Jamu dan Vitamin  Ayam Pelung Agar Berkokok Panjang

Anda pernah melihat ayam pelung? Ayam yang satu ini terkenal dengan suara kokokannya yang panjang dan berirama. Pertumbuhannya juga sangat pesat sehingga menjadikan ayam pelung bertubuh besar serta tinggi. Agar ayam pelung selalu sehat dan aktif, butuh perawatan ekstra, salah satunya dengan pemberian jamu dan vitamin ayam pelung.

Salah satu tanda ayam pelung memiliki kondisi sehat yaitu rajin berkokok panjang. Lalu bagaimana jika mendadak ayam peliharaan Anda malas berkokok? Selain faktor genetika yang dapat mempengaruhi kualitas ayam, perawatan yang tidak maksimal juga dapat membuat ayam urung berkokok. Maka dibutuhkan obat ayam rajin berkokok.

 

Jamu dan Vitamin Ayam Pelung yang Penting Diperhatikan

1. Jamu herbal untuk stamina ayam pelung

Jamu untuk ayam pelung salah satunya bisa menggunakan bawang putih. Bawang putoih memiliki banyak khasiat untuk permasalahan yang dialami ayam pelung. Pertama dapat mengurangi diare yang disebabkan faktor cuaca atau lainnya. Pemberian bawang putih dapat membuat kotoran ayam pelung menjadi tidak encer.

Fungsi bawang putih sebagai jamu, selanjutnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pergantian musim yang tidak stabil bisa menyebabkan daya tahan tubuh ayam menurun. Pemberian bawang putih ini bisa membantu daya tahan tubuh ayan pelung tetap terjaga, sebab mengandung Allicin yang merupakan senyawa anti jamur.

Untuk cara pemberian bawang putih pada ayam sebagai jamu, yaitu dengan memotongnya kecil-kecil sebagai pakan. Atau bisa juga bawang putih diblender atau dihaluskan lalu dicampurkan pada air minum dengan dosis seperempat siung bawang putih untuk seekor ayam pelung dewasa.

Jamu dan vitamin ayam pelung selanjutnya adalah kunyit. Manfaat yang bisa didapatan pada kunyit sebagai jamu untuk ayam yaitu menambah nafsu makan, sebagai antibiotik, menyembuhkan diare serta lesu.

Pemberian kunyit bisa dimanfaatkan sebagai obat ayam tidak mau berkokok. Cara pemberiannya dengan memberi ¼ kunyit lalu dimasukkan utuh pada mulut ayam pelung dewasa.

 

2. Kebutuhan gizi dan vitamin

Pada pemeliharaan ayam pelung, umumnya tidak dibiarkan bebas berkeliaran seperti ayam pada umumnya. Ayam pelung diberi kandang terbatas atau kandang khusus agar tidak mencari makan sembarangan di alam bebas. Maka dari itu, penting untuk memenuhi kebutuhan gizi serta vitamin ayam pelung dengan maksimal.

Makanan yang memenuhi kecukupan gizi, mineral serta vitamin sangat penting diberikan supaya kesehatannya selalu terjaga. Makanan dengan kandungan protein yang tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan ayam pelung. Lebih baik lagi pemberian sumber protein hewani yang mentah, contohnya ikan kecil, siput, keong, belut dan lainya.

Memberikan sumber protein belut pada ayam dapat berguna untuk membersihkan tenggorokannya. Cara unik ini biasanya dipakai sebelum ayam pelung kontes. Belut yang utuh tersebut dipercaya bisa membersihkan secara efektif lendir yang ada di tenggorokan ayam pelung tanpa merusak pita suaranya.

 

3. Memberikan pakan dengan nutrisi yang cukup

Jenis pakan ayam pelung yang biasanya diberikan agar kesehatannya selalu terjaga yaitu kacang hijau, beras merah, gabah, jagung dan lainnya. Kacang hijau mempunyai kandungan fosfor dan kalsiu yang tinggi sehingga mampu memperkuat tulang ayam pelung serta membantu pertumbuhannya.

Beras merah mempunyai kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh ayam pelung. Sedangkan pakan gabah, selain memiliki harga lebih murah juga memiliki kandungan vitamin yang kompleks sehingga baik untuk daya tahan tubuh ayam serta membuat tubuhnya terasa lebih ringan bergerak.

Jagung juga mengandung kalsium dan vitamin yang tinggi. Pakan jagung sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada ayam pelung. Selain itu, penambahan pakan pendukung juga bisa diberikan untuk kesehatan dan tumbuh kembang ayam lebih maksimal. Pakan yang bisa diberikan misalnya dedak, Voer dan bekatul.

Pemberian pakan ayam pelung sebenarnya hampir sama dengan pakan untuk ayam kampung biasa. Hanya saja peternak perlu menyesuaikannya dengan usia ayam pelung tersebut. Misalnya saja Voer yang diberikan pada anak ayam berguna untuk membantu pertumbuhannya.

Sedangkan jamu dan vitamin ayam pelung serta pakan dengan kansungan konsetrat lainnya berguna untuk memicu menghasilkan telur serta memberikan keindahan pada bulu dan tubuh ayam pelung.