10 HP OPPO Harga 1 Jutaan untuk Selfie dan Main Game

OPPO adalah salah satu vendor yang populer di Indonesia. Vendor ini punya banyak varian HP untuk berbagai kalangan, mulai dari HP kelas high end hingga entry level. Untuk kelas high end, biasanya HP OPPO dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Namun, pada kelas entry level, OPPO menjualnya dengan harga sekitar 1 jutaan, bahkan ada yang di bawah 1 jutaan.

Khusus untuk yang sedang mencari HP OPPO dengan harga kisaran 1 jutaan atau di bawahnya, berikut Angkasa punya 10 daftar HP OPPO harga murah. Namun dalam daftar ini memiliki performa di bawah HP OPPO kelas high end. Juga, ada beberapa HP OPPO kelas middle bekas yang masih layak untuk dibeli. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. OPPO Find 7a

Sebagai pembuka, OPPO Find 7a masih layak untuk dipertimbangkan jika ingin membeli HP OPPO di bawah 1 juta. Ini merupakan HP terbitan tahun 2014 dengan layar 5.5  inci. Meski terkesan lawas, namun OPPO Find 7a sudah ditenagai oleh Snapdragon 801 dengan clock speed 2.3 GHz, prosesor quad core (empat inti). Selain itu, grafisnya menggunakan GPU Adreno 330.

Di bagian memori, ada RAM 2GB dan ROM 16GB. Tidak terlalu besar memang, tapi cukup untuk kebutuhan sehari-hari, seperti chatting, foto, atau pun bermain game ringan. Berdasarkan review dari medcom.id, OPPO Find 7a masih sanggup untuk diajak main Asphalt 8 dan FIFA 15. Meski tidak menggunakan grafis tertinggi, tapi gamenya bisa berjalan dengan baik.

Beralih ke sisi fotografi, kameranya masih mengusung single camera di bagian belakang dengan resolusi 13MP. Menariknya, untuk ukuran HP lawas, kameranya sudah dibekali dengan fitur AF, Dual-LED flash, HDR, dan panorama. Bahkan kamera tersebut diklaim bisa merekam video hingga resolusi 4K dengan 30 fps.

Menurut Androidauthority, hasil fotonya cukup baik dan tidak oversaturated. Tingkat ketajamannya juga cukup mengesankan dan tidak berlebihan, tergolong wajar untuk HP harga 900 ribuan. Sedangkan di bagian kamera selfie, OPPO Find 7a punya resolusi 5MP. Sayangnya, kamera tersebut kurang baik untuk diajak merekam video. Namun, masih bisa diandalkan dengan baik untuk kebutuhan video call.

Hal menarik lainnya dari OPPO Find 7a adalah kehadiran fitur fast charging 20W. Dalam klaimnya, HP ini bisa melakukan isi ulang baterai mencapai 75% dengan waktu 30 menit saja! Jadi, meskipun kapasitas baterai hanya 2800 mAh, tapi kehadiran fast charging sangat membantu.

2. OPPO F1

Mungkin sudah banyak yang mengenal tipe HP ini, yakni OPPO F1. Ini adalah salah satu HP OPPO yang jago dalam bidang selfie. HP rilisan tahun 2016 ini mengandalkan kamera depan dengan resolusi 8MP. Kameranya juga diklaim sudah bisa melakukan perekaman video dengan resolusi 1080 piksel dan kecepatan 30 fps. Bagaimana dengan hasil fotonya?

Techradar mengklaim kalau hasil selfie OPPO F1 memang sangat cantik. Bahkan, hasilnya juga cukup menarik meski berfoto di dalam ruangan, dengan catatan harus memiliki asupan cahaya yang cukup. Overall, hasil selfienya cukup baik dibandingkan dengan HP lainnya di kelas yang sama.

Selain selfie, OPPO F1 juga memiliki kamera belakang yang menarik beresolusi 13MP lengkap dengan PDAF, LED flash, HDR, dan panorama. Tidak seperti Find 7a, di sini hanya bisa melakukan perekaman video 1080 piksel saja. Walaupun begitu, hasil fotonya terbilang cukup baik pada zamannya. Hasilnya estetik dan menarik, cocok untuk dipajang ke sosial media.

Beralih ke performa, OPPO F1 dinyatakan cukup tangguh karena sudah menggunakan Snapdragon 616, GPU Adreno 405, dan dukungan RAM 3GB. Dengan spesifikasi seperti tadi, bisa disimpulkan HP ini masih bisa diajak main game meski harus di-set ke grafis terendah.

Lalu untuk baterainya ada kapasitas 2500 mAh yang dinilai Techradar cukup untuk memenuhi kebutuhan standar. Daya tahan baterainya sendiri lebih baik dibandingkan dengan Moto G yang mudah drop ketika brightness diatur ke tingkat tertinggi. Sayangnya, di OPPO F1 tidak ada fitur fast charging. Mulai tertarik beli HP ini? Saat ini, OPPO F1 dijual dengan kisaran 1 jutaan dan di bawah 1 juta untuk versi second.

3. Oppo F1s

Oppo F1s menjadi pilihan selanjutnya untuk HP OPPO dengan harga kisaran 1 jutaan. Sama seperti versi F1, HP kali ini juga dirilis pada tahun 2016. Kameranya juga tidak kalah menarik, di sini ada kamera selfie 16MP (wide) yang bisa merekam video hingga 1080 piksel berkecepatan 30 fps. Menurut digit.in hasil foto selfie dirasa cukup baik terutama saat berfoto di kondisi cahaya yang cukup.

Ada beauty mode di kamera depannya, namun hasilnya terlihat kurang natural, terlalu “cantik” sehingga tidak mirip dengan yang asli. Tapi masih OKE untuk diunggah ke sosial media. Selain kamera depan, Oppo F1s juga dibekali dengan single camera di bagian belakang beresolusi 13MP. Kamera tersebut sudah didukung dengan fitur PDAF, LED flash, HDR, dan panorama. Hasilnya juga tidak mengecewakan.

Beralih ke segi performa, HP ini ada dua pilihan chipset, yakni Mediatek MT6755 atau Mediatek 7650. Lalu, ada dua pilihan RAM dan ROM, seperti 32GB/3GB atau 64GB/4GB. Apapun pilihannya, kedua chipset dan RAM tersebut dinyatakan masih asyik untuk diajak multitasking dan main game, meski tidak bisa menggunakan grafis tertinggi.

Kelebihan lainnya, Oppo F1s sudah mengusung fingerprint (front-mounted) dengan kelengkapan sensor lainnya, seperti accelerometer, proximity, dan compass. Untuk yang tertarik membeli HP ini, silakan siapkan dana 1 jutaan. Bisa mendapatkan kurang dari 1 juta jika memilih versi second (bekas).

4. OPPO A71 (2017)

Berikutnya, kami merekomendasikan HP terbitan 2017 yang disebut dengan OPPO A71 (2017). Kali ini, OPPO membawa HP dengan chipset Mediatek MT6750. Tidak hanya itu, HP ini juga menggunakan GPU Mali-T860MP2 dengan RAM 3GB. Dengan spesifikasi tadi, OPPO A71 (2017) dinyatakan masih sanggup untuk main game, tapi menggunakan grafis terendah.

Skor AnTuTu-nya juga cukup tinggi berada di angka 42.2751. Sedangkan skor Geekbench mendapatkan 661 untuk single core dan 2.652 pada multi core. Selain memiliki performa yang cukup kencang, OPPO A71 (2017) juga dibekali dengan kamera belakang 13MP. Kameranya sudah dilengkapi PDAF, LED flash, HDR, dan panorama.

Berdasarkan pengalaman pricebook, kameranya cukup baik untuk memotret di kondisi cahaya yang pas. Untuk kondisi minim cahaya (malam hari), bisa andalkan fitur LED flash agar asupan cahayanya cukup. Sayangnya, di kamera depan 5MP ini belum menggunakan LED flash tapi sudah dibekali dengan screen flash. Overall, HP harga satu jutaan ini masih layak untuk dipakai di zaman sekarang.

5. OPPO F1 Plus (Bekas)

 

Sebenarnya harga banderol OPPO F1 Plus masih cukup mahal, bisa di kisaran 3 jutaan. Tapi jika membeli barang second, kamu bisa mendapatkan HP ini di angka 1 jutaan. Tidak perlu diragukan lagi, pada masanya, OPPO F1 Plus memang jagonya selfie. Di sini ada kamera depan beresolusi 16MP (wide). Kameranya juga dinyatakan bisa merekam video dengan resolusi 1080 piksel.

Yang menarik mode beautify-nya sudah diperbaharui ke versi 4.0 sehingga bisa menampilkan foto selfie yang halus tanpa kelihatan pori-pori. Lalu, kamera depannya juga bisa menggunakan panorama mode untuk berswafoto secara bersamaan. Dengan mode tersebut hasil fotonya akan lebih luas dan dapat menampung banyak objek dalam satu frame.

Sedangkan untuk kamera belakang, OPPO F1 Plus menggunakan resolusi 13MP, lengkap dengan fitur PDAF, LED flash, panorama, dan HDR. Hasilnya dinyatakan cukup baik untuk sekedar dipajang di sosial media. Puas membahas kamera, kini kami akan bahas soal performa.

HP ini menggunakan chipset Helio P10 dengan GPU Mali-T860MP2. Lalu, OPPO F1 Plus punya kapasitas RAM 4GB yang tergolong mumpuni. Dengan performa tersebut, HP ini masih lancar untuk memainkan game berat, mungkin bisa mengaturnya di grafis middle. Untuk multitasking juga masih cukup baik. Bukan yang terbaik tapi masih memadai.

Keunggulan lainnya ada di bagian baterai. OPPO F1 Plus menggunakan baterai Li-Po 2850 mAh. Meski kapasitasnya tidak terlalu besar, tapi baterainya sudah mengusung fitur fast charging 20W. OPPO mengklaim, fitur tersebut bisa mengecas hingga 75% dengan waktu 30 menit saja.

6. OPPO A83 (Bekas)

Sama seperti OPPO F1 Plus, untuk harga satu jutaan atau mungkin di bawah satu juta bisa pilih Oppo A83 bekas. Tidak kalah menarik dengan HP sebelumnya, di sini performanya cukup tangguh karena sudah menggunakan chipset Helio P23 dan GPU Mali-G71 MP2. Lalu, ada tiga pilihan memori, yakni RAM 2GB/3GB/4GB. Jika ingin performa yang kencang dan asyik untuk main game, bisa pilih RAM 4GB.

Selain unggul di performa, Oppo A83 juga cukup baik pada lini fotografi. Untuk yang suka selfie, HP ini menawarkan kamera depan 8MP dengan fitur selfie AI Beauty Recognition. Fitur tersebut diklaim bisa mempelajari kulit, jenis kelamin, hingga usia objek yang ingin difoto kemudian diproses untuk menghasilkan foto yang cantik. Sebenarnya, tanpa beauty mode masih bisa menghasilkan foto cantik dan mulus.

Lalu, pada kamera belakang ada resolusi 13MP dengan fitur AF, LED flash, HDR, dan panorama. Hasil fotonya terlihat baik meski masih ada noise terutama saat foto malam hari. Meski begitu, fokus objeknya terlihat stabil di siang hari (kondisi cahaya yang cukup).

Overall, HP ini masih layak untuk digunakan aktivitas sehari-hari, bahkan masih bisa diajak untuk main game. Hanya saja, Oppo A83 tidak menyediakan fitur fingerprint dan fast charging. Untuk kapasitas baterainya juga tidak terlalu besar, hanya 3180 mAh.  

7. OPPO A57

OPPO A57 memiliki layar seluas 5.2 inci dengan ketebalan 7.7mm, cukup tipis untuk sebuah smartphone. Meski terkesan mini, tapi OPPO A57 tergolong cukup powerful di kelasnya. Dalam spesifikasinya, HP ini menggunakan chipset Snapdragon 435, GPU Adreno 505, dengan RAM 3GB.

Dengan perpaduan tadi, gadgets.ndtv mengatakan kalau OPPO A57 masih cukup untuk penggunaan standar, seperti membuka aplikasi sosial media, email, hingga main game. Dengan catatan bermain game yang ringan atau game dengan grafis rendah.

Selain performa, single camera di bagian belakangnya juga cukup mengesankan dengan resolusi 13MP. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur PDAF, LED flash, HDR, hingga panorama. Hasilnya cukup memuaskan meski masih ada noise. Sedangkan untuk kamera depan, OPPO A57 menghadirkan kamera beresolusi 16MP (wide).

Kamera depannya masih bisa menghasilkan foto yang cantik layaknya kamera pada HP OPPO lain. Jika ingin berswafoto dengan banyak objek, nyalakan fitur panoramanya. Dengan fitur tersebut, fotonya akan lebih luas sehingga semua objek bisa tertangkap dalam satu frame yang sama.

Secara keseluruhan, HP ini bisa digunakan untuk pemakaian umum, seperti chatting, sosmed, foto, hingga main game. Sayangnya, OPPO A57 tidak menyediakan kapasitas baterai yang besar, hanya 2900 mAh saja. Bahkan, tidak ada fitur pengisian cepat sehingga pengguna harus bersabar untuk menunggu baterai terisi sampai full.

Untuk yang tertarik membeli HP ini, OPPO A57 dijual dengan kisaran 1.4 jutaan. Tapi, jika ingin harga yang lebih murah, bisa beli OPPO A57 bekas dengan kisaran 1 jutaan atau kurang dari 1 jutaan. Minat beli?

8. OPPO A39

Dengan dana satu jutaan saja sudah bisa memiliki OPPO A39. HP ini dirilis tahun 2017 dengan membawa chipset Mediatek MT6750, GPU Mali-T860MP2, dan RAM 3GB. Perpaduan spesifikasi tadi tergolong cukup untuk memenuhi aktivitas harian. OPPO A39 juga masih cukup baik untuk diajak main game meski grafisnya bukan yang tertinggi.

Hasil benchmark-nya juga menunjukkan skor yang baik, di Geekbench ada skor 641 (single core) dan skor 2497 (multicore). Sedangkan skor AnTuTu yang didapatkan OPPO A39 adalah 41.703. Tidak hanya unggul di performa, OPPO A39 juga dinyatakan cukup baik untuk kamera selfie 5MP. Memang resolusinya kecil tapi hasilnya cukup memuaskan.

Yangcanggih mengatakan, hasil selfie HP ini bisa mengurangi noise dengan cukup baik. Tak lupa, OPPO A39 juga selalu membawa fitur beautify dan filter yang menarik sehingga hasil fotonya terlihat lebih cantik. Untuk berswafoto pada malam hari, bisa nyalakan screen flash agar asupan cahayanya cukup.

Sedangkan untuk kamera belakang ada single camera dengan resolusi 13MP. Di kamera ini punya fitur yang memadai, seperti AF, LED flash, panorama, dan HDR. Yang menariknya, di sini ada expert mode sehingga pengguna bisa mengatur ISO, Exposure, White Balance, Focus, atau mengaktifkan format RAW sesuai kebutuhan.

Beralih ke segi baterai, OPPO A39 hanya diberikan kapasitas 2900 mAh tapi baterainya dinyatakan cukup awet. Agar daya tahannya lebih hemat, bisa nyalakan Low Power Mode. Kekurangan pada HP ini adalah tidak tersedianya fitur fingerprint. Tapi hal itu bukanlah masalah besar karena HP ini masih sangat layak untuk digunakan saat ini dan harganya pun cukup terjangkau hanya 1 jutaan saja.

9. OPPO A3s

Selanjutnya ada OPPO A3s. HP ini dirilis tahun 2018 dengan luas layar 6.2 inci. Dibandingkan beberapa HP sebelumnya, desain OPPO A3s lebih stylish dan modern karena ada poni di bagian depan HP untuk meletakkan kamera selfie 8MP. Kamera depannya tersebut bisa menampilkan foto yang jernih dan halus. Bahkan, OPPO A3s juga punya fitur beautify untuk mempercantik objek. Pas banget untuk diunggah ke Instagram

Lalu di bagian kamera utamanya menghadirkan dual kamera beresolusi 13MP dengan fitur AF dan 2MP (depth). Kamera belakang ini juga tidak kalah menarik karena bisa menghasilkan foto bokeh dengan mode portrait. Selain itu, hasil gambarnya terlihat lebih estetik dan menarik, terutama di kondisi cahaya yang berlimpah. Fotonya tajam dan warnanya terlihat “hidup” tapi masih memberikan sentuhan yang natural.

Beralih ke sisi dapur pacu, di OPPO A3s menggunakan chipset Snapdragon 450 dengan fabrikasi 14nm. Lalu, ada GPU Adreno 506 serta tiga pilihan RAM yang terdiri dari 2GB/3GB/4GB. Untuk bisa menjalankan multitasking yang lancar dan bermain game, disarankan untuk memilih RAM 3GB atau 4GB. Dengan kapasitas tersebut, OPPO A3s masih bisa diajak main PUBG dengan grafis terendah.

Kelebihan lainnya, OPPO A3s sudah menghadirkan fitur fast charging 20W. Menariknya, masih ada fitur FM Radio lho! Oh iya, di sini juga dibekali dengan USB On-The Go. Cukup lengkap untuk ukuran HP 1.4 jutaan. Tertarik?

10. OPPO A1k

Kalau HP yang satu ini tergolong baru karena baru resmi meluncur di bulan Mei 2019 lalu. Banyak kelebihan menarik yang ditawarkan, salah satunya adalah performa. Untuk HP kelas entry 1.5 jutaan, OPPO A1k cukup powerful dengan chipset Helio P22, fabrikasi 12nm. Dengan begitu, HP ini diklaim bisa menghemat daya tahan baterai lebih baik.

Selain itu, OPPO A1k juga menggunakan pengolah grafis PowerVR GE8320 dan RAM 2GB. Performa tersebut bisa diajak untuk main game, meski harus mengaturnya di grafis terendah. Tidak hanya itu, bahkan OPPO A1k juga masih asyik untuk diajak multitasking membuka dua aplikasi sekaligus.

Di lini fotografi, OPPO A1k membawa kamera belakang 8MP lengkap dengan AF, LED flash, HDR, dan Panorama. Untuk hasilnya masih terbilang bagus jika memotret di kondisi cahaya yang terang. Namun ketika berfoto di kondisi minim cahaya, khususnya malam hari, kamera ini agak kehilangan fokus dan detailnya menurun.

Meski begitu, kamera selfie di HP ini masih bisa dibanggakan meski hanya beresolusikan 5MP. Bahkan, kamera selfie ini sudah mendukung fitur HDR sehingga hasil foto selfie jauh lebih baik dibandingkan mode biasa. Tidak hanya itu, kamera depannya ini masih bisa untuk menghasilkan video yang baik.

Keunggulan lain yang ada di OPPO A1k adalah kehadiran baterai 4000 mAh. Baterainya bisa tahan sampai 17 jam. Tapi sayangnya, belum ada fitur pengisian cepat. Jadi, perlu waktu agak lama untuk menunggu baterai terisi hingga 100%.

Itulah tadi kesepuluh HP OPPO dengan kisaran harga 1 jutaan. HP paling mahal ada di angka sekitar 1.5 jutaan dan yang termurah dibanderol sekitar 800 ribuan. Meski murah, kesepuluh HP di atas masih tergolong mumpuni dan memadai untuk pemakaian saat ini. Tertarik membeli salah satunya?