Ketahui 5 Manfaat Tomat Untuk Ayam Pelung

Mayoritas masyarakat menyukai ayam untuk dipelihara karena mudah dikembangbiakan. Salah satunya ayam pelung, salah satu jenis ayam lokal Indonesia yang diseleksi suaranya. Tidak heran orang yang memeliharanya memberikan pakan tomat, alasannya karena manfaat tomat untuk ayam peluang sangat besar.

 

Manfaat Tomat untuk Ayam Pelung

Jangan salah loh, suara ayam pelung lebih panjang dengan intonasi lagu yang nyaring. Tidak heran ayam tersebut dikenal di seluruh daerah walaupun berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Berikut ada manfaat buah tomat untuk ayam pelung, diantaranya adalah:

1. Suara Lebih Halus

Manfaat tomat buat ayam pelung yang utama adalah agar suara lebih halus sehingga peluang memenangkan kontes sangat besar. Cara pemberiannya cukup mudah, yaitu belah menjadi beberapa bagian agar ayam bisa menelannya. Jika ayam anda enggan memakannya sendiri, dapat dilolohkan ke mulut agar pemberian tomat bisa rutin.

2. Dapat Menghilangkan Lendir

Pemberian pakan tomat secara rutin dapat membuat suara ayam pelung lebih lantang loh, alasannya karena tomat bisa menyedot atau menghilangkan lendir. Lendir yang ada di pangkal mulut, secara otomatis dapat masuk ke perut ayam bersamaan tomat.

Dijamin, ayam tak akan mengalami serak atau suara yang aneh walaupun mengikuti kontes beberapa kali. Hal tersebut karena tomat kaya akan vitamin dan mineral yang membuat suara ayam melengking.

3. Menjaga Kesehatan

Manfaat tomat untuk ayam pelung selanjutnya adalah menjaga kesehatan ayam, walaupun ayam tak tahu arti kesehatan tetapi sang pemilik wajib menjaga kesehatan hewan peliharaannya. Jangan sampai memanfaatkan hewan peliharaan untuk kontes kemenangan saja, untuk itulah asupan tomat untuk ayam pelung wajib dijaga.

Agar ayam tak bosan menyantap tomat, bisa memvariasikan pakannya. Misalnya, pakan pagi hari diberikan pakan hewani seperti belutm keong, ikan kecil. Sementara siang hari diberikan beberapa buah tomat sehingga kesehatan ayam selalu prima dan tak mudah sakit sekalipun sering diajak kontes.

5. Lebih Bersemangat

Tomat dipercaya membuat ayam pelung lebih bersemangat, yang terpenting rutin memberikan pakan kaya vitamin dan nutrisi sehingga ayam selalu sehat. Pastikan anda memberikan tomat setiap hari untuk variasi pakan ayam ya, apalagi manfaat tomat untuk ayam adu ini terbukti mujarab karena banyak yang membuktikannya.

Selain rutin memberikan pakan bergizi, jangan lupa memandikan ayam setiap pagi dan menjermurnya. Tujuannya agar ayam tak mengalami stress atau tekanan karena sering diajak kontes, apalagi saat mengikuti kontes pasti bertemu ayam dengan berbagai karakter. Hal tersebut membuat ayam mudah lelah dan stress karena rasa ketakutan atau marah.

Perawatan ayam yang tepat membuat ayam pelung lebih santai dan bersemangat sepanjang hari. Pastinya membuat anda senang karena bisa memenangkan kontes lantaran ayamnya semangat dan cekatan mengikuti kontes.

5. Kebal Terhadap Virus

Bukan rahasia lagi ayam rentan terserang berbagai virus karena daya imunnya rendah, apalagi jika ayam selalu ikut kontes. Pasti lebih mudah terserang virus karena tertular dengan ayam lain, dengan pemberian pakan tomat secara rutin membuat ayam pelung kebal terhadap berbagai virus.

Sebenarnya masih banyak manfaat tomat untuk ayam pelung, tetapi ke 5 manfaat diatas dapat dijadikan wawasan. Yang terpenting berikan pakan tomat yang masih segar agar kandungan vitaminnya masih untuh, jangan lupa takar penyajian tomat di setiap harinya agar ayam tidak bosan atau justru sakit karena pemberian tomat berlebih.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.