10 HP Samsung Terbaru Beserta Harga dan Speknya

Berpikir untuk membeli HP Samsung? Tenang saja, Samsung adalah satu brand HP yang sangat aktif memproduksi HP. Jadi, tidak akan kehabisan pilihan saat mau beli HP Samsung terbaru.

Nah, kalau masih bingung memilihnya, berikut Angkasa punya daftar 10 HP Samsung terbaru beserta harga dan speknya. Kami urutkan dari yang terbaru di tahun 2020 ini. Simak ulasannya, ya!

1. Galaxy M31 Prime

Galaxy M31 Prime

Sebenarnya ini HP yang sudah muncul rumornya sejak Februari 2020 silam, namun baru resmi muncul ke permukaan pada tanggal 17 Oktober 2020. Berdasarkan spesifikasinya, HP ini membawa chipset dari Exynos 9611, GPU Mali-G72 MP3 dengan RAM kapasitas 6GB. Cukup baik untuk sebuah HP Samsung seri M.

Selain performanya yang menarik, HP ini juga dibekali dengan quad kamera yang terdiri dari 64 MP (wide), 8 MP (Ultrawide), 5 MP (macro), dan 5 MP (depth). Fitur di kamera utamanya juga cukup menarik, sudah ada LED flash, panorama dan HDR. Bahkan, kameranya mampu merekam video hingga resolusi 4K di 30fps.

Sedangkan untuk kamera depannya diberikan resolusi 32 MP (wide) dengan bukaan 2.0. Sama seperti kamera utamanya, di sini juga sudah ada fitur HDR yang juga bisa merekam video hingga [email protected]

Terlepas dari semua itu, kita perlu berbahagia karena M31 Prime ini dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, 6000 mAh dengan pengisian cepat 15W. So, ini HP yang cocok untuk pecinta game dengan baterai awet. Untuk yang tertarik membeli HP Samsung Galaxy M31 Prime ini, bisa siapkan dana sekitar 3 jutaan.

2. Samsung Galaxy F41

Samsung Galaxy F41

Sebenarnya Samsung Galaxy F41 ini tidak jauh berbeda dengan Galaxy M31 Prime, karena sekilas spesifikasi yang ditawarkan hampir mirip. Samsung Galaxy F41 sama menggunakan chipset Exynos 9611 (10nm), GPU Mali-G72 MP3, dengan kapasitas RAM 6 GB.

Nah, yang berbeda ini adalah kapasitas ROM-nya, kalau di Samsung Galaxy F41 punya dua pilihan, yakni 64GB atau 128Gb. Kedua pilihan itu sama-sama dibekali card slot, jadi masih bisa tambah memori eksternal kalau memori internalnya sudah sesak.

Selain dari segi mesin, di lini fotografi Samsung Galaxy F41 juga sedikit berbeda dengan M31 Prime. Di sini hanya menghadirkan triple kamera dengan resolusi 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), dan 5 MP (depth). Sedangkan untuk kamera depannya beresolusi 32 MP.

Overall, kamera utamanya mampu menghasilkan gambar di kondisi cahaya yang terang. Fotonya vivid pada bagian highlights dan shadows. Untuk dynamic range-nya juga cukup luas, sayangnya agak sulit mengunci fokus saat objek berjarak dekat.

Puas dengan kameranya, kini kami mau membahas soal layarnya. Samsung Galaxy F41 menggunakan layar seluas 6.4 inci dengan tipe Super AMOLED. Berdasarkan review dari smartprix.com, layarnya menunjukkan warna yang jelas dan agak crisp. Bahkan menurut mereka, layarnya masih sangat nyaman untuk nonton Netflix. Cocok untuk kamu yang suka nonton video di HP nih! Tertarik? Harganya sekitar 3 jutaan kok!

3. Samsung Galaxy S20 FE 5G

Samsung Galaxy S20 FE 5G

Berbeda dengan dua HP sebelumnya, Samsung Galaxy S20 FE 5G ini masuk ke dalam jejeran HP Samsung termahal, tapi sebanding dengan kualitasnya. Dalam spesifikasinya, HP ini menggunakan Snapdragon 865 dengan fabrikasi 7 nm+. Tidak hanya itu saja, performanya semakin kencang berkat GPU Adreno 650 dan dua pilihan kapasitas RAM 6/8 GB.

Untuk di bagian kamera, ada tiga kamera utama di bagian belakang di antaranya adalah 12 MP (wide), 8 MP (telephoto), dan 12 MP (ultrawide). Meski angka resolusinya tidak besar, tapi fitur kameranya sangat lengkap, ada Dual Pixel PDAF, OIS, 3x optical zoom, LED flash, auto-HDR, hingga panorama.

Sedangkan di kamera depannya ada resolusi 32 MP (wide) dengan fitur HDR. Bagaimana dengan hasil fotonya? Secara keseluruhan, hasil kamera di kondisi cahaya terang sangat bagus. Dynamic range cukup impresif jika dibandingkan dengan S20+.

Meski warnanya tidak terlalu vivid tapi tampilan warnanya cukup colorful. Hanya saja agak sedikit kurang nendang. Tapi, masih layak untuk dipilih bagi kamu yang suka foto-foto dari HP. Sayangnya, untuk mendapatkan HP ini kamu harus merogoh kocek agak dalam karena harga HP ini cukup mahal dengan kisaran 10 jutaan.

4. Samsung Galaxy S20 FE

Samsung Galaxy S20 FE

Nah, kalau ingin versi yang lebih murah, ada Samsung Galaxy S20 FE. Tapi di sini tidak ada teknologi 5G, ya. Untuk spesifikasinya juga agak berbeda karena Samsung Galaxy S20 FE menggunakan Exynos 990 (7 nm+), GPU Mali-G77 MP11, dan dua pilihan RAM 6/8 GB. Ketiga spesifikasi itu berpadu dengan sangat baik dalam segi performa, bisa untuk multitasking atau pun main game.

Pada bagian fotografi, Samsung masih setia dengan tiga kamera utama yang terdiri dari 12 MP (wide), 8 MP (telephoto), dan 12 MP (ultrawide). Untuk fiturnya juga nggak kalah lengkap dari versi 5G-nya, ada Dual Pixel PDAF, OIS, PDAF, 3x optical zoom, LED flash, auto-HDR, hingga panorama. Bagi pecinta selfie, di sini ada kamera 32 MP (wide) dengan bukaan 2.2, lengkap Bersama fitur HDR.

Untuk hasil potret di kamera utamanya dinyatakan cukup bagus secara keseluruhan. Androidauthority juga mengatakan white balance-nya akurat, tidak ada warna kekuningan pada hasil fotonya. Fokus pada objeknya cukup tajam. Sayangnya, saat foto di kondisi cahaya yang minim masih ada sedikit noise, tapi itu bukan masalah besar. Lalu, hasil foto kamera depannya cukup bagus dan lebih bagus ketika digunakan untuk merekam video.

5. Samsung Galaxy A42 5G

Samsung Galaxy A42 5G

Samsung Galaxy A42 5G digadang-gadang sebagai HP Samsung 5G termurah. Tapi sayangnya, HP ini pertama kali dipasarkan pada tanggal 6 November di Inggris. Belum ada berita pasti, apakah HP ini akan masuk ke Indonesia atau tidak. Namun yang pasti, HP ini punya spesifikasi yang cukup menarik untuk HP sekitar 6.7 jutaan.

Dalam spesifikasinya, Samsung Galaxy A42 5G membawa Snapdragon 750 5G (belum dikonfirmasi), GPU Adreno 619, dengan tiga pilihan RAM 4/6/8 GB. Karena chipset-nya belum dikonfirmasi, jadi belum bisa dipastikan bagaimana kualitas performanya. Tapi secara garis besar, HP ini cukup untuk main game dan multitasking.

Di sisi fotografi, Samsung Galaxy A42 5G ini membawa empat kamera di bagian belakang dengan resolusi 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), dan 5 MP (depth). Meski fiturnya tidak selengkap Galaxy S20 Fe, tapi di sini sudah menyediakan fitur PDAF, LED Flash, panorama, hingga HDR. Untuk kamera depannya ada resolusi 20 MP yang dinyatakan bisa merekam video di resolusi 1080p.

6. Samsung Galaxy M51

Samsung Galaxy M51

Selanjutnya, Samsung Galaxy M51 masuk ke dalam jajaran HP Samsung terbaru tahun 2020 ini. Untuk spesifikasinya, Samsung kali ini mempercayakan chipset pada Snapdragon 730G (8 nm), GPU Adreno 618, dan dua pilihan kapasitas RAM 6/8 GB. Berdasarkan pengalaman techradar, mereka tidak menemukan kendala atau pun lag saat menggunakan Samsung Galaxy M51 dalam keadaan normal.

Namun, ketika mengganti satu aplikasi ke aplikasi lainnya, multitasking, dan membuka beberapa tab chrome, HP ini agak kewalahan dan sedikit breeze. Tapi secara keseluruhan ini bukan masalah yang besar mengingat Samsung Galaxy M51 bukan berpijak pada HP Flagship.

Di lini kamera, ada empat kamera di bagian belakang, yakni 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro), dan 5 MP (depth). Sedangkan untuk selfienya ada kamera beresolusi 32 MP (wide) lengkap dengan fitur HDR. Performa kameranya ini tergolong sangat baik untuk HP di kelasnya. Bahkan, di kameranya ada berbagai mode potret, filter, AR Zone, dan masih banyak lagi.

Hal spesial lain yang ditawarkan di HP ini adalah baterainya. Tercatat Galaxy M51 ini punya kapasitas baterai 7.000 mAh. Menurut tekno.kompas.com, baterainya ini mampu bertahan untuk nonton film selama 34 jam, telepon 64 jam, dan mendengarkan musik hingga 182 jam. Cukup Tangguh kan? Untuk harganya sendiri, HP ini dibanderol dengan kisaran harga yang cukup wajar sekitar 5 jutaan.

7. Samsung Galaxy A51 5G UW

Samsung Galaxy A51 5G UW

Dengan dana sekitar 7 – 8 jutaan, kamu sudah bisa memboyong Samsung Galaxy A51 5G UW. Salah satu HP terbaru Samsung ini menggunakan chipset Snapdragon 765G (7 nm), GPU Adreno 620, dan RAM 6GB. Sedangkan untuk memori internalnya diberi kapasitas 128GB, cukup besar untuk menyimpan file di HP. Kalau pun kurang, bisa andalkan card slot.

Lalu di bagian kameranya ada quad kamera yang terdiri dari 48 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro), dan 5 MP (depth). Keempat kameranya ini dibekali dengan fitur LED Flash, panorama, HDR, dan bisa merekam video hingga 4K. Lalu, kamera depannya punya resolusi 32 MP (wide) dengan bukaan 2.2. Di sini hanya ada fitur HDR, meskipun begitu kamu masih bisa merekam video dengan resolusi 1080p dengan 30fps.

Sayangnya, kalau kamu ingin HP dengan baterai awet maka Samsung Galaxy A51 5G UW bukan pilihan yang tepat. Pasalnya, HP ini hanya memiliki kapasitas 4500 mAh. Tidak kecil memang, tapi dibandingkan beberapa HP sebelumnya, Samsung Galaxy A51 5G UW termasuk memiliki kapasitas baterai yang kecil. Tapi kabar baiknya, HP ini sudah memiliki fitur fast charging 15W.

8. Samsung Galaxy Z Fold2 5G

Samsung Galaxy Z Fold2 5G

Ini dia salah satu HP termahal dan terbaik dari Samsung, namanya Samsung Galaxy Z Fold2 5G. Konsep HP lipatnya membuat Samsung Galaxy Z Fold2 5G semakin menarik. Belum lagi spesifikasi yang ada di HP-nya, sangat mengesankan. Tercatat, HP ini dibenamkan Snapdragon 865+ (7 nm+), GPU Adreno 650, dengan RAM 12GB. Jadi, sudah bisa dipastikan kalau HP ini sangat lancar untuk multitasking dan main game.

Meski spesifikasinya terlihat keren, tapi performanya ternyata masih kalah dengan iPhone 11 Pro yang mendapatkan skor 3,424. Sedangkan Samsung Galaxy Z Fold2 5G hanya mendapatkan skor 3,172 saja.

Di lini kamera, HP ini dibekali tiga kamera utama dengan semua resolusinya 12 MP yang terdiri dari kamera wide, telephoto, dan ultrawide. Selain itu, di kamera depannya ada dua kamera dengan masing-masing 10 MP (wide). Oh iya, semua kamera ini diklaim mampu merekam video dengan resolusi sampai [email protected] Bagaimana hasilnya?

Tentu saja memuaskan. Dengan kamera HP ini, kamu bisa mendapatkan hasil foto yang detail. Tidak hanya itu, saat Tomsguide memotret objek rumput, warnanya terlihat vibrant dan ini lebih baik dibandingkan kamera yang ada di iPhone. Tapi sayangnya, kapasitas baterai HP ini tidak terlalu besar, standar HP sekarang 4.500 mAh. Tidak buruk, dan yang pastinya sudah fast charging dengan voltase 25W.

9. Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G

Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G

Hp terbaru sekaligus HP Flagship dari Samsung berikutnya adalah Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G. Sesuai dengan namanya, HP ini sudah dibekali dengan teknologi 5G. Teknologi ini memungkinkan penggunanya bisa mengakses internet lebih cepat. Kelebihan lainnya ada di bagian layar dimana Samsung memberikan tipe layar Dynamic AMOLED 2X, 120Hz, dan HDR10+. Sangat nyaman untuk nonton video.

Selain itu, HP ini juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass Victus, jadi lebih aman terhadap goresan. Yang menariknya lagi, Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G sudah mengantongi sertifikasi IP68 dimana HP ini dinyatakan tahan debu dan air di kedalaman 1.5 meter.

Puas dengan fiturnya, kini beralih ke performa. Dalam spesifikasinya, Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G ditenagai oleh Snapdragon 865+ (7 nm+) untuk versi global. Ada dua pilihan GPU, namun untuk versi global menggunakan GPU Mali-G77 MP11. Untuk kapasitas memori, ada tiga pilihan ROM, yakni 128/256/512 GB. Sedangkan untuk kapasitas RAM-nya semua sama, yaitu 12 GB.

Untuk hasil skor performanya memang masih kalah dengan iPhone 11 Pro, tapi Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G bisa mendapatkan skor yang cukup besar untuk multi-core, yakni 3,294. Sedangkan skor grafis GFXBench-nya mencapai 1,455. Lagi-lagi, skor ini lebih rendah jika dibandingkan iPhone 11 Pro yang mencapai 1,657. Meski begitu, HP ini masih sangat layak untuk digunakan kok!

Samsung membawa hal spesial lain di HP ini yakni kehadiran triple kamera dengan resolusi super besar, yakni 108 MP (wide), 12 MP (periscope telephoto), dan 12 MP (ultrawide). Kamera utamanya ini bahkan diklaim bisa merekam video hingga resolusi 8K!

Sedangkan untuk selfie, kamu bisa andalkan kamera 10 MP (wide) dengan fitur Dual video call, auto HDR, Dual Pixel PDAF, dan perekaman video beresolusi 4K. Dengan segala spesifikasi yang dibawanya, tidak heran jika HP ini dibanderol dengan harga yang sangat fantastis mencapai 29 jutaan.

10. Samsung Galaxy Z Flip 5G

Samsung Galaxy Z Flip 5G

Satu lagi HP terbaru Samsung dengan konsep lipat, yakni Samsung Galaxy Z Flip 5G. Kalau sebelumnya layar HP dilipat dari samping, kali ini Samsung menawarkan HP lipat dari atas (flip phone). HP ini baru rilis pada bulan Agustus 2020 dan memiliki layar 6.7 inci.

Selain itu, HP ini juga dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Samsung Galaxy Z Flip 5G ini ditopang dengan chipset Snapdragon 865+ (7 nm+), GPU Adreno 650, dengan RAM berkapasitas 8 GB.

Untuk storage, Samsung memberikan ROM 256GB yang leluasa untuk menyimpan berbagai file. Sayangnya, jika kapasitas ROM-nya sudah habis maka kamu tidak bisa menambahkan memori cadangan karena di Samsung Galaxy Z Flip 5G tidak ada card slot.

Lalu, di bagian kamera utamanya ada dua kamera yang sama-sama menggunakan resolusi 12 MP untuk wide dan ultrawide. Di kameranya ini bisa merekam layar hingga 4K dengan fitur cukup lengkap berupa Dual Pixel PDAF, OIS, LED flash, HDR, dan panorama. Untuk kamera depannya hanya dibekali resolusi 10 MP. Meski begitu, kamera depan ini diklaim mampu merekam video dengan resolusi 4K.

Lantas bagaimana dengan kapasitas baterainya? Sayang, baterai adalah salah satu kekurangan Samsung Galaxy Z Flip 5G karena hanya dibekali kapasitas 3.300 mAh saja. Tapi baterainya sudah mendukung fast charging 15W dan Fast wireless charging 9W. Apakah kamu tertarik untuk membeli HP dengan kisaran harga 20 jutaan ini?

Tahun 2020 ini memang banyak HP Samsung yang meluncur di pasaran sehingga konsumen punya banyak pilihan HP Samsung yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jadi, sudah memutuskan mau beli salah satu HP Samsung di atas?