10 HP Oppo Kamera Bagus yang Bisa Bikin Hasil Foto Terpesona!

10 HP Oppo Kamera Bagus yang Bisa Bikin Hasil Foto Terpesona! – Bersaing dengan vendor besar lainnya, Oppo juga punya beberapa smartphone yang khusus untuk penyuka fotografi. Rata-rata, setiap kali Oppo meluncurkan HP baru, pasti poin utamanya berada di bagian kamera. Kameranya sendiri bermacam-macam, ada yang dibekali dengan resolusi besar dan ada pula yang dilengkapi dengan fitur menarik.

Meskipun begitu, Oppo mengerti bahwa konsumen juga ingin HP kamera yang bagus dengan harga yang terjangkau. Oleh karenanya, ada juga beberapa HP Oppo yang murah tapi dibekali dengan performa kamera yang mumpuni. Penasaran kan seperti apa HP Oppo dengan kamera yang bagus? Yuk, simak dulu ulasannya!

1. Oppo Find X2 Pro

 

Sebagai pembuka, Oppo Find X2 Pro ini layak diberi gelar “kamera terbaik” di antara HP Oppo lainnya. Bukan tanpa alasan, sebab HP ini membawa tiga kamera utama yang terdiri dari 48MP (Wide), 13MP (Periscope Telephoto), dan 48MP (Ultrawide). Selain itu, untuk fiturnya juga tergolong lengkap, ada omnidirectional PDAF, Laser AF, OIS, 5x optical zoom, hingga HDR dan panorama.

Spesifikasinya cukup menggiurkan, tapi hasil fotonya juga tidak kalah menarik. Berdasarkan review dari DXOMARK, kamera di HP ini punya sistem eksposur yang sangat baik meskipun dalam kondisi cahaya yang sangat minim. Lalu, untuk dynamic range-nya sendiri cukup luas. Bahkan kameranya bisa bekerja secara efisien dengan kondisi high-contrast. Detail-nya masih terlihat apik, baik dari segi highlight maupun bayangan di setiap sudut frame-nya.

Meskipun tidak membawa tekstur gambar yang sebaik HP iPhone, tapi HP ini mampu menghasilkan keseimbangan antara detail retensinya dan noise-nya di kondisi cahaya yang terang. Yang menariknya lagi, noise hampir tidak terlihat ketika mengambil gambar di kondisi cahaya yang super terang.

Meskipun begitu, bukan berarti kamera HP ini tanpa cacat. Pasalnya, saat memotret dengan kondisi cahaya yang sangat minim, detail gambarnya agak berkurang dan tidak terlalu fokus. Justru terkesan menghasilkan foto yang agak blur.

Beralih ke kamera telephoto, di bagian ini ada fitur menarik yakni 5x optical zoom. Performa zoom-nya sangat baik. Oppo bisa menghasilkan foto yang di-zoom dengan tingkat ketajaman dan kejernihan gambar yang bagus. Tapi, pada saat melakukan zoom yang ke-5 (zoom terakhir), detail gambar pada hasil fotonya cukup menurun.

Keunggulan lainnya adalah saat memotret pada malam hari. Hasil uji DXOMARK menyatakan gambar dari Oppo Find X2 Pro ini lebih baik dibandingkan Apple iPhone 11 Pro Max yang gambarnya terlihat banyak noise. Tapi, HP ini juga masih kalah dengan potret malam hari dari Mi 10 Pro. Overall, performa kamera di HP ini cukup memuaskan dalam segala kondisi.

2. Oppo Reno 10X Zoom

 

Ini bukan HP baru. Oppo Reno 10X Zoom rilis pada bulan Juni tahun 2019 silam dengan menggunakan tiga kamera di bagian belakang: 48MP (wide), 13MP (periscope telephoto), dan 8MP (ultrawide). Selain resolusinya yang cukup menggiurkan, fitur kameranya pun tidak kalah menarik, terutama di bagian telephoto-nya yang menghasilkan 10x hybrid zoom, artinya bisa melakukan zoom cukup jauh.

Sedangkan “hybrid” dimaksud dengan kamera yang menggunakan dua teknologi, baik digital dan optikal. Secara keseluruhan Techradar menyatakan bahwa gambarnya bisa diterima dengan baik. Hasil gambarnya terlihat cerah dan menarik. Lalu, detail gambarnya juga terlihat cukup baik. Ketika mengambil gambar, hasilnya terlihat mirip dengan yang aslinya.

Keunggulan lain yang ada di HP ini adalah bagian eksposurnya. Menurut DXOMARK, kamera HP Oppo Reno 10X Zoom bisa menentukan target eksposur dengan akurat dengan kondisi minim cahaya. Untuk dynamic range-nya sendiri cukup luas meski tidak seluas iPhone 11 Pro Max, tapi masih tetap bagus untuk ukuran HP 7 jutaan.

Nah, yang lebih serunya lagi ada di bagian color dengan hasil yang memuaskan, white balance yang akurat. Tapi, hasilnya ini tentu tidak se-natural Huawei P30 Pro, namun masih bisa bersaing dengan jejeran HP flagship lainnya.

Lalu, di sisi foto bokeh, beberapa reviewer mengatakan kalau HP ini bisa menghasilkan foto bokeh yang natural. Meskipun ada celah eror di bagian depth-nya namun secara keseluruhan objek dan background terpotret dengan baik. Namun sayangnya, kualitas foto sedikit agak menurun jika mengambil foto bokeh di dalam ruangan.

3. Oppo Reno 3 Pro

 

Meski tidak ada embel-embel “zoom” pada namanya, namun HP ini juga tergolong punya kamera yang OKE untuk fotografi. Oppo Reno 3 Pro merupakan HP dengan empat kamera yang terdiri dari 64MP (wide), 13MP (telephoto), 8MP (ultrawide), dan 2MP (depth). Meski tidak mengusung nama “zoom”, tapi ternyata HP ini juga dibekali dengan fitur 2x optical zoom.

Cukup menarik, pasalnya hasil dari jepretan kamera ini sangat bagus. Bahkan, Oppo Reno 3 Pro juga menawarkan dynamic range yang cukup luas. Untuk warnanya juga cukup nendang dan relatif akurat. Detailnya juga sangat memuaskan. Sayangnya, untuk noise agak kurang konsisten tapi contrast-nya terlihat baik.

Pada saat siang hari, kamera ultrawide-nya bisa menghasilkan foto yang cukup baik namun dengan detail yang agak sedikit kurang jelas, tidak seperti kamera wide-nya. Sedangkan untuk dynamic range-nya terlihat mirip dengan kamera utamanya dengan saturasi warna yang lebih berani. Kelebihan lainnya adalah bisa mengoreksi distorsi pada lensa dengan cukup baik.

Sedangkan di malam hari, kameranya bukan yang terbaik dan cenderung kurang konsisten. Tidak jarang GSMARENA mendapatkan foto yang blur. Bahkan, hasil gambar di malam hari tidak setajam gambar yang diambil saat siang hari. Namun, semua kekurangan tadi bisa diakali dengan menggunakan mode malam (night mode).

Dengan fitur tersebut, hasil gambar terlihat lebih tajam dan lebih soft. Selain itu, mode malamnya juga mampu menghasilkan warna yang lebih “nendang” dengan bayangan yang cukup baik. Di sisi lain, ada mode ultra night. Mode ini bisa digunakan saat berada di kondisi yang sangat gelap. Hasilnya, ya tidak terlalu mengecewakan meskipun target eksposurnya kadang sedikit meleset.

4. Oppo Find X

 

Selanjutnya, kami memilih Oppo Find X sebagai salah satu HP dengan kamera terbaik yang pernah Oppo luncurkan. Di HP ini, kamu bakalan menemukan dua kamera motorized pop-up dengan resolusi 16MP (wide) dan 20MP (depth). Meski fiturnya tidak “se-kaya” HP Oppo sebelumnya, namun cukup mumpuni dengan kehadiran PDAF, OIS, LED Flash, serta Panorama.

Performa dari kamera ini ternyata sangat memuaskan. Hasil fotonya bisa mendapatkan kontras yang sangat baik serta warna yang “hidup”. Menariknya, dynamic range di HP ini cukup tinggi padahal tidak menggunakan mode HDR. Lalu, gambarnya juga terlihat tajam namun tidak oversharpening sehingga menghasilkan foto yang lebih natural.

Noise-nya tertutup dengan sangat baik berkat bantuan dari OIS. Bahkan, foto yang diambil saat kondisi minim cahaya pun hanya menyisakan sedikit noise. Dengan hasil seperti ini, GSMARENA mengatakan Oppo Find X ini bisa menghasilkan foto yang lebih baik dibanding Oppo R15 Pro dan OnePlus 6 lho! Tertarik membelinya? Karena ini masuk kelas HP high-end, jadi nggak heran kalau harganya agak mahal di sekitar 10 juta – 11 jutaan.

5. Oppo A9 (2020)

 

Masih dengan salah satu jajaran HP terbaru Oppo 2020, kali ini ada Oppo A9 (2020). Di versi terbarunya, Oppo menggunakan empat kamera yang meliputi; 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2 MP, dan 2 MP (depth). Tidak seperti Oppo Find X, di sini ada fitur HDR dan autofocus. Fiturnya memang lebih lengkap, namun apakah performanya lebih bagus dari Find X?

Menurut hasil uji coba TrustedReviews, HP ini bisa melakukan zoom 2x dan 5x, padahal HP ini tidak menekankan bagian “zoom-nya”. Untuk memotret dengan 2x zoom, hasilnya masih sangat bisa terima. Namun di zoom 5x, hasilnya kurang maksimal.

Lalu, untuk kamera utamanya (kamera wide) punya detail yang sangat bagus. Memang ada sedikit lagging saat shutter, tapi hal tersebut tidak terlalu mengganggu. Saat menggunakan mode Auto HDR, hasil fotonya punya dynamic range yang cukup luas dan cukup baik.

Yang lebih mengesankan dari kamera HP ini ada di bagian mode malam. Teknik pengambilan gambarnya mirip seperti HP di kelas high-end, mengambil foto beberapa detik dan beberapa eksposur untuk mendapatkan hasil foto di malam hari yang nyaris sempurna.

Meskipun masih kalah dengan Google Pixel 3 A dan Huawei Mate 30 Pro, hal tersebut masih bisa dimaklumi mengingat Oppo A9 (2020) tidak berada di kelas yang sama dengan dua HP tadi. Oh iya, hasil akhir fotonya lebih warm karena mode Auto HDR di HP ini menaikan detail bayangan.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari HP murah dengan kamera bagus, Oppo A9 (2020) bisa menjadi pilihan yang bagus. Pasalnya, di Indonesia sendiri HP ini dijual dengan kisaran 2 juta – 3 jutaan saja lho!

6. Oppo R17 Pro

 

Ini adalah HP dengan dua kamera di bagian belakang, 12MP dan 20MP. Di bagian kamera 12MP punya fitur dual-aperture, mirip dengan yang ada di Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy Note 9. Yang jadi pembeda, kamu tidak bisa mengatur aperture-nya karena sudah diatur secara otomatis mengikuti kondisi cahaya saat mau mengambil foto.

Meskipun begitu, hasil foto yang ada di kameranya cukup baik dengan gambar yang tajam, detail yang “kaya”, serta reproduksi warna yang vibran sehingga menghasilkan foto yang lebih natural. Yang lebih mengesankan dari kamera ini adalah kehadiran fitur Ultra Night Mode. Fitur ini memiliki peningkatan yang cukup drastis.

Shadows, detail highlight, serta produksi cahayanya jauh lebih baik. Tapi sayangnya, jika menggunakan mode ini, hasil gambar akan terlihat tidak terlalu natural namun masih cukup “wah” untuk dipandang.

Lalu, di bagian kamera 20MP ini berfungsi untuk mengambil foto bokeh dengan mode portrait dan 3D portrait. Efek bokehnya memang bagus dan hasil fotonya lebih terlihat menarik. Hanya saja, saking “menariknya” sehingga terlihat kurang natural. Secara keseluruhan, kamera HP Oppo R17 Pro tergolong mumpuni dan harganya berada di kelas middle sekitar 5 juta – 6 jutaan.

7. Oppo F9 Pro

 

Seperti Oppo R17 Pro, di kamera belakangnya hadir dua kamera yang terdiri dari 16MP dengan bukaan f/1.8 serta kamera 2MP dengan bukaan f/2.4 (depth). Selain itu, kameranya juga kaya akan fitur, ada mode HDR, mode Super Vivid, Stiker AR, hingga berbagai macam filter built-in di aplikasi kameranya.

Berdasarkan pengalaman GadgetSnow, Oppo F9 Pro bisa menghasilkan foto yang baik. Detail dan warna dari gambarnya cukup akurat. Hal tersebut juga diamini oleh digit.in. Menurut mereka, HP-nya bisa menghasilkan gambar yang tajam dan vibran. Pada saat mode HDR dinyalakan, hasil gambarnya bahkan jauh lebih detail.

Untuk fitur PDAF-nya juga cukup mengesankan karena fokusnya bisa bekerja secara cepat dan akurat. Untuk foto di dalam ruangan, fokusnya merespon agak lama namun tidak ada shutter lag. Detail gambarnya juga masih bagus namun ada sedikit noise. 

Sedangkan saat berfoto di kondisi cahaya yang minim, kameranya bisa memproduksi scene yang agresif. Bahkan, gambarnya punya noise yang cenderung rendah berkat algoritma noise-reduction. Memang bukan hasil yang terbaik dibandingkan HP Oppo lainnya, tapi secara keseluruhan, kamera di Oppo F9 Pro bisa menghasilkan gambar berkualitas baik.

8. Oppo F15

 

Satu lagi HP kelas middle dari Oppo yang punya kamera terbaik, Namanya Oppo F15. Dalam spesifikasinya, HP ini diberi empat kamera pada bagian belakang, 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (B/W), dan 2MP (depth). Tidak jauh berbeda dengan HP Oppo sebelumnya karena Oppo F15 juga mengusung fitur HDR, LED flash, HDR, PDAF, serta panorama.

Hasil review dari Androidauthority, hasil kameranya mengesankan. Secara keseluruhan, gambar yang dihasilkan punya noise yang sedikit dan terlihat lebih menarik di bagian warna gambarnya. Nah, hasilnya ini juga sama saat mengambil gambar di luar ruangan dengan asupan cahaya yang cukup banyak. Hasil gambarnya punya noise sedikit dan smooth. Sayangnya dynamic range tidak terlalu wide. Tapi hal ini wajar mengingat Oppo F15 berpijak di kelas HP middle.

Sedangkan untuk kamera ultrawide, hasil gambarnya memang punya detail yang kurang baik karena bayangannya agak terlihat kurang natural. Tapi, kalau mengambil gambar dengan jarak yang dekat maka hasilnya lebih detail dengan noise yang lebih sedikit. Bahkan hasilnya pun terlihat lebih estetik dan artistik. Warnanya juga terlihat lebih punchy, keluar dengan sangat menarik.

Kelebihan lainnya adalah di bagian foto bokeh serta berfoto di malam hari. Berdasarkan pengalaman GadgetSnow, kamera Oppo F15 ini bisa memproduksi gambar dengan baik di malam hari berkat dukungan mode malam. Gambarnya memang terlihat over-processed (tidak terlalu natural) namun masih bisa dibanggakan. Lalu, bokehnya juga punya hasil efek yang akurat baik di kamera utama maupun kamera lainnya, termasuk kamera selfie.

9. Oppo A52

 

Bukan yang terbaik, tapi Oppo A52 juga masuk ke dalam jajaran HP dengan kamera yang bagus. Ada empat kamera yang dibawa, 12MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), dan 2MP (depth). HP yang memiliki harga sekitar 3 jutaan ini juga sudah memiliki beberapa fitur yang umum, seperti PDAF, LED flash, HDR, dan panorama.

Jangan berharap hasil foto sebagus Oppo Find X2 Pro, ya, karena ini adalah HP kelas middle. Tapi untuk ukuran HP kelas menengah, kameranya bisa menghasilkan foto yang cukup baik. Menurut YangCanggih, hasil fotonya punya saturasi dengan detail yang bagus di kondisi cahaya cukup. Tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan fokus, karena fokusnya bisa menangkap target dengan cepat.

Kelemahan dari kameranya ini adalah menangkap target yang bergerak dengan cepat karena kesulitan untuk menangkap objek yang akan difoto. Pun begitu dengan saat mengambil gambar menggunakan zoom. Jika zoom-nya terlalu jauh maka noise di gambarnya akan semakin terlihat. Ini wajar, mengingat ini bukanlah HP kelas high-end.

Satu hal yang perlu diperhatikan juga adalah mode malamnya. Di mode ini, Oppo A52 mengambil gambar dengan resolusi 8MP, tidak bisa diubah ke 12MP sehingga hasil gambarnya kurang memuaskan. Tapi, untuk foto close-up (jarak dekat) masih bisa menghasilkan gambar dengan baik, detail serta warnanya keluar dengan bagus.

10. Oppo A5 (2020)

 

Mirip dengan Oppo A52, di Oppo A5 (2020) kali ini juga menggunakan empat kamera utama di bagian belakang, 12MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP f/2.4, dan 2MP (depth). Fiturnya juga masih sama, ada PDAF, LED Flash, HDR, serta panorama.

Menurut TrustedReviews, fitur HDR-nya ini cukup efektif sehingga membuat hasil gambarnya lebih kontras dengan warna yang lebih “kaya”. Jangan lupakan detailnya yang cukup baik. Hal tersebut juga diakui oleh YangCanggih. Ia setuju kalau hasil fotonya bagus dan terlihat tajam. Detailnya juga cukup padat dengan reproduksi warna yang soft.

Lalu, kehadiran Ultra Night Mode ini sangat membantu saat mengambil gambar di malam hari. Meski noise-nya masih terlihat, tapi jumlahnya tergolong minim. Ada kekurangan lainnya, yakni detail gambar yang menurun tidak seperti saat memotret di siang hari.

Sedangkan untuk mode portrait bokeh, hasilnya juga tidak kalah menarik. Namun, jika kamu memperbesar hasil gambarnya maka akan terlihat tidak rapi karena detailnya yang cukup menurun. Kekurangan lainnya adalah pengambilan foto bokeh dengan latar yang ramai dan objek yang terlalu dekat. Hasil fotonya terlihat kurang “nendang” dan tidak terlalu mengesankan.

Ada banyak HP Oppo yang rilis secara resmi di Indonesia. Namun, bagi yang ingin mencari HP Oppo kamera yang bagus, maka kesepuluh HP di atas bisa menjadi pilihan yang bijak. Tinggal kamu sesuaikan dengan budget, ada HP kelas high-end dan middle. Harganya berbeda namun kualitas kameranya pun berbeda. Jadi, mana HP Oppo pilihanmu?