Jarang Ada yang Tahu, Ternyata Inilah 6 Manfaat Kunyit untuk Ayam Pelung

Tahukan Anda manfaat kunyit untuk ayam pelung? Ayam merupakan unggas atau hewan aves yang bernapas dengan paru-paru, mempunyai paruh dan dua kaki yang fungsinya untuk menggaruk tanah agar dapat mencari makan. Hewan yang satu ini dimanfaatkan telur, daging, dan bulunya.

Tidak banyak yang tahu dengan jenis ayam unggul dari Cianjur. Ayam ini adalah ayam pelung, berbeda dengan ayam yang lain, ayam pelung diseleksi karena suara kokokannya yang mempunyai nada dan panjang. Akan tetapi, tidak jauh berbeda dengan manusia, jenis hewan yang satu ini juga membutuhkan kunyit untuk kekebalannya. Tahukah Anda bahwa manfaat kunyit untuk ayam pelung sangatlah banyak.

Manfaat kunyit untuk ayam pelung begitu beragam. Bukan hanya bawang putih, kunyit juga bisa mengatasi atau membantu masalah pada ayam. Di bawah ini adalah beberapa ulasan kegunaan kunyit di bidang peternakan, apalagi khusus ayam pelung.

1. Obat berbagai penyakit pencernaan

Ada beberapa penyakit yang mengganggu sistem pencernaan ayam, salah satunya diare.  Banyak yang mempercayai bahwa kunyik dapat mengatasi diare pada ayam. Minum terlalu banyak adalah salah satu yang mengakibatkan ayam diare. Pilihan yang tepat untuk mengobati diare pemberian kunyit pada ayam. Kunyit begitu berguna untuk mengobati penyakit-penyakit dan menyehatkan sistem pencernaan pada ayam.

2. Menambah nafsu makan

Nafsu makan sering menjadi penghambat makhluk hidup termasuk ayam. Kurangnya makan, akan menyebabkan ayam menjadi kurus dan mudah terkena penyakit. Susah makan umumnya karena cacingan atau pencernaan sedang terganggu. Jika ayam tidak makan, maka ayam akan lemas dan berisiko mati. Pemberian kunyit pada ayam bisa mengobati cacingan pada ayam serta meningkatkan nafsu makan.

3. Obat penambah stamina

Bukan hanya ayam bangkok yang membutuhkan manfaat kunyit yang satu ini, ayam pelung dan yang lainnya tentu membutuhkan penambah stamina untuk bertahan hidup. Hal tersebut sudah menjadi rahasia umum. Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya menggunakan air kunyit ditambah dengan madu atau kuning telur, setelah itu sudah bisa diberikan pada ayam.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh ayam

Kunyit juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh ayam dikarenakan mengandung zat antioksidan, sehingga mencegah radikal bebas. Di saat pendemi seperti ini seharusnya lebih teliti, biasanya akan mudah berkembang atau bahkan bisa meningkatkan angka kematian pada ayahm.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Kunyit adalah tanaman yang mengandung zat antibakteri, sehingga baik untuk mempercepat penyembuhan luka. Caranya mudah, dengan mengolehkan kunyit pada luka ayam, membuat luka terhindar dari infeksi bakteri dan luka akan cepat kering.

6. Mencegah pembekuan darah

Ayam yang terluka bisa saja membuat darah membeku, beberapa persoalan yang diakibatkan pembekuan darah antaranya kelumpuhan, penyakit step, dan turun urat. Hal tersebut sering terjadi pada ayam, sehingga pemberian kunyit pada ayam adalah pilihan yang tepat, dikarenakan bisa mengurasi risiko terjadinya pembekuan darah.

Di atas adalah paparan manfaat kunyit untuk ayam pelung. Tidak hanya itu, jika diperhatikan dengan baik, ulasan di atas juga bisa membuat kita mengetahui cara mengurus ayam yang baik. Selain kunyit, bawang putih juga bisa mengobati beberapa masalah yang terjadi pada ayam pelung, sehingga tidak perlu khawatir. Kunyit dan bawang putih sangat mudah ditemukan di sekitar Anda. Walaupun kunyit dan bawang putih bisa mengatasi beberapa penyakit pada ayam, jangan terlalu menyepelekan kesehatan ayam. Untuk menghindari risiko yang terjadi, lebih baik perhatikan bahan pakan ayam tersebut, karena hal ini sangat penting.