7 Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap untuk Desain Grafis

Vektor dan bitmap merupakan dua jenis gambar yang berbeda satu sama lain. Dengan mengetahui perbedaannya, kami harap Anda bisa memakai kedua jenis gambar sesuai kebutuhannya masing-masing (desain grafis).

7 Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap untuk Desain GrafisDokumen Pribadi
Ilustrasi gambar vektor VS gambar bitmap

Gambar vektor dan bitmap itu beda! Ada 7 perbedaan antara gambar vektor dan bitmap. Dengan mengetahui perbedaannya, mudah-mudahan Anda bisa memakai kedua jenis gambar sesuai kebutuhan desain grafis.

Apa perbedaan gambar vektor dan bitmap? Mungkin itu pertanyaan yang muncul di benak Anda ketika membicarakan soal vektor dan bitmap.

Bukankah kedua gambar ini sama saja? Sama-sama gambar? Tidak, kawan! Gambar vektor dan gambar bitmap adalah dua jenis gambar yang berbeda. 

Apa bedanya? Jawabnya: proses bagaimana dua jenis gambar ini dihasilkan, sifat, ekstensi filenya, dll.

Nah, pada bagian berikutnya, kami akan coba memaparkan perbedaan antara gambar vektor dengan gambar bitmap. Anda belum paham? Silakan Anda baca artikel ini hingga selesai ya!

Definisi Gambar Vektor dan Bitmap

Anda bisa mengetahui perbedaan antara vektor dan bitmap dengan cara mengetahui definisinya masing-masing. Berikut ini definisi ringkas gambar vektor dan bitmap yang sudah kami sarikan dari berbagai sumber.

  1. Vektor adalah gambar yang dibuat dari garis matematis yang disebut "kurva bezier". Yang mana garis-garis ini ditata sedemikian rupa sampai jadi gambar sesuai keinginan pembuatnya.
  2. Bitmap adalah gambar yang dibuat dari sekumpulan kotak "piksel" berwarna-warni. Tiap-tiap kotak piksel ini punya warna dan lokasi masing-masing. Bitmap sering juga disebut raster.

7 Perbedaan Nyata Antara Gambar Vektor dengan Gambar Bitmap

Dari definisinya saja, jika Anda membaca secara seksama, maka Anda akan tahu beda kedua jenis gambar ini. Tapi, jangan khawatir, kami akan jelaskan 7 perbedaan mendasar antara gambar vektor dan gambar bitmap.

1. Hasil Pasca-Gambar Vektor dan Bitmap Diperbesar

Saat gambar vektor diperbesar, maka hasil gambarnya tidak akan pecah. Sebaliknya, gambar bitmap akan makin pecah saat diperbesar. Pecahnya gambar bitmap terjadi lantaran kotak piksel yang punya warna dan lokasi masing-masing ini ikut membesar. Jadi seolah-olah pecah.

2. Ganti Warna Gambar

Warna pada gambar vektor akan dengan mudah diubah sesuai kebutuhan, sebab ada garis bantu di setiap bentuk vektor. Sementara itu, Anda akan sulit sekali mengganti warna di gambar bitmap sesuai kebutuhan. Soalnya, tiap-tiap piksel gambar bitmap punya warna sendiri-sendiri dan tak ada garis bantunya.

3. Konversi Vektor dan Bitmap

Gambar vektor mudah sekali dikonversi ke format file bitmap, tapi gambar bitmap tak bisa semudah itu dikonversi ke format vektor – tergantung tingkat kerumitan. Kalaupun gambar bitmap bisa diubah ke vektor dengan metode tracing otomatis, maka hasil gambarnya akan buruk sekali dan memerlukan editing manual biar gambar lebih bagus.

4. Jenis Ekstensi File

Jenis ekstensi file antara gambar vektor dan bitmap itu berbeda. Beberapa jenis ekstensi itu, antara lain:

  • Vektor: .svg, .ai, .cdr, .eps, .ppt, .wmf, dll.
  • Bitmap: .TIFF, .gif, .PNG, .JPG, .PSD, dll.

5. Waktu Pemakaian Vektor dan Bitmap

Gambar vektor dan bitmap digunakan untuk kebutuhan yang berbeda satu dengan lainnya. Gambar vektor, biasa, dipakai untuk desain logo, ilustrasi, kartun, dan lain sebagainya. Sedangkan, gambar bitmap dipakai di dunia fotografi dan penyuntingan gambar yang warnanya banyak dan bercampur baur.

6. Besar/Kecil Ukuran File

Ditilik dari ukuran filenya, file gambar vektor memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada file gambar bitmap. Itulah kenapa gambar vektor bisa dibuka jauh lebih cepat ketimbang gambar bitmap. Perbedaan ini bisa terjadi, karena vektor tidak memiliki pixel dan bitmap memiliki pixel (tiap-tiap pixel ada warnanya di lokasi masing-masing).

7. Program Penghasil Gambar Vektor Maupun Bitmap di Komputer dan Smartphone

Gambar vektor dan bitmap bisa dihasilkan dan diolah dengan program (software) komputer atau aplikasi smartphone (Android/iOS). Berikut beberapa diantaranya:

  • Komputer
    • Vektor: CorelDraw, Inkscape, Adobe Illustrator, Freehand, Affinity Designer, dll.
    • Bitmap: Photoshop, GIMP, Krita, Paint Tools SAI, dll.
  • Smartphone
    • Vektor: Infinite Design (Android), Adobe Draw (iOS), Vectornator (iOS), dll.
    • Bitmap: Canva (Android), Picsart (Android), Adobe Photoshop Express (Android), Adobe Photoshop Sketch (iOS), Clip Studio Paint (iOS), dll.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan gambar vektor dan bitmap pada artikel ini. Perbedaan ini bukanlah untuk lebih menonjolkan salah satu jenis gambar. Tapi, dengan mengetahui perbedaan ini, kami harap Anda bisa memakai kedua jenis gambar sesuai kebutuhan pembuatan karya desain grafis Anda. Terima kasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini