10 HP Vivo Kamera Bagus, Ada yang Harganya Murah Lho!

HP Vivo Kamera Bagus – Sepertinya banyak sekali HP Tiongkok yang selalu berusaha untuk memberikan HP dengan kamera terbaik. Salah satu vendor HP China yang punya HP kamera terbaik adalah Vivo. Ya, ada banyak HP Vivo yang menghadirkan kamera menarik, baik itu kamera belakangnya, maupun kamera depannya. Tidak hanya itu saja, HP Vivo juga senantiasa memberikan berbagai macam fitur yang menarik.

Bahkan, fiturnya juga tidak kalah kerennya dengan vendor HP ternama, seperti Samsung, Apple, atau pun Oppo. Nah, bagaimana dengan kualitas dan hasil fotonya? Lalu, apakah worth membeli HP Vivo untuk kebutuhan fotografi? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, sebaiknya langsung simak ulasan kami di bawah ini, ya!

1. Vivo X50 Pro

Sebagai pembuka, ada Vivo X50 Pro yang menjadi salah satu HP Vivo dengan kamera bagus. Dalam spesifikasi kameranya, ada quad kamera yang terdiri dari 48MP (wide), 8MP (periscope telephoto), 13MP (portrait), dan 8MP (ultrawide). Tidak hanya itu saja, di kameranya ini membawa beragam fitur menarik, ada gimbal OIS, 5x optical zoom, 2x optical zoom, hingga Dual-LED dual-tone flash.

Bagaimana dengan performanya? Di kamera utama, 48MP, sudah menggunakan sensor dari Sony IMX 598. Sensornya tersebut dibekali dengan fitur gimbal OIS agar lebih stabil saat mengambil foto dan video. Hasil fotonya, ternyata memang sangat mengesankan, terutama di kondisi cahaya yang terang.

Warna yang dihasilkan sangat punchy dan vibran. Namun menurut Indianexpress, hasil foto tersebut tidak terlalu natural seperti hasil foto di kamera iPhone 11. Meskipun begitu, hasil fotonya ini masih sangat stand out karena dynamic range dan ketajaman fotonya sangat mengesankan. Tapi GSMARENA juga menyayangkan soal fitur HDR-nya yang membuat hasil foto terkesan kurang natural dan agak berlebihan.

Di bagian kamera telephoto, X50 Pro punya fitur 5x optical zoom yang hasilnya cukup bagus. Meski tidak sebaik Huawei P40 Pro, tapi detail gambar yang dihasilkannya cukup baik. Warnanya juga lebih natural dan lebih hidup dengan kontras yang cukup OKE. Kabar baik lainnya, noise pada gambar agak berkurang dan hasil fotonya lebih tajam.

Sedangkan untuk kamera portrait 13MP dengan fitur 2x optical zoom ini ternyata menghasilkan foto yang kurang tajam. Detail gambarnya juga tidak sebagus saat memotret dengan kamera telephoto atau wide. Tapi yang perlu diapresiasi adalah keakuratan warnanya serta dynamic range yang cukup luas.

Terakhir, kamera ultrawide 8MP. Berdasarkan pengalaman GSMARENA, kameranya tidak terlalu menarik karena hasil fotonya kurang detail dan kurang tajam. Catatan baiknya, warna yang dihasilkan cukup akurat. Memang masih ada noise di sana-sini, tapi itu bukan masalah besar.

2. Vivo V17 Pro

HP yang dirilis tahun 2019 di bulan September ini menghadirkan empat kamera di bagian belakang. Ada kamera 48 MP (wide), 8MP (ultrawide), 13MP (telephoto), dan 2MP (depth). Tercatat, kamera wide-nya punya fitur PDAF dan kamera telephoto sudah memiliki fitur 2x optical zoom. Tidak hanya itu saja, LED Flash, HDR, dan panorama juga turut melengkapi jajaran fitur kamera Vivo V17 Pro.

Berdasarkan review GadgetsNow, kameranya bisa menghasilkan foto dengan gambar yang detail, tajam, serta dynamic range yang memuaskan. Tidak hanya itu saja, warna fotonya juga diproduksi dengan baik. Bahkan tingkat saturasi warnanya cukup tinggi. Untuk hasil foto di kamera 48MP ini terlihat lebih warm. Sangat estetik ketika memotret langit!

Sedangkan pada kamera 13MP (telephoto), hasil foto akan disimpan dalam bentuk gambar 12MP. Fotonya masih bagus dengan detail yang memuaskan. Lalu, warnanya juga sangat hidup. Saat melakukan zoom, hasil fotonya tidak terlalu menarik. Meskipun begitu, hasil zoom ini akan lebih efektif saat digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080p.

Beralih ke mode malam. Untuk memotret di malam hari, memang bagusnya mengaktifkan night mode. Dengan mode tersebut, hasil foto terlihat lebih detail. Bayangan yang ada di foto terlihat lebih natural. Eksposurnya juga cukup stabil. Yang paling menarik, mode malamnya ini lebih terang dan tingkat blurnya lebih sedikit. Ini sebuah peningkatan untuk Vivo dibanding mode malam di HP Vivo sebelumnya.

Sayangnya, kamera ultrawide Vivo V17 Pro kurang OKE untuk diajak foto malam hari. Pasalnya, hasil gambar terlihat agak gelap. Detailnya juga tidak terlalu bagus dengan beberapa noise di sana-sini. Jadi, disarankan untuk tetap menggunakan kamera 48MP dan aktifkan mode malam untuk foto malam hari agar hasilnya lebih memuaskan.

3. Vivo X30 Pro

Selanjutnya, ada Vivo X30 Pro. Di HP kali ini membawa quad kamera, di antaranya adalah 64MP (wide), 13MP (periscope telephoto), 32MP (telephoto), dan 8MP (ultrawide). Spesifikasinya cukup mengesankan, hal tersebut juga diimbangi dengan fitur yang menarik, seperti Laser AF, PDAF, OIS, 5x optical zoom, 2x optical zoom, hingga Dual-LED dual-tone flash.

Belum cukup sampai di situ, hasil kameranya ini bahkan bisa memotret hingga 60x zoom. Hasilnya sendiri cukup memuaskan lho. Gizmochina mencoba mengambil gambar dengan kamera 13MP (periscope telephoto), saat mencoba 5x zoom, hasil gambar masih terlihat baik-baik saja dan cenderung sangat bagus. Namun, ketika mencoba sampai batas maksimal 60x zoom, hasilnya memang agak blur.

Meskipun begitu, hasil foto dari kedua percobaannya tetap menampilkan gambar yang detail. Hal tersebut juga diamini oleh us.valueq. Mereka menyebutkan hasil foto zoom-nya cukup baik. Pada saat memotret pun, hasil fotonya lebih stabil. Pun begitu dengan 60x zoom, fotonya masih terlihat jelas meski agak blur.

Sedangkan untuk berfoto dengan mode portrait, HP ini mengusung sensor Samsung ISOCELL CD1 dengan resolusi maksimal 32MP. Jadi, hasilnya cukup baik meski ada sedikit distorsi di fotonya. Kelebihan lainnya adalah foto bokeh. Di mode ini, pengguna bisa mendapatkan hasil foto bokeh yang cukup natural, layak masuk sebagai HP Vivo kamera bagus!

4. Vivo X20 Plus

Vivo X20 Plus menjadi salah satu HP yang punya kamera bagus. Di sini memang tidak ada quad kamera, tapi mengusung dual kamera yang terdiri dari 12MP lengkap dengan AF dan 5MP (depth). Untuk fiturnya, Vivo X20 Plus memiliki LED Flash, HDR, serta panorama. Lalu, HP ini juga mendukung perekaman video beresolusi 1080p.

Hasil kameranya cukup memuaskan dengan mengantongi skor 90 di DXOMARK. Menurut mereka, kameranya bisa diajak untuk foto di kondisi cahaya yang sangat terang. Hasil fotonya sangat bagus dengan eksposur yang seimbang. Meski dynamic range agak kurang luas, tapi fitur HDR yang ada di kamera ini sangat “nendang” dan hasilnya mengesankan. Begitu pun dengan Autofokusnya yang tergolong akurat.

Sedangkan saat memotret di kondisi minim cahaya, hasil fotonya masih terlihat bagus. Eksposurnya juga masih akurat dengan white balance yang netral. Hanya saja, color shading yang dihasilkan agak kurang maksimal. Tapi secara keseluruhan noise-nya tidak terlalu nampak dan dapat di-reduce dengan baik.

Nah, untuk fitur LED Flash-nya juga nggak kalah menariknya. Saat mengambil gambar dengan flash diaktifkan maka hasilnya masih cukup bisa diterima. Poin utamanya ada di eksposur dan skin tone. Eksposurnya akurat, tepat mengenai bagian tengah frame dan skin tone-nya terlihat natural. Warnanya tidak berlebihan, tapi teksturnya terlihat menurun.

Beralih ke kamera 5MP (depth), kameranya bisa mengambil gambar bokeh dalam bentuk portrait. Hasilnya juga cukup bagus. Tampilannya cukup natural berkat efek depth of field yang mengesankan. Oh iya, ketika memotret pemandangan, seperti langit, noise agak terlihat. Pada sebagian sudut fotonya nampak terlalu “halus” dan kontrasnya agak kurang seimbang. Namun secara keseluruhan masih cukup baik untuk memotret objek yang lebih jelas.

5. Vivo V15 Pro

Spesifikasi kamera HP Vivo kali ini ada triple kamera, yakni 48MP (wide), 8MP (ultrawide), dan 5MP (depth). Di bagian wide kamera sudah dibekali dengan fitur PDAF. Sedangkan fitur lainnya ada LED Flash, HDR, dan panorama. Cukup standar seperti HP pada umumnya. Namun, apakah hasil fotonya juga standar?

Menurut bgr.in, hasil fotonya tidak mengecewakan. Yang menjadi poin utamanya ada di reproduksi warna, detail dan tekstur gambarnya. Memotret di siang hari bisa mendapatkan foto dengan warna dan kontras yang baik, pun begitu dengan dynamic range. Warnanya agak juicy (menarik) tapi terkadang terlalu berlebihan di bagian atas foto. Jadi kesannya tidak terlalu natural.

Hasil foto yang bagus ini juga dialami oleh Androidauthority. Mereka mengatakan, hasilnya sangat bagus. Saat memotret objek yang agak detail, seperti rerumputan, noise dapat terkontrol dengan baik. Jadi, sangat cocok untuk dipajang di sosial media. Beralih ke kamera ultrawide, di kameranya bisa mengoreksi warna dengan baik, tapi distorsi pada gambar masih agak terlihat.

Untuk memotret di malam hari, sebaiknya gunakan kamera utama 48MP. Dengan kamera tersebut hasilnya lebih mengesankan karena noise tidak terlalu banyak. Highlight dan shadows dapat ditampilkan dengan seimbang. Sayangnya, hasil foto malam hari ini agak oversharpening alias terlalu tajam. Jadi, nampak kurang natural. Meskipun begitu, HP ini masih sangat layak untuk fotografi dengan hasil yang estetik dan ciamik.

6. Vivo V19

Vivo V19 ini berada di kelas middle dengan kisaran harga 5 jutaan. Untuk HP kelas menengah, Vivo V19 sudah menggunakan quad kamera yang terdiri dari 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), dan 2MP (depth). Kameranya ini juga sudah mengantongi fitur PDAF untuk wide kamera, LED Flash, HDR, dan panorama.

Tidak mengecewakan, hasil foto dari kameranya ini ternyata dinilai lebih baik. Detail, saturasi, dan keseimbangan warna dalam satu foto terlihat cukup pas. Tapi, GadgetsNow menyayangkan hasil fotonya ini yang terkesan kurang natural. Meskipun begitu, kamera 48MP ini cukup mumpuni untuk diajak berfoto di keadaan siang maupun malam hari.

Jika ingin memotret di malam hari, disarankan untuk mengaktifkan mode malam agar hasil foto lebih menarik. Beralih ke kamera 8MP, lagi-lagi Vivo V19 dipuji karena kameranya bisa bekerja dengan baik. Detailnya bagus dan warnanya stand out. Tapi sayangnya, tingkat ketajaman fotonya terlihat di beberapa bagian tertentu saja. Namun hal itu tidak terlalu mengganggu.

Untuk foto jarak dekat bisa andalkan kamera macro 2MP. Hasil gambarnya bagus, detail dan tingkat ketajamannya cukup memuaskan. Kekurangannya adalah, saat memotong (crop) gambar maka kualitas foto agak menurun. Hal ini wajar, mengingat kamera ini hanya dibekali dengan sensor 2MP.

7. Vivo S1 Pro

Jika memiliki budget sekitar 3.5 jutaan dan ingin punya HP Vivo kamera bagus, Vivo S1 Pro bisa menjadi pilihan yang pas. HP ini sudah memiliki empat kamera di bagian belakang, ada 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), dan 2MP (depth). Seperti kamera pada umumnya, di sini juga kamu bisa menemukan fitur PDAF, LED Flash, HDR, dan panorama. Bagaimana dengan performa kameranya?

Gizmologi menyatakan, HP ini punya desain kamera yang stylish. Hal ini juga sebanding lurus dengan kualitas gambarnya yang dikatakan cukup bagus. Eksposur dan pencahayaan yang didapat pada kamera ini cukup mumpuni. Tapi sayangnya, hasil gambarnya tidak terlihat natural, kadang terlalu berlebihan.

Pendapat tadi juga diamini oleh gadgets.ndtv. Mereka mengatakan hasil kameranya memang bagus, detail dan warnanya pas hanya saja ada kekurangan di bagian depth. Yang paling mengesankan adalah mode HDR. Hasil fotonya agak kebiruan, sangat cool, tapi terlihat kurang natural. Untuk foto bokehnya juga bagus karena kameranya lebih fokus pada detail di bagian objek utamanya.

8. Vivo iQOO 3

Rekomendasi selanjutnya ada Vivo iQOO 3. Ini adalah HP yang baru meluncur di bulan Maret 2020 silam. Salah satu hal yang menarik di HP ini ada di bagian kameranya. Spesifikasi kameranya cukup asyik untuk dilirik dengan membawa quad kamera di bagian belakang. Keempat kamera tersebut di antaranya adalah 48MP (wide), 13MP (telephoto), 13MP (ultrawide), dan 2MP (depth).

Selain empat kamera, Vivo iQOO 3 juga memiliki beberapa fitur mendasar, seperti PDAF, AF, LED Flash, HDR, dan panorama. Ada satu fitur yang menarik di kamera telephoto-nya, yakni 2x optical zoom. Dengan fitur tersebut, Vivo mengklaim bisa memotret kamera jarak jauh dengan baik. Benarkah?

Berdasarkan review dari GSMARENA, secara keseluruhan hasil gambar di kamera ini cukup baik. Di siang hari, kamera HP-nya mampu mendapatkan foto dengan warna yang nendang dan tidak mengalami oversaturation. Selain itu, luas dynamic range-nya juga cukup baik. Hanya saja, warna efek bayangan pada fotonya agak terlalu gelap. Tapi ini tidak mengganggu.

Lalu, kamera 48MP menghasilkan foto yang agak noise tapi detailnya cukup bagus. Sedangkan di bagian ultrawide, kualitas gambarnya agak banyak noise dengan warna agak keunguan pada hasil fotonya. Meskipun begitu fotonya masih punya dynamic range yang luas. Menariknya, jika memotret langit maka akan keluar warna biru yang estetik. Cocok untuk dipamerkan di Instagram.

Untuk kamera telephoto-nya sendiri punya hasil foto dengan saturasi warna yang agak warm. Sayangnya, ketika mencoba fitur 2x optical zoom, detail gambar agak sedikit kabur. Kemudian, saat memotret di malam hari, hasil fotonya terlihat lebih estetik tapi detailnya kurang baik, bahkan cenderung underexposed.

Kalau mau hasil yang lebih baik, cobalah untuk mengaktifkan mode malam (night mode). Dengan mode malam, hasil fotonya akan terasa lebih instagramable. Lalu, warnanya juga sangat menarik. Overall, HP ini cocok untuk fotografi yang suka update di Instagram karena hasilnya tergolong estetik.

9. Vivo iQOO Neo 3 5G

Lebih baru satu bulan dibandingkan HP sebelumnya, kali ini rekomendasi HP Vivo kamera bagus datang dari iQOO Neo3. Berbeda dengan versi yang tadi, di sini hanya ada tiga kamera belakang, yakni 48MP (wide), 8MP (ultrawide), dan 2MP (macro). Untuk fiturnya memang tidak terlalu banyak, hanya ada PDAF, LED Flash, HDR, dan panorama, namun hasil gambarnya cukup mengesankan kok.

Saat memotret dalam kondisi cahaya yang sangat terang (siang hari), hasil fotonya lebih terang dibandingkan scene aslinya. Tentu saja hasil fotonya terlihat tidak terlalu natural dan detailnya agak kurang nendang. Meskipun begitu, hasil fotonya ini masih sangat layak untuk dipamerkan di Instagram karena terlihat cukup estetik dan menarik.

Untuk hasil warna fotonya memang tidak terlalu mengesankan. Saturasi warna pada objek terlalu berlebihan, sehingga hasilnya tidak sama seperti yang ada di scene aslinya. Tapi hal ini bukan masalah, hasil fotonya cukup OKE.

Saat memotret di malam hari, hasil gambarnya tidak terlalu detail terutama di bagian background. Meskipun begitu, fotonya masih terasa “menyejukan” dan enak dipandang. Secara keseluruhan, bagi yang suka update foto di Instagram, kamera Vivo iQOO Neo 3 5G masih layak untuk dipertimbangkan.

10. Vivo V7 Plus

bukan HP baru memang, ini HP keluaran tahun 2017. Spesifikasi kameranya juga tidak semenarik HP sebelumnya, karena di Vivo V17 Plus hanya menghadirkan satu kamera belakang 16MP, lengkap dengan fitur PDAF, LED Flash, dan HDR. Lalu, Vivo juga menyebutkan kameranya mampu merekam video dengan resolusi 1080p. Cukup baik untuk HP keluaran tahun 2017.

Untuk ukuran HP lama, hasil kamera di HP ini masih tergolong cukup baik. Fotonya mampu menghasilkan gambar yang detail dengan white balance yang cukup mengesankan. Tapi, ketika memotret dengan objek yang lebih detail, seperti dedaunan, detail fotonya agak kabur. Semua itu sebenarnya bukan masalah besar, karena fotonya masih mampu memberikan sentuhan warna yang saturated. Oh iya, hasil fotonya agak warm.

Nah, untuk berfoto di malam hari ada banyak noise. Lalu, detailnya juga tidak sebagus foto saat siang hari (kondisi cahaya yang berlimpah). Terkadang, autofokusnya juga tidak mencapai target alias meleset ke objek lain. Meskipun begitu, hasil foto ini masih bisa untuk dipamerkan di sosial media. Masih cukup estetik dan menarik.

Untuk yang ingin punya HP Vivo dengan performa kamera yang bagus dan harga terjangkau, Vivo V7 Plus bisa menjadi pilihan yang bijak. HP ini berada di kelas middle, harganya tidak terlalu mahal sekitar 2 jutaan. Tertarik?

Cukup banyak pilihan HP Vivo kamera bagus, mulai dari harga kelas flagship hingga middle-end. Rata-rata, kameranya juga menawarkan hasil yang tergolong instagramable, cocok untuk yang suka fotografi dan share ke sosial media. Tertarik untuk membeli salah satu HP di atas?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.5 / 5. Vote count: 221

No votes so far! Be the first to rate this post.