Cara Membedakan Sepatu Balenciaga Asli dan Palsu

Sepatu Balenciaga Asli dan Palsu – Balenciaga adalah salah satu merk sepatu high end yang sering kali dipalsukan. Semakin bagus sepatu Balenciaga replika dipalsukan, semakin sulit dibedakan dengan yang asli. Salah satu cara termudah untuk mengenali sepatu Balenciaga palsu adalah dengan melihat logo teks ‘BALENCIAGA’ di bagian samping sepatu kets. Namun mengingat banyaknya sepatu palsu yang semakin mirip dengan yang asli, kebanyakan sepatu Balenciaga KW sudah memiliki teks Balenciaga di bagian samping sepatunya.

Cara cepat lainnya untuk mengetahui sepatu Balenciaga palsu vs asli adalah dengan menganalisis cetakan insole logo atau teks ukuran yang ditemukan di kotak kaki sepatu. Namun, semua tips ini akan lebih mudah dipahami dengan perbandingan visual seperti pada teks berikut ini.

1. Perhatikan dengan Seksama Logo “Balenciaga” Pada Bagian Samping Sepatu

Perhatikan logo sepatu pada bagian samping dengan seksama.

Cara membedakan sepatu Balenciaga asli dan palsu yang paling mudah dan seharusnya jadi pertama kali Anda lakukan adalah dengan mengecek logonya. Tidak seperti merk sepatu mahal lainnya, Balenciaga memiliki logo berupa teks, yaitu ‘BALENCIAGA’ dengan huruf-huruf besar. Biasanya logo ini ada di samping sepatu, tapi untuk beberapa model ada juga yang logonya di bagian depan. For your information, Balenciaga telah mengganti font logo mereka sekarang, contoh gambar di tas menggunakan logo lama tapi cara mendeteksinya akan sama.

Biasanya, sepatu Balenciaga yang palsu memiliki huruf ‘B’ yang berbeda dengan font Balenciaga yang sekarang. Huruf ‘B’ pada sepatu yang palsu biasanya lebih tebal. Hal ini bisa diteliti lagi pada huruf lainnya yang memiliki lekukan (kalau huruf L, C, dan I kan pasti mudah ditiru). Cek lah huruf ‘A’ ‘E’, ‘N’, dan ‘G’. Jika dibandingkan foto sepatu di atas dan bawah, cukup jelas terlihat logo Balenciaga yang palsu itu tidak rapi ukurannya. Ada yang kecil, ada yang besar, dan ada yang tidak presisi sama panjangnya.

Anda juga bisa memerhatikan dari sulaman atau jahitan logonya. Untuk sepatu asli, antar hurufnya tidak ada benang sambungan sama sekali. Sedangkan di sepatu fake biasanya ada ujung-ujung benang yang saling menyambung karena pengerjaannya lebih ceroboh.

2. Cek Size (Ukuran) pada Bagian Depan Sepatu

cek ukuran sepatu balenciaga
Perhatikan ukuran yang terdapat pada toe box sepatu.

Ini memang tidak berlaku untuk semua tipe sepatu Balenciaga, tapi beberapa model memiliki nomor ukuran sepatu yang disematkan di toe box alias di bagian depan atas sepatu. Teks ukuran sepatu ini bisa menjadi patokan apakah sepatumu asli atau palsu, loh. Tulisan ukuran yang ada pada toe box biasanya memiliki font yang lebih tipis pada sepatu yang tidak original. Selain itu, posisinya juga biasanya menceng-menceng tidak pas di tengah, agak condong ke kiri atau ke kanan.

3. Cek Cetakan Huruf pada Heel Text 

cek heel text
Cek huruf pada heel text secara seksama.

Sekarang, ceklah heel text, yaitu tulisan logo Balenciaga di tumit sepatu. Caranya, balikkan sepatu ke belakang, lalu cek bagian tumitnya. Di sana biasanya ada logo Balenciaga. Untuk sepatu yang palsu pasti tulisan logonya tidak rapi, seperti yang sudah dibahas sebelumnya di atas. Kalau logonya tidak rapi, terlalu rendah, terlalu tinggi, dan posisinya tidak pas di tengah, berarti sepatu tersebut palsu.

4. Cek Insole Sepatu

cek insole balenciaga
Perhatikan bagian insole sepatu.

Selanjutnya, cek insole sepatu. Sol bagian dalam (yang kita injak) biasanya memiliki logo Balenciaga juga. Pada contoh gambar di atas memperlihatkan logo Balenciaga yang palsu jarak spasinya terlalu jauh satu sama lain. Fontnya pun berbeda dengan yang digunakan oleh brand aslinya. Catatan: untuk di gambar yang original huruf ‘A’ nya agak pendek karena sepatunya sudah dipakai jadi tulisannya tergeser dan memudar secara alami, ya.

5. Cek Lidah Sepatu

 

cek lidah sepatu balenciaga
Perhatikan lidah sepatu.

Selanjutnya, agak naik sedikit dari sol dalam, ada lidah sepatu. Untuk beberapa tipe sepatu Balenciaga, biasanya terdapat tulisan atau logo dari tipe tersebut. Contoh di atas merupakan Balenciaga Triple S. Nah, yang berbeda dari logo timbul sepatu asli dan palsu adalah, teksnya tidak terlalu ‘keluar’ alias menonjol untuk versi sepatu KW-nya.

6. Cek Heel Sepatu

cek heel sepatu
Perhatikan tulisan Balenciaga pada heel sepatu.

Ini cukup jelas terlihat, sih. Detail tumit sepatu Balenciaga yang fake tentu tidak secantik dan serapi sepatu yang asli. Kita juga bisa memerhatikan keseimbangan huruf-hurufnya. Sepatu Balenciaga yang asli simetris, seimbang, tepat di tengah sepatu, dan memberikan kesan mahal.

Selain itu, pada gambar di atas, kita bisa melihat dengan jelas bagian atas heel yang kurang rapi dan jelas pada sepatu fake. Perhatikan pula bahan-bahan sepatunya. Bahannya pun bisa kurang lentur, terlalu berat, atau justru terlalu ringan dari seharusnya.

7. Cek Bagian Depan Sepatu

cek-bagian-depan-sepatu
Perhatikan bagian depan sepatu.

Pindah lagi ke bagian depan. Periksalah bentuk front block (blok depan) sepatu Balenciaga Anda. Untuk warna biasanya tergantung jenis sepatunya, ada yang solnya putih, warna kuning, apapun itu jadi Anda harus mengeceknya dulu di situs atau media sosial resmi Balenciaga.

Tapi, dari segi ukuran, tekstur, dan kerapihan sepertinya cukup mudah terlihat mana sepatu yang asli dan mana yang palsu. Untuk tipe Triple S, si front block-nya itu ada teksturnya, kan. Nah, kalau sepatu yang asli, teksturnya itu emboss (menonjol keluar). Sedangkan sepatu yang palsu teksturnya malah seperti diukir alias menjorok ke dalam.

8. Cek Jahitan Sepatu

 

cek jahitan sepatu
Cek jahitan sepatu dengan seksama.

Jahitan pada setiap barang itu penting, terutama sepatu branded seperti Balenciaga. Jahitan sepatu Balenciaga bisa diidentifikasi dari jalur jahitannya (jarak antara dua jahitan). Contoh dari gambar di atas, jalur antara garis jahitan sepatu original terlihat lebih sempir dibandingkan pada sepatu yang palsu.

 

Baca juga : Cara Membedakan Sepatu Fila Original atau KW

 

Sepatu asli pasti memiliki model, desain, dan jahitan yang lebih kompleks dan dibuat secara seksama. Anda tidak mungkin menemukan produk yang cacat di pasaran, bahkan kalaupun itu hanya benang yang mencuat sedikit dari jalurnya. Jadi, kalau jahitan sepatu Anda jelas terlihat tidak rapi, jaraknya asal-asalan, kurang kencang dan ada yang lepas, itu jelas barang palsu.

9. Cek Tag di Balik Lidah Sepatu

cek tag sepatu pada lidah sepatu.
Cek tag sepatu Balenciaga pada lidah sepatu.

Kembali ke lidah sepatu. Seperti sepatu lainnya pada umumnya, Balenciaga juga menyematkan tag berisi negara produksi dan ukuran sepatu tersebut di balik lidah sepatu. Tag atau label ukuran ini agak sulit diidentifikasi jadi Anda harus pasang mata baik-baik. Perhatikan ketebalan teksnya. Pada sepatu replika, teksnya lebih tebal dan spasinya terlihat lebih jauh.

Penjajaran teksnya juga tidak sama. Karena pada sepatu fake, tulisannya lebih wide alias lebih lebar, jadi boks tag-nya terlihat ‘sempit’. Garis-garis antar tulisannya pun berbeda. Pada sepatu asli, terlihat jarak yang pas dan sama, sedangkan sepatu palsu tulisan dan garisnya terlalu berdempetan.

10. Lihat Sol Sepatu

lihat sol sepatu
Perhatikan sol sepatu.

Sol sepatu terluar sangat menentukan, apakah sepatu tersebut asli atau KW. Sempat disinggung sedikit di atas, Anda bisa mengetahui dari desain, tinggi, ukuran, dan kelenturan solnya. Untuk meneliti sol luar sepatu, Anda harus membalikkan sepatunya. Biasanya di sol tersebut ada logo Balenciaga-nya juga. Pada sepatu autentik, logonya mengikuti lengkungan sol! Sangat canggih, bukan? Sedangkan sepatu fake logonya ya begitu saja, kaku dan lurus.

11. Lihat Boks

perhatikan box Balenciaga
Lihat dan teliti box sepatu Balenciaga Anda.

Terakhir, cek boks sepatu. Semua sepatu mau branded atau tidak, pasti datang dengan boksnya, bukan? Kecuali kalau Anda membelinya dari tangan ke-2 atau sepatu bekas, belum tentu boksnya masih ada. Tapi, jika ada, Anda bisa melihat perbedaan pada boks sepatu original dan KW.

Pertama-tama, kotak sepatu Balenciaga asli tidak akan pernah datang dalam keadaan rusak. Selain itu, Anda bisa melihat bagaimana kotak palsu itu lebih besar lebarnya dan lebih kecil tingginya. Karena Balenciaga adalah sepatu dengan desain besar-besar, terutama pada solnya, mereka membutuhkan kotak yang lebih besar. Jika sepatu Anda terlalu sempit di dalam kotaknya, berarti itu tidak ori, ya.

Itulah bagaimana cara mengenali sepatu Balenciaga palsu dalam waktu beberapa menit saja. Kalau sudah tahu bagaimana cara mengidentifikasinya, tentu akan lebih cepat melihat kekurangan pada sepatu palsu dan Anda bisa menghindarinya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.