10 HP Realme Harga 1 Jutaan untuk Main Game dan Fotografi

Selain menelurkan beberapa HP dengan kamera yang bagus, Realme juga punya 10 HP dengan harga satu jutaan terbaik. Meski berada di kelas entry level, tapi kesepuluh HP ini sudah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni, mulai dari performa hingga kamera yang ditawarkan oleh Realme.

Untuk harganya juga sangat beragam, namun yang paling murah berada di kisaran 1.5 juta dengan harga termahalnya mendekati 2 jutaan. Nah, untuk yang ingin punya HP Realme harga terjangkau dengan spesifikasi yang cukup memadai, silakan pilih salah satu dari 10 HP Realme di bawah ini, ya!

1. Realme C11

Untuk para gamers pemula yang mencari HP terjangkau dengan performa yang cukup mumpuni, Realme C11 bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam spesifikasinya, HP ini sudah menggunakan MediaTek Helio G35, octa-core 64 bit. Ini merupakan salah satu prosesor yang tergolong baru. Kecepatannya juga cukup kencang dengan clock speed hingga 2,3Ghz.

Untuk RAM-nya memang tidak terlalu besar, hanya 2GB, tapi ini cukup untuk main game. Memang tidak bisa menampilkan grafis game yang hebat dengan setting mentok kanan, namun masih bisa untuk menikmati asyiknya main game. Kalau ingin kinerja yang lebih efektif, bisa pilih varian RAM 3GB. Oh iya, untuk storage-nya berkapasitas 32GB saja. Jika merasa kurang, bisa tambahkan memori eksternal hingga 256GB.

Di sisi lain, HP ini juga unggul soal kapasitas baterainya. Realme C11 punya kapasitas baterai 5.000 mAh dan ini sangat awet. Menurut Gizmologi.id baterai HP-nya bahkan bisa bertahan hingga dua hari dengan pemakaian wajar, bukan main game secara terus-menerus. Untuk mengisi baterainya sampai penuh, bisa dilakukan dalam kurun waktu sekitar 3 jam.

Hal menarik lainnya adalah bagian kamera. Di sini bisa ditemukan dual kamera, 13MP (wide) + 2MP (depth). Kamera belakangnya tersebut sudah dibekali fitur LED Flash, HDR, dan panorama. Sedangkan kamera wide-nya memiliki fitur PDAF. Selain itu, Realme C11 juga sudah mendukung fitur Nightscape lho!

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa memotret gambar saat kondisi minim cahaya (malam hari). Hasilnya tidak mengecewakan untuk kelas entry level. Memang banyak noise pada gambarnya, tapi itu tergolong wajar. Bahkan, tanpa menggunakan mode Nightscape kameranya masih mampu untuk memotret gambar dengan warna yang cukup natural.

Secara keseluruhan, bagi yang butuh HP murah, performa cukup mumpuni dengan kamera yang lumayan OKE, bisa pilih Realme C11. Untuk membelinya, bisa siapkan dana sekitar 1.5 jutaan saja. Tertarik untuk beli?

2. Realme C3

Realme C3 adalah HP yang baru rilis bulan Februari tahun 2020 silam. Sebagai HP kelas entry level, HP ini tergolong cukup OKE. Pasalnya, HP ini sudah menggunakan chipset Mediatek Helio G70 dengan teknologi HyperEngine sehingga bisa memainkan game lebih optimal dan mengurangi lag saat main game.

Selain itu, Helio G70 ini juga sudah punya Display Latency Optimization. Artinya, HP ini mampu membuka layar lebih cepat dan optimal. Lalu, Realme C3 sudah ditenagai dengan RAM 3GB LPDDR4X yang dinilai punya kinerja 20% lebih baik dibandingkan jenis RAM sebelumnya. Menurut GadgetsNow, HP ini masih mumpuni untuk diajak multitasking. 

Tidak hanya soal performa, di HP ini juga sudah memiliki kamera yang cukup baik. Ada dual kamera di bagian belakang, terdiri dari 12MP (wide) dan 2MP (depth). Sama seperti C11, di sini juga ada fitur LED flash, HDR, panorama, dan PDAF (wide).

Untuk memotret di keadaan cahaya yang terang (siang hari), kameranya mampu menangkap fokus objek dengan cukup cepat dan akurat. Hasil gambarnya juga cukup baik meski bukan yang terbaik. Namun ada kekurangan di bagian zoom karena detail gambar berkurang cukup banyak.

Yang menarik, kamera di Realme C3 dibekali dengan Chroma Boost. Fitur tersebut diklaim bisa menangkap gambar yang lebih baik. Bahkan bisa meningkatkan saturasi warna sehingga hasil gambar lebih “hidup”. Jadi, bisa disimpulkan kalau hasil foto dari Realme C3 tidak terlalu buruk dan masih bisa dipamerkan di sosial media.

Oh iya, karena Realme C3 ditujukan untuk gamer pemula, jadi baterainya juga dibekali dengan kapasitas yang besar, 5.000mAh. Menurut hasil uji coba gizmologi.id, baterainya bisa diajak main PUBG 10 jam, menelepon 43 jam, dan menonton video 19 jam.

Namun, pengguna harus bersabar saat melakukan isi ulang baterai, karena belum ada fitur pengisian cepat. Butuh waktu sekitar 3.5 jam hingga baterainya penuh. Sama seperti versi C11, HP ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau, sekitar 1.5 jutaan saja!

3. Realme C2 (2020)

Selanjutnya, ada Realme C2 (2020). Ya, ini HP baru dari Realme yang menyasar pasaran entry level dengan kisaran harga 1.5 jutaan. Dengan harga segitu, Realme C2 (2020) sudah dibekali dengan berbagai macam hal yang tidak kalah menarik dengan dua HP sebelumnya.

Di bagian performa, Realme C2 (2020) menggunakan chipset Mediatek MT6762 Hellio P22. Lalu, ada grafis dari IMG PowerVR yang mana bisa meningkatkan ketajaman layar dan meng-efisienkan kinerja baterai. Pada bagian memori, Realme menyematkan RAM berkapasitas 2GB/3GB yang tergolong cukup untuk pemakaian sehari-hari.

Apakah bisa digunakan untuk main game? Tentu saja masih bisa, hanya saja tidak terlalu lancar dan tidak bisa dibandingkan dengan HP high end. Tapi, untuk sekedar main game PUBG masih mumpuni dengan setting terendah, ya.

Beralih ke bagian kamera, di Realme C2 (2020) sudah ada dual kamera belakang yang terdiri dari 13MP + 2MP (depth). Kameranya ini juga dilengkapi dengan fitur LED flash, HDR, panorama, dan PDAF di bagian kamera utamanya. Selain itu, HP ini juga mendukung perekaman video dengan resolusi 1080p. Tidak terlalu buruk untuk HP kelas entry.

Keunggulan lainnya adalah kelengkapan fiturnya. Di sini kamu bisa menemukan fitur Riding Mode. Fitur tersebut akan mematikan semua notifikasi, apapun itu baik sosmed dan lainnya, saat sedang mengendarai motor. Lalu, ada juga fitur prioritas notifikasi. Fitur ini bisa meletakkan notifikasi yang tidak penting di bagian bawah. Cukup lengkap dan inovatif, kan?

4. Realme C1 (2019)

Realme C1

 

Bukan HP baru, tapi Realme C1 (2019) ini cukup mumpuni untuk HP kelas entry. Di sini sudah menggunakan chipset Snapdragon 450 (14nm). Untuk menunjang kinerja grafisnya, ada GPU Adreno 506. Sama seperti HP sebelumnya, Realme C1 (2019) juga memberi dua pilihan kapasitas RAM, yakni 2GB atau 3GB.

Dengan paduan performanya tadi, dailysocial.id mengatakan sudah cukup baik untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan, HP ini juga masih OKE untuk diajak main game Mobile Legends. Sayangnya, main game PUBG agak nge-lag. Hal ini wajar karena Realme C1 (2019) bukan HP kelas high end. 

Selain performanya, Realme C1 (2019) juga tergolong cukup memadai di bagian fotografi. Tercatat, HP ini punya dual kamera di bagian belakang, ada 13MP sebagai kamera utamanya dan 2MP sebagai depth sensornya. Hasilnya tidak terlalu buruk, warnanya cukup “keluar” dengan tampilan yang estetik. Masih enak dipandang dan dipajang di Instagram. Sayangnya, hasil foto di kondisi minim cahaya agak kurang bagus. Kameranya agak kerepotan dengan noise yang cukup banyak.

Hal menarik lainnya adalah kehadiran fitur Game Space. Untuk fitur ini ditujukan untuk main game dengan mode high performance, namun game tersebut harus terdaftar di dalam fitur tersebut. Tambahan lainnya, Realme C1 (2019) tidak menyediakan fingerprint. Sebagai gantinya, Realme memberikan fitur face recognition atau lebih akrab disebut face unlock. Fitur tersebut dinilai bisa bekerja dengan cepat dan stabil.

Nah, kalau kamu suka HP Realme dengan performa yang mumpuni dengan desain cantik nan elegan ini, bisa pilih Realme C1 (2019). Untuk memiliki HP ini, silakan siapkan dana di kisaran 1.6 jutaan saja. Cukup terjangkau, kan?

5. Realme 2

Realme 2 menjadi pilihan selanjutnya sebagai HP Realme 1 jutaan terbaik. Meski bukan HP baru, tapi HP ini tergolong Tangguh di kelasnya dengan mengandalkan chipset Snapdragon 450 (14nm) dan dua pilihan RAM 3GB/4GB. Lalu, ada Adreno 506 sebagai grafisnya. Menurut GadgetsNow, performanya cukup mengesankan.

Skor AnTuTu Benchmark (v7.1.0) cukup mumpuni, yakni 75.973. Sedangkan untuk skor Benchmark Geekbench 4, Realme 2 mendapatkan skor 768 untuk single-core dan 3658 untuk multicore. Cukup baik untuk para gamers pemula meskipun masih menemukan lag saat main game berat seperti PUBG.

Yang menarik dari HP ini adalah kelengkapan fiturnya. Di sini sudah ada berbagai macam sensor, seperti G-sensor, acceleration sensor, hingga proximity sensor. Realme 2 juga mengusung fitur Game Space. Dengan fitur tersebut, penggunanya bisa memaksimalkan performa HP khusus untuk main game sehingga lagging saat main game bisa teratasi dengan cukup baik.

Masih sama dengan HP sebelumnya, ada dual kamera di bagian belakang. Kedua kamera tersebut adalah 13MP dengan fitur AF dan 2MP untuk depth sensor. Tidak lupa, kameranya juga punya fitur LED flash, HDR, dan panorama. Bagaimana dengan hasil fotonya?

Saat memotret dengan kondisi cahaya yang terang atau pada siang hari, noise agak tertutupi dengan baik. Lalu, detailnya juga masih bisa dimaafkan untuk kelas HP entry. Untuk fitur PDAF-nya bisa menangkap fokus objek dengan cukup baik tapi agak lemot. Secara keseluruhan, HP ini tergolong punya performa yang cukup baik meski kameranya agak kurang memuaskan. Jika tertarik, silakan beli Realme 2 dengan kisaran harga 1.8 jutaan.

6. Realme 3i

Realme 3i4GB. Dengan spesifikasi tersebut, Realme 3i dikatakan cukup mampu untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Tapi untuk main game mungkin kurang memuaskan. Contohnya, saat main game PUBG harus diatur dengan setting terendah, barulah bisa agak lancar memainkan PUBG. Selain soal kinerjanya, grafis yang ditampilkan pada Realme 3i juga cukup memadai dengan GPU Mali-G72 MP3. Meski tidak menampilkan grafis yang mulus, tapi untuk ukuran HP 1 jutaan masih cukup memuaskan.

Beralih ke ranah fotografi, di sini ada dual kamera di bagian belakang yang terdiri dari 13MP sebagai kamera utama lengkap dengan PDAF dan 2MP untuk kamera depth. Fiturnya sudah memenuhi standar HP zaman sekarang, seperti LED flash dan HDR.

Ketika menggunakan kamera utama 13MP, PDAF bekerja dengan sangat baik. Ia langsung menangkap fokus ke arah objek yang ingin difoto. Tidak hanya itu saja, bahkan cahaya pun langsung tertuju pada objek foto. Meski hasilnya agak ada noise, tapi hal tersebut tidak mengganggu karena ini adalah HP kelas entry.

Untuk kamera keduanya ada resolusi 2MP, tidak terlalu buruk meski bukan yang terbaik. Menariknya, kamera HP ini juga dibekali dengan fitur Chroma Boost. Dengan fitur tersebut, hasil gambarnya lebih berwarna tapi terlalu halus sehingga detail-nya kurang nendang. Kalau untuk foto malam hari, kurang OKE dengan banyak noise pada hasil gambarnya.

7. Realme 5i

Selanjutnya, kami merekomendasikan HP terbaru dari Realme, yakni Realme 5i. Ini juga masuk ke dalam kelas entry level. Mungkin Realme 5i menjadi salah satu HP termahal di daftar kali ini, yakni sekitar 1.8 jutaan. Tidak menyentuh angka dua juta, Realme 5i sudah dibekali dengan quad kamera di bagian belakang.

Keempat kamera tersebut adalah 12MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), serta 2MP (depth). Untuk fiturnya juga lebih menarik dibanding keenam HP sebelumnya, ada PDAF, LED Flash, HDR, panorama, dan gyro-EIS untuk perekaman video. Menurut dailysocial.id, kamera HP ini punya noise yang sedikit dan ini lebih baik dibandingkan dengan Realme 5.

Lalu, untuk foto di malam hari bisa mengandalkan fitur Nightscape yang diklaim bisa mendapatkan gambar lebih cerah. Kemudian, untuk yang suka selfie Realme 5i menyediakan kamera 8MP. Noise hasil selfie bisa terkontrol dengan baik meski di kondisi cahaya yang minim.

Beralih ke segi performa, HP Realme 5i ini menggunakan Snapdragon 665 (11nm), tentu performanya lebih baik ketimbang Realme 2. Untuk memorinya, Realme 5i menyediakan dua pilihan, RAM 3GB atau 4GB. Kelebihan lainnya, Realme 5i sudah mendukung Vulkan 1.1 Graphics Library. Dengan hal tersebut, HP ini diklaim bisa mengoptimalkan penggunaan baterai agar lebih awet. Untuk baterainya sendiri berkapasitas 5.000 mAh. Tergolong tangguh untuk kelas entry level.

8. Realme 3

Ini juga HP yang dibanderol dengan harga 1 jutaan terbaik dari Realme dengan nama Realme 3. HP yang rilis tahun 2019 ini ditenagai oleh Mediatek Helio P60 (12nm). Untuk pengelolaan grafisnya ada GPU Mali-G72 MP3. Sedangkan di bagian memorinya ada dua pilihan RAM, yakni 3GB dan 4GB. Berdasarkan hasil tes dari selular.id, Realme 3 mendapatkan skor AnTuTu sekitar 130 ribuan.

Sedangkan untuk tes benchmark dari PC Mark mendapatkan skor 10 ribuan untuk tes work performance. Dengan hasil skor tersebut, sudah bisa dipastikan kalau Realme 3 bisa diajak untuk main game meski tidak selancar HP kelas high end.

Di sisi lain, Realme juga memberikan kapasitas baterai yang cukup besar, 4.230mAh. Dengan kapasitas tersebut, HP ini bisa bertahan sekitar 24 jam dalam keadaan standby. Sedangkan untuk berselancar di internet bisa menghabiskan waktu sekitar 21 jam. Agar baterai ini lebih hemat daya, bisa aktifkan mode screen battery optimization.

Kemudian, untuk melakukan pengisian baterai hingga 100% dibutuhkan waktu sekitar 2 jam. Tidak terlalu lama meskipun belum dibekali dengan fitur fast charging. Beralih ke kamera, Realme 3 punya dua kamera belakang (13MP + 2MP depth). Sedangkan untuk kamera depannya hanya satu, yakni 13MP (wide). Secara keseluruhan, hasil fotonya tidak terlalu buruk dan AI bisa menangkap target objek dengan cukup akurat.

9. Realme U1

Selanjutnya, ada Realme U1 yang kami rekomendasikan sebagai HP 1 jutaan terbaik dari Realme. Ini bukan HP baru karena Realme U1 dirilis tahun 2018. Meski begitu, spesifikasi yang dibawanya cukup Tangguh dengan chipset Mediatek Helio P70. Tidak hanya itu, di sini juga ada GPU Mali-G72 MP3 dan dua pilihan RAM, 3GB atau 4GB.

Yang menariknya, chipset tersebut memiliki proses fabrikasi 12nm, artinya prosesor ini bisa menghemat daya baterai hingga 15%. Selain itu, GPU dari Realme U1 juga punya clock speed hingga 2.1GHz. Dengan begitu, kinerja HP ini diklaim lebih efisien dan lebih lancar 13% dibanding pendahulunya.

Puas mengulik performa, kali ini mari bahas soal kamera. Realme U1 diberi dua kamera di belakang, yakni 13MP dan 2MP (depth). Untuk kamera utamanya sudah ada fitur AF, sedangkan fitur lainnya ada LED flash, HDR, dan panorama. Secara keseluruhan, hasil foto di Realme U1 bisa mengontrol noise dengan baik. Lalu, detail gambarnya juga tidak terlalu buruk.

Saat memotret menggunakan kamera belakang, hasilnya juga cukup kuat. Bahkan, pengguna bisa mendapatkan foto bokeh yang estetik. Sedangkan di kamera selfie ada resolusi 25MP. Tentu kamera selfie-nya juga cukup baik. Untuk foto di kondisi cahaya yang minim, kameranya bisa mendapatkan hasil foto yang optimal berkat 4-in-1 pixel synthesis technology.

10. Realme C15

Realme C15 adalah HP paling baru di antara deretan HP sebelumnya. Tidak hanya itu saja, HP ini juga yang punya kapasitas baterai paling besar, 6000 mAh. Yang menariknya lagi, baterai Realme C15 sudah dibekali dengan fitur fast charging 18W! Bagaimana dengan performanya? Di Realme C15 sudah menggunakan Helio G35 (12nm) dengan RAM 3GB/4GB.

Berdasarkan hasil benchmark dari Geekbench, Realme C15 mendapatkan skor 169 untuk single core dan 903 untuk multi core. Skor ini cukup mumpuni untuk main game dan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Di sisi fotografi ada empat kamera di belakang (13MP wide + 8MP ultrawide + 2MP B/W + 2MP). Hasil foto di kamera ini tidak mengecewakan dan bisa dibilang terbaik di antara sembilan HP yang sudah dijabarkan tadi. Tertarik untuk beli HP ini?

Ya, itulah tadi 10 HP Realme harga 1 jutaan terbaik versi kami. Kesepuluh HP tadi semuanya berada di kelas entry level, jadi spesifikasinya memang tidak sekuat HP high end. Meski begitu, spesifikasi yang ditawarkan masih OKE untuk main game dan fotografi.