10 HP dengan Kamera Terbaik 2020 dengan Hasil Foto Paling Bagus

Saat ini, kamera HP sudah menjadi salah satu patokan utama bagi Sebagian orang yang ingin membeli HP baru. Alasannya, kamera HP mudah dibawa kemana-mana, dapat dikontrol dengan mudah, dan yang paling penting adalah hasil gambarnya juga tidak mengecewakan.

Dari situ, beberapa vendor smartphone pun berlomba untuk membuat kamera di HP semakin mentereng. Mereka menambahkan piksel di kamera HP-nya, bahkan ditambahkan pula fitur-fitur kamera yang bisa membuat hasil foto jauh lebih baik lagi. Kira-kira, HP apa saja yang punya kamera HP terbaik? Berikut kami telah merangkumnya menjadi 10 HP dengan kamera terbaik.

1. iPhone 11 Pro Max

HP iPhone 11 Pro Max

 

Sudah bukan rahasia lagi kalau iPhone 11 Pro Max punya kamera terbaik di kelasnya. Ada tiga kamera di bagian belakang, kamera utamanya dibekali resolusi 12MP bukaan f/1.8 lengkap dengan PDAF dan OIS. Lalu, dua kamera lainnya adalah kamera ultra-wide 12MP bukaan f/2.4 dan kamera Telephoto 12MP dengan bukaan f/2.0. Memang tidak banyak angka piksel tapi kualitas fotonya boleh diadu dengan HP flagship lainnya.

Menurut DXOMARK, iPhone 11 Pro Max ini punya proses pengambilan gambar yang jauh lebih baik dibanding iPhone sebelumnya berkat teknologi Deep Fusion. Teknologi tersebut menggunakan chipset khusus dimana mesinnya mampu mempelajari gambar dengan memperhatikan pixel-by-pixel.

Dengan begitu, gambar yang dihasilkan HP ini punya tekstur yang lebih baik, noise rendah, dan dynamic range yang tinggi. Tak heran, DXOMARK sendiri memberi skor 117 pada kamera iPhone 11 Pro Max ini. Oh iya, untuk hasil rekaman videonya menghasilkan skor 102 karena bisa merekam video HDR dengan dynamic range dan eksposur yang sangat bagus di berbagai situasi.

Selain itu, color rendering yang dihasilkan cukup bagus dan terlihat mirip dengan gambar aslinya. Tapi sayangnya white balance-nya agak sedikit tidak stabil saat merekam video di area indoor. Kelebihan lainnya adalah perekaman video beresolusi 4K yang punya detail terbaik dengan noise yang terkontrol dengan sangat baik.

2. Huawei P40 Pro

HP Huawei P40 Pro+

 

Meskipun Huawei P40 Pro tidak dibekali dengan fasilitas dari Google, namun kameranya ini punya skor tertinggi di DXOMARK. Dengan skor 128, ternyata HP ini unggul di beberapa hal, terutama pada bagian kamera. Pada kamera utama, Huawei memberikan kamera 50MP lengkap dengan sensor yang dinamakan Quad-Bayer. Namun, menurut DXOMARK sendiri, kamera tersebut sama saja seperti hasil jepretan dari kamera 12MP.

Hasil gambarnya punya dynamic range yang tinggi serta pencahayaan yang baik saat di keadaan low-light, itu semua berkat pixel bining. Lalu, pada bagian Ultra-wide, ada kamera 40MP 1/1.54” yang punya lensa dengan angle sangat lebar, namun tidak selebar kamera Ultra-wide dari iPhone.

Di akhir, ada kamera Telephoto. Kalau kamera yang satu ini punya teknologi yang sama dengan Huawei P30 Pro. Kamera ini fokus untuk foto yang diperbesar (zoom) dengan teknologi 5x optical zoom (125mm equivalent). Hasilnya cukup memuaskan, karena AI yang ada di kameranya mampu membuat foto lebih detail dengan tekstur yang impresif. Bahkan, kameranya bisa melakukan zoom hingga 50 kali!

3. Samsung Galaxy S20 Ultra

HP Samsung Galaxy S20 Ultra

 

Menyusul iPhone dan Huawei, Samsung juga punya HP dengan kamera terbaik di dunia namanya Samsung Galaxy S20 Ultra. Kali ini, Samsung membawa piksel yang super besar ke dalam kamera HP-nya, yakni 108MP. Menurut penuturan Techradar, kamera 108MP-nya punya hasil jepretan yang tidak jauh berbeda dengan kamera 12MP.

Meskipun begitu, Techradar sendiri cukup puas dengan hasilnya terutama saat melakukan crop pada gambar. Gambar yang di-crop tidak mengurangi kualitas yang terlalu signifikan, detail-nya masih sangat baik. Lalu, untuk bagian foto bokeh, kamera HP ini dinilai bisa menghasilkan foto blur yang bagus dengan detail dan tekstur gambar yang smooth.

Hal yang menarik lainnya ada di bagian kamera telephoto beresolusi 48MP. Kamera ini bisa melakukan zoom hingga 10 kali dengan menggunakan teknologi hybrid optical zoom dan hasilnya sangat impresif jika dibandingkan hasil jepretan kamera iPhone 11 Max Pro. Detail warnanya lebih outstanding.

Kelebihan lain dari HP ini adalah perekaman video. Meski tidak sebagus Huawei P40 Pro, namun performa videonya cukup konsisten dan solid. Pengambilan gambar di area terbuka bisa mendapatkan eksposur, vivid color, detail, serta video yang stabil. Bahkan, untuk di area indoor, kamera Samsung Galaxy S20 Ultra bisa menghasilkan video dengan noise yang rendah. Tapi untuk color rendering-nya masih dirasa kurang menarik.

4. Xiaomi Mi Note 10 Pro

HP Xiaomi Mi Note 10 Pro

 

Xiaomi Mi Note 10 Pro atau Mi CC9 Pro Premium Edition ini juga layak masuk ke dalam jajaran HP dengan kamera terbaik tahun ini. Bukan tanpa alasan, HP dengan kamera 108MP ini bisa menghasilkan foto outdoor dengan eksposur yang akurat, detail yang baik, dan noise yang cukup rendah. Namun untuk foto indoor, bagian noise-nya agak kurang baik tapi tetap bisa menghasilkan gambar yang smooth.

Untuk kamera telephoto-nya ada resolusi 12MP dan bisa menghasilkan gambar zoom yang bagus, DXOMARK memberi skor 109 pada bagian ini. Sedangkan untuk yang suka berfoto ala bokeh, kamera ini bisa mendapatkan hasil foto bokeh yang baik, sedikit noise dengan high quality.

Jangan lupakan bagian perekaman video, HP ini mampu menghasilkan skor 102; salah satu skor yang tertinggi di DXOMARK. Pasalnya, HP ini bisa membuat video dengan high-rest dengan rendered color yang impresif, bahkan autofokusnya pun sangat akurat.

Ada sedikit kekurangan pada bagian video ini. Menurut DXOMARK, moving scenes-nya terlihat agak kurang natural dan sedikit bermasalah karena adanya color fringing. Informasi tambahan, color fringing merupakan kondisi lensa yang memberikan gelombang warna yang berbeda atau tidak sesuai sehingga menghasilkan kontras yang terlalu tinggi.

Meskipun begitu, HP ini masih bisa menghasilkan video yang cukup baik mengingat punya vivid color yang layak untuk diperhitungkan, terutama soal autofokusnya.

5. iPhone 11

HP iPhone 11

 

Tidak seperti iPhone 11 Pro Max yang punya tiga kamera, di iPhone 11 hanya memiliki dua kamera saja. Kedua kameranya sama-sama memiliki resolusi 12MP, baik di bagian Wide maupun Ultrawide. Pada bagian Wide, ada fitur dual pixel PDAF dan OIS. Sedangkan untuk fitur lainnya berupa Quad-LED dual-tone flash, serda HDR (photo/panorama). Lantas bagaimana hasil jepretan kameranya?

Dilansir dari T3, lensa yang ada di kamera ultra-wide ini bisa melakukan zoom hingga 0.5 kali. Hasil foto zoom-nya cukup baik, entah itu untuk foto landscape, indoor, grup, atau bahkan untuk bangunan arsitektur dengan detail yang lebih banyak. Kelebihan lainnya adalah, kameranya mampu melakukan 3D depth sensing, artinya bisa menghasilkan gambar mode portrait dengan hasil terbaik.

Tidak lupa, iPhone 11 juga punya fitur Night Mode terbaru. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar dalam keadaan minim cahaya dengan sangat baik. Bahkan, T3 menyebutkan Night Mode di kamera ini lebih baik dibandingkan dengan Night Mode pada Google Pixel 3.

Di bagian perekaman video, iPhone 11 tidak terlalu bermasalah namun tidak sebagus iPhone 11 Max Pro. Transisi antara lighting environments-nya cukup baik. Lalu, warnanya cukup akurat dan video stabilization-nya sangat efektif untuk mengontrol motion. Efek Jello (latar gambar nampak bergetar) agak terlihat saat merekam video sambil berjalan.

6. Oppo Find X2 Pro

HP Oppo Find X2 Pro

 

Selanjutnya, ada Oppo Find X2 Pro yang punya kamera terbaik di dunia. Kali ini, Oppo membawa tiga kamera, yakni kamera utama 48MP, kamera ultra-wide 48MP, dan Telephoto 13MP. Di setiap kameranya dibekali dengan PDAF. Selain itu, Oppo juga mengklaim bahwa kameranya bisa melakukan perekaman video hingga 60fps dengan hasil 4K.

Hasil uji coba dari DXOMARK ternyata kameranya mampu menghasilkan warna yang kuat dan detail. Bahkan dalam keadaan minim cahaya pun kamera Oppo Find X2 Pro memiliki eksposur dan dynamic range yang baik. Tidak hanya itu saja, kamera telephoto dengan 5x zoom-nya bisa menghasilkan gambar yang lebih baik dibandingkan dual-telephoto milik Xiaomi 10 Pro. Hasil gambarnya lebih tajam dan jernih.

Lalu, untuk pengambilan video, kamera HP ini menghasilkan video yang stabil, minim highlight, serta konsistensi warna yang baik membuat DXOMARK berani memberi skor tinggi, yakni 104. Dan yang lebih menariknya lagi, Oppo Find X2 Pro punya HDR Rendering Effect yang mirip dengan iPhone 11 Pro Max.

7. Google Pixel 4

HP Google Pixel 4

 

Google Pixel membawa kamera utama 12.2MP dengan kamera telephoto 16MP. Meski angka pikselnya tidak sebanyak HP sebelumnya, namun kamera telephoto-nya ini punya teknologi spesial, yakni Google’s Super Res Zoom. Menurut klaimnya, teknologi tersebut mampu melakukan zoom hingga 8 kali tanpa mengurangi kualitas.

Teknologi tersebut juga menggunakan computational photography dan AI khusus yang mampu menghasilkan AI White Balancing. AI White Balancing ini juga bisa melakukan color-correct dengan menggunakan mesin khusus, hasilnya cukup impresif dan stunning, tidak kalah bagus dengan iPhone 11 Pro.

Tomsguide melakukan tes untuk kamera 8X zoom-nya dan mendapatkan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S10. Hasil gambarnya lebih tajam dan punya kontras yang lebih baik.

Untuk keadaan malam, Google Pixel 4 menghasilkan redensi warna yang lebih cool. Namun, hasil jepretannya punya fokus dan detail warna yang lebih baik jika dibandingkan night mode yang ada di iPhone 11 Pro. Bisa disimpulkan, Google Pixel 4 ini masih layak untuk disebut sebagai kamera HP terbaik meski bukan HP terbaru saat ini.

8. Huawei Mate 30 Pro

HP Huawei Mate 30 Pro

 

Memang, kamera pada HP Huawei Mate 30 Pro tidak sebagus Huawei P40 Pro. Namun, kamera di HP ini masih layak untuk masuk ke dalam kategori HP dengan kamera terbaik. Di sini ada kamera 40MP (wide), 8MP (Telephoto), dan 40MP (ultrawide). Setiap hasil gambar dari kameranya akan disimpan dalam format RAW.

Selain mendukung format RAW, gambar yang dihasilkan kamera ultrawide-nya masih memuaskan dan punya detail yang impresif. Bahkan, Techradar menyebutkan hasil jepretannya ini lebih baik jika dibandingkan dengan Huawei P30 Pro dan Oppo Reno 10x Zoom.

Pada bagian night-mode, Huawei Mate 30 Pro menaikan tingkat pencahayaannya. Jadi, hasilnya tidak gelap, namun mungkin akan terlihat tidak terlalu natural. Meskipun begitu, kamera di HP ini mampu merekam video 4K dengan 60fps. Kualitas videonya punya lighting yang cukup baik walaupun tidak sebaik kamera DSLR atau mirrorless. Tapi, hasil videonya ini jauh lebih baik dibandingkan HP pendahulunya.

9. OnePlus 8 Pro

HP OnePlus 8 Pro

 

Resmi meluncur di bulan April lalu, OnePlus 8 Pro sebenarnya lebih menarik dari segi performa. Namun, bagian kameranya juga cukup impresif. HP ini mengusung empat kamera yang terdiri dari 48MP (wide), 8MP (telephoto), 48MP (Ultrawide), dan 5MP (color filter camera). Lalu, kameranya juga dibekali dengan fitur Dual-LED flash, HDR, dan panorama.

Gambar yang dihasilkan OnePlus 8 Pro cukup memuaskan dengan reproduksi warna yang baik dan noise yang rendah. Sayangnya, di bagian kamera ultrawide memiliki hasil gambar yang tidak begitu baik dan terkadang fokusnya agak miss sedikit. Tapi hasilnya masih acceptable dengan sedikit effort untuk fokusnya.

Untuk hasil foto bokehnya punya gambar blur yang natural dengan eksposur serta warna yang OKE. Sayangnya, saat di kondisi pencahayaan yang minim, kamera OnePlus 8 Pro memberi hasil gambar yang kurang memuaskan. Fokus agak sedikit “kabur”. Walaupun begitu, detail dan noise-nya bisa dimaafkan.

Di sisi lain, pengujian video DXOMARK terhadap kamera HP ini sangat memuaskan hingga mereka berani memberi skor yang cukup tinggi, yakni 103. Tidak banyak kekurangan soal perekaman video. Hasil videonya stabil dan reliable. Bahkan, warna dan eksposur yang dihasilkan pun cukup baik dengan pencahayaan yang pas. Detail dan noise-nya juga tidak mengganggu.

Overall, OnePlus 8 Pro ini bukan hanya soal performa untuk multask atau gaming saja karena ia juga diberikan kamera yang mumpuni dengan hasil yang impresif.

10. Samsung Galaxy S20+

HP Samsung Galaxy S20+

 

Berbeda satu poin dengan OnePlus 8 Pro, di Samsung Galaxy S20+ ini punya skor 118 dari DXOMARK. Seperti beberapa HP sebelumnya, Galaxy S20+ disematkan empat kamera, yakni kamera utama 12MP dengan bukaan f/1.8 serta dual pixel PDAF dan OIS. Lalu, di kamera telephoto ada resolusi 64MP lengkap dengan PDAF dan OIS. Kemudian, kamera ultrawide 12MP dan terakhir depth 0.3MP lengkap dengan ToF 3D sensor.

Cukup mengesankan dengan spesifikasi kameranya, namun menurut DXOMARK hasil fotonya tidak terlihat natural karena oversharpening. Meskipun begitu, saturasi warna serta white balance-nya cukup akurat. Bahkan, autofocus-nya juga akurat dan mampu membidik objek dengan cepat.

Untuk bagian foto bokeh justru hasilnya terlihat lebih realistis. Efek blur yang dihasilkan tidak berlebihan. Eksposur serta warnanya juga impresif, terutama saat mengambil foto dengan mode portrait. Sedangkan di kondisi minim cahaya, kameranya memang bisa menghasilkan gambar yang bagus tapi bukan yang terbaik.

Sedangkan untuk perekaman video, HP ini punya performa perekaman video yang konsisten dengan high-quality tanpa banyak kekurangan. Eksposurnya akurat, saturasi warnanya baik, dan autofokusnya reliable. Bahkan, saat merekam video di luar ruangan bisa menghasilkan video yang terlihat vibran. Hasil perekaman videonya juga tidak jauh berbeda dengan S20 Ultra ataupun iPhone 11 Pro Max, kok!

Itu tadi 10 jejeran HP dengan kamera terbaik di dunia tahun 2020 ini. Kesepuluh HP tadi bisa dikatakan terbaik berdasarkan hasil tes dari beberapa reviewers. Kelayakan untuk mendapatkan gelar “kamera terbaik” bisa dilihat dari color rendering, white balance, eksposur, hingga detail gambar yang dihasilkan oleh kamera.

Selain soal gambar, bagian perekaman video juga tidak bisa dilupakan begitu saja. Nah, kesepuluh kamera di atas juga punya kualitas perekaman video yang bagus dan smooth. Jadi, mau pilih HP yang mana, nih? Atau punya pendapat lain soal HP dengan kamera terbaik? Langsung tulis di kolom komentar, ya.

Oh iya, jika kamu sedang mencari HP yang powerfull untuk main game, mungkin bisa cek artikel lainnya, seperti 10 HP Gaming Terbaik versi kami ini.