Ini Dia Tips Merawat dan Memberi Makanan Ayam Pelung Agar Cepat Besar

ANGKASA.CO.ID РAyam pelung merupakan ayam peliharaan yang berasal dari Cianjur. Ayam ini memiliki suara khas nyaring dan panjang. Pelung diambil dari bahasa Sunda yang berarti melengkung, dinamakan pelung karena ayam ini menghasilkan bunyi mengalun dan melengkung di akhir kokokannya. Untuk perawatannya memang tidak semudah memelihara ayam biasa, di sini kami akan memberikan  apa saja makanan ayam pelung agar cepat besar serta perawatan lainnya.

Jika dilihat secara sekilas ayam pelung memang hampir sama dengan ayam kampung biasa, tapi yang membedakannya ayam pelung memiliki bentuk badan, pial dan jengger yang lebih besar. Cara termudah untuk membedakan ayam pelung atau bukan cukup mendengarkan kokok ayam tersebut, jika suaranya merdu mengalun dan melengkung maka sudah bisa dipastikan ayam itu adalah ayam pelung.

Karena ciri khasnya ini, ayam pelung sering diikutkan dalam kontes ayam. Untuk menghasilkan ayam pelung dengan suara yang merdu, panjang, tidak putus-putus dan tidak serak, membutuhkan perawatan khusus seperti memberikan makanan ayam pelung agar cepat besar dan perawatan lainnya. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara memberikan makanan yang tepat bagi ayam pelung, berikut panduannya.

 

Makanan Ayam Pelung Agar Cepat Besar

Makanan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan, karena dengan memberikan makanan yang tepat akan membuat ayam Anda menjadi lebih gemuk, sehat dan tentunya baik bagi suara kokoknya. Untuk memberikan makanannya juga tida terlalu sulit, Anda bisa memberikan makanan harian dan juga herbal.

Berbeda dengan ayam pelung dewasa, bayi anak ayam pelung yang baru lahir diberikan makanan starter ayam ras pedaging sampai umurnya memasuki 1,5 bulan. Setelah umurnya di atas 1,5 bulan Anda bisa mencampurnya dengan dedak dengan perbandingan 1:2. Untuk usia 2,5 bulan Anda sudah bisa memberikan dedak tanpa campuran starter ayam ras pedaging.

Untuk makanan ayam pelung agar cepat besar Anda sebaiknya memberikan campuran beras merah, kacang hijau dan gabah/dedak. Selain itu sesekali berikan nasi setengah matang yang sudah dicampur dengan madu dan kuning telur. Untuk makanan lainya, seminggu dua kali berikan buah-buahan agar baik untuk pertumbuhan dan tenggorokannya.

Buah-buahan yang bisa Anda berikan seperti pisang yang baik untuk melembutkan suaranya, pepaya untuk menjaga kesehatan pencernaan, jeruk untuk mencegah dan mengobati masalah tenggorokanya dan juga tomat untu mengurangi lendir yang berlebihan pada tenggorokan ayam pelung.

Sebenarnya cara menggemukan ayam pelung tidak begitu susah, untuk lebih menunjang pertumbuhan ayam pelung, lebih baik lagi jika memberikannya makanan tambahan hewani 2-3 seminggu seperti katak, belut, keong dan juga ikan-ikan kecil.

Selain memberikan makanan yang tepat, ada beberapa perawatan yang harus Anda lakukan agar ayam Anda selalu sehat dan menghasilkan suara yang berkualitas tinggi, yaitu sebagai berikut

 

Cara Merawat dan Memberi Makan Ayam Pelung Agar Cepat Besar

Sama seperti ayam-ayam khusus lain, ayam pelung harus diberikan perawatan seperti:

1. Rutin Membersihkan Kandang

Kesehatan ayam pelung juga tergantung pada kebersihan kandang. Jika kondisi kandang tidak bersih maka ayam pelung akan menjadi stress dan akhirnya berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan seperti susah mengeluarkan suara nyaringnya tersebut. Untuk itu selalu lah menjaga kebersihan kandang agar tingkat kenyamanan ayam pelung tetap terjaga.

2. Menjemurnya di Bawah Sinar Matahari Pagi

Sama seperti ayam lainnya, ayam pelung juga membutuhkan kehangatan dari sinar matahari agar dapat merilekskan tubuhnya. Dengan begitu ayam pelung akan terangsang untuk selalu belajar berkokok dan menghasilkan suara yang indah.

3. Memberikan Vitamin

Agar ayam pelung Anda tetap selalu fit dan rajin berkokok sebaiknya Anda memberikan multivitamin generik yang biasa dikonsumsi manusia atau vitamin khusus ayam. Vitamin untuk ayam pelung sangat baik agar sistem kekebalan tubuh ayam tetap kuat serta terhindar dari penyakit dan infeksi yang dapat menyerang ayam kapan saja.

4. Berikan Jamu atau Ramuan Tradisional

Selain memberikan makanan ayam pelung agar cepat besar, pemberian jamu atau ramuan tradisional juga penting untuk menambah nafsu makan ayam, memperkuat stamina, memperhalus suara serta mencegah dari gangguan suara. Anda bisa meraciknya sendiri dengan campuran kunyit, kunyit putih, kencur, tebung beras merah, tepung kacang hijau, madu, telur bebek, temulawak, kencur, dan temu ireng.

Setelah mencampur semua bahan dalam bentuk biji jagung, jemurlah di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah kering jangan lupa untuk menaruhnya di dalam tempat tertutup dan terbebas dari jamur. Jamu tadi bisa Anda berikan ke ayam jantan dewasa pada sore hari sebanyak 2 butir setiap 3 kali seminggu. Sedangkan untuk betina cukup berikan 1 saja setiap 2 kali seminggu.

5. Memandikan Ayam dengan Tepat

Sama seperti ayam lainnya, ayam pelung juga butuh untuk dimandikan seminggu atau dua minggu sekali. Cara memandikannya juga sangat mudah, cukup memandikannya menggunakan sabun agar bulunya tumbuh luwes, mengkilat dan bebas kutu. Setelah selesai memandikannya, jemur ayam pelung di bawah sinar matahari hingga bulunya mengering.

6. Melatih Pernafasan

Latihan pernafasan di sini sangat penting untuk mengetahui seberapa jauh kokok yang dihasilkan ayam Anda. Untuk mengetahuinya peganglah bagian kaki dan sayapnya, lalu celupkan ke air secara perlahan, lakukan cara tersebut berulang kali

Itulah makanan ayam pelung agar cepat besar serta beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan serta kualitas ayam pelung. Kualitas ayam, ditentukan dari bagaimana cara Anda merawat ayam pelung Anda. Semoga bermanfaat