30 Peluang Usaha Modal 5 Jutaan yang Menguntungkan

Ingin mulai bisnis tapi terkendala biaya? Ambillah peluang usaha modal 5 jutaan. Pilihannya cukup banyak. Anda tinggal pilih mana yang paling menjanjikan dan untungnya besar.

Sudah bukan rahasia kalau bisnis bermodal kecil menjadi pilihan banyak orang, khususnya para pemula. Mereka berasal dari beragam kalangan dan profesi. Mulai dari pengangguran, mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga karyawan.

Yang menarik, alasan mereka mau memulai usaha bermodal kecil juga beragam. Ada yang memang butuh usaha sampingan, usaha rumahan, atau memang bosan jadi karyawan sehingga mau mendirikan bisnis kecil-kecilan.

Apa pun alasannya, bisnis tetaplah bisnis. Mau bermodal kecil atau besar, Anda harus menjalannya dengan serius dan telaten. Kalau tidak, mau besar atau kecil modalnya akan sama saja. Gagal dan merugi.

Jangan sampai hanya karena modalnya kecil, lalu dianggap tidak masalah jika merugi. Karena mindset seperti ini akan membuat Anda tidak serius dalam menjalankannya.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas pilihan peluang bisnis modal 5 jutaan. Selamat menyimak.

Usaha online modal 5 juta

Sebagaimana kita tahu, dunia digital kini menjadi pasar yang cukup menjanjikan buat para pebisnis. Tak peduli pemula atau bukan, modalnya kecil atau besar. Semuanya diperlakukan sama.

Asalkan bisa menjual secara online, melakukan marketing dengan tepat, dan bisa memberikan harga sesuai dengan kebutuhan pasar, maka mudah bagi pemula untuk bersaing dengan yang profesional.

Untuk itu, pilihan pertama yang bisa diambil saat Anda memiliki modal yang terbatas adalah berbisnis online. Berikut ini adalah pilihan peluang usaha modal 5 jutaan berbasis online yang bisa dicoba:

1. Menjadi blogger

Untuk menjadi seorang blogger, Anda harus memiliki skill dan pengetahuan soal blog. Di samping itu, kemampuan utama yang cukup diperlukan adalah skill tulis menulis.

Usaha online modal 5 juta - Jadi Blogger

Sumber foto: Pexels.com

Hal ini karena saat Anda membagikan sesuatu di blog, maka yang akan dibaca oleh viewer adalah tulisan. Apabila tulisannya berantakan, tidak fokus, dan membosankan, maka jumlah pengunjung blog juga tidak akan tinggi.

Untuk memulai bisnis ini, Anda cukup mengeluarkan uang buat membeli laptop, hosting, domain, koneksi internet, dan backlink jika perlu. Secara total, uang yang dibutuhkan masih kurang dari 5 juta rupiah.

2. Menjadi youtuber

Saat ini, ada banyak sekali orang yang ingin menjadi Youtuber. Hal ini karena platform ini memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk menghasilkan uang.

Caranya adalah dengan membuat channel, mengisinya dengan konten menarik, kemudian memasanginya iklan saat sudah banyak subscribers dan viewers.

Untuk memulai bisnis ini Anda butuh smartphone, laptop, dan koneksi internet. Anggap saja Anda sudah punya smartphone, maka modal yang diperlukan berikutnya hanya laptop yang harganya sekitar 4 jutaan. Sisanya bisa dipakai untuk beli koneksi internet.

3. Jadi admin media sosial

Ada banyak sekali toko online yang membutuhkan jasa pengelola akun media sosial. Biasanya, mereka diminta untuk membuat konten guna meningkatkan engagement.

Anda bisa memulai bisnis ini hanya dengan modal smartphone dan koneksi internet. Selebihnya, konten-konten bisa dibuat memakai aplikasi yang ada di smartphone. Selain itu, untuk penulisan caption atau deskripsi, Anda harus memiliki skill menulis yang apik dan persuasif.

4. Menjadi selebgram

Selain blog dan Youtube, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti instagram dan TikTok. Caranya adalah dengan membuat konten menarik. Jika followers sudah banyak, Anda dapat memasang iklan paid promote dan mendapatkan uang dari sana.

Modal utama untuk menjadi selebgram adalah smartphone. Anggaplah harganya 3 jutaan, maka sisa uangnya bisa Anda gunakan untuk keperluan lain. Misalnya untuk membeli kebutuhan pembuatan konten.

5. Jadi reseller online

Bagi sebagian besar supplier produk, memiliki reseller adalah seperti memiliki toko baru. Tak heran bila banyak supplier yang membuka kesempatan bagi semua orang untuk menjadi reseller. Baik online maupun offline.

Syaratnya pun tak sulit. Cukup belanja produk senilai 500 sampai 1 juta rupiah, Anda sudah bisa jadi reseller.

Silakan cari supplier yang persyaratannya tidak rumit kemudian belanja produk mereka. Pilih produknya sesuai passion Anda. Sebagai contoh, jika Anda suka dengan fashion, maka cari supplier fashion terbaik.

6. Jasa SEO

SEO atau Search Engine Optimization menjadi jasa online yang cukup banyak dicari karena bisa meningkatkan peringkat sebuah blog di Google. Bila menguasai ilmunya, Anda bisa langsung mendapatkan banyak pelanggan. Khususnya dari para blogger atau pemilik situs tertentu.

Usaha online modal 5 juta - Jasa SEO

Sumber foto: Pexels.com

Modal untuk membuka usaha ini sangat murah. Anda hanya butuh laptop, HP untuk komunikasi (menerima pesanan), dan koneksi internet.

Artinya, uang 5 juta sudah lebih dari cukup untuk membuka bisnis ini.

7. Jasa penulisan artikel online

Kalau Anda bisa membuat blog dan terbiasa menulis, cobalah sekalian buka jasa penulisan artikel. Selain bisa bergabung dengan situs penulisan online, Anda juga dapat membuka lapak sendiri di situs-situs tertentu. Cara lainnya adalah dengan membuat situs khusus untuk menggelar lapak kepenulisan online.

Modalnya hanya laptop, HP untuk komunikasi, domain, dan hosting. Bila dianggap sudah punya HP sendiri, maka untuk membeli kebutuhan lainnya hanya butuh uang di bawah 5 juta rupiah.

8. Jualan hampers dan hadiah unik secara online

Hampers dan hadiah unik menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting di zaman yang super sibuk seperti sekarang. Ada banyak orang yang ingin memberikan hadiah tapi tidak punya cukup waktu untuk mengatur hadiahnya.

Skill yang dibutuhkan di sini adalah kemampuan untuk menata kado dengan baik kemudian mengemasnya agar tidak mudah rusak.

Modalnya tergantung pada hadiah yang dipilih. Kalau mahal, modalnya akan jadi besar. Sebaliknya, jika hadiahnya kecil, modalnya juga akan kecil.

9. Ikut MLM

Saat ini, ada banyak sekali bisnis MLM yang bisa Anda ikuti. Mulai dari Oriflame, NASA, Tupperware, dll. Yang menarik, saat ini bisnis tersebut berkembang pesat di dunia online.

Usaha online modal 5 juta - Ikut MLm

Sumber foto: Pexels.com

Artinya, peluang ini juga terbuka lebar untuk siapa saja yang membuka bisnis. Terlebih, modal yang diperlukan tidak terlalu besar. Anda hanya perlu uang untuk membayar biaya pendaftarannya saja. Jadi, bisa mengikuti satu atau lebih bisnis MLM. Tinggal disesuaikan dengan bujetnya saja.

Peluang usaha modal 5 jutaan berbasis penjualan barang (offline dan online)

Mayoritas bisnis di bawah ini adalah usaha rumahan yang cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga. Meski begitu, bisnisnya juga tetap bisa dijalankan oleh karyawan dan mahasiswa dengan menyesuaikan pemakaian waktunya. Misalnya dengan mengatur jam buka dan tutup.

Peluang usaha modal 5 jutaan berbasis penjualan barang (offline dan online)

Sumber foto: Pexels.com

Berikut ini adalah pilihan usaha penjualan barang yang bisa dibuka dengan modal 5 jutaan:

10. Jual jajan anak-anak

Jajanan anak-anak merupakan bisnis yang sangat menguntungkan karena pada dasarnya anak-anak suka ngemil. Kalau Anda bisa memanfaatkan ini untuk berjualan jajanan anak di rumah, maka peluang usaha modal 5 jutaan ini akan berkembang dengan pesat.

Salah satu jajanan yang bisa Anda jual adalah gorengan frozen food. Agar keuntungannya makin besar, silakan lengkapi produknya dengan jajanan kemasan. Maksimalkan dengan baik uang 5 juta yang Anda miliki untuk kulakan.

11. Jual mainan anak

Berjualan mainan anak juga bisa jadi solusi bisnis modal kecil. Usaha ini menguntungkan karena pasti laku. Anda tinggal memilih produk-produk yang harganya murah dan itemnya disukai anak-anak.

Silakan gelar lapak di depan rumah Anda. Lakukan promo agar penjualannya bisa laris.

12. Membuka warung makan

Anda bisa membuka warung makan dengan modal kecil. Usaha modal 5 jutaan ini dapat dimulai dengan menyiapkan perlengkapan sebagai berikut:

  1. Etalase.
  2. Kompor.
  3. Gas.
  4. Piring, gelas, mangkok, sendok, dan garpu.
  5. Meja dan kursi, dll.

Untuk komponen utama di atas, investasinya sekitar 2,5 jutaan. Sisa modalnya bisa dipakai untuk membeli bahan makanan guna membuat produknya.

Kalau mau laris, Anda bisa sekalian menjual secara online. Yakni bekerja sama dengan go food atau grab food. Kalau Anda memulai bisnis ini di kampung, manfaatkan HP dan media sosial untuk promo secara online.

13. Jual cilok

Usaha modal 5 jutaan ini bisa jadi opsi bisnis rumahan atau keliling. Untuk membukanya, Anda membutuhkan rombong cilok seharga 1 jutaan. Kemudian kompor, gas, dan kukusan senilai Rp 400.000. Gunakanlah sisa uang untuk membuat cilok kemudian dijual.

14. Menjual roti bakar

Untuk memulai bisnis ini, dibutuhkan uang 5 jutaan. Anda hanya perlu mesin untuk memanggang roti, gerobak, dan bahan-bahannya.

Gerobak harganya sekitar 3 jutaan, mesin pemanggangnya 800 ribuan, peralatan lain seperti penyerut keju, garpu, pisau, dan yang lainnya dianggarkan 300 ribuan.

Artinya, secara total dibutuhkan dana 4,1 jutaan. Uang sisanya bisa digunakan sebagai biaya produksi.

15. Berjualan es atau minuman

Laba berjualan minuman sangat besar, hampir 100 %. Bayangkan saja, dengan modal 2 jutaan, pendapatan yang diperoleh bisa mencapai 4 jutaan.

Apabila Anda mau memulai bisnis ini, silakan siapkan gerobak dengan harga sekitar 2,5 jutaan. Selanjutnya beli blender seharga 600 ribuan.

Selain itu, Anda juga butuh mesin packing gelas minuman yang harganya sekitar 1,2 jutaan. Bila ditotal jumlah modalnya adalah 4,3 jutaan. Uang 700 ribunya bisa buat biaya produksi.

16. Jus buah

Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis jus buah hampir sama dengan jualan es atau minuman. Komponen yang dibutuhkan juga sama, yakni mesin packing, blender, dan gerobak.

Laba bisnis ini juga besar. Tapi Anda harus hati-hati dalam memilih buah untuk dijadikan jus. Kalau bisa pilih yang awet karena ada risiko busuk.

17. Membuka bisnis donat rumahan

Jika Anda bisa bikin donat dan masuk dalam kategori mahir, maka membuka pesanan donat rumahan juga bisa jadi bisnis menjanjikan.

Sama halnya dengan bisnis makanan dan minuman lainnya, usaha ini juga sangat menguntungkan. Profit marginnya bisa sampai 50 %.

Yang Anda butuhkan untuk memulai bisnisnya adalah kompor, alat penggorengan, dan gas LPG. Anda bisa beli mixer atau menguleni sendiri memakai tangan. Total dananya tidak sampai 1,5 jutaan. Sisanya bisa buat beli bahan seperti tepung, ragi, susu, telur, dan yang lainnya.

18. Membuka usaha katering rumahan

Usaha katering rumahan adalah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di era sekarang, apalagi jika dijalankan di daerah perkotaan.

Anda bisa mulai dengan katering rumahan biasa, katering khusus diet, atau yang lain. Perlengkapan yang dibutuhkan sama, yakni kompor, gas LPG, dan peralatan dapur lainnya.

Untuk membeli itu semua, paling dibutuhkan dana sekitar 500 sampai 1 jutaan. Jadi, fokus modal utamanya adalah untuk membeli bahan-bahan.

19. Berjualan pulsa

Konter pulsa merupakan salah satu bisnis yang dapat dijalankan dengan modal yang disesuaikan dengan bujet. Anda bisa memasukkan dalam usaha modal 10 jutaan, tapi juga dapat dibuka dengan modal 5 jutaan saja. Bedanya hanya pada skala bisnisnya saja.

Untuk membuka bisnis dengan modal 5 juta, fokus utamanya adalah untuk mengisi deposito buat jualan. Anda tidak perlu fokus membuat tokonya bagus. Cukup sediakan etalase dan HP untuk transaksi.

20. Pakaian bayi dan anak

Berjualan pakaian bayi juga sangat menguntungkan karena perkembangannya sangat cepat. Bisnis ini dapat dimulai dari modal yang kecil. Bahkan gratis bila Anda jadi dropshipper.

21. Jualan mi ayam

Untuk memulai bisnis mi ayam, modal yang perlu disiapkan hanya sekitar 3 jutaan. Kalau Anda punya 5 juta, sisanya bisa buat biaya promo dan beli bahan produksi.

Sementara itu, uang 3 jutanya bisa buat beli gerobak, kompor, gas LPG, dan alat masak lainnya.

22. Jualan gorengan

Sama dengan bisnis kuliner lain, untuk memulai bisnis ini Anda butuh peralatan dapur yang kemungkinan besar habis 1 jutaan. Anggap saja sisa uangnya buat beli gerobak (1,5 jutaan), biaya sewa tempat, dan beli bahan produksi.

23. Jualan jilbab

Untuk memulai usaha jilbab, Anda hanya butuh smartphone untuk memotret, background untuk foto, dan jilbab-jilbabnya. Maksimalkan uang 5 juta Anda dengan baik.

Usaha ternak modal 5 juta

Usaha ternak modal 5 juta

Sumber foto: Pexels.com

Apabila passion Anda di bidang peternakan, maka berikut ini adalah beberapa pilihan usahanya:

24. Lele

Untuk beternak lele, modal yang umumnya dibutuhkan hanya 3 jutaan saja. Dengan uang ini, Anda bisa membuat kolam terpal. Lain halnya jika Anda beternak menggunakan kolam beton atau tembok, modalnya akan cenderung lebih besar.

25. Patin

Budidaya patin bisa dibuka dengan modal 3-4 jutaan. Uang ini bisa dipakai untuk membuat kolam, membeli bibit, pakan, vitamin, dan yang lainnya.

Usaha dengan modal 2 juta, 3 juta, hingga 5 juta yang fokus di bidang jasa

Berikut ini adalah beberapa bisnis jasa yang cukup menjanjikan dan dapat dimulai dari modal kecil:

26. Laundry

Anda bisa buka jasa laundry kecil-kecilan dengan uang 5 juta. Caranya adalah dengan membeli mesin cuci seharga 3 jutaan, alat untuk menjemur, dan setrika.

27. Les privat

Cobalah untuk membuka les privat. Modalnya sangat sedikit, hanya 2,7 jutaan saja. Modal ini bisa dipakai untuk beli papan tulis, alat tulis, buku pelajaran, hingga kursi dan meja lipat.

28. Cuci motor

Modal bisnis ini hanya sekitar 3 jutaan. Dengan dana ini, Anda dapat membeli mesin pencuci, ember, kanebo, selang air, dll. Sisa uangnya bisa untuk promosi.

29. Reparasi HP

Jika Anda memiliki kemampuan untuk memperbaiki HP, maka gunakan skill ini untuk membuka usahanya. Meski bergerak di bidang jasa, bisnis ini butuh modal yang cukup untuk beli spare part tertentu.

Namun yang pasti adalah untuk beli peralatan untuk reparasi terlebih dahulu. Anda mungkin juga butuh etalase seharga 900 ribuan.

30. Desain grafis

Kemampuan mendesain cukup menjanjikan di era sekarang. Anda bisa coba buka jasa untuk membuat undangan, banner, spanduk, atau konten-konten online. Modalnya hanya dipakai untuk beli laptop dan printer.

Itulah beberapa ide usaha modal 5 jutaan yang bisa Anda jalankan dari rumah atau sebagai usaha sampingan. Selamat memilihnya berdasarkan passion dan skill.