10 HP Vivo Harga 1 Jutaan dengan Spesifikasi yang Memadai

Vivo adalah salah satu brand smartphone yang populer di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan Vivo yang rajin memasarkan deretan HP-nya ke Indonesia. Tidak hanya HP kelas atas, Vivo juga kerap kali merilis beberapa HP kelas entry level dengan harga yang cukup terjangkau. Harga HP kelas entry-nya beragam, ada yang di bawah 1 jutaan dan ada yang hampir mendekati angka 2 juta.

Nah, untuk yang sedang mencari HP Vivo harga terjangkau dengan spesifikasi yang memadai, berikut Angkasa akan memaparkan 10 HP Vivo harga 1 jutaan versi kami. Dengan catatan, HP yang ada di daftar ini tidak bisa dibandingkan dengan HP kelas atas dan tentu saja masih kalah dengan HP high end, ya. Mulai penasaran? Mari simak ulasannya berikut ini!

1. Vivo Y22

Yang pertama, ada Vivo Y22. Ini merupakan HP lawas keluaran tahun 2013. Meski begitu, HP ini masih bisa memadai untuk penggunaan sehari-hari, misalnya menjalankan aplikasi WA. Tapi sayangnya, HP ini tidak bisa menampung banyak aplikasi, ya. Pasalnya, Vivo Y22 hanya ditopang dengan RAM 1GB dan ROM 4GB saja.

Kalau ROM dirasa kurang, bisa menambahkan memori eksternal pada slot microSDXC yang ada di bagian bodi ponsel. Lalu, untuk chipsetnya menggunakan Mediatek MT6582 dengan GPU Mali-400MP2. Tentu saja dengan spesifikasi seperti ini, Vivo Y22 tidak bisa menjalankan game berat. Jika dipaksakan, mungkin akan mengalami hang.

Walaupun terasa “lemah” tapi HP ini sudah memiliki kamera 8MP dengan fitur AF dan LED flash. Bahkan, kamera ini diklaim bisa merekam video dengan resolusi 1080 piksel lho! Tapi hasilnya tentu tidak sebagus kamera zaman sekarang, ya. Mungkin akan banyak noise dan detail yang kurang memuaskan. Tentu saja hal ini sangat wajar, tapi kamera HP-nya cukup untuk memotret hal-hal penting, seperti dokumen.

Beralih ke konektivitas dan jaringan, Vivo Y22 ini sudah dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 yang sudah bisa hotspot. Lalu, ada Bluetooth 4.0 dan A-GPS. Cukup memadai untuk penggunaan sehari-hari. Dan yang menariknya, HP ini masih menyediakan fitur FM Radio, jadi masih ada fitur penunjang entertainment. 

Yang terpenting, harga HP ini sangat terjangkau, sekitar 500 ribuan saja lho! Namun sayangnya, HP ini sudah discontinued, artinya sudah tidak diproduksi lagi. Jika tertarik membeli HP ini, mungkin bisa membeli Vivo Y22 bekas di toko online yang ada di Indonesia.

2. Vivo Y21

Vivo Y21 adalah HP Vivo yang punya harga di bawah satu jutaan, tepatnya sekitar 800 ribuan untuk HP bekasnya. Di sini, Vivo Y21 sudah ditenagai oleh MediaTek MT6580 lengkap dengan RAM 1GB. Tidak jauh berbeda dengan versi Y22. Namun, untuk kecepatan prosesornya ada clock speed 1.3GHz. Untuk ukuran HP jadul tidak terlalu buruk, masih OKE digunakan sebagai alat komunikasi modern, seperti Whatsapp.

Sedangkan pada bagian storage atau ROM, Vivo memberikan kapasitas yang lebih lega dibandingkan versi Y22, yakni 16GB. Dengan begitu, pengguna bisa menyimpan cukup banyak data ke dalam HP ini. Namun, jika kapasitasnya dirasa kurang mencukupi, silakan tambahkan memori eksternal di slot khusus. Memori eksternalnya bisa ditambahkan hingga 128GB.

Di lini fotografi, Vivo Y21 membawa kamera beresolusi 5MP. Kameranya ini memiliki fitur yang cukup menarik dan lengkap, ada Geo-tagging, touch focus, hingga face detection. Kelebihan lainnya, Vivo Y21 sudah dilengkapi dengan fitur Face Beauty.

Dengan fitur ini, hasil foto terlihat lebih cantik. Untuk mempercantik fotonya, bisa juga tambahkan filter yang sudah tersedia dalam aplikasi kameranya. Namun, untuk hasil yang lebih natural, bisa nyalakan mode HDR. Hasil fotonya jauh lebih baik dibandingkan dengan mode biasa.

Oh iya, untuk merekam video, Vivo Y21 hanya mampu merekam sampai resolusi 720 piksel saja. Meski terlihat kurang menarik, tapi perekaman videonya ini sudah mendukung fitur zoom dan fokus yang cukup akurat meski bukan yang terbaik.

Nah, keunggulan lain dari Vivo Y21 adalah desain bodinya yang cukup elegan. Bentuknya cukup tipis dengan ketebalan 9.2 mm. Beratnya hanya 137 gram. Lalu, ada warna casing emas yang mewah di bagian sampingnya. Kalau kurang tertarik dengan warna emas, bisa pilih warna silver atau soft pink. Tertarik?

3. Vivo Y31

Selanjutnya, Vivo Y31 menjadi salah satu rekomendasi HP murah dari Vivo. HP terbitan tahun 2015 ini ditenagai oleh Mediatek MT6580 dengan RAM 1GB. Selain itu, grafisnya menggunakan Mali-400MP2. Memang terkesan sangat jadul dan tidak kencang, tapi cukup jika digunakan hanya untuk membuka WhatsApp.

Kalau untuk main game masih bisa, tapi bukan game berat seperti PUBG atau Mobile Legend, paling hanya sebatas main game yang ringan saja. Lalu untuk ROM, Vivo sudah membekalinya dengan kapasitas 8GB. Itu cukup untuk menyimpan foto dan aplikasi. Vivo Y31 juga menyediakan slot microSDXC dimana penggunanya bisa menambahkan kapasitas storage agar lebih luas untuk menampung banyak data.

Menilik dari sisi fotografi, Vivo Y31 punya satu kamera belakang dengan resolusi 8MP. Meskipun resolusinya kecil, tapi kamera ini sudah memiliki fitur LED flash dan HDR. Nah, hasil foto akan terlihat lebih baik ketika menggunakan HDR. Lalu, untuk foto malam hari atau di kondisi yang minim cahaya, bisa andalkan LED flash.

Di sini juga pengguna sudah bisa melakukan selfie. Tapi kamera selfie-nya tidak secantik HP zaman sekarang, ya, karena kamera depannya hanya beresolusikan 2MP saja. Walaupun terasa kurang mengesankan di bagian kamera, setidaknya HP ini punya fitur sensor yang cukup memadai, ada accelerometer, proximity, dan compass. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk Vivo Y31, karena HP ini dijual dengan kisaran 900 ribuan saja!

4. Vivo Y11 (2019)

Setelah merekomendasikan HP Vivo di bawah 1 juta, sekarang kami mau merekomendasikan HP yang agak baru dari Vivo, yakni Vivo Y11. HP ini berada di kelas entry level namun harganya berada di atas 1 jutaan, tepatnya 1.6 jutaan. Untuk ukuran HP harga segitu, Vivo Y11 cukup memuaskan dan ada banyak kelebihan yang ditawarkan.

Kelebihan pertama ada pada bagian baterai. Vivo Y11 dibekali dengan kapasitas baterai yang tergolong sangat besar untuk zaman sekarang, 5.000 mAh. Baterainya ini juga mendukung pengisian daya 10W. Tidak hanya itu saja, baterainya juga tergolong lebih hemat daya karena sudah menggunakan chipset Snapdragon 439. Chipset tersebut punya teknologi khusus agar penggunaan baterainya lebih optimal dan efisien.

Bicara soal chipset, performa dari Vivo Y11 memang bukan yang terkencang tapi sudah mumpuni. Chipsetnya tadi dipadukan dengan GPU Adreno 505 dengan dukungan RAM 3GB. Cukup untuk multitasking dan main game, seperti PUBG. Tapi untuk main game harus diatur dengan grafis terendah agar tidak mengalami lagging.

Kelebihan lainnya ada di bagian kamera. Ada dua kamera di belakang dengan resolusi 13MP dan 2MP (depth). Kameranya ini sudah punya fitur PDAF, lengkap dengan LED flash, HDR, dan panorama. Hasil fotonya cukup estetik karena dibekali dengan teknologi AI.

Lalu di bagian kamera depannya ada resolusi 8MP dengan bukaan f/1.8. Menurut harapanrakyat.com, kamera selfie Vivo Y11 cukup baik karena sudah ada fitur Selfie Natural dan AI Face Beauty. Dengan dua fitur tersebut, objek selfie akan terasa lebih jernih dan cantik. Jadi, untuk yang ingin HP murah dengan banyak kelebihan, bisa pilih Vivo Y11, ya.

5. Vivo Y93

Sama seperti Vivo Y11, HP kali ini juga mengusung RAM 3GB. Adalah Vivo Y93 yang dirilis lebih dulu, tepatnya di tahun 2018. Meski bukan HP yang baru, Vivo Y93 tidak kalah worthy dengan HP sebelumnya kok. Dalam spesifikasinya, HP ini ditenagai dengan Snapdragon 439, fabrikasi 12nm. Dengan spesifikasi tersebut, cermati.com mengklaim kinerjanya cukup mumpuni untuk penggunaan standar.

Di sini penggunanya bisa menonton video atau pun berselancar di internet tanpa gangguan. Selain itu, Vivo Y93 juga masih bisa diajak untuk main game dengan catatan harus di-setting ke grafis terendah. Jika memaksakan dengan grafis yang tinggi, mungkin akan mengalami lag. Masih soal game, Vivo Y93 juga mengusung fitur Game Mode. Dengan fitur ini, penggunanya bisa mengatur notifikasi agar tidak mengganggu saat sedang main game.

Keunggulan lain dari Vivo Y93 ada di bagian fotografi. Untuk kamera belakang ada dual kamera yang terdiri dari 13 MP dan 2MP (depth). Fiturnya juga cukup memadai, ada PDAF, LED flash, dan panorama. Lalu, Vivo Y93 juga diklaim bisa melakukan perekaman video dengan resolusi 1080 piksel.

Nah yang menarik, kamera ini juga bisa melakukan foto bokeh dengan memanfaatkan kamera depth. Bahkan, efek bokehnya (blur) bisa diatur sesuai keinginan penggunanya. Sedangkan untuk selfie, Vivo Y93 sudah menggunakan kamera depan 8MP. Di sini ada AI Beauty yang bisa membuat hasil foto selfie lebih cantik untuk dipajang di sosmed.

Beralih ke baterai, di HP ini ada kapasitas baterai 4.030 mAh. Memang lebih kecil dibandingkan Vivo Y11, tapi kapasitas di Vivo Y93 juga tidak bisa dibilang kecil. Pasalnya, baterainya ini mampu bertahan seharian untuk pemakaian standar. Yang menariknya, Vivo Y93 juga bisa mengisi daya dengan cepat sekitar 2 jam meski tidak ada fitur pengisian cepat lho!

6. Vivo Y71

Jika punya dana sekitar 1.4 jutaan dan ingin HP Vivo yang bagus maka Vivo Y71 bisa menjadi pilihan yang tepat. HP Vivo kali ini sudah dibekali dengan Snapdragon 425 dengan RAM 3GB. Kinerjanya semakin optimal berkat kehadiran GPU Adreno 308 sebagai pemrosesan grafisnya. Menurut tabloidpulsa, dengan spesifikasi tadi Vivo Y71 masih bisa diajak main game. Game seperti Need For Speed (No Limit) dinyatakan lancar tanpa masalah.

Untuk skor benchmark-nya juga cukup tinggi. Di AnTuTu, Vivo Y71 mendapatkan skor 45.177, sedangkan Geekbench 4 mendapatkan skor 682 (single core) dan 1.906 (multicore). Bukan skor yang tertinggi memang, tapi untuk HP kelas menengah, ini cukup baik.

Pada lini fotografi, Vivo Y71 dibekali dengan satu kamera belakang, 13MP. Kamera tersebut dilengkapi dengan PDAF, LED flash, dan HDR. Sayangnya kali ini tidak ada fitur panorama. Meski begitu, Vivo Y71 dinyatakan mampu untuk merekam video dengan resolusi 1080 piksel. Yang menariknya, kamera ini menawarkan berbagai efek dan filter lucu. Cocok untuk diunggah ke sosmed.

Lalu, di bagian kamera depan ada resolusi 5MP dengan bukaan f/2.2. Hasil selfienya tidak buruk masih cukup OKE untuk sekedar dipajang di Instagram. Oh iya, HP ini sudah mengusung USB On-The-Go juga lho! Cukup keren untuk HP harga 1.4 jutaan. Tertarik beli?

7. Vivo Y91

HP Vivo dengan harga kisaran 1.5 jutaan datang dari Vivo Y91. Dalam spesifikasinya, HP ini ditenagai dengan chipset Snapdragon 439, fabrikasi 12nm yang dinilai bisa menghemat daya baterai dengan lebih optimal dibandingkan HP kelas entry lainnya. Selain itu, ada dua pilihan RAM, 2GB dan 3GB. Jika ingin performanya lebih kencang, disarankan memilih RAM 3GB.

Untuk storage, Vivo memberikan kapasitas ROM 16GB. Memang tidak besar, tapi masih bisa ditambahkan memori eksternal pada bagian MicroSD sampai kapasitas 256GB. Menariknya, slot memori eksternal di Vivo Y91 punya tempat sendiri. Jadi ada satu slot untuk MicroSD dan dua slot untuk kartu SIM.

Sedangkan pada bagian kamera, ada dua kamera di bagian belakang yang terdiri dari 13MP dan 2MP. Untuk kamera utama, sudah diberikan fitur PDAF. Selain itu, masih ada fitur LED flash dan panorama yang cukup baik untuk menghasilkan foto yang keren. Menurut jagatreview, Vivo Y91 bisa menghasilkan foto yang cukup baik. Bahkan, fotonya bisa menghasilkan efek bokeh yang memuaskan.

Di Vivo Y91 juga ada kamera depan beresolusi 8MP dengan hasil yang cantik. Hasil foto tersebut diperkuat dengan kehadiran AI Beauty yang bisa memperhalus foto meski detailnya masih kurang memuaskan. Masih cukup OKE diunggah ke sosmed. Mau beli HP ini?

8. Vivo Y81

Selanjutnya, kami merekomendasikan Vivo Y81. HP ini rilis pada tahun 2018 silam, sekarang harganya berada di angka 1.5 jutaan. Untuk HP kelas menengah, Vivo Y81 dinilai cukup memadai dengan chipset Helio P22 (12nm), GPU PowerVR GE8320, dan dua pilihan RAM 3GB/4GB. Dengan spesifikasi ini, menurut tabloidpulsa masih cukup tangguh untuk bermain Asphalt Extreme, ada sedikit lag tapi tidak terlalu mengganggu.

Untuk hasil benchmark, Vivo Y81 mendapatkan skor 836 (single core) dan 3632 (multicore). Tidak terlalu buruk untuk HP kelas menengah. Kelebihan lain dari HP ini adalah sudah menggunakan Android 8.1 Oreo. Antarmukanya menggunakan FunTouch OS v4.0 yang dinyatakan bisa meningkatkan kemampuan baterai lebih optimal.

Di lini kamera, Vivo Y81 tidak menggunakan dual kamera tapi hanya single camera. Meskipun begitu, kamera 13MP ini sudah dibekali dengan fitur PDAF, LED flash, HDR, dan panorama. Hasilnya cukup baik karena objeknya terlihat cukup detail. Kekurangannya, untuk foto bokeh dengan mode portrait kurang memuaskan. Masih banyak noise pada hasil foto bokehnya.

Sama seperti dengan HP Vivo sebelumnya, kamera depan 5MP ini sudah dibekali dengan fitur beauty dan group selfie. Hasilnya cukup baik dan bisa melakukan foto bokeh lebih baik dibandingkan dengan kamera belakangnya. Untuk yang tertarik, bisa beli Vivo Y81 dengan kisaran harga 1.5 jutaan saja.

9. Vivo Y15

Vivo Y15 merupakan HP Vivo yang agak baru karena baru resmi rilis tahun 2019 silam. Di sini sudah menggunakan tiga kamera belakang yang terdiri dari 13 MP, 8MP (ultrawide), dan 2MP (depth). Kamera belakangnya ini sudah dibekali dengan fitur PDAF (untuk kamera utama), LED flash, HDR, juga panorama. Untuk kamera selfie, di sini ada resolusi 16MP.

Kamera selfie ini lebih baik dibandingkan dengan kedelapan HP Vivo sebelumnya. Kamera depan ini merupakan kamera wide yang dinyatakan bisa merekam video hingga 1080 piksel. Bahkan, AI Face Beauty di kamera ini bisa menghasilkan foto selfie yang lebih maksimal, layak untuk diunggah ke sosial media.

Di sisi performa, Vivo Y15 ditenagai dengan Helio P22 fabrikasi 12nm. Dengan begitu, Vivo Y15 diharapkan bisa kinerja lebih baik dan bisa menghemat daya secara optimal. Kinerjanya semakin kencang, karena di antara 10 HP Vivo di daftar ini, Vivo Y15 punya kapasitas RAM yang lebih besar, yakni 4GB. Cukup menarik, kan? Nah, karena spesifikasinya lebih bagus, jadi harganya agak lebih mahal, sekitar 1.8 jutaan.

10. Vivo Y12

Sebagai penutup, kami merekomendasikan HP rilisan 2019 namanya Vivo Y12. Sebagai HP yang tergolong cukup baru tentu punya spesifikasi yang lebih menggiurkan. Vivo Y12 menggunakan chipset dari Mediatek Helio P22 (12nm), GPU PowerVR GE8320, dan RAM 3GB. Untuk aktivitas harian, Vivo Y12 dinyatakan cukup memadai.

Bahkan, HP ini juga diklaim masih kuat untuk melakukan multitasking tanpa ada kendala. Lalu, Vivo Y12 juga masih bisa diandalkan untuk main game dengan grafis ringan. Agar performanya semakin kencang saat main game, kamu bisa menyalakan fitur Dual Turbo dan Ultra Game.

Bukan hanya soal performa, Vivo Y12 juga sudah dibekali dengan tiga kamera di bagian belakang, ketiga kamera tersebut terdiri dari 13MP dengan fitur PDAF, 8MP (ultrawide), dan 2MP (depth). Fitur lainnya ada LED flash, HDR, dan panorama. Hasilnya tidak mengecewakan dan masih cantik untuk dipamerkan ke sosmed.

Lalu di bagian kamera depan ada resolusi 8MP. Kamera depannya ini sudah mendukung perekaman video hingga 1080 piksel. Tidak lupa, kamera depannya ini juga punya AI Face Beauty yang bisa mempercantik hasil foto selfie. Tertarik untuk membelinya? Bisa siapkan dana sekitar 1.8 jutaan, ya!

Ya, selesai sudah pembahasan mengenai HP Vivo harga murah sekitar 1 jutaan dengan harga termurah sekitar 500 ribuan dan yang termahal sekitar 1.8 jutaan. Tentu saja keduanya punya fitur dan spesifikasi yang jauh berbeda, bergantung pada tahun rilis dan teknologi di zamannya. Meski begitu, sebelum memutuskan untuk beli HP baru, pertimbangkan soal budget dan kebutuhan, ya!