30 Peluang Usaha Modal 20 Jutaan yang Menjanjikan

Mencari peluang usaha modal 20 jutaan itu mudah! Opsinya sangat banyak dan berpotensi besar apabila dikembangkan dengan baik.

Uang 20 juta rupiah tergolong cukup bila dipakai untuk membuka bisnis skala medium. Tidak seperti peluang usaha modal 1 jutaan yang fokus pada bisnis kecil-kecilan, dana 20 jutaan bisa dipakai untuk membuat bisnis dengan skala yang jauh lebih besar.

Anda bisa menjalankan bisnis di bidang jasa dan penjualan barang memakai dana ini. Kami akan membahas beragam opsi usahanya. Jadi selamat menyimak.

Daftar usaha dengan modal 20 juta dari sektor jasa

Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis yang cukup menguntungkan dan dapat dibuka dengan modal 20 jutaan:

1. Fotocopy dan ATK

Fotokopi merupakan bisnis yang sangat menguntungkan apalagi jika dikerjakan di area yang padat seperti dekat kawasan pendidikan dan lembaga pemerintahan.

Daftar usaha dengan modal 20 juta dari sektor jasa - Fotocopy

Sumber foto: Pixabay.com

Untuk membukanya, Anda perlu mesin seharga 15 juta, peralatan lain seperti pemotong kertas, jilid, dll. dianggarkan 3 jutaan.

Selanjutnya, gunakan sisa uangnya untuk membeli ATK agar produk yang Anda jual beragam. Dengan begini, pelanggan yang datang juga akan terpuaskan.

2. Laundry

Memulai bisnis laundry tergolong mudah karena perlengkapan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Anda hanya butuh mesin cuci, pengering, jemuran, keranjang, timbangan, hingga lemari dan meja display.

Di marketplace, harga lemari dan meja display mencapai 3 jutaan. Sementara harga mesin cuci ada yang 2,7 juta sampai 5 jutaan.

Misalnya, Anda membeli mesin cuci seharga 3 jutaan sebanyak 3 buah. Sisanya bisa dipakai untuk beli 1 pengering dan perlengkapan lainnya.

3. Fotografi

Seiring dengan meningkatnya bisnis online, fotografi juga semakin dibutuhkan. Biasanya, para pemilik toko online butuh untuk foto produk atau menyiapkan proyek tertentu.

Daftar usaha dengan modal 20 juta dari sektor jasa - Fotografi

Sumber foto: Pixabay.com

Maka dari itu, apabila Anda memiliki kemampuan yang baik di bidang fotografi, silakan ambil peluang usaha modal 20 jutaan ini.

Anda bisa mulai dengan membeli perlengkapan studio fotografi secara lengkap seperti kamera, background, hingga pencahayaan. Harganya sekitar 15 jutaan. Sisa dananya bisa dipakai untuk promosi atau membeli keperluan tak terduga lainnya.

4. Salon and spa

Untuk membuka salon, yang pertama kali Anda butuhkan adalah tempat yang nyaman. Lokasinya harus strategis dan cukup luas. Anggap saja, biaya sewa tempat sekitar 7 juta, maka sisanya bisa digunakan untuk membeli perlengkapan seperti kasur, cermin, kursi, meja, tempat keramas, dan yang lainnya.

5. Bengkel motor

Anda bisa tetap membuka bengkel motor meskipun tidak memiliki keahlian reparasi. Caranya adalah dengan mempekerjakan satu atau dua orang yang sudah ahli di bidang tersebut.

Mulailah bisnisnya dengan menyewakan tempat strategis, peralatan bengkel, dan perlengkapan lain seperti spare part dan oli. Untuk sewa tempat, dimisalkan anggarannya 10 juta, belanja peralatan 3 juta, dan perlengkapan 3 juta.

Dana 4 juta yang tersisa bisa dipakai untuk membayar biaya operasional seperti menggaji karyawan, membayar listrik, air, dan yang lainnya.

6. Sanggar senam

Peluang usaha modal 20 jutaan berikutnya adalah sanggar senam. Anda perlu menyiapkan lokasi yang cukup luas dan strategis untuk menjalankan bisnis ini. Pastikan bahwa di lokasinya terdapat ruang ganti dan kamar mandi.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan cermin besar, matras, dispenser, rak dan meja untuk administrasi, karpet untuk menutupi lantainya, dan VCD player.

Anggap saja sewa lokasi 13 jutaan, dana 7 juta rasanya sudah lebih dari cukup untuk membeli keperluan lainnya.

7. Playground atau sewa mainan anak

Ada banyak sekali permainan anak yang bisa Anda lirik sebagai peluang usaha modal 20 jutaan yang menjanjikan. Di antaranya adalah sewa istana balon yang bisa buat trampolin dan odong-odong.

Di marketplace, dua jenis mainan ini memiliki harga sekitar 10 sampai 15 jutaan. Uang sisanya bisa Anda pakai untuk membeli permainan lain. Misalnya adalah mandi bola.

8. Cucian mobil dan motor

Cucian motor juga bisa dibuka dengan modal 20 jutaan. Bahkan, bila Anda mau mencari harga paket bisnisnya di marketplace, ada yang menjual seharga 19 jutaan.

Dana tersebut bisa dipakai untuk beli peralatan lengkap dengan 2 area cucian berkonsep hidrolik. Artinya, Anda tinggal cari tempat yang strategis dan menjalankan usahanya saja.

9. Persewaan alat pesta

Untuk memulai bisnis persewaan alat pesta setidaknya dibutuhkan dana minimal 20 juta. Dana ini fokus digunakan untuk membeli tenda, kursi, dan perlengkapan lain. Anda juga harus menyiapkan uang untuk menyewa gudang penyimpanan dan biaya operasionalnya.

10. Sewa alat pertanian

Indonesia boleh jadi memiliki banyak petani dan menjadi negara agraris. Tapi faktanya, banyak petani yang hidupnya kurang makmur. Bahkan, alat pertaniannya pun tak lengkap.

Daftar usaha dengan modal 20 juta dari sektor jasa - Sewa Alat Pertanian

Sumber foto: Pixabay.com

Salah satu alat yang tidak dimiliki oleh petani adalah traktor. Alat pertanian ini termasuk mahal sehingga tidak dapat dibeli dengan mudah.

Anda bisa melihat ini sebagai usaha modal 20 jutaan yang cukup menjanjikan dan cocok dilakukan di desa. Silakan beli traktor seharga 15 jutaan. Kemudian sewakan kepada para petani dengan harga yang wajar.

Selain traktor, Anda pun bisa menambah peralatan lain seperti mesin diesel dan selang air yang sangat berguna untuk pengairan sawah.

Peluang usaha modal 20 jutaan yang menguntungkan

Mayoritas bisnis yang tertulis di bawah ini dapat dijalankan tanpa risiko rugi sebab pasti dibutuhkan dan cepat laku. Berikut ini pilihan bisnisnya:

11. Pertamini

Dengan uang 15 juta, Anda sudah bisa membeli mesin pertamini digital. Untuk itu, gunakanlah mesin ini untuk membuka bisnis jual bensin di pinggir jalan raya. Sisa 5 juta bisa dipakai untuk sewa tempat dan kulakan bensin.

12. Kafe ala rumahan

Anda dapat membuat kafe ala rumahan dengan konsep yang unik. Gunakan uang 20 jutaan untuk mencari lokasi strategis, mendekorasi ruangannya, dan menyiapkan peralatan dapur. Anda juga mungkin perlu menyiapkan dana untuk menggaji karyawan.

13. Ayam geprek

Menu ayam geprek akhir-akhir ini sedang hits dan jadi pilihan banyak orang, khususnya generasi milenial. Bisnis ini dapat dibuka dengan modal 20 jutaan saja. Cukup sewa tempat, ubah dekorasinya, dan beli peralatan dapur. Selanjutnya usaha ini pun siap untuk dijalankan.

14. Toko sembako

Sembako merupakan produk yang pasti laku dan tidak akan bikin rugi. Meski secara persentase, profit marginnya kecil, tapi karena banyak yang beli, total labanya pasti besar.

Silakan siapkan ruang untuk membuka toko dan gunakan dananya untuk kulakan produk-produk sembako secara lengkap.

15. Waralaba makanan

Jika membuka warung sendiri terasa ribet dan membutuhkan banyak waktu, cobalah beli franchise makanan yang sudah terkenal. Adapun pilihan waralaba makanan yang budget-nya 20 jutaan adalah kebab, burger, dll.

16. Jualan HP dan pulsa

Berjualan pulsa memang bisa dimulai dengan modal 1 jutaan, tapi kalau dana Anda 20 jutaan maka bisnisnya bisa dikembangkan dengan lebih baik.

Caranya adalah dengan menyediakan ruangan khusus buat jualan, membeli etalase, dan sekalian jual beli HP bekas.

17. Membuat konveksi

Untuk memulai peluang usaha modal 20 jutaan ini, silakan siapkan ruangan yang cukup luas untuk menjahit dan memotong kain. Tak perlu strategis tapi aksesnya harus mudah. Hal ini dimaksudkan agar saat ada mobil mengantarkan kain, mobilnya bisa langsung masuk ke area konveksinya.

Peluang usaha modal 20 jutaan yang menguntungkan - Konveksi

Sumber foto: Pexels.com

Selain ruangan, Anda juga perlu menyiapkan mesin jahit, obras, kain, dan benang. Untuk mesin jahit, silakan siapkan 5 – 7 unit dulu. Tergantung harganya. Bila harganya 2 jutaan, maka belilah 7 sehingga sisanya bisa buat beli perlengkapan lain-lain.

18. Jualan bakso skala medium

Dana 20 jutaan dapat dipakai untuk membuka warung bakso sekaligus membuat konsep bisnis bakso keliling.

Misalnya dengan beli rombong sebanyak 5 dengan harga masing-masing 2,5 juta. Maka dibutuhkan uang 12,5 juta. Sisanya bisa buat beli bahan untuk membuat bakso.

Bila ingin jualan di rumah, Anda pun butuh meja dan kursi untuk menerima pelanggan.

19. Berbisnis katering

Katering menjadi bisnis yang memiliki profit margin besar. Modal untuk memulai bisnis ini dapat disesuaikan dengan budget.

Apabila Anda punya uang 20 jutaan, maka skala usahanya sudah cukup besar. Bahkan, Anda bisa buka untuk katering di pernikahan atau acara hajatan lainnya.

20. Kedai kopi hits

Salah satu usaha minuman yang sedang hits saat ini adalah kopi. Silakan beli salah satu waralaba kopi yang sedang hits tersebut. Pilihlah yang harganya sesuai dengan dana Anda saat ini. Salah satu contohnya adalah Nyopee yang menyediakan paket juragan seharga 14 jutaan.

21. Jualan obat dan tanaman herbal

Bisnis ini masih sangat minim pesaing, tapi peminatnya tergolong banyak. Bagaimanapun, setiap orang ingin terus menjaga kesehatannya. Sebagian dari mereka ada yang tidak suka periksa ke dokter dan lebih suka meminum ramuan jamu tertentu.

Anda bisa kulakan obat-obat herbal yang sudah terkenal. Selain itu, jual juga tanaman herbal kering seperti temulawak, daun sirsat, jahe merah, kunyit putih, kencur, dan yang lainnya.

22. Jualan produk khusus baju muslim

Anda bisa coba buka baju muslim di rumah. Untuk membuka bisnis ini, cukup sediakan ruangan untuk toko, hanger baju, dan patung untuk display.

Selain itu, Anda juga perlu mengubah desain ruangannya. Membuatnya lebih cantik dengan kaca transparan di bagian depan. Hal ini dilakukan supaya display pakaiannya dapat dilihat dari luar dan para pembeli pun jadi tertarik untuk masuk.

23. Berjualan baju anak-anak

Baju anak-anak memiliki size yang cepat berubah. Anda bisa menyediakannya dari usia 0 bulan sampai balita.

Gunakanlah modalnya untuk beli etalase dan menyiapkan display ruangan. Sisa modal tersebut dipakai untuk kulakan produk-produk secara lengkap.

24. Menjual keperluan khusus baking

Berbisnis keperluan baking belum banyak pesaingnya. Maka dari itu, bisnis ini sangat menjanjikan untuk dijalankan dalam jangka panjang.

Terlebih saat ini ada banyak ibu rumah tangga yang menghabiskan waktu di rumah. Ibu muda ini juga lebih sering bereksperimen dengan membuat kue sendiri untuk anak-anak mereka. Berbekal video di Youtube, mereka mulai menjadi seorang baker baru.

Siapkan lokasi dan ruang untuk jualan. Kemudian isi produk dengan lengkap mulai dari bahan-bahan untuk baking sampai peralatan dasar seperti oven, mixer, cetakan, loyang, dan yang lainnya.

25. Jadi sales jilbab langsung dari produsen

Selama ini, orang menganggap bahwa jualan jilbab hanya bisa dilakukan secara online atau membuka toko.

Padahal, jika Anda mau langsung datang ke produsennya, akan ada kesempatan menjadi sales untuk menyalurkan produk secara langsung kepada pedagang di pasar atau butik-butik.

Yang Anda perlukan hanya kendaraan untuk mengangkut barangnya saja. Kalau bisa mobil sebab produknya akan dijual kodian dan pesanannya biasanya mencapai puluhan kodi untuk satu toko.

Anggap saja Anda sudah punya kendaraannya, maka uang 20 juta bisa dipakai fokus untuk kulakan jilbabnya. Bila satu kodi seharga 380.000,-, maka Anda dapat membeli 50-an kodi.

26. Jualan tanaman hias

Bisnis tanaman hias juga cukup menjanjikan karena di era pandemi seperti sekarang makin banyak orang yang menekuni hobi berkebun.

Salah satu kunci sukses dalam usaha modal 20 jutaan ini adalah keberagaman produk. Oleh karena itu, belilah tanaman hias yang beragam dan lengkap. Jangan lupa siapkan lahan yang cukup luas dan cocok untuk berkebun.

Usaha modal 20 juta di bidang peternakan dan pertanian

Apabila Anda ingin membuka usaha yang dapat disambi, maka bisnis di sektor pertanian dan peternakan cukup cocok. Berikut ini beberapa pilihan usahanya:

27. Beternak ayam kampung

Beternak ayam kampung masih belum banyak pesaingnya. Anda tinggal sewa kandang atau tempat, beli alat pemanas, tempat makan, terpal, vitamin, pakan, bibit, dan yang lainnya.

Usaha modal 20 juta di bidang peternakan dan pertanian - Ayam Kampung

Sumber foto: Pixabay.com

Jika tempatnya disewa dengan harga 3 juta, pakan seharga 6 juta, alat-alat total 3 juta, dan bibit 5 juta, maka total dana yang dibutuhkan untuk modal awal adalah sekitar 17 juta.

Total investasi awal ini juga dapat disesuaikan dengan budget, bisa diperbesar atau diperkecil dengan menambah atau mengurangi bibit dan pakannya.

28. Ternak kambing

Selain ayam, Anda dapat beternak kambing. Yang perlu disiapkan hanya kandang, bibit, pakan, dan vitamin.

Misalnya, kandangnya 5 juta, bibit 10 juta (sekitar 20 ekor usia 5 bulan), pakan dan yang lainnya diberi anggaran 5 juta. Dengan begitu, uang 20 juta dapat digunakan secara maksimal.

Jika Anda mau menggaji karyawan, sebaiknya sekalian beternak banyak kambing. Sebab biaya gajinya akan langsung dibebankan pada masing-masing kambing sebagai biaya operasional bulanan.

Semakin banyak kambingnya, semakin besar pula pembagi gajinya. Dengan kata lain, semakin kecil pula biaya operasionalnya.

29. Ternak burung puyuh

Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis burung puyuh senilai 16 jutaan. Uang ini dapat dipakai untuk beli 1.000 ekor bibit, 5 kandang, dan pakannya dalam sebulan.

Sisa 4 jutanya bisa digunakan untuk sewa tempat di pinggir daerah dan membeli peralatan tak terduga. Hal ini karena kadang ada beberapa orang yang tidak mau daerahnya dipakai untuk membuat kandang burung.

Alasannya, bau yang tidak enak dan kemungkinan ada penyebaran virus tertentu pada saat ada wabah.

Demi keamanan bisnis jangka panjang, Anda bisa mengalah dan membuat usahanya jauh dari perkampungan.

30. Mengembangkan bisnis hidroponik

Di perkotaan, hidroponik merupakan cara berkebun yang cukup diminati. Sebab masyarakat kota sudah banyak yang sadar untuk mengonsumsi sayuran yang lebih sehat meski harganya cenderung lebih mahal.

Anda bisa mulai bisnis ini dengan menyiapkan lahan, bibit, dan peralatan lainnya. Pemasarannya bisa langsung ke supermarket dengan packaging yang menarik.

Pada dasarnya, Anda dapat memulai dengan modal yang kecil, sekitar 2 jutaan. Tapi kalau modalnya 20 juta, maka berarti skala bisnis hidroponik yang dijalankan cukup besar. Anda pun dapat menjadi pemasok sayuran di salah satu daerah apabila menjalankannya secara serius.

Itulah beberapa peluang usaha modal 20 jutaan yang cukup menjanjikan. Alasannya beragam, ada yang tingkat persaingannya kecil, produknya pasti laku, hingga profit margin yang tinggi. Cari yang sesuai passion dan kembangkan dengan serius agar sukses.