4 Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android – Sejak hadirnya android pada sistem pengoperasian di perngkat ponsel menjadikan warna baru pada perngakat ponsel pintar atau smartphone. Yah dengan adanya android pengguna pengguna bisa dimudahkan dengan berbagai hal melalui aplikasi yang tersedia di google play store. Pengguna bisa menginstall langsung semua aplikasi yang tersedia di google play store sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Bukan hanya itu saja, hadirnya android menjadikan warna baru dalam dunia game. Kini para pecinta game bisa dengan mudah mendapatkan dan memainkan game yang mereka sukai di android. Namun terlepas dari berbagai kelebihan yang ada di perngkat smartphone android tidak lepas dari berbagai masalah yang di alami pengguna android.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada perangkat android yaitu pafa baterai android yang sering cepat panas, ngedrop, cepat habis, dan masalah lainnya. Masalah error pada baterai android sebenarnya bukanlan masalah yang serius jika kamu mengetahui penyebabnya. Oleh karena itu sebagai pengguna android sebaiknya kamu mengetahui bagaimana cara kalibrasi baterai pada smartphone android yang kamu gunakan.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab rusaknya indikator pada baterai android dan bagaimana cara untuk mengatasinya ? Oke kamu tidak perlu khawatir ya sob karena pada artikel yang kami publish ini. Kamu akan menjelaskan secara lengkap mengenai penyebab dan cara memperbaiki indikator baterai HP android. Oke langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan kamu lihat ulasan selengkapnya berikut ini.

Penyebab Rusaknya Indikator Baterai Android

Sebelum kita membahas lebih jauh bagaimana cara memperbaiki Indikator Baterai Android. Kita cari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab rusaknya Indikator Baterai Android.  Nah setelah kamu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab Indikator Baterai Android sehingga baterai pada smartphone android kamu cepat habis maka kamu dapat mencegah atau memperbaikinya.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab Indikator Baterai Android sehingga smartphone android sering kali habis padahal baru saja digungkan. Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Drain Baterai

Nah beberapa pembaca artikel ini mungkin masih ada yang belum tahu apa itu drain baterai ? jadi, drain baterai adalah kondisi dimana daya baterai h  android kamu tiba-tiba berkurang sangat cepat. Padahal sebelumnya kamu sudah charge daya baterai hp android kamu dengan full dan kamu pun jarang menggunakan hp tersebut. Daya baterai pada hp biasanya hanya bisa bertahan antara 20-60 menit saja.

Baterai Kembung

Salah satu yang menyebabkan kondisi visual pada baterai hp android yang kembung yaitu karena daya baterai sering menerima daya yang terlalu berlebihan. Nah hal inilah yang menjadi penyebab kondisi fisik pada baterai hp android menjadi kembung atau membengkak. Oleh karena itu sebaknya pada saat kamu sedang melakukan charge hp android kamu pastikan kamu tidak membiarkannya dengan waktu yang lama hingga seharian penuh.

Kapan Kalibrasi Baterai Harus Dilakukan?

Setelah kamu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab Indikator Baterai Android maka selanjutnya kamu harus mencegah atau memperbaikinya dengan cara melakukan kalibrasi pada baterai hp android.

Untuk melakukan kalibrasi pada baterai hp android sebenarnya tidak perlu harus dilakukan secara rutin. Terlebih jika kondisi Hp android tersebut tidak mengalami masalah apapun. Hanya saja bagi kamu yang mengalami masalah maka kamu wajib melakukan kalibrasi pada baterai hp kamu.

Nah adapun berikut ini ciri-ciri pada hp yang harus melakukan kalibrasi agar masalah pada daya baterai HP android kamu bisa kembali normal seperti pada saat kamu membelinya.

HP sering Mati Tiba-Tiba

Jika Hp kamu sering mengalami mati secara tiba-tiba karena baterai habis padahal kamau menggunakannya hanya sebatas untuk keperluan kecil yang tidak membutuhkan daya baterai yang besar seperti untuk melakukan chatting maka kamu sebaiknya melakukan kalibrasi pada hp android kamu tersebut.

Saat Dicas Daya Baterai Berkurang

Selain sering mati secara tiba-tiba karena baterai habis, kondisi daya baterai yang berkurang pada saat dicas juga menjadi salah satu alasan buat untuk melakukan kalibrasi pada hp android.

Daya Baterai Cepat Habis

Pernahkan kamu mengalami pada saat kamu selesai melakukan cas pada hp kamu dengan full namun tiba-tiba daya baterai berkurang drastis hingga 70% dalam hitungan menit saja padahal kamu hanya melakukan chatting saja. Maka kondisi seperti tersebut menghasuskan kamu untuk melakukan kalibrasi pada baterai hp android kamu.

4 Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android

Untuk memperbaiki indikator baterai android yaitu dengan cara melakukan kalibarasi baterai android. Nah cara melakukan kalibrasi baterai android bisa dilakukan dengan 4 cara yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi dan tanpa menggunakan aplikasi. Nah untuk lebi jelasnya silahkan lihat tutorial dibawah ini.

1.Cara Kalibrasi Baterai HP Android Dengan Menggunakan Aplikasi

Nah untuk melakukan kalibrasi baterai android dengan menggunakan bantuan aplikasi android silahkan kamu lihat langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  1. Pertama silahkan kamu cari aplikasi yang bernama Battery Calibration di google play store
  2. Jika aplikasi tersebut sudah ketemu maka silahkan kamu install di hp kamu
  3. Setelah aplikasi battery calibration berhasil kamu install maka silahkan kamu buka aplikasi tersebut
  4. Nah setelah itu biasanya aplikasi akan meminta izin pada perangkat hp android kamu dan silahkan kamu klik Allow
  5. Tahap selenjutnya silahkan kamu cas baterai hp kamu hingga full
  6. Jika daya baterai sudah terisi 100% maka silahkan kamu masuk ke aplikasi dan klik Calibrate
  7. Kemudian silahkan kamu cabut kabel cas pada hp android tersebut
  8. Selesai

Noted : Selain aplikasi yang bernama Battery Calibration kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk melakukan kalibrasi baterai hp android tergantung kebutuhan.

2. Cara Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Menggunakan Aplikasi

Selain dengan menggunakan bantuan aplikasi android. Kamu juga bisa melakukan kalibrasi pada baterai hp android kamu tanpa menggunakan bantuan aplikasi. Nah untuk lebih jelasnya silahkan kamu ikuti langkah-langkah seperti berikut ini.

  1. Pertam-tama pastikan daya baterai hp android kamu telah habis total dan hingga mati sendiri
  2. Selanjutnya silahkan kamu nyalakan kembali dan setelah itu maka hp akan mati sendiri disebabkan karena daya baterai kosong
  3. Nah pada saat hp android kamu tersebut mati maka silahkan kamu pasang kabel charger dan lakukan cas hingga daya baterai penuh hingga menunjukan indikator 100%
  4. Jika ssudah dipastikan daya baterai full maka silahkan kamu nyalakan lagi dan silahkan kamu habiskan kembali daya baterai hp kamu tersebut hingga hp kembali mati
  5. Selanjutnya silahkan kamu lakukan cas kembali hingga indikator baterai menunjukan 100%
  6. Nah jika sudah penuh 100% maka artinya hp dan baterai hp android kamu tersebut telah berhasil di kalibrasi
  7. Selesai

Cara melakukan kalibrasi baterai hp android tanpa menggunakan aplikasi bisa dilakukan untuk semua tipe hape android. Hanya saja dengan menggunakan cara ini memang terlihat sedikit ribet dan memakan waktu yang lama.

3. Cara Kalibrasi Baterai HP Android Dengan Menggunakan Aplikasi (Untuk HP Root)

Nah untuk hp android kamu yang sudah di root maka untuk melakukan kalibrasi bisa dengan menggunakan aplikasi dengan langkah-langkah seperti berikut ini.

  1. Pertama silahkan kamu install terlebih dahulu aplikasi yang bernama Battery Calibration [ROOT]
  2. Jika sudah silahkan kamu buka aplikasi tersebut
  3. Setelah itu silahkan kamu cas baterai hp android kamu tersebut dan tunggu hingga indikator baterai hp android tersebut menunjukan 100%
  4. Kemudian silahkan kamu tap pada tombol Calibrate
  5. Terakhir silahkan kamu cabut kabel charger-nya
  6. Selesai

4. Cara Kalibrasi Baterai HP Android Melalui Recovery

Nah untuk cara ini khusus dilakukan jika kondisi hp kamu sudah dalam keadaan di root dan juga telah terinstall recovery nya tersebut. Langsung saja silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  1. Pertama-tama silahkan kamu matikan hp android kamu
  2. Jika sudah silahkan kamu masuk ke dalam mode recovery dengan cara tekan tombol power + volume atas + volume bawah secara bersamaan
  3. Selanjutnya silahkan kamu cari menu Advance lalu silahkan kamu cari opsi Hapus Statistik Baterai atau Wipe Battery Stats
  4. Setelah itu silahkan kamu tunggu hingga prosesnya selesai
  5. Kemudian silahkan kamu matikan hp android kamu
  6. Selanjutnya cas baterai hp kamu hingga indikator baterai menunjukan 100%
  7. Jika sudah silahkan kamu nyalakan kembali dan gunakan hingga baterai HP android tersebut habis
  8. Terakhir silahkan kamu cas lagi hingga daya baterai sampai full 100%
  9. Selesai

Penutup

Silahkan kamu ikuti langkah-langkah seperti pada tutorial diatas sesuai dengan kebutuhan kamu. Terima kasih telah mengunjungi artikel terbaru dari angkasa.co.id yang membahas Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android. Semoga bisa mudah dipahami dan bermanfaat untuk pada pembaca semuanya. Selamat mencoba.