Cara Membedakan Sepatu Fila Original (Asli) dan KW

Fila adalah merk dagang yang menyediakan pakaian serta sepatu olahraga. Pada tahun 1911 di Biella, Piedmont, Italia, Fila didirikan oleh Ettore dan Giansevero Fila. Sayangnya, brand ini tidak sesukses Nike dan Adidas. Fila juga sempat turun pamor, mungkin karena desainnya tidak terlalu berkembang.

Karena beberapa alasan itulah, mungkin, yang membuat Fila dijual pada tahun 2003 ke Sports Brand International yang berbasis di Amerika Serikat. Yang lalu, pada tahun 2007, dijual kembali ke Fila Korea (divisi Korea Selatan-nya). Kini, Fila memiliki kantor di total sebelas negara secara global.

Apakah sekarang Fila populer lagi? Karena pada tahun 2020 kebelakang sense fashion sedang kembali ke era 90-an, orang-orang jadi tertarik lagi pada sepatu sport yang besar-besar. Akhirnya, Fila pun memiliki tempat di hati masyarakat lagi. Bisa dilihat dari hasil grafik penjualan Fila sejak tahun 2016-2018, meningkat sebanyak 205%, dari 967 miliar won Korea (Rp 12,3 triliun) hingga 2954 miliar won Korea (Rp 37 triliun).

Biar bagaimanapun juga, Fila termasuk top 10 merk sepatu olahraga teratas di dunia. Fila dikenal dengan harganya yang murah (untuk ukuran produk olahraga bermerk), model, kualitas, dan beratnya yang ringan walaupun bentuk sepatunya bumpy. Seperti barang branded lainnya, Fila juga sering dipalsukan. Inilah cara membedakan sepatu Fila asli atau ori dan sepatu Fila KW.

1. Perhatikan Bordiran Logo pada Sepatu

perhatikan logo fila
Perhatikan bordiran logo fila pada sepatu Fila yang akan Anda beli.

Logikanya, akan cukup mudah mengetahui sepatu yang asli dan palsu dari logonya. Tapi, logo Fila itu berupa huruf ‘F’ dan kata ‘FILA’ dengan warna dasar yang sangat mudah ditiru. Beberapa perbedaan harus diteliti secara seksama, barulah Anda sadar mana yang asli mana yang palsu. Contohnya seperti gambar di atas, sekilas tampak mirip, bukan? Tapi, jika diteliti, Anda akan bisa melihat bahwa logo sepatu yang asli ukurannya lebih ‘gendut’, garis-garisnya lebih rapi, peletakkannya juga lebih presisi.

2. Cek Negara Produsen Sepatu Fila yang Akan Anda Beli

cek negara produsen fila
Cek negara produsen Fila dan sesuaikan desain yang Anda lihat dengan desain yang terdapat pada negara produsen tersebut.

Di mana sepatu Fila dibuat? Italia. Tapi, di setiap negara di mana Fila ditemukan, maka berarti ada produsen, distributor, atau reseller resminya. Desain Fila di beberapa negara belum tentu sama, karena setiap negara memiliki kuasa untuk merancang dan menyesuaikan trend sesuai preferensi pasar. Tapi, beberapa negara tetap mengimpor sepatu Fila dari Cina, karena pabrik di sana menggunakan bahan yang tidak mahal, sehingga harga sepatunya bisa lebih murah.

Tahukah Anda, Fila juga ada yang dibuat di Indonesia, loh! PT Polyfilatex adalah pemegang lisensi Fila, sekaligus merupakan distributor resmi tunggal di Indonesia sejak tahun 1999. Di Indonesia sendiri, Fila sudah ada 260 outlet/showroom lebih yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, Papua, dan Kalimantan.

3. Perhatikan Sol Sepatu

cek sol sepatu fila
Perhatikan sepatu Fila.

Kamu juga bisa mengidentifikasi sepatu Fila asli atau palsu dari solnya. Lihat apakah sepatu yang sedang kamu incar memiliki sol yang kuat namun terasa halus. Mereka juga akan kembali normal setelah Anda lipat atau tekuk. Jika Anda memperhatikan sepatu tersebut solnya tidak mulus dan tidak cepat pulih bentuknya, maka itu adalah sepatu Fila palsu.

4. Sesuaikan Warna dan Motif Sepatu Fila

sesuaikan warna dan motif sepatu Fila dengan desain yang terdapat pada situs resmi Fila.
Sesuaikan warna dan motif sepatu Fila dengan desain yang terdapat pada situs resmi Fila.

Sepatu yang kamu incar mungkin memiliki warna menarik dan nge-jreng, tapi itu belum tentu warna official dari Fila. Atau, ketika sepatu tersebut seperti collab dengan karakter terkenal Disney karena ada gambar kepala Mickey Mouse-nya. Akan tetapi, apakah benar Fila memang berkolaborasi dengan Disney? Belum tentu, siapa tahu itu produk palsu. Begitu pula dengan sepatu Fila yang sol atau haknya tinggi, coba cek lagi semuanya di website resmi Fila untuk mengetahui sepatu tersebut legit atau tidak.

5. Bahan yang Berbeda

cek bahan sepatu fila
Perhatikan bahan sepatu Fila yang akan Anda beli.

Bahan yang digunakan Fila terbuat dari 100% cotton, poly cotton, polyester, microfiber, nylon, leather, dan synthetic leather. Jadi, selain bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi, berarti sepatunya palsu, ya. kadang, sepatu KW juga memiliki bahan yang berbeda satu sama lain padahal sepasang. Pencipta sepatu palsu memang tidak peduli akan kualitas, yang penting pemasukan lebih tinggi, jadi produknya pasti tidak karuan.

6. Bentuk dan Ukuran Sepatu Tidak Sama

perhatikan bentuk dan ukuran sepatu fila
Jika bentuk dan ukuran sepatu tidak sesuai, berarti sepatu tersebut merupakan sepatu Fila palsu.

Sama seperti bahan sepatu yang bisa berbeda walaupun sepasang, bentuk dan ukuran sepatu palsu juga bisa beda. Tapi, ini mungkin hanya bisa dengan mudah diidentifikasi jika ada sepatu yang dicurigai palsu dan sepatu yang asli bersebelahan. Walaupun, Anda bisa juga mencoba pada sepasang sepatu Fila yang sedang Anda periksa. Coba rendengkan, apakah ukuran mereka sama, tinggi dan luasnya juga. Lihat apakah yang satu cuttingnya lebih rendah. Jika ada yang berbeda, maka itu produk KW.

7. Periksa Jahitan Sepatu, Apakah Rapi atau Ceroboh

cek jahitan sepatu
Perhatikan jahitan sepatu, apakah ada cacat atau tidak. Jika ada, berarti sepatu tersebut palsu.

Perhatikan pula jahitan sepatu. Bandingkan jahitan di antara kedua sepatunya. Jahitannya bisa cacat, tidak kencang, bahkan keluar-keluar. Desain jahitan dan benang yang digunakan juga bisa menjadi indikator apakah sepati itu asli atau replika. Tentu untuk mengetahuinya Anda perlu tahu terlebih dahulu bentuk dan model jahitan sepatu Fila yang asli. Sepatu asli biasanya jahitannya rapi dan warna benangnya sesuai dengan katalog Fila yang terdapat pada website.

8. Aroma Aneh pada Sepatu

aroma aneh pada sepatu
Jika Anda mencium aroma aneh pada sepatu, bisa dipastikan sepatu tersebut palsu.

Ada bau apa, tuh? Jika sepatu Fila Anda ada aroma anehnya dan aroma tersebut bukan aroma sepatu baru, bisa saja itu sepatu palsu. Sepatu KW pasti menggunakan material yang harganya jauh lebih murah, jadi kalau punya aroma yang tidak normal, itu wajar. Pastikan sepatu yang Anda beli tidak beraroma aneh, ya!

9. Cek Size atau Ukuran Sepatu

cek ukuran sepatu
Perhatikan ukuran sepatunya.

Cek ukuran yang dirilis oleh Fila sebelum membeli, karena ini adalah hal simpel tapi cukup mengecoh. Misalnya di sepatu yang palsu ukurannya 10, padahal kalau sepatu yang asli adanya ukuran 10.5, bukan 10. Pastikan untuk selalu mengecek detail-detail seperti ini dengan menggunakan website resmi Fila.

10. Keadaan Boks

periksa boks sepatu
Periksa boks sepatu Fila Anda.

Terkadang sepatu fake datang dalam kotak berwarna aneh, tanpa label, kotak yang tidak cocok dengan model sepatu yang dibeli, atau kotak terlalu kecil untuk ukurannya. Mungkin Anda pernah melihat atau membeli sepatu yang kotaknya sangat ngepas dengan sepatunya, atau malah ukurannya lebih kecil sehingga sepatunya tertekuk. Itu adalah ciri-ciri sepatu palsu. Karena, sepatu asli pasti memiliki ukuran boks yang lebih besar dan lebar untuk memberikan ruang pada sepatunya. Atau, sepatu yang tidak ori malah tidak ada kotaknya sama sekali.

11. Jangan Percaya Jika Harganya “Too Good To Be True

periksa harga Fila
Jangan tertipu harga Fila yang terlalu murah.

Ini sudah paling jelas, sih, kalau harga sepatunya too good to be true sampai jauh sekali dari harga outlet, pasti itu barang tiruan. Memang, siapa yang tidak suka harga murah, bahkan orang yang punya banyak uang pun pasti senang mendapatkan barang bagus dengan harga miring.

Meski kita sangat suka harga murah, ingatlah bahwa tidak semua yang menyenangkan bisa jadi kenyataan. WalaupunAnda membelinya dari seller perorangan (via chat, Instagram, atau dari temannya teman misalnya), bisa jadi Anda tetap kesulitan untuk menentukan sepatu asli atau tidak berdasarkan harga. Karena, bisa saja mereka menjual barang palsu dengan harga barang asli. Ini akan menuntun kita pada pembahasan selanjutnya.

12. Periksa Apakah Tempat Anda Membeli Trusted atau Tidak

tempat membeli
Hanya beli sepatu Fila pada tempat-tempat trusted.

Jika Anda tidak tahu berapa harga yang tepat untuk sepatu incaran Anda, cara terbaik untuk mencari aman adalah dengan membeli sepatu di toko offline atau online official-nya Fila. Walaupun pada akhirnya Anda tidak membelinya di sana, tetap mau memilih jalur kenalan, setidaknya Anda tahu ciri-ciri dan harga sepatu yang asli setelah searching.

Anda bisa memeriksa situs web Fila dan memposting pertanyaan ke dukungan pelanggan mereka dengan klik di sini. Anda juga bisa bergabung dengan forum pecinta produk Fila untuk sharing dan bertanya pada anggota lainnya yang lebih berpengalaman.

Jadikan ini patokan, bahwa barang palsu jarang memiliki quality control, bahkan mungkin tidak ada sama sekali. Jadi, sepatu Fila palsu pasti banyak cacatnya. Soalnya, merek-merek besar seperti Fila, Nike, Puma, Reebok dan Adidas sangat memperhatikan finishing produk mereka. Anda tidak akan menemukan satu kesalahan pun pada sepatu yang sudah dirilis. Jadi, sepatu Fila akan memiliki jahitan halus dengan jarak yang rata dan sempurna.