10 HP Samsung Kamera Bagus yang Menghasilkan Gambar Ciamik

10 HP Samsung Kamera Bagus yang Menghasilkan Gambar Ciamik – Samsung adalah salah satu produsen smartphone yang mengusung beberapa HP dengan kamera terbaik. Bersaing dengan Huawei, Samsung selalu memberikan fitur yang inovatif dan menarik setiap kali meluncurkan ponselnya, terutama di bagian kamera. Selain untuk selfie, Samsung juga cukup apik dalam memberikan hasil fotografi dengan kamera belakangnya.

Bahkan, ada juga HP Samsung dengan fitur zoom yang mengesankan. Tidak hanya itu saja, Samsung juga memberikan beberapa fitur untuk berfoto di malam hari agar hasil fotonya tetap bagus dan natural. Penasaran dengan HP Samsung kamera bagus? Berikut kami sudah merangkumnya ke dalam 10 HP Samsung kamera terbaik, mulai dari yang termahal hingga yang termurah.

 

1. Samsung Galaxy S20 Ultra

HP Samsung Galaxy S20 Ultra

Sudah tidak perlu diragukan lagi, Samsung Galaxy S20 Ultra memang sangat layak berada di urutan teratas dalam jajaran HP Samsung dengan kamera terbaik. HP ini memiliki empat kamera yang terdiri dari 108MP (wide), 48MP (periscope telephoto), 12MP (ultrawide), serta tambahan 0.3MP (depth).

Selain empat kamera tadi, Galaxy S20 Ultra juga kaya akan fitur. Di kamera ini sudah dilengkapi dengan PDAF, OIS, 4x optical zoom, 10x hybrid zoom, LED flash, auto-HDR, hingga panorama. Yang lebih mengesankannya lagi ada di bagian videonya. Samsung mengklaim bahwa kameranya mampu merekam hingga resolusi [email protected] Dan juga, video-nya mendukung beberapa fitur, seperti HDR10+, stereo sound rec., gyro-EIS & OIS.

Mari kita cek performa kameranya. Samsung Galaxy S20 Ultra sendiri mendapatkan skor yang sangat tinggi di DXOMARK, yakni 122. Dengan begitu bisa disimpulkan kalau HP ini bisa menghasilkan foto berkualitas baik. Tidak banyak kekurangan. Mengambil gambar di kamera utamanya bisa mendapatkan hasill eksposur, dynamic range, serta warna yang sangat bagus saat kondisi cahaya yang berlimpah.

Meski ada beberapa artifacts yang muncul, namun kualitas gambarnya masih bisa dibilang baik. Fyi, artifacts adalah elemen yang muncul di gambar tapi tidak ada di scene nyata. Selain itu, noise-nya juga bisa terkontrol dengan baik. Namun, saat memotret dengan kondisi yang sangat minim cahaya, hasil gambarnya oversharpen sehingga gambar tersebut terkesan tidak natural.

Untuk fitur PDAF-nya cukup responsif dan akurat di kondisi cahaya yang sangat terang, tapi hal tersebut tidak berlaku ketika di kondisi cahaya yang gelap. Pasalnya, PDAF akan merespon agak lambat ketika kekurangan asupan cahaya.

Meskipun agak bermasalah saat kondisi gelap, tapi untuk memotret di kondisi malam, hasilnya tidak terlalu buruk. Berdasarkan uji coba dari TomsGuide, hasil gambarnya agak kekuningngan. Detailnya bahkan sangat bagus. Jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max, hasil gambar di S20 Ultra lebih stand out.

 

2. Samsung Galaxy S20 Plus

Samsung Galaxy S20 Plus

Masih dengan HP flagship Samsung, kali ini kami mau merekomendasikan Samsung Galaxy S20 Plus. Di HP ini tidak membawa kamera dengan piksel yang besar namun cukup mumpuni. Ada empat kamera, yakni 12MP (wide), 64MP (telephoto), 12MP (ultrawide), dan 0.3MP (depth). Untuk fiturnya juga mirip dengan versi S20 Ultra, hanya saja di HP ini mengusung zoom yang lebih sedikit, 1.1x optical zoom dan 3x hybrid zoom.

Menurut DXOMARK, kamera utamanya menampilkan eksposur yang akurat untuk berbagai kondisi. Saturasi warna serta white balance-nya juga sangat bagus. Autofokusnya bisa merespon dengan cepat dan akurat. Malahan, DXOMARK menyatakan autofokusnya lebih bagus dibandingkan Galaxy S20 Ultra.

Ketika memotret di luar ruangan ternyata hasilnya juga tetap oversharpening sehingga terlihat kurang natural. Di bagian kamera ultrawide, kamu bisa mendapatkan hasil foto yang mirip dengan S20 Ultra karena distortion terkontrol dengan baik, eksposurnya akurat, serta warnanya sangat bagus apalagi untuk foto landscape.

Sedangkan untuk zoom-nya tidak terlalu mengesankan. Hasilnya memang bagus dan detailnya cukup baik. Hanya saja, ketika melakukan zoom dengan jarak medium dan long-range, hasil fotonya memiliki banyak artifacts dan noise.

Kelebihan lainnya adalah foto bokeh. Blur yang dihasilkan pada background foto terlihat lebih natural. Eksposur dan warnanya bagus, terutama soal detail pada objek yang difoto. Tapi ini bukanlah hasil yang terbaik, karena S20 Ultra masih unggul soal foto bokehnya. Untuk berfoto di malam hari juga bisa mendapatkan foto yang bagus tapi bukan yang terbaik. Warnanya bagus tapi tidak terlalu punchy.

 

3. Samsung Galaxy S10 Plus

Samsung Galaxy S10 Plus

Bukan HP terbaru Samsung, tapi versi Galaxy S10 Plus masih sangat layak untuk dimasukan ke rekomendasi HP Samsung dengan kamera terbaik. Di sini, kamu bisa mengandalkan tiga kamera utama, yakni 12MP (wide), 12MP (telephoto), serta 16MP (ultrawide). Untuk fiturnya juga tidak kalah lengkap, ada Dual Pixel PDAF, OIS, AF, 2x optical zoom, hingga auto-HDR.

Hasil foto dari kamera utamanya masih sangat baik. Warna, detail, serta eksposurnya bahkan ada peningkatan yang lebih baik dibandingkan HP pendahulunya, Galaxy S9. Menurut TrustedReviews, sistem fokus kameranya juga bisa dikontrol dengan baik, detailnya cukup mengesankan. Hal tersebut juga diakui oleh DXOMARK. Mereka memuji tekstur dan noise yang terkontrol dengan baik.

Tidak hanya itu, efek bokeh yang dihasilkannya punya background blur yang enak dipandang. Bahkan, hasilnya hampir menyamai dengan scene aslinya. Kelebihan lainnya adalah pada pengambilan gambar yang di-zoom. Hasil gambarnya terlihat sangat bagus, detailnya masih mengesankan sampai di­-zoom dengan jarak medium.

Tapi sayangnya, untuk foto zoom ini tidak bisa mengalahkan Huawei P20 Pro karena banyak luminance noise yang terlihat. Lalu untuk fitur night mode, kamera ini bisa langsung menangkap cahaya yang ada sehingga hasilnya overexposed. Kekurangan lainnya adalah, night mode-nya tidak bisa menangkap detail wajah dengan baik.

Jika kamu menyalakan flash mode untuk kondisi minim cahaya maka akan menghasilkan gambar dengan titik merah di bagian mata. Jangan kecewa dengan hal itu karena secara keseluruhan hasil fotonya masih bagus. Target eksposurnya akurat dengan white balance yang cukup baik.

 

4. Samsung Galaxy Note 10

Samsung Galaxy Note 10

HP seri Note dari Samsung juga termasuk dalam kategori kamera terbaik. Di sini ada tiga kamera, 12MP (wide), 12MP (telephoto, dan 16MP (ultrawide). Memang tidak sebesar piksel yang ada di S20 Ultra, tapi untuk kelengkapan fiturnya cukup mumpuni. Samsung memberikan beberapa fitur seperti dual pixel PDAF, OIS, AF, 2x optical zoom, auto-HFR, LED flash, dan panorama.

Berangkat dari spesifikasi tersebut membuat Samsung Galaxy Note 10 bisa mendapatkan hasil gambar yang cukup impresif. Penggunaan fitur auto HDR-nya bisa menghasilkan kontras yang baik. Gambarnya cukup bersih dan detail dengan noise yang tergolong minim.

Lalu, warna yang diproduksi juga sangat vivid. Hal ini juga disebabkan karena warnanya sangat konsisten di dua kamera sehingga bisa mendapatkan hasil foto yang lebih “hidup”. Lalu, untuk kamera ultrawide-nya juga punya hasil yang bagus seperti kamera wide.

Luas dynamic range-nya bagus tapi agak terkendala di bagian autofokus ketika mengambil gambar dengan objek yang terlalu dekat. Hasil gambarnya akan terlihat sedikit blur. Idealnya, ambilah gambar dengan jarak sekitar 15cm.

Saat berfoto di malam hari, performanya masih cukup baik. Detail serta noise bisa dikontrol dengan baik. Lagi, dynamic range juga bisa dihasilkan dengan sangat mengesankan. Bahkan menurut GSAMRENA tidak kehilangan saturasi sama sekali.

Foto di malam hari akan terlihat lebih bagus ketika menyalakan mode malam (night mode). Detail di foto terlihat lebih berkembang. Overall, dalam kondisi apapun, HP ini layak masuk ke dalam jejeran HP Samsung kamera bagus.

 

5. Samsung Galaxy S10e

Samsung Galaxy S10e

Di urutan ke lima, kami merekomendasikan Samsung Galaxy S10e. Untuk HP kali ini punya harga yang lebih murah dibandingkan dengan empat HP sebelumnya. Samsung memberikan dua kamera utama yang terdiri dari 12MP (wide) dan 16MP (ultrawide). Meski hanya dua kamera, tapi HP ini punya fitur yang mumpuni, mulai dari dual pixel PDAF, OIS, LED flash, auto HDR, hingga panorama.

Hasil potret dari HP ini memang tidak se-“wah” seri Galaxy S sebelumnya tapi untuk memotret dengan kondisi cahaya yang cukup, warna fotonya cukup saturated. Lalu, detailnya juga menonjol. Audroidthority juga menyebutkan, mereka puas dengan hasil potretnya yang terlihat natural. Bahkan, kamera ini dinyatakan selangkah lebih baik dibandingkan Galaxy S9. Tapi tidak bisa disamakan dengan Pixel 3 dan iPhone XS.

Untuk kamera ultrawide, hasilnya juga nggak kalah mengesankan. Namun menurut GSMARENA akan lebih bagus jika gambarnya diberi detail agak lebih banyak. Lalu, software kameranya terbukti mampu menekan distortion dengan cukup baik.

Kemudian, ketika memotret di kondisi minim cahaya (low light), kameranya bisa mendapatkan dynamic range yang impresif dengan menggunakan mode normal. Detailnya bagus namun masih ada sedikit noise yang terlihat.

Hal menarik lainnya, di kamera ini punya fitur scene optimizer yang bisa adjust kontras, eksposur dan elemen lain di foto agar hasil gambar terlihat lebih cantik. Namun, saat fitur ini dinyalakan, hasil adjust dari scene optimizer tidak terlalu kelihatan. Hasil gambarnya tidak jauh berbeda dengan foto biasa tanpa scene optimizer. Tapi secara keseluruhan, untuk yang suka berfoto di HP, Galaxy S10e masih bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

6. Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip

Selanjutnya ada Samsung Galaxy Z Flip. HP ini masuk ke kelas high-end. Sebagai HP kelas “atas”, HP ini dibekali dengan dua kamera utama yang terdiri dari wide dan ultrawide. Kedua kamera tersebut sama-sama mengusung resolusi 12MP. Fiturnya tidak sebanyak lima HP sebelumnya, namun cukup mumpuni dengan kehadiran PDAF, OIS, LED flash, HDR, serta panorama.

Secara keseluruhan, hasil gambarnya cukup mengesankan tapi masih berada di bawah iPhone XS Max. Kelebihan dari hasil kameranya ada di bagian eksposur dan white balance yang akurat. Selain itu, Galaxy Z Flip juga mampu menampilkan dynamic range yang baik. Hanya saja, terdapat highlight dan shadow yang kadang terlalu terang/gelap di beberapa situasi (clipping).

Untuk foto di dalam ruangan, HP Z Flip menghasilkan color rendering yang mengesankan. Tapi, saat berfoto di dalam ruangan, warnanya kurang ter-saturated dengan baik (desaturated). Secara keseluruhan, hasil gambarnya ini cukup bisa mengontrol noise dengan baik.

Untuk AF-nya (autofokus), performanya cukup bagus karena cukup akurat dan konsisten. Kabar buruknya, autofokusnya ini agak lambat dan kadang suka terjadi lag. Pada kamera ultrawide, DXOMARK menyatakan HP ini punya kamera dengan luas yang sangat bagus.

Menurut mereka, kamera ultrawide-nya ini punya 12mm-equivalent focal length dan ini adalah salah satu focal length yang terluas di antara HP lainnya. Untuk warnanya jernih dan nampak natural. Bahkan eksposurnya juga akurat. Tentu saja dynamic range-nya juga luas, baik di luar ruangan maupun dalam ruangan.

Selanjutnya adalah soal foto di malam hari. Overall hasilnya bagus. Warnanya keluar dengan reasonably saat menggunakan flash. Namun, ketika di-zoom pada objek tertentu, gambarnya akan terlihat banyak noise dan detailnya pun menurun drastis.

 

7. Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51

Nah, tadi kita bahas HP Samsung flagship yang punya kamera bagus namun untuk kali ini kami mau rekomendasikan HP Samsung di kelas middle yang punya kamera bagus. Catatan, tentu saja hasil gambarnya tidak sebagus HP sebelumnya, namun HP ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk yang mencari HP Samsung kamera bagus dengan harga yang terjangkau.

Ada empat kamera di Samsung Galaxy A51, 48MP (wide), 12MP (ultrawide), 5MP (macro), dan 5MP (depth). Kameranya juga sudah mendukung beberapa fitur yang cukup mumpuni, PDAF, LED flash, panorama, hingga HDR.

Dengan membawa spesifikasi tersebut, HP ini dinyatakan cukup baik namun tidak mengesankan. Hasil gambarnya punya dynamic range yang cukup luas. Bahkan, fotonya terlihat tajam. Lalu, noise di hasil fotonya terhapus dengan smooth.

Saat memotret dengan kamera wide-nya, hasil gambar akan disimpan dengan kapasitas yang cukup besar sehingga hasil gambarnya lebih detail. Tapi sayangnya, gambar tersebut agak mengorbankan kualitas dynamic range-nya. Sedangkan untuk kamera ultrawide ada peningkatan yang bagus dibandingkan dengan Samsung Galaxy A50.

Kameranya bisa memproduksi gambar dengan tingkat ketajaman dan detail yang lebih baik. Bahkan, dynamic range-nya tergolong lebih baik. Kabar buruknya, HP ini ternyata tidak begitu baik saat memotret dengan kondisi cahaya yang minim (malam hari). Hasil fotonya memang smooth tapi banyak noise. Warnanya juga kurang “keluar” dan dynamic range-nya biasa saja namun worth untuk fotografi saat malam hari.

Tapi, kalau mau hasil foto malam yang bagus, cobalah untuk menggunakan mode malam (night mode) dengan menggunakan kamera ultrawide. Hasilnya, foto terlihat lebih baik dengan noise yang agak berkurang. Bahkan, gambarnya juga menjadi lebih “hidup”.

 

8. Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71

Di kisaran harga 5 – 6 jutaan, ada Samsung Galaxy A71. Sama seperti Galaxy A51, HP ini termasuk smartphone kelas middle dengan membawa kamera yang OKE. Ada empat kamera yang dibawa, yani 64MP (wide), 12MP (ultrawide), 5MP (macro), dan 5MP (depth). Untuk fiturnya ada PDAF, LED Flash, panorama, serta HDR.

Berdasarkan hasil review dari DXOMARK, HP ini mengantongi skor 84. Bukan skor yang bagus tapi tidak bisa dibilang buruk. Hasil gambarnya sendiri tergolong memuaskan. Eksposur bisa menargetkan objek dengan baik. Bahkan, hasil potret Galaxy A71 ini punya shadows yang lebih cerah dibandingkan iPhone 11 dan Pixel 3a. Detail gambarnya juga mirip dengan dua HP tadi.

Lalu, untuk fitur HDR-nya juga cukup baik. Menurut hasil uji dari GSMARENA, ketika fitur HDR dinyalakan, hasil fotonya memang lebih detail. Tapi kekurangannya adalah di bagian dynamic range-nya yang tidak terlalu wide.

Nah, kalau mau mendapatkan wide yang baik, maka kamu bisa menyalakan fitur HDR lalu memotret gambar menggunakan kamera ultrawide. Hasilnya lebih detail dan dynamic range lebih luas. Tidak hanya itu saja, bahkan gambarnya punya ketajaman yang jauh lebih baik dengan resolusi dan kualitas gambar yang mengesankan.

Untuk berfoto di malam hari, kameranya menghasilkan gambar yang “lembut”. Tapi ada kekurangan di bagian warna yang kurang punchy dan noise-nya agak terlihat. Untuk hasil yang lebih baik, tetap gunakan mode HDR atau night mode, ya. Saat menggunakan mode malam, hasil gambarnya lebih detail. Bayangan serta langit akan terlihat lebih natural. Cocok untuk yang ingin punya HP Samsung kamera bagus di kelas menengah.

 

9. Samsung Galaxy A90 5G

Samsung Galaxy A90 5G

Saat masuk ke Indonesia, HP ini tergolong mahal dengan kisaran 13 juta. Wajar, karena HP ini tergolong punya performa yang memuaskan, pun begitu dengan kameranya. Ada tiga kamera, yakni 48MP (wide), 8MP (ultrawide), dan 5MP (depth). Untuk hasil gambarnya, T3 memuji HP ini karena dibilang bisa menghasilkan foto yang tajam dan bagus.

Namun menurut TrustedReviews, HP ini memang bisa memotret gambar dengan bagus tapi tidak lebih baik dibandingkan Google Pixel 3a. Ketika mengambil foto di kondisi cahaya yang cukup, gambarnya terlihat lebih tajam namun tidak over. Lalu, kontras gambarnya juga cukup baik.

Selain itu, untuk mengambil gambar dengan mode potrait, hasilnya cukup realistis dengan efek blur (bokeh) yang reasonable. Sedangkan TechRadar berpendapat, kamera HP ini bisa memotret malam hari dengan baik. Tapi, untuk sekelas harga 13 jutaan, tentu hasil fotonya bukan yang terbaik karena masih terlihat agak noisy.

 

10. Samsung Galaxy M30s

Samsung Galaxy M30s

Last but not least, mungkin Galaxy M30s adalah HP termurah yang ada di daftar ini. Kami memasukan HP ini dengan berbagai pertimbangan, seperti harganya dan kualitas gambarnya di kelas HP 3 jutaan. Tidak terlalu buruk, tapi memang bukan yang terbaik. Catatan, kamera di HP ini tidak bisa disamaratakan dengan 9 HP sebelumnya, ya.

Ada tiga kamera yang dibawa pada HP ini, 48MP (wide), 8MP (ultrawide), dan 5MP (depth). Spesifikasi tadi tergolong cukup baik dan ternyata memang hasilnya juga cukup bagus. Untuk berfoto di cahaya yang terang (siang hari), HP ini bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus dibandingkan seri M30. Gambarnya lebih tajam dan dynamic range-nya impresif. Bahkan, warna yang ada di gambar bisa keluar dengan sangat baik. Gambarnya cocok untuk dipamerkan di Instagram.

Tapi sayangnya, kamera ultrawide agak kurang bagus karena terlalu soft sehingga terlihat tidak natural. Lalu, untuk berfoto di malam hari bisa menghasilkan foto dengan dynamic range yang luas. Eksposurnya juga akurat dengan warna yang menonjol. Tapi masih agak noisy, masih bisa dimaafkan mengingat ini bukan HP flagship. Secara keseluruhan, HP ini cukup worth untuk diajak berfoto dan untuk sekedar update di IG.

Seperti itulah kesepuluh HP yang menurut kami sangat worth untuk fotografi. Sekarang, konsumen tinggal memilih sesuai budget-nya saja. Harga HP yang termahal sekitar 20 jutaan dan yang termurah berada di 3 jutaan. Namun tentu saja kamera HP flagship punya kualitas yang lebih unggul dibandingkan HP middle.