Cara Gurah Ayam Pelung agar Suaranya Semakin Bagus

Ayam pelung memiliki kokokkan yang melengkung dan panjang dan sudah menjadi ciri khas dari ayam tersebut. Bahkan ada beberapa kontes yang mengadakan perlombaan suara ayam pelung,maka tak heran banyak peternak yang mengikuti kontes tersebut. Untuk membuat suara kokokkan semakin bagus, salah satunya dengan cara gurah ayam pelung.

Terkadang ada beberapa ayam pelung yang malas berkokok lantaran kondisi atau faktor genetika yang mempengaruhinya. Meskipun ayam pelung berasal dari keturunan yang bagus, namun tidak mendapatkan kondisi perawatan yang baik, hal tersebut bisa membuat ayam tidak berkokok.

 

Cara Ayam Pelung Agar Rajin Berkokok

Diperlukan beberapa tips atau cara agar ayam cepat berkokok, sehingga ayam dapat memenangkan kontes atau sekadar memuaskan keinginan Anda semata. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar ayam dapat terus berkokok. Untuk mengetahui lebih jelas Berikut ini merupakan cara cara membuat ayam pelung rajin berkokok, di antaranya yaitu:

1. Menjaga Makanan Ayam Pelung

Untuk memberikan extra food, berilah ayam pelung makanan seperti gabah, beras merah dan kacang hijau. Hal tersebut bertujuan agar suaranya halus dan tidak kristal. Karena makanan tersebut dapat menghilangkan lendir pada tenggorokan ayam pelung. Selain itu, Anda juga bisa memberikan tomat untuk memperbagus kokok suara ayam pelung.

2. Menggunakan Belut

Belut dipercaya dapat membersihkan tenggorokan ayam pelung, tentunya hal ini sangat unik. Adapun cara yang dilakukan yaitu memasukkan belut utuh ke tenggorokan ayam, guna membersihkan lendir dengan efektif tanpa merusak pita suara ayam. Hal ini tentu berbeda dengan cara memasukkan bulu ayam ke tenggorokan ayam, karena bisa merusak pita suara.

Setelah membersihkan tenggorokan ayam menggunakan belut, selanjutnya para penghobis akan memotong kecil lalu diberi pada ayam pelung. Pasalnya belut memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan ayam ini.

3. Mandikan dan Jemur Ayam Pelung

Jika Anda memelihara ayam pelung Anda harus rajin memandikannya serta menjemurnya setiap pagi hari. Karena hal tersebut dapat menyehatkan serta menguatkan ayam pelung, sehingga ayam akan rajin berkokok. Cara memandikan ayam pelung bukanlah hal yang sulit, hanya saja Anda perlu memperhatikan sinar matahari sebelum memandikan ayam, apakah cukup panas atau tidak. Jika cuaca sedang panas, Anda bisa memandikannya, namun sebaliknya jika cuaca sedikit mendung, lebih baik tidak usah karena ayam dapat kedinginan

4. Berkawin dengan Ayam Betina

Tanpa disadari, ternyata ayam pelung memiliki keunikan, yaitu pada saat sedang birahi mereka akan berkokok untuk menarik lawan jenisnya. Dimana semakin rajin mereka berkokok maka ayam betina akan semakin tertarik. Oleh sebab itu agar ayam jantan rajin berkokok, Anda dapat memancingnya dengan ayam betina.

5. Gurah Ayam Pelung

Jika Anda ingin mengikuti kontes ayam pelung, Anda perlu melakukan gurah pada ayam tersebut. Adapun cara gurah ayam pelung bukanlah hal yang sulit, Anda hanya perlu memberikan minum rebusan air yang sudah dicampur dengan daun dadap setiap pagi sebanyak satu gelas. Setelah diberikan minum, Anda bisa melanjutkannya dengan memberikan ayam telur, bisa berupa telur ayam kampung maupun telur itik.

itulah 5 cara agar ayam pelung rajin berkokok, yang salah satunya yaitu dengan cara gurah ayam pelung. Pasalnya dengan menjaga kesehatan ayam pelung, maka mereka dapat bersaing di arena kontes dengan ayam lainnya. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mengikuti cara-cara tersebut. Semoga bermanfaat

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.