10 HP Samsung Harga Dibawah 1 Juta, Ada yang Dibawah 500 Ribuan!

Brand Samsung memang sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Nama yang besar ini membuat Samsung tidak hanya menelurkan produk-produk untuk kalangan kelas atas. Meski banyak HP Samsung dengan harga yang mahal, namun ada banyak juga HP Samsung dengan harga yang terjangkau di bawah satu jutaan.

Meski murah, tapi HP Samsung harga di bawah 1 juta ini masih cukup memadai untuk sekedar penggunaan sehari-hari, misalnya chatting atau main game ringan. Jika kamu butuh HP yang seperti itu maka pilihan yang tepat membaca artikel ini. Di sini, Angkasa akan memberikan 10 rekomendasi HP Samsung dengan harga di bawah dan sekitar satu jutaan. Penasaran? Simak artikel ini sampai akhir!

1. Samsung Galaxy Young 2

Samsung Galaxy Young 2 menjadi pembuka pada artikel ini. Ya, HP ini keluaran sangat lama, tahun 2014. Sempat berjaya di masanya, tapi sayangnya untuk zaman sekarang mungkin hanya cukup untuk chatting WA saja. Itu pun tidak bisa menampung banyak file mengingat HP ini punya performa yang tidak terlalu kencang.

Dalam spesifikasinya, Samsung Galaxy Young 2 masih menggunakan CPU single core dengan clock speed 1.0 GHz saja. Lalu untuk grafisnya dibekali dengan GPU Mali-400MP. Di sisi memori, ada RAM 512MB dan ROM 4GB. Terasa kurang nendang, tapi tidak bisa dibandingkan dengan HP modern zaman sekarang, ya.

Meski terkesan kurang powerful, tapi pada masanya Samsung Galaxy Young 2 ini sudah mencapai skor 7481 AnTuTu Benchmark. Sedangkan untuk hasil tes dari Quadrant Standard, Samsung Galaxy Young 2 bisa mengalahkan HTC Desire HD dengan skor 2292. Tidak terlalu buruk saat itu. Namun, jika memutuskan untuk menggunakan Samsung Galaxy Young 2 di zaman sekarang, mungkin hanya bisa untuk WhatsApp-an saja, ya. Bahkan ROM-nya pun sangat kurang, jadi perlu menambahkan memori eksternal di slot microSDHC.

Di sisi sistem operasi, Samsung memberikan OS Android KitKat. Sedangkan untuk antarmukanya masih mengandalkan TouchWiz UI. Dengan UI tersebut, Samsung Galaxy Young 2 hanya mengusung satu panel homescreen saja agar memorinya tidak terlalu penuh.

Sementara di lini fotografi, HP ini memiliki kamera utama 3MP. Jadi, tidak bisa diandalkan untuk foto cantik. Sebanding dengan spesifikasinya maka tak heran jika Samsung Galaxy Young 2 dijual dengan harga yang sangat terjangkau sekitar 500 ribuan saja, atau mungkin bisa mendapatkan harga di bawah 500 ribu.

2. Samsung Galaxy A01 core

Jika Samsung Galaxy Young 2 dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan harian tapi tetap ingin HP Samsung murah di bawah 1 jutaan, pilihlah Samsung Galaxy A01 core. Ini HP Samsung yang baru meluncur bulan Agustus 2020. Dengan kisaran harga 900 ribuan, Samsung sudah menyematkan chipset Mediatek MT6739 fabrikasi 28 nm.

Selain itu, HP ini juga mengusung dua pilihan RAM, 1GB atau 2GB. Soal grafis, Samsung Galaxy A01 core mempercayakannya pada PowerVR GE8100. Agar HP ini lebih ringan maka Samsung memberikan OS Android GO. Jadi, bisa disimpulkan kalau HP ini masih cukup untuk penggunaan sehari-hari tapi tidak bisa main game dengan grafis yang berat.

Beralih ke kamera, Samsung Galaxy A01 core tidak memiliki kamera yang “wah”. HP ini hanya berbekal kamera belakang 8MP dengan fitur AF dan LED flash. Di kamera ini juga sudah mendukung perekaman video dengan resolusi 1080 piksel. Sedangkan untuk kamera depan ada resolusi 5MP dengan bukaan f/2.4. Bagaimana dengan performa kameranya?

Berdasarkan hasil review dari medcom.id, hasil fotonya masih memadai untuk diunggah ke media sosial. Memang hasil fotonya tidak terlalu detail namun cukup mulus dengan pencahayaan yang pas. Lalu, warna yang dihasilkan juga tidak mengecewakan, dan terkesan realistis. Sayangnya, ketika berfoto di kondisi cahaya yang gelap, hasil fotonya agak buram dan cukup banyak ditemukan noise. 

Sedangkan pada kamera depan ada fitur untuk memilih filter dan efek beauty. Dengan fitur tersebut, hasil kamera selfie terasa lebih mulus dan cantik. Serunya lagi, efek beauty pada kamera depannya ini masih bisa digunakan untuk video call lho!

Kelebihan lain yang ada di Samsung Galaxy A01 core adalah menyediakan tiga tray untuk dua kartu SIM dan satu untuk microSD. Lalu, di sini juga masih menyediakan audio jack 3.5mm dan micro USB. Untuk desainnya sendiri memang terkesan jadul dengan bazel yang cukup tebal tapi Samsung Galaxy A01 core terlihat lebih elegan untuk HP kelas entry level.

3. Samsung Galaxy J1 mini prime

Masih dengan HP Samsung murah, kali ini ada Samsung Galaxy J1 mini prime. Dibandingkan dengan Galaxy A10 Core, HP ini terbilang jadul karena dirilis duluan pada tahun 2016 silam. Meski terkesan jadul, tapi HP ini masih cukup OKE untuk sekedar browsing atau chat di WhatsApp. Dalam spesifikasinya, HP ini sudah menggunakan chipset Spreadtrum SC9830 yang tergolong cukup kencang pada masanya.

Sedangkan untuk grafisnya ada GPU Mali-400MP2. Bukan yang terbaik, tapi masih bisa diajak main game ringan. Sayangnya, memori di Samsung Galaxy J1 mini prime tergolong minim, hanya RAM 1GB dan ROM 8GB. Dengan kapasitas RAM yang minim, tentu penggunanya harus memilih aplikasi yang ingin dipasang pada HP ini. Tapi kalau kekurangan ROM, kamu masih bisa menyiasatinya dengan menambahkan memori eksternal pada slot microSDXC.

Beralih ke lini fotografi, Samsung Galaxy J1 mini prime hanya menggunakan satu kamera belakang beresolusi 5MP. Kamera tersebut sudah menggunakan fitur LED flash dan diklaim bisa melakukan perekaman video dengan resolusi 720 piksel. Sedangkan untuk kamera selfienya agak mengecewakan karena hanya mengandalkan kamera VGA (0.3MP).

Walaupun terkesan kurang powerful, namun di Samsung Galaxy J1 mini prime sudah mengusung sensor accelerometer. Dan untuk yang ingin punya HP removable (baterai yang bisa dilepas), Samsung Galaxy J1 mini prime bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal terpentingnya, sekarang HP ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau sekitar 900 ribuan saja lho!

4. Samsung Galaxy V2

Di harga kisaran 700 ribuan, kamu sudah bisa mendapatkan HP Samsung Galaxy V2. Dalam spesifikasinya, HP ini punya performa yang lebih kencang dibandingkan Galaxy Young 2. Di sini sudah menggunakan chipset Spreadtrum SC9830 dengan clock speed 1.2 GHz. Untuk pemrosesan grafisnya ada GPU Mali-400MP2.

Sedangkan di bagian memori, HP ini mengusung RAM 1GB. Memang sangat kecil, tapi cukup untuk digunakan hanya sekedar berkomunikasi, termasuk Whatsapp. Sayangnya, kapasitas ROM-nya sangat minim, yakni hanya 8GB saja. Kabar baiknya, Samsung Galaxy V2 memiliki slot khusus untuk menambah memori eksternal hingga 64GB.

Pada lini fotografi, HP ini menggunakan kamera utama di bagian belakang dengan resolusi 5MP. Untuk ukuran HP lama, fitur kameranya cukup memadai. Kamera Samsung Galaxy V2 sudah mengusung fitur LED flash, Geo-tagging, touch focus, hingga face detection. Meski hasil foto di kameranya terkesan biasa saja, namun kamera ini dinyatakan cukup stabil. Bahkan, bisa merekam video dengan resolusi 720 piksel.

Beralih ke kamera depan, Samsung Galaxy V2 hanya dibekali dengan resolusi VGA 0,3 MP saja sehingga hasilnya tidak memuaskan. Meski begitu, kamera depan tersebut masih OKE untuk diajak video call atau video chat. Kelebihan lainnya, HP ini sudah membawa jaringan 4G LTE. Jadi, masih bisa untuk diajak berselancar di dunia maya. Bahkan fitur navigasinya juga cukup mumpuni, ada A-GPS dan GLONASS. Tidak terlalu buruk untuk ukuran HP 700 ribuan kok.

5. Samsung Galaxy A01

Samsung Galaxy A01 ini adalah saudara dari Samsung Galaxy A01 Core. Tapi, di versi ini punya spesifikasi yang lebih baik dibandingkan versi core. Di sini hanya ada satu pilihan RAM, 2GB. Sedangkan chipsetnya sudah menggunakan Snapdragon 439 dengan fabrikasi 12 nm. Tentu saja dengan kehadiran fabrikasi tersebut Samsung Galaxy A01 diharapkan punya kinerja yang lebih kencang dan penghematan daya yang lebih baik dibandingkan HP sebelumnya.

Untuk pengolahan grafisnya, Samsung mempercayakannya pada GPU Adreno 505. Dengan spesifikasi seperti tadi, Samsung Galaxy A01 tergolong nyaman untuk kebutuhan harian, seperti browsing, chatting, hingga main game. Menurut medcom.id, HP ini juga masih lancar diajak main game PUBG, namun dengan frame rate di bawah 60 fps.

Untuk skor benchmark-nya tidak terlalu buruk, berada di angka 4823. Skor tersebut bisa mengalahkan ASUS ZenFone Live L2 dan Redmi 8A pada skor benchmark PCMark Work 2.0. Cukup hebat kan? Nah, untuk menyimpan data, sayangnya HP ini hanya punya kapasitas ROM yang tergolong sempit, yakni 16GB. Tapi kekurangan itu bisa ditutupi dengan menambahkan memori eksternal hingga 512GB.

Beralih ke sektor kamera, Samsung Galaxy A01 menghadirkan dual kamera di bagian belakang, 13MP (wide) dan 2MP (depth). Pada kamera wide sudah memiliki fitur AF. Sedangkan fitur pendukung lainnya hanya ada LED flash. Meski minim fitur, namun hasilnya tidak begitu mengecewakan karena masih terlihat cantik dan estetik. Tapi, saat memotret langit, hasil fotonya agak overexposed.

Yang menarik, di sini ada 8x digital zoom, tapi sayangnya fitur tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Ada banyak noise dan detail yang kurang memuaskan. Meski begitu, fitur AF di Samsung Galaxy A01 cukup akurat dan konsisten.

Untuk foto selfie tidak terlalu memuaskan tapi cukup memadai. Kamera depannya punya resolusi 5MP dengan bukaan f/2.2. Sedangkan untuk baterainya juga tidak terlalu besar, 3000 mAh. Tapi baterainya diklaim bisa bertahan sekitar 12 jam untuk pemakaian wajar. Kalau berminat beli HP Samsung Galaxy A01, silakan siapkan dana 1 jutaan.

6. Samsung Galaxy J2 Core

Berikutnya, ada Samsung Galaxy J2 Core sebagai salah satu HP Samsung murah. HP ini dirilis pada tahun 2018 dengan menggunakan chipset Exynos 7570 Quad fabrikasi 14 nm. Lalu, ada GPU Mali-T720 dan kapasitas RAM 1GB. Meski terlihat kurang powerful, tapi menurut techradar HP ini masih bisa bekerja dengan baik untuk browsing atau membuka aplikasi sosmed.

Tapi sayangnya, untuk main game berat seperti Asphalt 9 dan PUBG agak kerepotan. Kalau mau main game, lebih baik pilih game yang ringan saja. Kemudian di sisi penyimpanan data, Samsung Galaxy J2 Core memberikan kapasitas yang agak minim, hanya 8GB/16GB saja. Namun kekurangan itu bisa ditutupi karena HP ini punya slot untuk menambah memori eksternal.

Beralih ke sektor kamera, Samsung Galaxy J2 Core hanya dibekali satu kamera belakang dengan resolusi 8MP. Walaupun begitu, kamera tersebut sudah punya beberapa fitur yang memadai, seperti AF, LED flash, HDR, hingga panorama. Bahkan, Samsung Galaxy J2 Core dinyatakan bisa merekam video pada resolusi 1080 piksel dengan 30 fps.

Hasil foto memang tidak sebagus HP Samsung kelas atas, tapi cukup OKE untuk dipajang di sosial media. Sedangkan untuk kamera depannya hanya dibekali dengan resolusi 5MP. Hal ini sangat wajar mengingat Samsung Galaxy J2 Core berada di kelas entry level dengan harga yang murah, yakni sekitar 1 jutaan atau mungkin bisa kurang dari satu juta. Mau beli HP ini?

7. Samsung Galaxy A2 Core

Ini merupakan HP yang dirilis tahun 2019 silam. Cukup baru, jadi spesifikasinya juga lebih kencang dibandingkan Galaxy J1 Mini Prime. Samsung Galaxy A2 Core ditenagai dengan Exynos 7870 Octa dengan fabrikasi 14 nm. Untuk grafisnya, Samsung Galaxy A2 Core menggunakan GPU Mali-T830 MP1. Sedangkan memorinya hanya mengusung RAM 1GB dengan dua pilihan ROM 8GB/16GB.

Kinerja Samsung Galaxy A2 Core cukup lancar, baik untuk menonton YouTube, browsing, hingga membuka aplikasi sosial media. Kinerja HP ini lebih lancar karena mengusung OS Android Oreo Go sehingga hampir semua aplikasinya menggunakan versi yang lebih ringan, seperti YouTube Go, Google Go, Gmail Go, Files Go, hingga Assistant Go. Kelebihan lain menggunakan OS versi Go adalah bisa menghemat daya tahan baterai.

Di sisi fotografi, HP ini tidak terlalu mengesankan. Ada satu kamera di bagian belakang beresolusi 5MP. Kameranya sudah punya fitur AF, LED flash, dan HDR. Lalu, kamera Samsung Galaxy A2 Core ini juga diklaim bisa merekam video dengan resolusi 1080 piksel. Sedangkan untuk kamera depannya juga hanya mengandalkan 5MP tanpa fitur yang menarik.

Kabar baiknya, HP ini dilengkapi dengan USB On-The-Go dan baterai yang mudah dilepas pasang (removable). Kalau suka dengan HP ini, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam kok, karena Samsung Galaxy A2 Core dijual dengan kisaran 1 jutaan saja. Untuk HP bekasnya bisa berada di bawah satu jutaan lho!

8. Samsung Galaxy J2 Pro 2018

Di tahun 2018, Samsung menerbitkan ponsel yang cukup menarik kala itu, namanya Samsung Galaxy J2 Pro 2018. Dulu, harga HP ini cukup mahal berada di kisaran 1.8 jutaan. Namun untuk saat ini harganya sudah cukup turun menjadi sekitar 1 jutaan. Hal yang menarik di HP ini ada di bagian layarnya.

Samsung Galaxy J2 Pro 2018 sudah menggunakan layar Super AMOLED dengan luas 5 inci. Layarnya juga menggunakan resolusi 540 x 960 piksel yang cukup baik di zamannya. Selain soal layar, Samsung Galaxy J2 Pro 2018 punya performa yang OKE untuk browsing, membuka sosial media, atau sekedar nonton video.

Ada chipset Snapdragon 425 dan GPU Adreno 308 di dalam HP ini sehingga bisa menghasilkan kinerja yang cukup mumpuni, dengan catatan tidak bisa diajak main game berat ala zaman sekarang, ya. Bahkan, menurut tabloidpulsa, HP ini punya kinerja yang lebih unggul jika dibandingkan dengan Nubia M2 Play dan Sharp R1. Hasil benchmark AnTuTu mendapatkan skor 44215.

Beralih ke kamera, di sini hanya ada kamera 8MP bagian belakang dengan fitur AF, LED flash, HDR, dan panorama. Di DXOMARK, HP ini mendapatkan skor 65 dengan hasil foto yang tidak terlalu buruk untuk HP tahun 2018-an dengan kelas entry.

9. Samsung Galaxy E5

Jika membutuhkan HP Samsung yang murah dengan harga kisaran 1 jutaan tapi punya spesifikasi yang cukup untuk aktivitas harian, bisa pilih Samsung Galaxy E5. HP ini cukup lawas karena dirilis tahun 2015. Meski begitu, HP ini sudah ditenagai dengan chipset Snapdragon 410, RAM 1.5 GB, dan GPU Adreno 306.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy E5 punya performa yang memang hanya diperuntukan browsing, chatting, dan game ringan saja. Untuk penyimpanan data, HP ini hanya dibekali dengan kapasitas ROM 16GB saja. Tapi, memori ini masih bisa diekspansi menggunakan MicroSD di slot khusus.

Di bagian kamera, Samsung Galaxy E5 memiliki kamera belakang 8MP. Fitur di kameranya ini cukup memadai, sudah ada AF, LED flash, dan panorama. Menariknya, HP ini juga bisa berfoto dengan mode 16:9. Sedangkan untuk yang suka selfie, di sini menyediakan kamera 5MP lengkap dengan wide selfie mode sehingga bisa mencakup foto selfie yang lebih luas.

10. Samsung Galaxy J1 Ace

Satu lagi HP Samsung yang murah di bawah 1 jutaan, Samsung Galaxy J1 Ace. Ini merupakan HP keluaran 2015. Harga untuk sekarang berada di kisaran 800 ribuan hingga 1 jutaan. Kalau barang second bisa dibanderol dengan kisaran di bawah 500 ribuan. Sangat terjangkau kan? HP ini memang tidak terlalu powerful tapi masih cukup baik untuk sekedar komunikasi.

Ditenagai dengan chipset Spreadtrum SC9830 dan RAM 1GB membuat Samsung Galaxy J1 Ace masih bisa diajak untuk Whatsapp-an. Sayangnya, kapasitas ROM-nya sangat sempit, hanya 4GB atau 8GB saja. Tapi hal itu bisa diakali dengan menambahkan memori eksternal pada slot microSDXC.

Untuk kameranya sendiri juga tidak terlalu mengesankan. Di Samsung Galaxy J1 Ace hanya ada satu kamera belakang dengan resolusi 5MP. Tapi, kameranya sudah dibekali dengan fitur AF, LED flash, dan panorama. Fyi, fitur AF di sini tidak terlalu buruk dan cukup baik untuk di kelasnya pada saat itu. Sedangkan kamera swafoto hanya dibekali resolusi 2MP saja.

Oh iya, HP ini punya kelebihan dari segi layar. Pasalnya Samsung Galaxy J1 Ace sudah menggunakan layar Super AMOLED. Meski resolusinya hanya 480 x 800 piksel, tapi warna layarnya masih cukup enak untuk digunakan menonton video.

Samsung yang dikenal sebagai brand HP mahal, sebenarnya punya beberapa jajaran HP dengan harga murah kurang dari satu jutaan. Sayangnya, HP murah ini memiliki spesifikasi yang minim karena tujuannya memang hanya untuk penggunaan harian saja, bukan hal berat seperti main game. Jadi, kalau lagi cari HP murah sekedar untuk komunikasi biasa, bisa pilih salah satu HP di atas.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.