.

2. Roti bakar

Makanan yang satu ini sangat banyak penggemarnya dan cocok dijalankan di malam hari. Maka dari itu, bisnisnya sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa.

Anda hanya butuh rombong dan alat untuk memanggang rotinya. Pelajari cara membuat roti bakar kekinian agar produk yang Anda jual laris manis.

3. Pentol bakar

Pentol bakar berbeda dengan cilok dari segi cita rasa. Pentol bakar lebih cenderung manis dan pedas karena dilengkapi dengan bumbu sebelum dibakar.

Untuk membuka usahanya, Anda butuh kompor, gas LPG, dan alat untuk membakar. Selain itu, untuk menjajakan dagangan dibutuhkan rombong. Silakan pilih mau jualan keliling atau menetap di satu tempat yang aman dan dekat dengan kampus.

4. Warung pecel

Pecel menjadi salah satu menu yang cocok dimakan di pagi hari. Itulah mengapa dia menjadi salah satu peluang usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa.

Usaha yang cocok untuk mahasiswa dengan menu makanan cepat laku - Warung pecel

Sumber foto: Unsplash.com

Pagi hari, sebelum kuliah dimulai, Anda dapat berjualan dulu. Tutuplah warung saat sudah mulai kuliah lagi. Di sela-sela jualan sambil menunggu pelanggan, Anda tetap bisa baca buku dan belajar untuk perkuliahan.

Agar makin menarik, cobalah buat pecel dengan konsep rice bowl. Dengan begini, tampilan produk akan menjadi unik dan kekinian.

5. Tahu crispy

Berjualan tahu crispy tidak membutuhkan modal yang besar. Yang perlu Anda siapkan hanya peralatan untuk memasak dan rombong.

Agar tampilan produknya menarik, silakan kemas dengan rapi dan unik. Gunakan rasa-rasa yang lezat seperti balado, BBQ, dan yang lainnya untuk menambah cita rasa produknya.

6. Bakso

Bakso menjadi menu favorit banyak orang. Menu ini bisa dijual dengan cara membuka lapak atau keliling ke kampung-kampung.

Usaha yang cocok untuk mahasiswa dengan menu makanan cepat laku - Bakso

Sumber foto: – Pixabay.com

Saat selesai kuliah, Anda bisa membuat baksonya. Bila sudah jadi, silakan jajakan secara keliling atau pilih salah satu spot dekat kos-kosan untuk menjualnya. Pilihlah waktu yang tidak mengganggu jam belajar.

7. Gorengan

Menu ini sangat lezat bila dimakan di malam hari. Maka dari itu, dia cocok buat mahasiswa karena penjualannya dapat dilakukan saat sedang tidak kuliah atau jam belajar selesai.

Terlebih, gorengan juga dapat dibuat dengan konsep open kitchen. Anda hanya perlu membuat adonan sebelum berangkat menjajakannya. Kemudian, proses penggorengan dapat dilakukan di lokasi penjualannya.

Jadi sangat menghemat waktu dan fleksibel.

8. Nugget pisang

Nugget pisang menjadi salah satu menu yang cukup banyak disukai. Produk ini bisa dibilang sebagai kreasi olahan pisang kekinian. Anda dapat membuat nugget dan menjajakannya di malam hari. Beri topping aneka rasa agar cita rasanya makin beragam.

Silakan bekerja sama dengan ojek online untuk menerima pesanan dari seluruh wilayah. Dengan begitu, bisnisnya akan makin meluas dan berkembang.

9. Martabak mini

Sebagai mahasiswa tentu Anda punya banyak teman sesama mahasiswa juga. Mayoritas mahasiswa suka makan jajan tapi cenderung tidak suka yang berukuran besar. Selain sesuai dengan porsi camilan, makanan berukuran kecil juga lebih murah harganya.

Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan ini untuk jualan martabak mini. Baik itu martabak manis maupun martabak telur. Bila dibuat dalam ukuran yang kecil, Anda juga bisa menjualnya langsung secara konsinyasi ke warung-warung. Jadi, sistem penjualannya lebih banyak dan potensi penghasilannya pun lebih besar.

Perlengkapan yang dibutuhkan buat membuka usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa ini adalah peralatan dapur ditambah dengan cetakan terang bulan mini dan wajan penggorengan untuk martabak telur.

10. Sosis bakar

Sosis bakar menjadi salah satu menu kekinian yang sangat laris manis. Tidak hanya mahasiswa, pembelinya juga berasal dari anak-anak hingga keluarga kecil.

Untuk memulainya, Anda hanya perlu mesin pemanggang sosis, kompor, dan gas LPG. Harganya sangat murah, jadi bisa dijangkau oleh mahasiswa. Selain itu, Anda mungkin juga butuh rombong untuk menjajakan dagangan.

Kunci keberhasilan penjualannya adalah cita rasa makanan. Jadi, Anda harus pandai memilih merek sosis yang paling enak dan disukai oleh banyak orang. Selain sosisnya, pastikan juga bahwa saus yang Anda pilih juga memiliki rasa terbaik.

11. Frozen food anak-anak

Bila sosis bakar lebih fokus pada satu menu makanan pinggir jalan yang dipanggang, maka jajanan satu ini beda.

Frozen food untuk anak-anak seperti sosis hingga tempura merupakan camilan yang harganya murah. Lebih murah bila dibanding dengan sosis bakar. Maka dari itu, produk ini sangat cocok dijual di area kampus yang mayoritas penduduknya adalah manusia.

Pelanggannya bisa dari mahasiswa, bisa juga dari anak-anak yang ada di sekitar perkampungan. Apalagi, modalnya juga tidak terlalu besar. Anda hanya butuh etalase, rombong kecil, kompor, gas LPG, dan wajan.

12. Bubur

Jika Anda punya skill untuk membuat bubur, misalnya bubur ayam, bubur sumsum, bubur kacang hijau, atau yang lain. Maka silakan gunakan skill ini untuk berjualan.

Bubur merupakan menu yang cocok dimakan saat pagi hari. Jadi, Anda dapat menyesuaikannya dengan jadwal kuliah yang padat.

13. Seblak

Seblak menjadi menu yang simpel dan mudah dibuat. Anda dapat menjual seblak by order atau langsung menjajakannya di salah satu spot dekat kampus.

Harganya yang murah dan rasanya yang pedas menjadikan seblak sebagai salah satu menu yang disukai oleh mahasiswa. Itulah mengapa bisnis ini cukup menjanjikan dan menguntungkan bila ditelateni.

14. Tahu pedas

Ada banyak sekali menu tahu pedas yang dapat Anda buat. Mulai dari tahu bakso pedas, tahu isi jamur pedas, atau tahu biasa yang sudah diberi bubuk cabai level-levelan.

Mayoritas mahasiswa cenderung suka dengan makanan yang rasanya pedas. Mereka suka menguji diri sendiri dan memakan makanan yang menantang.

Itulah mengapa makanan pedas bisa menjadi menu yang sangat pas dijual di area kampus.

15. Aneka kue basah

Bila Anda punya kemampuan untuk membuat kue basah, maka cobalah buat. Kemudian titipkan ke toko-toko kue terdekat. Biasanya, toko kue basah ini buka setiap pagi.

Selain jualan secara konsinyasi, Anda juga dapat menerima pesanan. Misalnya, saat ada pesanan tumpeng kue basah untuk acara-acara tertentu atau snack saat ada acara di kampus. Silakan promo ke teman-teman mahasiswa lain yang ikut organisasi, siapa tahu tenaga Anda dibutuhkan di sini.

16. Katering

Bukalah katering, boleh yang secara khusus membuka menu diet atau menu harian yang berbeda-beda agar pembeli tidak bosan.

Katering seperti ini harus Anda jalankan setiap hari. Kalau ingin cepat laku, jangan lupa untuk menghitung harganya secara cermat. Agar Anda tetap dapat menghasilkan laba tanpa harus menjualnya dengan mahal.

Pastikan rasanya enak dan tidak membosankan. Karena itulah letak kualitas makanan yang Anda jual.

Modal peluang usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa ini sangat kecil. Anda hanya butuh peralatan dapur sebagai investasi awal. Untuk kotak makanan dan bahan-bahannya termasuk dalam biaya operasional.

17. Ayam goreng crispy

Apakah Anda pernah memperhatikan teman-teman satu kos atau kontrakan, menu apa yang mereka sukai dan sering dimakan setiap hari. Dari sekian banyak menu, ayam mungkin menjadi salah satu pilihan menu yang paling favorit.

Usaha yang cocok untuk mahasiswa dengan menu makanan cepat laku - Ayam Goreng Crispy

Sumber foto: Unsplash.com

Anda dapat memanfaatkan ini bila punya skill untuk membuat ayam goreng crispy dan enak.

Mulailah dengan mempersiapkan rombong dan peralatan dapur. Kemudian lakukan penjualan dari sore sampai malam hari.

18. Nasi goreng

Nasi goreng menjadi menu makan malam yang sangat lezat. Menu ini dijual setelah maghrib sampai malam. Bahkan, kadang jam 12 malam masih ada penjual nasi goreng yang menjajakan produknya.

Sistem penjualannya ada dua, keliling kampung atau berjualan di salah satu lokasi strategis. Anda tinggal pilih salah satu.

Modalnya adalah rombong, wajan besar untuk nasi goreng, kompor, dan gas LPG. Selain nasi goreng, menu yang dapat Anda jual sebagai kombinasi adalah bakmi kuah dan goreng.

19. Mie ayam

Menu makanan ini cocok dimakan saat siang hingga malam hari. Bahkan, ada yang baru mulai jualan saat sore tiba.

Menunya sangat mudah dibuat dan bahannya tidak terlalu njlimet. Selain itu, produk ini harganya sangat murah. Jadi, cocok buat kocek mahasiswa.

20. Sate

Ada banyak pilihan sate yang dapat Anda ambil. Misalnya, sate kambing dan ayam. Harganya cenderung murah asal Anda dapat menyesuaikan dengan potongan daging yang tepat.

Saat ini, ada yang menjual sate ayam dengan harga Rp 10.000,- per 10 tusuk dan sate kambing dengan harga Rp 15.000,- per 10 tusuk. Cukup terjangkau untuk mahasiswa.

21. Ayam geprek

Ayam geprek juga menjadi menu hits dan kekinian bagi para mahasiswa. Sambalnya yang pedas dan harganya yang murah menjadi daya tarik tersendiri.

Apabila Anda mau menjajal bisnis yang pasti disukai teman-teman, maka ini adalah menu yang cocok. Pembuatannya sangat mudah dan dapat dijual di malam hari layaknya menu lalapan.

22. Kebab dan burger

Berikutnya, Anda dapat mencoba jualan kebab dan burger. Kalau di bisnis waralaba, ada menu roti maryam dan hotdog sehingga pilihan menunya lebih lengkap.

Kebab dan burger merupakan menu cepat saji yang banyak disukai anak muda. Selain karena rasanya enak, harganya juga terjangkau.

Anda bisa membeli waralaba atau berusaha mendirikan merek Anda sendiri. Kalau memilih waralaba, Anda mungkin perlu menyiapkan uang 10 juta lebih. Dengan kata lain, bisnis ini termasuk dalam usaha modal 20 jutaan.

23. Pempek

Pempek menjadi menu yang sangat enak dimakan saat cuaca dingin, tapi tak menutup kemungkinan untuk dimakan saat siang hari.

Bila melirik bisnis ini, Anda mungkin harus stay buat menjaga stand pempek. Kemudian ditinggalkan pada saat ada jam kuliah.

Jika takut mengganggu jam kuliah, maka Anda pun bisa menyesuaikan jadwalnya. Jadi, tidak perlu khawatir.

Usaha makanan online yang cocok untuk mahasiswa

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang cocok dijual secara online dan dapat dijalankan mahasiswa:

24. Donat

Bila Anda memilih untuk berjualan donat, setidaknya ada dua sistem penjualan yang dapat dilakukan. Pertama, Anda bisa membuat donat sesuai dengan pesanan orang. Artinya, Anda perlu memasarkan produk secara online kemudian membuat donat saat ada yang order.

Usaha makanan online yang cocok untuk mahasiswa - Donat

Sumber foto: Pexels.com

Kedua, silakan buat donat setiap hari saat sedang ada waktu longgar. Kemudian titipkan di warung-warung atau kantin kampus. Gunakan sistem konsinyasi yang menguntungkan buat kedua belah pihak.

25. Pizza

Sistem penjualan pizza ini biasanya by order. Jadi, Anda menerima pesanan kemudian membuatkan pizza-nya sesuai pesanan tersebut.

Dengan begini, Anda tidak akan membutuhkan modal yang besar untuk memulai usahanya.

Yang perlu disiapkan hanya perlengkapan dasar seperti oven, kompor, dan gas. Khusus untuk mixer, Anda dapat menggunakannya, boleh juga tidak. Tapi saran kami, jika ada keterbatasan modal, baiknya tak perlu pakai mixer. Pembuatannya bisa menggunakan tangan dengan cara diulen.

26. Pesanan kue ulang tahun dan roti

Apabila Anda punya kemampuan baik dalam bidang baking, maka buatlah pesanan cake untuk ulang tahun. Harga yang murah akan menjadi daya tarik buat teman-teman mahasiswa lainnya.

Bersama dengan itu, Anda pun dapat membuka pesanan roti khusus snack saat ada acara di kampus. Misalnya seminar, kuliah tamu, atau yang lainnya.

27. Bakpao

Selain donat, menu lain yang dapat dijajakan dengan dua sistem adalah bakpao. Pertama, Anda bisa menjualnya secara langsung dengan sistem konsinyasi ke warung-warung. Kedua, made by order. Jadi, Anda hanya akan membuat bakpao saat sedang ada pesanan saja.

Tentu saja, pilihan kedua tidak akan mengganggu kegiatan perkuliahan karena pesanan juga dapat disesuaikan secara leluasa.

Peluang usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa ini dapat dikombinasikan dengan bisnis donat. Hal ini karena bahan bakpao dan donat hampir sama. Hanya cara memasaknya saja yang berbeda.

28. Buka pesanan kue kering

Apabila Anda dapat membuat kue kering, maka silakan jual produk ini. Sistem penjualannya ada dua. Pertama, silakan buat kue kering dan jual langsung baik secara online atau konsinyasi ke minimarket dan warung.

Kedua, buatlah kue kering by order dan meningkatkan pembuatan kue saat musim hari raya tiba. Kemas dengan unik dan baik agar pembeli merasa puas saat membeli.

Untuk membuka peluang usaha makanan buat mahasiswa ini, Anda perlu menyediakan oven, mixer, dan peralatan dapur lainnya.

Peluang usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa yang belum punya skill memasak

Apabila Anda tidak punya kemampuan memasak, maka cobalah bisnis berikut ini:

29. Aneka keripik

Ada banyak jenis makanan khas daerah. Contohnya kalau di Malang ada keripik tempe dan buah. Menu makanan ini sudah disenangi di seluruh Indonesia.

Peluang usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa yang belum punya skill memasak

Sumber foto: Pixabay.com

Apabila Anda ingin membuka usaha tapi tidak punya kemampuan memasak yang baik, maka cobalah kulakan keripik atau jajanan khas di daerah tempat tinggal.

Bila sudah, silakan jual secara online dan offline ke teman-teman. Barangkali mereka mau membawa oleh-oleh untuk orang di rumah pada saat hendak pulang.

30. Kue kering seribuan

Berikutnya, Anda dapat mencoba membuat kue kering seribuan. Cobalah ke pasar besar di daerah Anda kuliah. Kemudian beli jajanan kiloan seperti kacang telur, kacang mete, dan yang lainnya.

Beli kemasan plastik kecil dan kemaslah jajanan kiloan tadi ke dalam kemasan plastik kecil. Bila sudah, titipkan di warung-warung dengan sistem konsinyasi yang jelas.

Buatlah harga seribuan atau dua ribuan untuk masing-masing jajanan yang Anda bungkus. Hitung dengan cermat supaya tidak merugi.

Itulah beberapa pilihan peluang usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa. Sebelum memulai usahanya, pastikan bahwa lingkungan kos atau tempat tinggal Anda nyaman untuk memasak dan tidak akan mengganggu penghuni kos lainnya.