Cari Informasi Tentang Obat Serak Ayam Pelung? Begini Caranya!

Ayam menjadi salah satu hewan yang memilii banyak jenis. Di Indonesia sendiri ada ayam pelung yang berasal dari Jawa Barat. Karena suaranya yang khas, ayam pelung seringkali diikutkan dalam kontes. Suaranya yang merdu membuat ayam jenis ini banyak disukai. Akan tetapi ayam bisa mengalami serak yang membuat suaranya menjadi kacau. Untuk mengatasi masalah ini perlu obat serak ayam pelung khusus agar suara bisa pulih kembali.

Ayam pelung memang tergolong sebagai ayam lokal, dimana kerap dipandang sebelah murah. Tapi faktanya, ayam jenis ini bisa dihargai mahal jika memiliki suara yang merdu dan sering menang kontes. Banyak orang yang hobi memelihara ayam ini. Sampai-sampai rela merogoh kantong dalam-dalam untuk bisa memiliki ayam dengan kualitas bagus.

Obat Serak Ayam Pelung

Berbicara mengenai ayam pelung yang mengalami suara serak. Masalah suara pada ayam ini bisa obati dengan ramuan dari bahan-bahan alami. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk membuat obat serak ayam pelung sendiri.

Ramuan Obat Serak Ayam 1

  1. Siapkan bahan seperti daun pepaya, tomat dan jahe.
  2. Iris bahan-bahan menjadi beberapa bagian sampai ukurannya lebih kecil.
  3. Kemudian rebus semua bahan yang sudah diiris. Tunggu sampai air mendidih dan dan bahan-bahan menjadi layu.
  4. Letakkan bahan-bahan yang sudah direbus tadi ke piring atau sejenisnya sampai tiris. Air sisa rebusan tidak perlu dicampurkan.
  5. Kemudian daun pepaya, tomat dan jahe yang sudah direbus tadi diberikan ke ayam. Jika ayam tidak mau makan, bisa mencoba memaksakan untuk dimasukan ke mulut ayam. Lakukan dengan perlahan agar ayam tidak stres.
  6.  Obat ini bisa diberikan ke ayam pada pagi dan sore hari secara rutin agar ayam cepat pulih.

Ramuan Obat Serak Ayam 2

  1. Anda perlu menyiapkan jeruk nipis yang masih segar, kemudian kecap.
  2. Campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 2 sendok jeruk nipis dan 1 sendok kecap.
  3. Berikan ramuan ini satu kali sehari sampai ayam benar-benar sembuh.
  4. Pemberian bisa dilakukan pada pagi hari agar ramuan ini bisa dirasakan efeknya.

Ramuan Obat Serak Ayam 3

Pada ramuan ketika ini adalah kumpulan dari beberapa ramuan. Jadi setiap poinnya, merupakan ramuan yang bisa dicoba untuk menagatasi masalah suara pada ayam pelung.

  1. Menggunakan buah mengkudu segar yang dipotong-potong sesuai ukuran mulut ayam. Kemudian buah mengkudu yang sudah dipotong kecil-kecil dilolohkan ke ayam rutin setiap hari sampai ayam sembuh.
  2. Menggunakan bawang merah atau bawang putih. Pilih salah satu saja, kemudian iris kecil-kecil dan berikan ke ayam pada pagi maupun sore hari.
  3. Menggunakan buah blimbing wulung yang masih segar, akan lebih baik jika baru dipetik. Peras blimbing wulung sebanyak satu sendok teh, dan berikan ke ayam setiap hari. Pastikan ayam sebelumnya sudah dalam kondisi sudah makan.

Penggunaan obat serak ayam pelung ini harus dilakukan rutin. Suara memang menjadi kunci utama dari ayam pelung. Semakin bagus suaranya, maka harganya akan semakin tinggi. Maka dari itu, suara serak ayam pelung ini harus segera di atasi apalagi ketika akan diikutkan kontes.

Bahan-bahan alami obat serak ayam pelung digunakan agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi ayam. Selain itu, bahan yang digunakan mudah untuk didapatkan. Para peternak atau pecinta ayam pelung tidak perlu khawatir jika peliharaannya ini mengalami masalah suara. Atasi dengan beberapa cara di atas dan lakukan secara rutin agar hasilnya lebih cepat.