Cara Membuat Mading untuk Pemula

Contoh Mading dan Cara Membuatnya, Simpel Tapi Dijamin Keren

Mencari referensi untuk contoh mading dan cara membuatnya? kamu bisa lho membaca dan melihat penjelasan yang akan disampaikan pada artikel berikut ini.

Contoh Mading dan Cara Membuatnya, Simpel Tapi Dijamin Kerenpixabay

Mading identik dengan sekolah ataupun kuliah. Namun keberadaannya tidak hanya sebatas di instansi pendidikan saja melainkan juga bisa di sekitar perusahaan. Meski familiar namun masih banyak lho yang bertanya tentang contoh mading dan cara membuatnya dengan model keren namun tetap simpel, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama. Apakah ada? Simak penjelasannya.

Cara Membuat Mading untuk Pemula

Berbicara tentang contoh mading dan cara membuatnya sebenarnya bisa dicoba oleh semua orang. Dalam artian tidak hanya mereka yang berbakat dalam desain ataupun jurnalis saja namun para pemula pun bisa. Untuk bisa membuat mading yang bagus kamu perlu menerapkan langkah-langkah berikut ini.

1. Tentukan Tema

Tema merupakan pokok pembahasan yang wajib kamu pikirkan terlebih dahulu sebelum membuat mading. Misalnya saja kamu ingin menciptakan mading untuk memperingati kemerdekaan RI maka apa saja yang harus dipersiapkan?. Tentu sesuatu yang mengandung unsur perjuangan. Mulai dari warna merah dan putih, puisi, cerita, sejarah, dan lain sebagainya.

2. Buat Desain Mading

Setelah tema siap kamu harus membuat desain mading. Desain ini tidaklah jauh dari tema karena saat sudah sampai titik ini kamu hanya perlu mengembangkannya saja. Gunakan kreativitas kamu saat membuat desain ini. Tentukan lokasi penempatan karya-karya dengan estetik agar mading tampak lebih keren dan kekinian.

Adapun beberapa poin yang harus kamu perhatikan dalam membuat desain ini adalah sebagai berikut:

  • Logo
  • Judul
  • Salam redaksi
  • Edisi
  • Susunan redaksi
  • Karya (artikel, opini, puisi, berita, cerpen, cerbung, cermis, pengumuman, materi tambahan, humor, info unik, karikatur, gambar, dan lain sebagainya)

3. Persiapkan Semua Bahan yang Dibutuhkan    

Membuat mading yang cantik tidak hanya membutuhkan kreativitas namun juga bahan. Kamu butuh lem, gunting, kayu, triplek, kertas karton, hiasan, dan lain sebagainya. Siapkan bahan-bahan itu semua untuk menjadikan mading tampil lebih sempurna.

4. Publish Mading Sesuai Susunan yang Baik dan Benar

Semua persiapan sudah kamu selesaikan kini saatnya publish mading dengan susunan yang sudah dibuat sebelumnya. Perhatikan tata letaknya. Jangan sampai berantakan atau tidak beraturan karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas mading. Pastikan menempelkan karya-karya dengan erat agar tidak mudah jatuh.

Contoh Mading Paling Kreatif yang Bisa Kamu Tiru

Setelah mengenal cara membuatnya kamu juga wajib mengetahui contoh mading yang kreatif sebagai bahan referensi. Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan saat nanti melakukan prosesnya. Berikut adalah contoh mading dan cara membuatnya.

1. Mading 3D

Mading 3D memiliki penampilan yang sangat keren. Untuk itulah pembuatannya juga lebih ribet dibandingkan jenis lainnya. Butuh peralatan lengkap jika kamu ingin membuat mading 3D karena harus bisa menonjolkan sisi-sisi khusus agar karya terlihat lebih hidup. Contohnya adalah mading perlombaan.

2. Mading 2D

Mading 2D ini bisa kamu buat dengan cara yang lebih sederhana. Tidak perlu detail yang penting menarik untuk dilihat. Umumnya mading ini lebih sering dibuat oleh anak sekolah. Meski tidak serumit 3D namun tetap saja tampilannya keren. Cukup tuangkan segala bentuk kreativitas untuk membuatnya. Contohnya adalah mading OSIS.

Itulah penjelasan tentang contoh mading dan cara membuatnya yang dapat kamu jadika referensi. Mading ini sebenarnya tidak hanya dapat kamu buat di sekolahan saja namun di rumah pun juga sama. Setidaknya kamu dapat menempel jadwal, materi pelajaran, foto-foto, ataupun karya lainnya. Selalu maksimalkan kreativitas kamu dengan membuat mading secara otodidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini