10 Aplikasi Chatting Terbaik Android yang Paling Seru

Chatting atau mengobrol melalui aplikasi daring sudah menjadi hal yang lumrah untuk zaman sekarang. Kebutuhan komunikasi, membuat banyak aplikasi chatting semakin mengembangkan fitur demi kenyamanan para penggunanya.

Untuk aplikasi chatting sendiri sudah ada banyak yang bertengger di PlayStore dan terkadang beberapa orang bingung untuk memilih aplikasi chatting yang sesuai dengan kebutuhannya. Daripada bingung menentukan aplikasi chatting yang mau dipakai, lebih baik baca dulu 10 aplikasi chatting terbaik versi Angkasa ini, ya.

1. Whatsapp

Whatsapp

Sepertinya hampir semua orang menggunakan aplikasi ini, ya? Whatsapp atau yang lebih akrab disingkat dengan WA adalah aplikasi chatting yang paling simpel. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mendaftarkan nomor HP saja. Kemudian, pihak WA akan mengirimkan kode khusus untuk bisa mengakses WA.

Setelah berhasil terdaftar, pengguna bisa langsung menikmati semua fasilitas dan fitur yang tersedia di WA. Fiturnya sendiri sangat lengkap, bisa mengirim pesan, gambar, video, audio, file, hingga melakukan video call.

Selain fiturnya yang lengkap, WA juga tergolong simpel karena penggunanya tidak perlu memasukkan kontak secara manual. Secara otomatis, WA akan melakukan sinkronisasi kontak di HP atau di kontak Google kamu. Mudah kan?

2. LINE

LINE

Meski sama-sama aplikasi chatting, tapi LINE punya ciri khas sendiri dibandingkan dengan WA. Di LINE ada fitur yang namanya “Timeline”. Dalam Timeline, kamu bisa melihat status-status atau update dari setiap kontak yang ada di LINE. Selain itu, LINE juga punya akses untuk membaca berita yang dinamakan dengan LINE TODAY. Beritanya beragam dan dibagi menjadi beberapa kategori, seperti tekno, infotainment, hingga politik.

Untuk melakukan chatting-nya juga cukup mudah, kamu hanya perlu klik bagian “Chat” dan pilih kontak yang ingin kamu chat. Lalu, penggunanya bisa langsung berkirim pesan, gambar, video, audio, file, bahkan video call. Agar chatting semakin menarik dan unik, cobalah gunakan fitur stikernya.

3. Telegram

Telegram

Beberapa orang mungkin agak asing dengan aplikasi chatting ini. Namanya adalah Telegram, secara keseluruhan, aplikasi ini mirip dengan WA dan LINE, bisa melakukan chatting, kirim video, gambar, melakukan video call, dan telepon. Tapi yang membedakannya adalah bagian “editing”-nya.

Telegram mengklaim, aplikasinya mampu melakukan penyuntingan video dan foto dengan sangat baik. Jadi, pengguna tidak perlu repot untuk membuka aplikasi edit foto/video khusus. Selain itu, Telegram juga mengklaim aplikasinya sangat aman. Mereka menjamin privasi data penggunanya dengan enkripsi khusus, seperti 256-bit symmetric AES encryption, 2048-bit RSA encryption, dan Diffie–Hellman.

4. Facebook Messenger

Facebook Messenger

Kalau yang aktif di Facebook, pasti membutuhkan aplikasi ini. Sesuai dengan namanya, ini adalah aplikasi chatting yang secara khusus terkoneksi dengan akun Facebook penggunanya. Jadi, untuk melakukan chatting di Facebook, kamu tidak perlu membuka aplikasi Facebook-nya. Cukup gunakan Facebook Messenger saja.

Namun, Facebook Messenger ini hanya sebatas untuk chatting saja yang artinya pengguna tidak bisa melihat home atau pun fitur lengkap lainnya seperti yang ada di Facebook. Meskipun begitu, pengguna masih bisa mengirim pesan, stiker, video, gambar, file, hingga video call. Cukup lengkap, kan?

5. Snapchat

Snapchat

Masih dengan aplikasi chatting terbaik di Android, kali ini kami merekomendasikan Snapchat. Sebenarnya ini adalah aplikasi chatting yang sudah lama bertengger di PlayStore. Meski tergolong aplikasi lama, tapi Snapchat masih layak untuk digunakan berinteraksi dengan teman-teman.

Snapchat sendiri mirip dengan aplikasi lainnya dimana kamu bisa melakukan chatting, mengirim video, atau gambar. Namun yang menarik di aplikasi ini adalah bagian filternya. Di sini ada banyak filter yang bisa membuat fotomu semakin unik. Filternya sendiri dibagi menjadi beberapa kategori dan semuanya bisa diakses secara gratis. Seru kan?

6. WeChat

WeChat

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan asal Tiongkok. Konsepnya mirip dengan aplikasi chatting pada umumnya, bisa mengirim teks, gambar, video, melakukan telepon dan video call, hingga membuat grup chat secara private.

Namun ada satu fitur yang menarik di sini, yakni Nearby People. Fitur tersebut bisa memudahkan pengguna untuk menemukan pengguna WeChat lainnya dalam jarak yang dekat. Misalnya, kamu ingin memiliki teman baru di WeChat maka nyalakan fitur Nearby People. Secara otomatis WeChat akan mencarikan teman sesama pengguna WeChat di sekitarmu.

Setelah menemukannya, langsung saja tambahkan pertemanan dan mulai percakapan. Simpel dan sangat mudah, cocok untuk yang suka mencari teman baru melalui jaringan online. Apakah kamu salah satunya? Oh iya, hal menarik di WeChat adalah setiap pengguna bisa membuat stiker unik dengan wajah sendiri lho!

7. Skype

Skype

Mungkin beberapa orang mengenal Skype sebagai aplikasi untuk video call saja, padahal Skype bisa melakukan lebih dari itu. Tercatat, Skype mampu digunakan untuk chatting, terkoneksi dengan SMS, hingga mengirim file, baik itu berupa dokumen, foto, atau pun video.

Seakan tidak mau kalah dengan aplikasi chatting lainnya, Skype juga menambahkan fitur untuk mengekspresikan diri dengan cara yang unik, yakni menambahkan emoji di setiap percakapan yang dilakukan oleh pengguna.

Untuk menggunakan emoji unik, kamu bisa klik pada bagian “+” lalu kirim emoji berbentuk Giphy atau gambar. Agar tampilan emoji lebih unik, pengguna boleh menambahkan beberapa kata di emojinya. Seru, kan?

8. Kakaotalk

KakaoTalk

Kalau kamu pecinta kultur Korea, pasti sudah tidak asing dengan aplikasi chatting yang satu ini. Adalah Kakaotalk, sebuah aplikasi chatting yang dibesut oleh perusahaan Korea Selatan bernama Kakao Corporation. Aplikasi ini juga mirip dengan aplikasi lainnya, hanya saja di sini lebih condong dengan tema yang berbau Korea.

Stiker-stiker yang dihadirkan di Kakaotalk juga beragam dan menggemaskan. Namun sayangnya, stiker tersebut rata-rata ditulis dengan huruf Hangul alias huruf Korea. Meski begitu, stikernya masih mudah dipahami oleh orang yang awam dengan Bahasa Korea.

Oh iya, selain mendukung stiker lucu, Kakaotalk juga memungkinkan para penggunanya untuk mengedit profilnya sendiri. Misalnya, mengganti background dengan gambar favorit. Lalu menghiasnya dengan stiker bergerak yang lucu. Bahkan, ada juga fitur memajang tanggal jadian kamu dan si doi lho! Mau coba?

9. MiChat

MiChat

Konsepnya mirip dengan WeChat, jadi pengguna bisa mencari teman baru melalui fitur People Nearby. Dengan fitur tersebut, MiChat langsung mencarikan teman sesama MiChat yang berlokasi tidak jauh dari pengguna. Jika sudah menemukan teman yang cocok, kamu bisa langsung add dan chat dengan teman baru itu.

Selama chatting-an, kamu bisa mengirimkan teks, video, gambar, rekaman suara, telepon, hingga video call. Kalau mau pembicaraan di chat semakin interaktif dan atraktif, boleh sisipkan beberapa emoji unik khas MiChat. Jangan ragu untuk cari teman baru di MiChat, ya!

10. Hangouts

Hangouts

Aplikasi berikutnya yang bagus untuk chatting adalah Hangouts. Ini merupakan aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Google. Secara umum, fungsi dan fitur aplikasinya mirip dengan aplikasi chatting lainnya. Namun di Hangouts, setiap pengguna boleh membuat grup dengan maksimal 150 kontak di dalamnya.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan video call dengan 10 kontak secara bersamaan. Kelebihan lainnya, semua perbincangan, seperti telepon, SMS, dan Voicemail akan terintegrasi dengan akun Google secara otomatis. Menariknya lagi, kamu masih bisa tetap mengontak siapa pun di Hangouts meskipun orang yang dihubungi dalam keadaan offline.

Seperti itulah beberapa aplikasi chatting terbaik untuk Android. Sebenarnya masih ada banyak aplikasi chatting lainnya, namun menurut kami 10 aplikasi di atas adalah yang terbaik, dari segi fitur serta kegunaannya. Kalau kamu punya aplikasi chatting favorit lain yang tidak ada di atas, boleh rekomendasikan melalui kolom komentar, ya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.