10 HP Realme Kamera Bagus dengan Hasil yang Instagramable

10 HP Realme Kamera Bagus dengan Hasil yang Instagramable – Selain Oppo, Realme juga menjadi salah satu vendor yang cukup diperhitungkan. Mereka biasa menelurkan beragam HP sesuai dengan kebutuhan konsumen. Keragaman HP-nya ini bisa dibagi menjadi beberapa kategori, salah satunya adalah HP Realme dengan kamera terbaik. Dengan fokus di kamera, Realme tentu saja mampu menghadirkan kamera beresolusi tinggi.

Selain itu, fitur dari kameranya juga cukup mumpuni. Untuk hasil fotonya sendiri tidak kalah kerennya dengan vendor HP besar lainnya. Namun, kualitas hasil foto tersebut tergantung pada kelas HP-nya. Nah, untuk yang lagi cari HP Realme dengan kamera bagus, berikut kami punya 10 rekomendasinya, mulai dari kelas high-end hingga entry-level. Simak yuk!

1. Realme X3 SuperZoom

Di urutan pertama, kami memilih Realme X3 SuperZoom sebagai salah satu HP Realme kamera bagus. Bukan tanpa alasan, HP yang baru rilis bulan Juni 2020 ini sudah memiliki empat kamera yang terdiri dari, 64MP (wide), 8MP (periscope telephoto), 8MP (ultrawide), serta 2MP (macro). Selain itu, kameranya juga sudah dibekali dengan fitur PDAF, OIS, 5x optical zoom, LED flash, HDR, serta panorama.

Spesifikasi yang cukup menggiurkan tadi diimbangi dengan kualitas gambar yang sangat bagus. Saat berfoto di siang hari, hasil foto kamera X3 SuperZoom ini punya detail yang membuat foto terlihat natural. Noise memang masih terlihat, tapi semuanya bisa dimaafkan berkat ISO yang cukup solid dan tekstur gambar yang cukup baik. Yang menariknya, GSMARENA menyatakan kamera Realme X3 SuperZoom lebih baik dibandingkan Realme 6 Pro.

Beralih ke kamera telephoto (SuperZoom), ini merupakan fitur yang paling disoroti dan fiturnya juga tidak mengecewakan. Hasil gambar yang didapat cukup tajam dengan detail yang bagus. Untuk warna dan dynamic range-nya patut diapresiasi. Sedangkan untuk hasil foto kamera telephoto (2x), masih bisa menghasilkan kualitas gambar yang baik namun mengurangi pixel-level detail.

Kekurangan dari kameranya ada di bagian low-light. Ketika memotret di malam hari (kondisi cahaya yang mnim), gambar akan menampilkan noise yang agak terlihat. Pada bagian dynamic range-nya juga tidak terlalu bagus dan warnanya agak terlalu cerah, sehingga menimbulkan efek yang kurang natural.

Tapi, semua kekurangan foto malam tadi bisa disiasati dengan mengaktifkan mode malam. Di night mode, hasil gambarnya lebih baik. Dynamic range lebih luas bahkan bayangan yang ada di gambar terkesan lebih natural. Warnanya tidak terlalu buruk jika dibandingkan menggunakan mode biasa.

2. Realme X2 Pro

Realme X2 Pro adalah salah satu HP Realme yang menggunakan empat kamera belakang, yakni 64MP (wide), 13MP (telephoto), 8MP (ultrawide), dan 2MP (depth). Untuk keempat kameranya sudah dibekali dengan fitur Dual-LED flash, HDR, dan panorama. Selain ketiga fitur tadi, ada juga fitur tambahan, seperti PDAF dan 2x optical zoom di kamera telephoto-nya.

Sekarang, mari kita lihat performanya. Menurut DXOMARK, performa dari Realme X2 Pro ini punya target eksposur dengan konsistensi yang stabil untuk berbagai situasi. Selain itu, memotret dengan fitur HDR bisa menampilkan gambar yang bagus. Highlight-nya mengesankan dengan berbagai detail yang natural, terutama di bagian bayangannya.

Untuk hasil foto outdoor, Realme X2 Pro ternyata mampu menghasilkan gambar dengan warna yang menarik. Keseimbangan antar warnanya cukup konsisten. Lalu, untuk bagian dalam ruangan dengan cahaya yang cukup, kamera HP ini menampilkan gambar agak oren. Jadi, hasilnya kurang natural. Begitu pun saat memotret pemandangan, seperti langit. Tone warna langitnya agak kurang sesuai tapi masih bagus.

Nah untuk kamera telephoto 2x optical zoom, HP ini ternyata mengalami peningkatan yang baik, terutama di bagian noise-nya. Tidak hanya itu, detail gambar zoom bisa ditampilkan secara apik. Sayangnya, ketika jarak zoom-nya agak dijauhkan, kualitas gambar menurun dan detail mulai kabur.

Kekurangan lainnya adalah saat foto malam hari. Hasilnya kurang memuaskan karena luminance serta noise terlalu kentara. Pun begitu dengan dynamic range-nya yang agak kerepotan pada highlight dan shadow yang kurang “nendang”.

3. Realme 6 Pro

Ini merupakan HP Realme di kelas middle. Harga di Indonesia sekitar 4 jutaan. Meski berada di kelas menengah, namun Realme 6 Pro masih cukup layak untuk masuk ke daftar HP Realme kamera bagus. Dalam spesifikasi kameranya, Realme memberikan empat kamera belakang, 64(wide), 12MP (telephoto), 8MP (ultrawide), 2MP (macro). Cukup menggiurkan, lantas bagaimana performa kameranya?

Hasil tes Androidauthority, kameranya bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang cukup mumpuni. Fotonya terlihat lebih tajam. Tapi, detailnya masih agak kurang OKE karena masih terlihat noise yang menonjol di beberapa bagian. Untuk mode HDR-nya cukup baik sehingga bisa menampilkan foto dengan detail yang menarik. Begitu pun dengan dynamic range-nya yang cukup luas.

Namun menurut uji coba GSMARENA, kamera 64MP HP ini bisa menampilkan gambar dengan detail yang baik jika memotret di kondisi tertentu, terutama saat berada di cahaya yang terang. Untuk kamera ultrawide-nya juga bisa memotret dengan detail yang bagus. Plus, dynamic range dari gambarnya terlihat lebih luas.

Di bagian kamera telephoto bisa melakukan zoom sampai dua kali. Tapi sayangnya, hasil fotonya agak sedikit noise namun detailnya masih bisa diterima dengan baik. Sedangkan memotret di malam hari, kamera ini bisa menghasilkan kualitas gambar dengan detail dan warna yang cukup baik. Dynamic range memadai namun bukan yang terbaik. Noise agak sedikit terlihat, tapi masih bisa dimaklumi.

Agar mendapatkan hasil foto malam hari yang bagus, memang disarankan mengaktifkan mode malam. Nah, mode tersebut meningkatkan detail gambar agar terlihat lebih estetik. Meskipun begitu ada satu kekurangannya, yakni hasil gambarnya tidak terlalu tajam.

4. Realme X50 Pro

Sebenarnya Realme X50 Pro lebih cocok untuk buat main game. Tapi, selain unggul soal performanya, Realme X50 Pro juga dibekali dengan kamera yang memadai. Terdapat empat kamera di HP ini, yakni 64MP (wide), 12MP (telephoto), 8MP (ultrawide), dan 2MP (depth). Spesifikasi kamera yang tidak terlalu buruk untuk HP gaming.

Bukan yang terbaik memang, tapi hasil foto di kameranya bisa mendapatkan kualitas gambar dengan warna yang cukup akurat. Bahkan, dari sisi kontras dan dynamic range juga cukup baik. Ada sedikit noise di beberapa warnanya, tapi hal tersebut tidak mengganggu. Lalu, di kameranya ini ada AI Color dan realme menyebutnya sebagai Old Dazzle serta Chroma Boost.

Dengan AI ini, hasil foto menjadi lebih “cantik” dan tidak jauh berbeda dengan fitur HDR yang ada di HP pada umumnya. Warnanya bisa sangat bagus atau agak meleset, semuanya tergantung dari latar fotonya. Setiap latar, fotonya akan menghasilkan warna yang berbeda. Namun sayangnya, kecantikan foto dari AI Color Realme membuat hasilnya tidak natural.

Untuk kamera ultrawide, ia bisa menghasilkan foto yang bagus dengan detail yang cukup memadai. Bahkan kualitas dynamic range-nya setingkat lebih baik karena noise bisa tersamarkan dengan halus. Yang menarik, ada fitur yang bisa menghapus atau memperbaiki distortion pada gambar sehingga bisa mendapatkan foto lebih maksimal.

Beralih ke kamera untuk memotret di malam hari, menurut GSMARENA hasilnya tidak buruk karena bisa menampilkan warna yang mengesankan dengan kontras yang pas. Meski noise masih terlihat di berbagai sisi, tapi hal itu bisa dimaklumi.

Kalau mau hasil foto malam hari yang lebih baik, cobalah mengaktifkan AI Color. Dengan fitur tersebut, hasil gambarnya lebih “nyala” karena bayangan, highlight, dan warnanya lebih ditonjolkan dengan baik. Bahkan, detail-nya juga sangat mumpuni.

5. Realme XT

Untuk HP Oppo 3 jutaan dengan kamera terbaik, ada Realme XT. Bukan HP baru, tapi spesifikasi kameranya cukup menggiurkan. Tercatat, ada empat kamera yang digunakan, yakni 64MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), dan 2MP (depth). Meski tidak kaya akan fitur, tapi Realme XT sudah dibekali dengan PDAF, LED Flash, HDR serta panorama.

Memang tidak terlalu menarik jika hanya melihat dari sisi spesifikasinya saja. Namun perlu digaris bawahi, ini bukan HP high-end yang artinya kualitas kamera tidak bisa disamakan dengan HP high-end. Meskipun berada di kelas middle, tapi HP ini tergolong punya kamera mumpuni. Hal tersebut juga disetujui oleh GSMARENA.

Menurut mereka, hasil gambarnya cukup baik. Detailnya juga cukup OKE dengan warna yang “hidup” dan noise yang sedikit. Sayangnya, saat memotret dengan kamera 64MP, hasil fotonya akan disimpan dengan kapasitas 20MB. Cukup besar dan agak makan tempat di storage. Tapi itu wajar saja, karena hasil fotonya juga lebih detail dengan resolusi 9216 x 6912.

Tapi, kalau mau menyimpan foto dengan kapasitas yang lebih kecil, bisa turunkan resolusi kameranya ke 16MP. Namun, hasil fotonya tidak terlalu bagus dan kurang halus. Sekarang kita beralih ke potret malam hari. Saat memotret di malam hari (kondisi cahaya minim), hasilnya bagus dan detail-nya tidak mengecewakan. Noise juga terkontrol dengan baik. Bahkan warnanya pun bisa diproduksi dengan cantik

Ketika memotret mengandalkan mode chroma boost, hasil foto malam harinya lebih “berwarna” namun tidak meningkatkan detail foto. Lalu, memotret di kamera ultra 64MP, hasilnya tidak jauh berbeda dengan kamera 16MP. Yang membedakan hanyalah kapasitas gambarnya yang lebih besar. Jadi, kurang menarik saat mengambil foto di malam hari dengan kamera 64MP. Overall, kameranya cukup mengesankan.

6. Realme X2

Jika sebelumnya ada Realme XT dengan kisaran 3 jutaan, kali ini Realme X2 dibanderol dengan kisaran mendekati 4 jutaan. HP ini memang berada di kelas middle, sehingga spesifikasi dan fitur di kameranya tergolong minim namun cukup menggiurkan. Ada empat kamera, yakni 64MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), serta 2MP (depth). Untuk fiturnya sendiri ada PDAF, LED flash, HDR dan panorama.

Nah, hasil dari foto kamera 64MP ini sebenarnya seperti kamera 16MP. Meskipun begitu, fotonya punya warna yang terlihat lebih natural. Bahkan dynamic range serta detailnya cukup baik. Sayangnya, banyak noise yang tampil di hasil foto tersebut. Tapi secara keseluruhan, hasil fotonya tidak mengecewakan.

Kekurangan yang ada di HP ini adalah bagian zoom. Ketika memotret dengan zoom, objek yang didapat terasa kurang akurat. Namun, hasil gambar tersebut masih layak untuk dipamerkan dengan catatan memotret dalam kondisi cahaya yang memadai. Di bagian kamera ultrawide, ada resolusi 8MP yang ternyata hasil warnanya lebih “hidup”. Bahkan kontrasnya pun lebih tinggi!

7. Realme 5

Selain HP middle dan high, Realme juga punya pilihan HP di kelas low dengan kamera yang tidak terlalu buruk. Tapi, tentu saja hasilnya tidak bisa disandingkan dengan kamera HP sebelumnya, ya. HP ini mengusung quad kamera yang terdiri dari 12MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), dan 2MP (depth). Fiturnya standar, ada PDAF, LED Flash, HDR, dan panorama.

Meski secara spesifikasi dan fitur kurang menarik, tapi perlu diingat ini bukanlah HP flagship. Walaupun begitu, bukan berarti hasil fotonya tidak bagus. Berdasarkan Gizmologi, justru kamera HP-nya bisa menghasilkan foto yang lebih baik berkat proses potret yang lebih cepat. Hanya saja, terkadang fotonya punya hasil eksposur yang terlalu berlebihan sehingga terkesan kurang natural.

Namun, menurut GSMARENA hasil foto kamera 12MP ini agak noise, tapi tidak terlalu banyak. Warnanya juga lebih “hidup” dengan dynamic range yang cukup luas meskipun tidak menggunakan fitur HDR. Tidak ada fitur chroma boost. Tapi, kalau mau hasil yang lebih bagus, bisa andalkan HDR.

Sekarang mari tilik kamera ultrawide 8MP. Berdasarkan tes dari GSMARENA, ternyata hasil gambarnya tidak terlalu mengesankan. Tapi distortion bisa dikoreksi dengan baik secara otomatis. Sayangnya, dynamic range-nya agak kurang luas. Dari segi noise cukup terkontrol dengan baik.

Ada kekurangan di bagian kamera macro. Androidauthority menyebutkan mereka kecewa dengan kamera macro di Realme 5. Pasalnya, hasil gambarnya tidak terlalu memuaskan karena sulit mendapatkan foto yang tajam dan fokus ke objeknya. Jadi, agak kurang cocok untuk foto objek dari jarak yang terlalu dekat. Kalau mau foto jarak dekat, sebaiknya gunakan standard mode saja, ya.

8. Realme Narzo 10

Ini juga ponsel kelas menengah dengan membawa quad kamera, 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), dan 2MP B/W. Menurut GadgetSnow, hasil foto dari kamera wide-nya ini terlihat clear dan tajam, dengan kondisi luar ruangan yang notabenenya cahaya berlimpah. Detail dari fotonya kadang agak berkurang tapi tetap masih nampak begitu cantik.

Masih dengan kamera wide, kali ini mencoba foto di malam hari dan hasilnya tidak terlalu mengesankan dan berada di level rata-rata HP kelas menengah. Ketika memotret di malam hari sambal mengaktifkan zoom, hasil fotonya tidak terlalu bagus. Fotonya agak terlihat buram karena detail yang kurang memadai. Jadi, lebih baik berfoto malam hari tanpa menggunakan zoom karena hasilnya lebih bagus.

Jika ingin hasilnya lebih bagus lagi, coba gunakan kamera dengan default 12MP. Kombinasikan kameranya dengan fitur HDR dan Chroma Boost. Hasil fotonya akan terlihat lebih “hidup”. Tapi sayangnya fitur Chroma Boost membuat hasil foto nampak kurang natural.

Jika ingin foto yang lebih natural, matikan Chroma Boost, dengan catatan harus memotret di kondisi cahaya yang terang. Secara keseluruhan, bisa dikatakan HP ini cukup bagus untuk fotografi meskipun tidak sebagus HP lainnya. Masih enak untuk dipamerkan di sosial media, terutama Instagram.

9. Realme X

Realme X bukanlah HP quad kamera, hanya ada dual kamera di sini, 48MP (wide) dan 5MP (depth). Fiturnya juga tidak se-“kaya” HP sebelumnya, hanya berbekal PDAF, LED flash, dan HDR. Meski tidak terlalu menarik, namun HP dengan kisaran harga 3,5 jutaan ini punya hasil yang cukup mengesankan lho.

Saat memotret di siang hari, hasil foto terlihat bagus, kontrasnya sangat tinggi dengan warna yang vivid. Dynamic range juga tidak mengecewakan karena bisa mengambil gambar dengan scene yang cukup luas. Sayangnya, saat berfoto di luar ruangan saat cuaca mendung, hasilnya agak sedikit kurang bagus tapi masih bisa dimaafkan.

Jika ingin hasil foto yang lebih baik, cobalah gunakan mode HDR. Mode ini bisa memberikan warna yang lebih hidup. Di sisi lain, kamera Realme X masih bisa diajak untuk fotografi malam hari. Hasilnya bagus dengan warna yang memuaskan. Detailnya juga mengesankan.

Yang menariknya lagi, hasil foto akan terlihat lebih instagramable ketika foto malam hari menggunakan night mode. Selain itu, warnanya juga terlihat lebih nendang. Ditambah lagi, detailnya juga tidak terlalu berkurang drastis. Cocok untuk pengguna yang suka update foto di sosmed.

10. Realme C15

Last but not least, ada Realme C15. Masih dengan kelas middle yang punya performa kamera cukup memuaskan. Di HP 2,5 jutaan ini sudah menggunakan quad kamera, 13MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP B/W, dan 2MP f/2.4.

HP ini memang bukan fokus pada kamera, tapi kameranya masih bisa menghasilkan foto yang cukup baik. Ada fitur HDR dan Chroma Boost. Kedua fitur tersebut mampu mendapatkan foto dengan saturasi yang bagus. Meski masih terlihat ada noise di sana-sini, tapi gambarnya masih bisa terlihat estetik.

Untuk kamera 2MP-nya ada fitur black and white. Kamera ini cukup menarik karena bisa menampilkan gambar ala “jadul”. Bagusnya, kamu masih bisa mengandalkannya untuk merekam video. Video yang dihasilkan bisa mencapai resolusi 1080p. Namun, hasil videonya kurang stabil. Wajar saja, di kelas HP middle tidak ada fitur EIS, sehingga video akan lebih sering bergerak secara tidak teratur.

Oh iya, yang suka fotografi di malam hari bisa menggunakan mode Super Nightscape. Hasil gambarnya cukup terang karena mode ini mengambil beberapa foto dengan eksposur yang berbeda. Kemudian, Super Nightscape akan menggabungkan beberapa foto tersebut menjadi satu sehingga hasilnya lebih clear. Seru, ya? Nah, yang tertarik dengan HP Realme murah dan kamera bagus, bisa pilih C15.

Selesai sudah pembahasan mengenai HP Realme kamera bagus, mulai dari yang termahal hingga termurah. Perlu diakui, Realme memang jarang menelurkan HP dengan kamera yang terlalu “wah” namun bukan berarti kamera HP-nya di bawah rata-rata. Justru HP Realme ini cocok untuk pengguna yang ingin HP kamera bagus dengan harga terjangkau. Nah, sekarang tinggal tentukan saja mana HP Realme yang jadi favoritmu.