10 HP Xiaomi Kamera Bagus yang Bikin Foto Estetik

Xiaomi punya Black Shark sebagai salah satu HP gaming terbaik di dunia. Selain itu, Xiaomi juga masih punya sederet HP kamera bagus, mulai dari HP kelas high end hingga entry level. Kualitas kamera yang ada pada HP asal Tiongkok ini dinilai dari beberapa sisi, mulai dari hasil gambarnya, hingga hal detail seperti eksposur, warna, dan dynamic range-nya.

Untuk mendapatkan hasil kualitas foto terbaik maka tidak heran jika Xiaomi memberikan spesifikasi kamera yang cukup menggiurkan. Tidak hanya itu, bahkan fitur-fiturnya pun cukup lengkap. Mulai penasaran dengan HP Xiaomi kamera terbaik? Berikut kami sudah merangkumnya dalam 10 HP Xiaomi kamera bagus. Disimak, ya!

1. Xiaomi Mi 10 Pro

Yang pertama, Xiaomi Mi 10 Pro menjadi pilihan terbaik kali ini. HP yang baru meluncur pada bulan Februari 2020 ini sangat menarik dengan membawa quad kamera di bagian belakang. Keempat kamera tersebut terdiri dari 108MP (wide), 12MP (telephoto), 8MP (telephoto), dan 20MP (ultrawide).

Tidak hanya itu saja, Xiaomi juga memberikan berbagai macam fitur yang sangat mengesankan, seperti 2x optical zoom, 3.7 optical zoom, 5x hybrid zoom, hingga Triple-LED dual-tone flash. Melihat dari spesifikasinya, tentu Xiaomi Mi 10 Pro ini punya kualitas foto terbaik. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan skor 124 yang ia peroleh dari DXOMARK.

Sangat layak mendapatkan skor tinggi, pasalnya Mi 10 Pro dapat menampilkan foto dengan tekstur yang sangat baik. Tidak hanya itu saja, tingkat ketajaman di fotonya out standing. Setiap sudut fotonya punya tingkat ketajaman yang tinggi. Bahkan, jika dibandingkan dengan Huawei Mate 30 Pro 5G dan iPhone 11 Pro Max, hasil foto dari Mi 10 Pro jauh lebih baik karena detail pada foto terlihat lebih natural.

Selain itu, setiap foto yang dihasilkan oleh kameranya mampu mengontrol noise dengan sangat baik. Namun sayangnya, luminance noise agak terlihat jelas ketika memotret di dalam ruangan. Tapi hal tersebut tidak mengganggu hasil fotonya masih terlihat lebih baik dibandingkan CC9 Pro Premium Edition.

Sedangkan untuk melakukan zoom, HP ini dinilai bisa menghasilkan foto yang cukup detail. Tapi, untuk zoom dengan jarak yang lebih jauh, kualitas fotonya agak menurun. Ini sangat wajar karena memang belum ada kamera HP yang bisa melakukan zoom jarak jauh dengan hasil sempurna.

2. Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition

Lebih menarik dibandingkan HP sebelumnya, di Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition ada lima kamera di bagian belakangnya, yakni 108MP (wide), 20MP (ultrawide), 5MP (telephoto), 12MP (portrait lens), dan 2MP (macro). Tidak hanya itu, fiturnya juga cukup menarik dengan kehadiran OIS optical anti shaking, 50x digital zoom, hingga 10x hybrid zoom.

Di DXOMARK, Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition mendapatkan skor 121, beda 3 poin dengan Mi 10 Pro. Dengan begitu, bisa disimpulkan kalau kualitas foto di kamera HP ini sangat mengesankan. Ketika memotret di luar ruangan, eksposur yang didapatkan sangat baik. Tidak hanya itu saja, setiap detail yang ada di gambar dan scene aslinya sangat bagus, terlihat natural. Bahkan, noise di kamera ini sangat sedikit.

Ada kekurangan, menurut DXOMARK hasil fotonya agak pinkish dan highlight-nya aga sedikit terpotong tapi fotonya masih berkualitas tinggi. Sedangkan untuk fitur zoom-nya ini dinilai bisa bekerja dengan baik karena bisa menghasilkan gambar yang detail meski ada banyak noise.

Untuk memotret dengan kondisi cahaya yang minim, hasilnya juga masih memuaskan. Detailnya sangat baik, flash yang solid, dan target eksposur yang akurat. Tapi, masih banyak noise yang hadir di berbagai sudut foto, namun itu tidak terlalu mengganggu.

Keunggulan lainnya didapatkan dari perekaman video. Hasil video di kamera ini cukup impresif! Videonya cukup vivid dengan warna yang pas. Bahkan, autofokus pada perekeman video bisa bekerja dengan baik. Eksposurnya juga masih konsisten dan akurat, detailnya mengesankan dengan noise yang terkontrol dengan baik.

Sayangnya, saat melakukan perpindahan scene, terkadang pergerakannya agak kurang natural. Teksturnya dirasa berlebihan, tapi hal tersebut masih bisa dimaafkan. Overall, HP ini sangat layak untuk dikatakan sebagai HP Xiaomi kamera bagus. Untuk yang tertarik memiliki HP ini, bisa siapkan dana sekitar 5.5 juta – 6 jutaan. Tidak terlalu mahal, kan?

3. Xiaomi Redmi K30 Pro Zoom Edition

Selanjutnya, ada Xiaomi Redmi K30 Pro Zoom Edition dengan perolehan skor 120 di DXOMARK. Untuk spesifikasi kameranya juga tidak kalah menarik dengan menghadirkan empat kamera di belakang, yakni 64MP (wide), 8MP (telephoto), 13MP (ultrawide), dan 2MP (depth). Sedangkan fiturnya juga cukup mumpuni, ada PDAF, OIS, 3x optical zoom, HDR, panorama, hingga Dual-LED dual-tone flash.

Dibandingkan dengan Mi 10 Pro dan Mi CC9 Pro, HP ini dinilai bisa memproduksi kualitas gambar dengan lebih efektif, mulai dari aspek warna, dynamic range, hingga eksposur. White balance yang ada pada hasil fotonya dinilai lebih netral. Saturasi warnanya juga lebih enak dipandang. Begitu pula dengan tekstur dan noise yang terkontrol dengan baik.

Kekurangannya ada di HDR. Saat memotret menggunakan mode HDR, hasil foto terlihat ghosting (agak berbayang untuk benda yang sedang bergerak). Hal tersebut membuat tekstur gambar menjadi terganggu, tapi tidak terlihat begitu jelas.

Kamera ultrawide-nya tidak terlalu spesial untuk ukuran HP high end, namun hasilnya memang pasti bagus. Fotonya bisa menghasilkan warna yang menarik. Lalu distortion dan anamorphosis terkontrol dengan sangat baik. Beralih ke kamera telephoto, di sini ada fitur zoom. Nah, fitur tersebut ternyata adalah poin utama dan hal yang paling mengesankan dari kamera Redmi K30 Pro Zoom ini.

Pasalnya, hasil foto masih cukup baik dan detailnya masih acceptable (zoom dengan jarak jauh). Tidak hanya itu, eksposur serta warna yang ditampilkan juga terlihat mulus, tidak terlihat artifacts di gambarnya. Cukup memuaskan!

Sedangkan untuk foto malam hari ada fitur night mode. Dengan mode tersebut, hasil foto terlihat lebih berwarna tapi masih agak lebih gelap jika dibandingkan hasil foto dari kamera iPhone 11 Pro Max. Overall, Hp ini masih bisa diajak untuk fotografi malam hari karena eksposur, warna, serta dynamic range-nya cukup mengesankan dan terlihat natural.

4. Xiaomi Poco F2 Pro

Xiaomi Poco F2 Pro juga masuk ke dalam daftar HP Xiaomi kamera bagus. Sama seperti sebelumnya, di sini ada empat kamera, 64MP (wide), 5MP (telephoto macro), 13MP (ultrawide), dan 2MP (depth). Tidak ada fitur zoom, tapi fitur lainnya cukup mumpuni, seperti PDAF, AF, Dual-LED dual-tone flash, HDR, dan panorama.

Berdasarkan hasil review GSMARENA, kamera utamanya punya performa yang bagus untuk memotret di siang hari. Produksi warna yang dihasilkan cukup tersaturasi dengan baik. Tingkat ketajaman dan detailnya juga cukup memuaskan. Noise masih agak terlihat dan contrast-nya agak berlebihan. Namun, hal itu justru membuat foto terlihat lebih estetik.

Sedangkan pada kamera ultrawide, hasil fotonya juga masih menarik. Ia bisa menampilkan warna, kontras, dan eksposur yang seimbang. Namun, hasilnya itu terlihat lebih “halus” dengan dynamic range yang tidak terlalu luas. Oh iya, di sini juga ada 2x zoom. Bukan yang terbaik memang, tapi hasilnya tidak terlalu buruk karena gambarnya masih terlihat tajam. Bahkan, detailnya keluar dengan sangat baik!

Beralih ke malam hari, hasil foto dari kamera Poco F2 Pro bisa menampilkan gambar yang cukup apik. Ketika menggunakan mode malam, hasilnya terlihat lebih tajam dan detail. Lampu-lampu di malam hari terlihat lebih nyala dan cantik. Tapi sayangnya, mode malam ini tidak bisa digunakan saat melakukan 2x zoom sehingga hasil fotonya terlihat biasa saja. Secara keseluruhan, performa kamera HP ini tergolong mumpuni untuk diajak fotografi.

5. Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Masih dengan HP terbaru dari Xiaomi, kali ini ada Xiaomi Redmi Note 9 Pro. Dalam spesifikasinya, HP ini dibekali empat kamera belakang yang meliputi 64MP (wide), 8MP (ultrawide), 5MP (macro), dan 2MP (depth). Lalu, kamera tersebut juga punya fitur yang cukup mumpuni, seperti PDAF, AF, LED flash, HDR, dan panorama.

Performa dari kamera 64MP ini dinilai cukup baik. Hanya saja menurut GadgetsNow, hasil fotonya oversaturated saat memotret di luar ruangan. Hal tersebut juga disetujui oleh GSMARENA, tapi menurutnya detail foto Redmi Note 9 Pro sangat bagus. Warnanya akurat dan dynamic range-nya cukup luas meskipun tidak menggunakan fitur HDR.

Sekarang mari lihat performa kamera ultrawide. Di kamera ini ada resolusi 8MP dan hasil fotonya cukup detail. Tidak hanya itu saja, ia bisa menampilkan gambar dengan kontras dan dynamic range di atas rata-rata. Untuk mengoreksi distorsinya juga sangat memuaskan. Foto langit juga terasa sangat estetik, cocok untuk diunggah ke Instagram.

Yang lebih mengesankan lagi adalah kamera 5MP (macro). Menurut beberapa reviewer, seperti GSMARENA, hasil foto closeup di kamera ini sangat bagus. Detail dan tingkat ketajamannya sangat memuaskan. Pun begitu dengan noise yang tidak terlalu nampak. Good job untuk Redmi Note 9 Pro!

6. Xiaomi Mi 9

Selanjutnya, Xiaomi Mi 9. Ini merupakan HP keluaran 2019 silam. Meski bukan yang terbaru, tapi HP ini masih bisa dipertimbangkan untuk yang mencari HP Xiaomi kamera bagus. Ada tiga kamera di bagian belakang, yakni 48MP (wide), 12MP (telephoto) dan 16MP (ultrawide). Menariknya, Xiaomi Mi 9 juga mengusung fitur 2x optical zoom di kamera telephoto. Lalu, semua kameranya sudah memiliki fitur PDAF.

Bagaimana dengan performanya? Berdasarkan hasil tes DXOMARK, Xiaomi Mi 9 mendapatkan skor 110. Bukan skor tertinggi tapi ini salah satu skor yang berada di urutan atas. Menurut mereka, kamera wide-nya bisa menghasilkan foto outdoor yang bagus. Target eksposurnya akurat dan color rendering-nya masih OK. Saturasi warna pada gambarnya nampak natural dengan hasil foto yang agak warm.

Untuk kamera 12MP (telephoto), memang hasilnya tidak terlalu mengesankan dan tidak ada hal yang terlalu spesial, tapi jangan remehkan kualitas fotonya, ya. Pasalnya, hasil foto kameranya cukup memuaskan. Detail gambarnya terlihat jelas dan noise sangat sedikit. Sedangkan untuk kamera ultrawide bisa menampilkan foto dengan warna yang “hidup” dengan noise yang masih bisa dimaklumi.

Beralih ke malam hari, kameranya punya performa yang cukup OKE. Tapi dengan beberapa kekurangan, salah satunya adalah detail yang agak kabur karena cukup banyak noise yang nampak pada foto. Meski begitu, kekurangan tadi masih bisa ditutupi dengan mengaktifkan night mode. Hasil foto dengan mode malam lebih acceptable dan “cerah” dengan detail yang lebih baik.

7. Xiaomi Mi MIX 3

Xiaomi Mi MIX 3 merupakan HP keluaran tahun 2018. Pada masanya, HP ini dinilai punya kamera terbaik. Hingga saat ini, beberapa orang juga setuju kalau Xiaomi Mi MIX 3 masih layak untuk disebut sebagai HP Xiaomi kamera bagus. Di sini, hanya ada dua kamera belakang. Keduanya sama-sama dibekali dengan resolusi 12MP, baik untuk wide dan telephoto.

Untuk HP tahun 2018-an, fiturnya cukup mumpuni, ada PDAF, 4-axis OIS, LED flash, HDR, dan panorama. Performa kameranya cukup bagus karena hasil fotonya detail. Tapi masih ada sedikit noise meskipun mengaturnya dengan ISO rendah. Yang menarik, kamera ini bisa mendapatkan dynamic range yang luas meskipun berada di kondisi yang high-contrast.

Nah, kalau mau hasil foto yang lebih keren lagi, nyalakan fitur HDR-nya. Dengan fitur tersebut, kamera akan otomatis memperbaiki setiap clipped highlights. Kelebihan lainnya adalah kehadiran fitur AI. Fitur tadi bisa membuat foto tampil dengan warna yang lebih nendang. Ada ekstra contrast pada hasil fotonya, dan hal itu membuat foto lebih estetik.

Lalu, saat berfoto di malam hari tidak terlalu buruk. Namun, jika ingin foto dengan saturasi warna yang lebih “cantik” cobalah nyalakan night mode. Namun, foto “cantik” ini tidak terlihat bagus ketika memotret dengan kamera telephoto. Hasilnya agak gelap dan detail kurang nendang.

8. Xiaomi Redmi K20 Pro

Berbeda dengan yang versi “zoom”, kali ini Xiaomi Redmi K20 Pro hanya memiliki tiga kamera di bagian belakang yang terdiri dari 48MP (wide), 8MP (telephoto), dan 13MP (ultrawide). Di kamera telephoto-nya sudah dibekali dengan 2x optical zoom. Selain itu, ada juga fitur PDAF, Dual-LED flash, HDR, dan panorama untuk melengkapi fitur kameranya.

Secara keseluruhan performa pada kamera Xiaomi Redmi K20 Pro sangat bagus, tidak terlalu banyak kekurangan. Mengantongi skor 102 dari DXOMARK, HP ini bisa menghasilkan gambar dengan eksposur dan tekstur gambar yang memuaskan. Meski memotret dengan kondisi cahaya yang minim, eksposurnya masih tetap akurat.

Tapi, saat memotret gambar dengan kondisi kontras yang tinggi, misalnya terlalu cerah, maka hasilnya agak sedikit ada clipping di bagian bayangannya. Namun hal ini tidak mengganggu karena color shading-nya cukup pas untuk menampilkan gambar yang cantik. Oh iya, hasil warna fotonya agak pink sedikit. Itu yang membuat fotonya terlihat lebih estetik.

Kemudian, memotret saat malam hari hasilnya juga tidak buruk. Background fotonya masih lebih jelas dibandingkan foto portrait malam harinya Honor 20 Pro. Untuk teksturnya juga bagus, tidak sehalus (unnatural) hasil foto Xiaomi Mi 9. Tapi detailnya masih kalah dengan Honor 20. Overall, masih cocok untuk digunakan memotret dalam kondisi dan situasi apapun.

9. Xiaomi Mi 8

Meskipun Xiaomi Mi 8 HP keluaran 2018, tapi HP ini masih cukup OKE untuk fotografi. Di sini ada dual kamera, dua-duanya punya resolusi 12MP. Untuk fiturnya ada PDAF, 4-axis OIS, AF, 2x optical zoom, Dual-LED flash, HDR, dan panorama. Secara spesifikasi dan fitur, kamera Xiaomi Mi 8 masih cukup OKE meski bukan yang tercanggih.

Untuk memotret di kondisi cahaya yang terang (siang hari), hasil fotonya sangat tajam dan punya detail foto yang bagus. Bahkan, eksposurnya akurat serta mampu menghasilkan warna yang vivid. Memang masih ada noise yang terlihat, namun hal tersebut tidak mengganggu.

Lalu, untuk foto dengan kondisi minim cahaya, hasilnya cukup solid. Eksposur masih stabil dan color rendering-nya terlihat mengesankan dengan sedikit noise. Tapi, saat memotret dengan background warna putih, misalnya tembok putih, hasil latarnya agak terlihat kekuningan. Bukan hal yang buruk dan tidak mengurangi kualitas gambar.

Yang menarik ada di bagian zoom dan bokeh dengan menggunakan lensa telephoto. Hasil gambarnya memang tidak sebagus HP baru, tapi efek blur/bokehnya cukup baik dengan hasil yang natural. Lalu, foto yang dihasilkan HP ini juga lebih baik dibandingkan HP pendahulunya, Xiaomi Mi MIX 2. Autofocusnya lebih stabil dan gambarnya terlihat lebih tajam.

10. Xiaomi Pocophone F1

Last but not least, kami merekomendasikan Xiaomi Pocophone F1. Ini juga bukan HP dengan quad kamera ala zaman sekarang, hanya ada dual kamera di bagian belakang. Kedua kamera tersebut 12MP + 5MP (depth). Meski terkesan biasa saja, tapi fitur dari kamera ini cukup mumpuni, ada dual pixel PDAF, Dual-LED flash, HDR, dan panorama.

Saat memotret di cahaya yang terang (siang hari), hasilnya sangat tajam dan detail. Bahkan, kamera ini terlihat natural dengan noise yang hampir tidak kelihatan. Untuk warnanya cukup akurat seperti scene aslinya. Tanpa perlu menggunakan fitur HDR, hasil gambar Xiaomi Pocophone F1 cukup memuaskan.

Ada fitur AI di kamera ini, sama seperti Mi 8. Tapi, AI di Xiaomi Pocophone F1 terbilang lebih baik karena saturasi warnanya tidak berlebihan. Begitu pun dengan kontrasnya yang dirasa pas, sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih natural.

Kamera HP Xiaomi Pocophone F1 juga bisa melakukan foto bokeh dengan mengandalkan kamera 5MP (depth). Untuk hasilnya cukup baik, mengingat ini bukan HP baru. Background blur dapat ditampilkan dengan cukup baik ketika menggunakan mode portrait. Ada beberapa artifacts di bagian yang kompleks, tapi hal tersebut bisa dimaklumi.

Begitulah penjelasan mengenai 10 HP Xiaomi yang punya kamera bagus versi kami. Secara keseluruhan, setiap kamera di HP Xiaomi bisa menampilkan gambar yang bagus. Masih ada beberapa kekurangan, tapi semuanya bisa dimaklumi. Tertarik membeli salah satu HP di atas?