Wisata Kampung Karuhun, Eco Green Park-nya Sumedang

Sumedang sejak dulu merupakan sebagai destinasi wisata alam yang indah, walaupun belum terlalu dikenal secara luas seperti Bandung. Sebagai oleh-olehnya, pelancong biasanya membeli tahu Sumedang, sale pisang, dan jajanan khas lainnya dari Sumedang. Ada beberapa lokasi wisata yang beken di kabupaten ini, salah satunya Kampung Karuhun.

Wisata Kampung Karuhun adalah sebuah taman perkemahan yang terletak di Kota Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Dikenal dengan suasana pegunungan hijau yang masih asri, Kampung Karuhun menyediakan banyak fasilitas dengan biaya dan tiket masuk yang tak mahal. Ingin tahu ada apa saja di Kampung Karuhun? Yuk, simak penjelasannya sampai selesai!

Fasilitas & Wahana

Sebagai eco green park, Kampung Karuhun bisa dibilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mau yang alami, ada, mau yang modern, ada pula. Namun, tetap dengan suasana alam yang masih asri tentunya. Berikut adalah beberapa fasilitas dan wahana menarik di Kampung Karuhun yang bisa dinikmati pengunjung:

1. Waterboom, Serunya Bermain Air di Kampung Karuhun

Sumber: http://www.sumedangtandang.com/kampungkaruhun/fasilitas.htm

Waterboom, atau kolam renang, adalah fasilitas gratis yang bisa Anda dan keluarga Anda nikmati setelah membayar tiket masuk. Ya, Anda tidak akan dikenai biaya lagi untuk bermain dan berenang di sini. Seru sekali, bukan? Walaupun berbentuk kolam renang modern, suasana di sekitar juga udaranya yang sejuk masih terasa ‘alam banget’. Jadi, saat anak-anak bermain, Anda bisa menikmati area yang hijau sambil ikut bermain air juga.

2. Zip Bike, Membuatmu Serasa Bersepeda di Atas Udara

Sumber: https://www.instagram.com/kampungkaruhun/

Zip bike adalah wahana berbentuk sepeda, tapi bukan untuk dipakai di darat melainkan di udara! Wahana ini akan membawa Anda ‘bersepeda’ di udara, di atas sungai dan di antara hutan hijau yang lebat. Meskipun tampaknya seperti olahraga, sebenarnya ini adalah spot foto, hehe. Keren, kan, berfoto di antara pepohonan dan di atas sungai?

3. Berayun di Atas Ketinggian dengan Sky Swing

Sumber: https://web.facebook.com/kampungkaruhun/photos/a.711351969012188/1413077542172957/?type=3&theater

Seperti namanya, Sky Swing adalah ayunan di langit. Jadi, Anda duduk cantik di ayunan yang mengambang di atas ketinggian. Tenang saja, wahana ini sudah terbukti aman. Nanti hasil fotonya Anda akan seperti sedang melayang di ayunan yang sangat tinggi dengan latar belakang hutan. Anda juga bisa menikmati pemandangan SUngai Cihonje dari atas.

4. Bermain Air Seru di Wahana River Tubing

Sumber: http://sumedangtandang.com/direktori/detail/kampung-karuhun.htm

River Tubing adalah wahana petualangan yang cukup menguji adrenalin di Kampung Karuhun. Nanti Anda dan tim akan diajak menyusuri sungai dangkal dengan arus yang cukup kencang menggunakan ban besar. Permainan ini dipandu oleh ahlinya dan sudah dilengkapi dengan alat keselamatan. Wahana ini tersedia juga untuk anak-anak dengan bentuk ban yang lebih aman.

5. Bernostalgia dengan Bermain Futsal di Wahana Futsal Lumpur

Futsal lumpur, disediakan bagi para pengujung yang ingin merasakan sensasi bermain futsal tanpa lapangan sintetis. Seperti kembali ke zaman dulu ketika anak-anak bermain bola di lapangan yang becek, kini pengalaman nostalgia tersebut bisa Anda rasakan kembali dengan bermain futsal di wahana futsal lumpur ini. Tentunya, tantangan bermain futsal jauh lebih sulit dan permainan futsal lebih seru bersama teman atau keluarga Anda.

6. Bersantai Bersama Keluarga di Marak Laut

Sumber: https://web.facebook.com/kampungkaruhun/photos/a.805758119571572/1123237481156966/?type=3&eid=ARAzi8JheAMxFBvMUEV6dvMLJVXyuqgaXNoSZZYoDc4qTsn8HnvU_oqF_uBd1pKp29jt_nEPD_eitGgb&_rdc=1&_rdr

Marak Laut adalah wahana terbaru dari Kampung Karuhun. Menawarkan pengalaman menangkap ikan langsung di aliran sungai yang tenang, jadi sambil bermain air bisa sekaligus mancing juga. Bapak-bapak dan anak-anak pasti akan menyukainya. Anda dan keluarga bisa memancing bersama, bermain air, sekaligus bersantai melepaskan penat.

7. Wisata Offroad Mengelilingi Kebun Teh dengan Wahana All Terrain Vehicle (ATV)

Sumber https://web.facebook.com/kampungkaruhun/photos/a.711351969012188/1088417477972300/?type=3&theater

Anda mungkin sudah familiar dengan ATV. Ini adalah jenis kendaraan off-road. Di Kampung Karuhun, Anda bisa menyewanya untuk menelusuri trek di dekat sungai. Medannya bervariasi mulai dari menanjak, menurun, miring, dan ada tanah berlumpur juga.

Selain sensasi menantang selama naik ATV ini, Anda juga disuguhi pemandangan menarik di seputaran medan yang terjal tersebut, yaitu pemandangan kebun teh dan hutan-hutan yang lebat. Hijau, asri, segar, sejuk dan menantang, perpaduan yang tepat untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran sebelum Anda kembali bekerja.

8. Menikmati Waktu Santai dengan Keluarga di Sky Tea House

Tidak hanya area bermain saja, Kampung Karuhun juga punya tempat makan dan minum yang seru. Salah satunya adalah Sky Tea House, tempat ngopi dan ngeteh yang dibuat dengan cara tradisional. Sambil minum kopi atau teh dan menikmati pemandangan, Anda juga disuguhkan aneka camilan (tradisional juga) seperti kacang, singkong, ubi, dan pisang rebus.

9. Mengapresiasi Budaya Sunda di Saung Budaya

Sumber https://web.facebook.com/kampungkaruhun/photos/a.805758119571572/1751748251639216/?type=3&theater

Wahana ini adalah tempat untuk menonton pagelaran seni tradisional Sunda.. Anda bisa menikmati show sambil makan makanan berat, seperti Nasi Liwet dan Nasi Cobek, misalnya. Wahana ini tidak hanya mengenalkan dan melestarikan budaya Sunda, tapi juga memberdayakan masyarakat sekitar Kampung Karuhun itu sendiri.

10. Belajar sambil Bermain dengan Eduwisata

eduwisata kampung karuhunDi Kampung Karuhun ada pilihan wahana lainnya yang berbau edukasi, seperti berkenalan dengan hewan, olahraga panah, menanam sayur dan buah, serta masih banyak lagi fasilitas menarik lainnya. Kegiatan ini bisa dilakukan anak-anak maupun orang dewasa. Kegiatan ini cocok sekali dimasukkan ke dalam program darmawisata sekolah.

11. Ambil Foto yang Keren di Spot Foto Kampung Karuhun

kampung karuhunSebenarnya spot foto di Kampung Karuhun ada banyaaak sekali. Anda bisa berfoto di mana saja dan hasilnya akan bagus. Mau di area saung, sungai, hutan, kolam ikan, kolam renang, atau di spot selfie khusus yang telah disediakan pun bisa.

Lengkap sekali, bukan? Anda bisa mengabadikan momen liburan Anda dengan cantik dan bagus, bisa bermain dan bersantai dengan keluarga, teman, maupun rekan kerja, serta bisa menikmati penampilan budaya Sunda di Saung Budaya.

Harga Tiket & Jam Operasional

Sumber: http://www.sumedangtandang.com/kampungkaruhun/fasilitas.htm

Harga tiket masuk Kampung Karuhun:

  • Dewasa Rp 25.000
  • Anak-anak Rp 15.000
  • Saung gratis
  • Spot selfie gratis
  • Kolam renang gratis
  • Bermain di sungai gratis

Harga fasilitas lainnya:

  • Naik perahu Rp 10.000/anak
  • Marak lauk Rp 20.000/orang
  • Outbond (flying fox, zip bike, river tubing, dll) mulai dari Rp 10.000/game
  • Paket off road mulai dari Rp 1.000.000/tim (4–9 orang)
  • Camping Rp 30.000/malam
  • Penginapan mulai dari Rp 120.000–Rp 1.700.000
  • Paket foto pre-wedding Rp 350.000

Alamat & Akses Jalan

Wisata Kampung Karuhun tidak jauh dari pusat kota, yaitu hanya berjarak ± 7 KM saja. Patokannya yang paling mudah adalah Alun-alun Sumedang. Dari sana, Anda bisa berkendara menggunakan motor atau mobil pribadi, atau Anda bisa juga pesan ojek online, dengan waktu tempuh 30 menitan saja. Akses jalannya bagus

  • Alamat: Jl. Pagar Betis, Desa Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45311
  • Jam buka: Setiap hari (Senin–Minggu) pukul 08.00–16.00 WIB
  • Instagram: @kampungkaruhun
  • Facebook: Kampung Karuhun
  • Telepon: 0812-2090-6211

Tempat Menginap di Sekitar

Sumber: http://www.sumedangtandang.com/kampungkaruhun/fasilitas.htm

Tertarik untuk mengunjungi Kampung Karuhun dan sedang mencari tempat menginap? Sebenarnya Kampung Karuhun sendiri menyediakan beberapa macam penginapan, baik untuk sendiri, keluarga, maupun grup atau kelompok. Beberapa tipe penginapan di sana bernama Imah Awi, Imah Kayu, Barak Awi, Barak Kaca, dan Bale Awi dengan spesifikasi, kapasitas, dan tarif yang berbeda-beda tentunya.

Imah Awi dan Imah Kayu cocok untuk keluarga dengan 3-4 orang. Lokasi dua tempat penginapan ini terletak di area utara kawasan Kampung Karuhun. Untuk ukurannya, kedua penginapan ini sama, yang membedakan adalah ornamen bangunan. Sesuai dengan nama mereka, Imah Awi berarti bangunannya didominasi bambu, sementara Imah Kayu berarti bangunannya kayu semua. Untuk menginap di sini, Anda perlu menyediakan uang sebesar Rp 300.000/hari.

Jika anggota kelompok Anda lebih dari empat orang, maka disarankan untuk menginap di Sale Awi, Barak Awi, atau Barak Kaca, karena tipe penginapan ini bisa ditinggali oleh belasan orang. Untuk Barak itu konsepnya unik karena tidak ada sekat untuk tempat tidurnya, jadi suasana keakrabannya sangat kental.

Jika Anda datang bersama teman kantor, sekalian berencana untuk melakukan family gathering atau acara outbond bersama kantor, bisa sekalian menginap juga di sini Kampung Karuhun.

Untuk Bale Awi bisa ditempati hingga 14-18 orang dengan tujuh double bed. Untuk BArak Awi dan Barak KAca bisa ditempati hingga 16-20 orang. Barak Awi memiliki 16 bed utama dan Barak Kaca dilengkapi 24 bed utama (bentuk tempat tidur tingkat). Jika masih kurang, Anda bisa meminta4 ext ra bed tambahan di Barak Awi dan 6 extra bed di Barak Kaca.

Tak hanya menyediakan pemandangan dan suasana alam yang indah, eco wisata green park Kampung Karuhun bisa menambah wawasan juga. Cocok sekali untuk membawa anak-anak liburan ke sini. Jika Anda tidak mau menginap juga tak apa-apa, asal jangan lupa bawa baju salin karena takut pakaian Anda kotor atau basah.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sejak pagi agar udaranya masih dingin dan Anda serta keluarga atau tim bisa mencoba semua wahananya. Apakah Anda pernah berkunjung ke Kampung Karuhun? Bagikan pengalaman Anda di kolom komentar, yuk!