10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC dan Laptop

Memiliki hobi fotografi biasanya diiringi dengan skill editing foto agar hasilnya bisa lebih maksimal. Namun, untuk mendapatkan skill editing foto, perlu juga diimbangi dengan alat yang mumpuni. Alat yang dimaksud adalah aplikasi edit fotonya.

Biasanya, untuk mengedit foto dilakukan melalui perangkat PC atau laptop. Namun untuk melakukan hal tersebut, harus tahu dulu beberapa aplikasi edit foto yang memang cocok untuk setiap para fotografer atau para pengeditnya. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih aplikasi edit foto, salah satunya adalah tools.

Setiap aplikasi edit foto di PC punya tools yang bergam. Lalu, setiap aplikasi juga punya antarmuka yang berbeda. Sekarang tinggal penggunanya saja memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Agar tidak kebingungan, berikut Angkasa mau membagikan 10 rekomendasi aplikasi edit foto PC yang bagus untuk pemula atau pun para professional.

1. Adobe Photoshop СС

Adobe Photoshop СС

Berbicara soal mengedit foto, aplikasi buatan Adobe memang harus diposisikan pada rekomendasi pertama. Bukan tanpa alasan, dengan aplikasi Adobe Photoshop СС ini pengguna bisa melakukan banyak hal dan tools yang disediakan sangat lengkap. Tercatat, Adobe Photoshop СС memiliki photo fixing tools yang lebih lengkap dibandingkan aplikasi lain.

Lalu, setiap fitur yang ada di aplikasi selalu diperbaharui secara berkala. Jika ada bug maka pihak Adobe akan memperbaikinya dengan cepat. Yang paling penting adalah, pengguna Adobe Photoshop СС bisa melakukan banyak hal. Tidak hanya untuk edit foto, bisa juga untuk membuat logo, banner, hingga menggambar untuk kebutuhan website. Sayangnya, aplikasi ini biasa digunakan oleh para professional sehingga interface-nya terlihat kompleks dan mungkin akan sulit untuk para pemula.

2. Adobe Lightroom CC

Adobe Lightroom CC

Masih dari Adobe, kali ini kami mau merekomendasikan aplikasi bernama Adobe Lightroom CC. Sebelumnya, Adobe menawarkan aplikasi edit foto yang kompleks, di sini justru antarmukanya lebih bersahabat. Jadi, kalau kamu seorang pemula maka akan sangat cocok menggunakan aplikasi Adobe Lightroom CC.

Meski tidak selengkap Adobe Photoshop, tapi Lightroom ini memungkinkan pengguna untuk mengoreksi warna. Pengguna bisa mengatur white balance, shadow, filter, hingga saturasi warna dengan menggesernya saja, tidak sulit. Tapi, kalau belum pro untuk mengatur warna pada foto, silakan gunakan preset yang disediakan oleh Adobe Lightroom CC.

Tidak cocok dengan preset yang ada di Adobe Lightroom CC? Tenang saja, kamu bisa membuat preset sendiri dan menyimpannya di akun Adobe kamu. Kekurangan dari aplikasi ini adalah sistem katalognya agak kurang nyaman dan kurang cocok untuk mengedit ala foto professional.

3. InPixio Photo Studio Ultimate

InPixio Photo Studio Ultimate

InPixio Photo Studio Ultimate adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik yang bisa digunakna di PC. Aplikasi ini bersaing dengan Photoshop karena InPixio Photo Studio Ultimate memang ditujukkan untuk para professional. Kelebihan dari aplikasi ini adalah penggunaannya lebih mudah, terutama untuk cut background.

Selain itu, InPixio Photo Studio Ultimate memberikan kemudahan untuk mengoreksi warna dengan kehadiran fitur semi-automatic color correction. Bahkan, pengguna bisa menghapus “kekurangan” di foto dengan sangat mudah dan cepat, entah itu untuk mencerahkan foto, membuat kulit lebih halus, atau menghilangkan kantung mata. Seru, kan?

4. Skylum Luminar

Skylum Luminar

Selanjutnya, kami mau merekomendasikan aplikasi yang bernama Skylum Luminar. Sama seperti Photoshop dan InPixio, Skylum Luminar juga biasanya digunakan oleh para professional. Tapi, rasanya Skylum Luminar punya antarmuka yang lebih bersahabat karena lebih mirip dengan Adobe Lightroom. Dengan begitu, pemula bisa beradaptasi dengan mudah.

Hal menarik yang ada di aplikasi ini adalah key feature atau fitur utamanya. Di Skylum Luminar mengandalkan yang namanya AI Slider. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa dengan mudah mengoreksi foto, baik dari segi brightening, clarifying, toning, hingga editan basic pada adjustments. Lebih ramah untuk pemula!

5. Corel PaintShop Pro

Corel PaintShop Pro

Ini dia salah satu saingan terberatnya Adobe, namanya adalah Corel PaintShop Pro. Dalam aplikasinya, Corel PaintShop Pro menawarkan interface yang bisa dibilang cocok untuk digunakan oleh para pro. Namun yang menarik dari aplikasi ini adalah tools untuk mengedit fotonya bisa dibuat dalam format yang cukup simpel sehingga masih ramah untuk digunakan para pemula.

Tidak hanya itu saja, ikon setiap tools di Corel PaintShop Pro cukup besar sehingga masih lancar jika mengedit foto menggunakan tablet atau iPad. Nah untuk fitur utamanya, aplikasi ini menawarkan banyak hal, beberapa di antaranya adalah layers, refine brush for selection, smartclone, hingga RAW image processing.

6. GIMP

GIMP

Kalau butuh format eksport yang lengkap, bisa pilih aplikasi GIMP. Tercatat, aplikasi ini menawarkan lebih dari 40 format eksport yang bisa digunakan oleh penggunanya. Selain format gambarnya yang lengkap, GIMP juga punya tools yang cukup mumpuni dimana kamu bisa membuat brushes sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan, GIMP juga punya fitur smart selection tools yang memudahkan untuk menyeleksi gambar yang mau dipotong atau kebutuhan lainnya. Yang lebih serunya lagi, GIMP ini bahkan punya banyak koleksi plugin, salah satunya adalah Photoshop Plugins.

7. PhotoWorks

PhotoWorks

Kalau mau cari aplikasi edit foto di PC, khususnya Windows, untuk pemula maka cobalah gunakan aplikasi yang bernama PhotoWorks. Di sini, kamu bisa mengedit wajah dengan cepat karena PhotoWorks memiliki fitur smart face editor. Nah, fitur tersebut bisa mengoreksi wajah baik secara efeknya, tingkat kecerahannya, hingga kemulusan tampilan kulitnya. Keren kan?

Kelebihan lain dari PhotoWorks ini, setiap pengguna bisa menambahkan tulisan berupa captions di fotonya. Bahkan, kamu juga bisa menambahkan watermark pada hasil edit fotomu. Sayangnya, di PhotoWorks belum ada fitur layers. Meski begitu, kamu bisa menikmati semua fitur aplikasi ini secara gratis dengan mengunduhnya di sini.

8. PhotoScape

PhotoScape

Cukup familiar dengan aplikasi ini? Ya, ini adalah salah satu aplikasi edit foto yang cukup terkenal meski tidak sebagus Adobe atau pun Corel. Tapi, PhotoScape ini cukup untuk mengedit foto agar terlihat lebih cantik dan estetik. Yang menarik dari aplikasi ini adalah, bisa digunakan oleh pemula karena antarmukanya sangat simpel.

Kelebihan lain dari PhotoScape, pengguna bukan hanya bisa untuk mengedit foto, namun bisa juga untuk menyatukan gambar, memisahkan gambar, hingga membuat GIF. Agar hasil editannya semakin menarik, tambahkan filter yang sudah disediakan oleh PhotoScape. Koleksi filternya sangat banyak lho!

9. Fotor

Fotor

Aplikasi Fotor sebenarnya juga ada di PlayStore. Tapi kalau mau mengedit foto dengan tools lebih lengkap maka Fotor versi PC adalah jawaban yang tepat. Di sini ada banyak filter premium yang bisa digunakan secara gratis, seperti filter vintage hingga filter dengan warna yang vibrant.

Sayangnya, ada beberapa kekurangan dari aplikasi ini. Di Fotor tidak ada yang namanya layers tools, bahkan export format-nya pun terbatas, hanya JPG, PNG, dan PDF. Tapi kalau butuh aplikasi edit foto yang mudah digunakan dan gratis, Fotor adalah salah satu pilihan yang tepat.

10. Polarr

Polarr

Last but not least, ada aplikasi bernama Polarr. Ini memang bukan aplikasi untuk professional dimana bisa retouching gambar dengan sempurna. Meskipun begitu, aplikasi Polarr menawarkan berbagai macam filter menarik dengan tools yang tergolong lengkap.

Tidak perlu takut lupa save hasil editan karena penggunanya bisa menyimpan editing history-nya. Nah, editing history itu menampilkan setiap langkah pengeditan yang kamu lakukan. Sayangnya, untuk menggunakan Polarr tidak ada tutorial atau guide khusus. Tapi jangan takut kesusahan, karena Polarr sendiri punya antarmuka yang cukup intuitif.

Mengedit foto di PC punya banyak kelebihan. Tools yang lengkap menjadi salah satu pertimbangan saat mau mengedit foto di PC. Maka dari itu, perlu untuk memilih aplikasi edit foto terbaik agar hasil foto bisa tampil lebih maksimal. Dari 10 aplikasi di atas, mana yang paling kamu suka?