30 Peluang Usaha Modal 10 Jutaan yang Menjanjikan

Siapa bilang pilihan peluang usaha modal 10 jutaan itu sedikit? Faktanya, ada banyak rekomendasi bisnis yang dapat dicoba. Bahkan, mayoritas bisa menghasilkan laba dalam waktu cepat.

Bisnis-bisnis yang dimaksud sangat beragam. Mulai dari bisnis yang bergerak di bidang penjualan barang secara langsung, online, hingga jasa.

Tidak hanya itu, bisnis ini kebanyakan juga bisa dilakukan oleh pemula atau seseorang yang masih amatir. Jadi, kalau Anda masih belum banyak pengalaman di dunia bisnis, tak perlu khawatir terlalu berlebihan.

Kami akan membahas beberapa pilihan bisnisnya dalam artikel ini. Agar mudah, kami akan mengelompokkan pembahasannya berdasarkan kategori tertentu. Selamat menyimak.

Peluang usaha modal 10 jutaan yang fokus pada penjualan barang

Berikut ini adalah beberapa pilihan peluang bisnis modal 10 jutaan yang dapat dicoba:

1. Toko sembako

Toko sembako atau kelontong merupakan opsi pertama yang dapat dijalankan. Di perkotaan, bisnis ini memang harus bersaing ketat dengan minimarket dan supermarket. Tapi di pedesaan, tokonya jauh lebih mudah berkembang karena belum banyak minimarket.

Bisnis ini dapat dijalankan dengan modal 10 jutaan. Anda bisa mulai dengan membeli etalase, timbangan, lemari, dan yang lainnya menggunakan dana sekitar 2,5 jutaan. Sisanya bisa digunakan sebagai modal untuk mengisi produk-produk.

2. Warung bakso / bakso keliling

Bisnis modal 10 juta berikutnya adalah warung bakso atau bakso keliling. Apa pun pilihan konsepnya, uang 10 juta sudah cukup digunakan untuk membuka bisnis ini.

Peluang usaha modal 10 jutaan yang fokus pada penjualan barang - warung bakso

Sumber foto: pixabay.com

Apabila Anda memilih membuat bisnisnya berkonsep keliling, maka silakan beli gerobak yang harganya sekitar 2,5 sampai 3 jutaan. Silakan beli dua rombong atau gerobak yang artinya butuh uang maksimal 6 jutaan. Sisanya bisa dipakai untuk biaya produksi dan membeli peralatan lain-lain.

3. Tukang sayur keliling

Uang 10 juta juga dapat digunakan untuk membuka usaha sayur. Anda mungkin akan membutuhkan rombong yang harganya sekitar 2 sampai 3 jutaan.

Sisanya bisa dipakai fokus untuk beli produk seperti sayuran, daging, ikan, dll. Jika masih ada sisa dari 10 juta, jangan ragu untuk menggunakannya buat mengembangkan usaha.

4. Katering diet

Katering diet merupakan salah satu usaha yang cukup berpotensi dilakukan di perkotaan. Hal ini karena penerapan pola hidup sehat di perkotaan kian hits dan banyak peminat.

Untuk memulainya, Anda mungkin butuh peralatan memasak yang cukup banyak dengan konsep yang sehat. Sebagai contoh, kukusan, oven (pemanggang), dll. Selanjutnya, belilah bahan-bahan organik untuk memasak makanan.

5. Membuka garmen skala kecil

Peluang usaha modal 10 jutaan yang fokus pada penjualan barang - garmen skala kecil

Sumber foto: pixabay.com

Anda bisa coba membuka garmen skala kecil. Misalnya dengan membuat jilbab atau baju sendiri. Untuk pertama kali, silakan beli mesin jahit yang harganya sekitar 2 – 3 jutaan. Ditambah dengan mesin obras, kemungkinan butuh tambahan dana 1,5 jutaan. Sisa dananya bisa buat beli bahan benang, kain, dll.

6. Berjualan jilbab

Jika ingin praktis, maka cobalah jadi reseller jilbab. Anda bisa menghubungi pemasok secara online atau langsung mencari toko grosir di daerah sekitar yang sudah terkenal murah dan berkualitas.

Peluang usaha modal 10 jutaan yang fokus pada penjualan barang - jualan hijab

Sumber foto: pexels.com

Selanjutnya, silakan buka toko kecil-kecilan agar tetangga bisa membeli hijab di rumah Anda. Agar pasarnya lebih luas, silakan manfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran secara online.

Perlu diketahui bahwa biasanya masing-masing supplier memiliki syarat minimal pembelian buat para reseller-nya. Silakan atur modal yang sudah Anda siapkan dengan cara mencari beberapa supplier.

7. Jual baju anak-anak

Baju anak-anak merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena pasti laku. Peluang usaha modal 10 jutaan ini dapat dibuka baik secara online maupun offline.

Kalau mau fokus offline, silakan pakai uangnya untuk membeli etalase, peralatan display, dan toko kecil-kecilan. Bila sudah, gunakan sisa uangnya untuk kulakan.

Untuk kulakan baju anak, Anda bisa mulai dari toko grosir di sekitar Anda. Kenali bagaimana kualitas bahannya, model, dll.

Selain itu, Anda juga bisa cari tengkulak yang menjual produknya secara online di beberapa marketplace. Harganya secara normal lebih murah. Hanya mungkin akan ada biaya tambahan ongkos kirim saja.

8. Jualan martabak dan terang bulan

Untuk berjualan martabak dan terang bulan, kebutuhan utamanya adalah:

  1. Gerobak.
  2. Cetakan terang bulan.
  3. Wajan penggorengan martabak.
  4. Peralatan dapur lainnya.

Jika mau membeli versi bekas, gerobaknya dihargai 2 sampai 3 jutaan. Sementara cetakan terang bulan dan penggorengan martabak masing-masing 100 ribu dan 200 ribuan. Kebutuhan lain seperti kursi tunggu, kompor, gas LPG, pisau, telenan, dan yang lainnya dianggarkan 1,5 jutaan.

Silakan gunakan sisanya untuk membeli keperluan bahan, kotak kemasan (packing), dan yang lainnya.

9. Buat kue kering, basah, dan cake

Meski terasa simpel, membuat kue kering dan basah membutuhkan alat dan bahan yang cukup jlimet. Sebagai contoh, ada kompor, tabung gas LPG, oven, mixer, ember, cetakan, loyang, dan yang lainnya. Semua kebutuhan ini berpotensi menghabiskan uang jutaan rupiah.

Anda dapat menganggarkan pengeluarannya dengan baik. Sisa dananya bisa dipakai untuk membeli keperluan bahan-bahan.

Yang menarik, jika Anda sudah membeli peralatan tersebut. Nilai investasinya cukup besar. Anda tidak hanya bisa jualan kue kering saja, tetapi juga dapat membuka bakery sekalian.

Dengan kata lain, selain membuat produk untuk langsung dijual, Anda juga bisa sekalian menerima pesanan.

10. Warung makan

Membuka warung makan tidak memerlukan biaya besar karena alat utama yang dibutuhkan adalah peralatan dapur biasa. Tak heran bila dengan uang 10 juta, Anda dapat membuka warteg kategori sedang.

Selain peralatan dapur, Anda butuh meja, kursi, dan etalase yang jika ditotal akan menghabiskan uang sekitar 3-4 jutaan.

Gunakan sisa uangnya untuk membeli kompor, piring, sendok, dan peralatan dapur lainnya dengan anggaran senilai 1,5 jutaan.

11. Katering rumahan

Jika Anda tinggal di pedesaan dan tidak bisa fokus membuat katering diet, maka katering rumahan dapat menjadi pilihan yang pas. Analisa usahanya hampir sama dengan warung makan.

Usaha ini juga bisa dikerjakan bersamaan dengan pembuatan warung makan. Jadi, pendapatannya pun bisa berlipat karena peralatan dan bahannya sama.

12. Minuman kekinian

Saat ini, ada banyak sekali usaha minuman kekinian yang hits. Misalnya, kopi dan boba. Untuk membuka usaha ini, Ada dua opsi yang bisa Anda pilih. Pertama, menyiapkan bisnisnya sendiri. Kedua, bergabung ke franchise.

Jika Anda memilih opsi pertama, maka persiapan usahanya akan cukup memakan waktu. Sedangkan opsi kedua jauh lebih ringkas karena tinggal beli dan produknya siap jual. Misalnya saja untuk membeli franchise boba dibutuhkan dana sekitar 9,8 jutaan.

13. Warung kopi

Meskipun minuman kekinian sedang merajalela, tapi warung kopi tetap memiliki pangsa pasarnya sendiri.

Usaha warung kopi juga bisa dibuka dengan modal 10 jutaan. Dengan uang ini, Anda pun bisa membuka bisnis yang skalanya lumayan besar.

14. Jualan pulsa

Bisnis jualan pulsa sebenarnya bisa dimulai dari uang ratusan ribu rupiah. Namun, dengan uang 10 jutaan Anda tentu akan bisa memperbesar skala bisnis tersebut.

Silakan gunakan 75 % uangnya untuk membeli deposit agar bisa dipakai untuk berjualan pulsa, token listrik, dan pembayaran lainnya. Sisanya, bisa dipakai untuk membeli etalase, kartu perdana, dll.

15. Jual baju muslimah

Sebagian masyarakat Indonesia adalah muslim dan fashion yang cukup fast move adalah fashion muslimah. Ini menjadikan bisnis baju dan gamis muslimah menjanjikan. Anda bisa mencari reseller baju-baju muslim kemudian menjualnya secara online dan offline.

16. Jualan jus buah

Untuk memulai peluang usaha modal 10 jutaan ini Anda butuh rombong atau etalase. Harganya sekitar 3 jutaan.

Anda juga butuh blender minimal 2 buah. Harganya sekitar 1,4 jutaan. Selanjutnya, silakan beli alat packaging senilai 800 ribuan. Sisanya untuk memenuhi kebutuhan pokok, yakni buah-buahan.

Bisnis minuman seperti ini memiliki profit margin yang tinggi sehingga sangat menjanjikan.

17. Jualan air minum isi ulang

Harga mesin pengisian air minum isi ulang adalah 10 jutaan. Jika sudah beli, Anda bisa langsung melakukan penjualan dengan menerima pesanan secara online dan menerima delivery order.

Wirausaha modal 10 juta yang fokus di bidang jasa

Wirausaha modal 10 juta yang fokus di bidang jasa

Sumber foto: pexels.com

Selain penjualan barang secara langsung sebagaimana disampaikan di atas, Anda juga bisa mulai bisnis jasa di bawah ini:

18. Laundry kiloan

Bisnis laundry merupakan salah satu peluang usaha ibu rumah tangga yang sangat menjanjikan. Anda tinggal beli mesin cuci, pengering, dan setrika untuk memulai usaha ini.

Dengan uang 10 jutaan, setidaknya Anda bisa mendapatkan 2 mesin cuci, 1 pengering, dan 1 setrika. Anda juga harus menyiapkan peralatan untuk menjemur.

19. Bengkel motor

Untuk membuka bisnis ini, Anda butuh skill reparasi yang baik. Kalaupun tidak ada, Anda bisa mempekerjakan anak SMK atau orang yang sudah berpengalaman di bidang perbaikan motor.

Silakan siapkan tempatnya kemudian gunakan modalnya untuk membeli onderdil atau sparepart yang paling banyak dibutuhkan oleh motor.

20. Barbershop atau jasa potong rambut

Jika Anda punya skill memotong rambut yang baik, cobalah buka salon. Dengan uang 10 juta, Anda dapat membuka salon pangkas rambut yang nyaman.

Buatlah sebuah ruang khusus untuk memotong rambut. Kemudian, isi dengan perlengkapan yang bagus seperti cermin besar, kursi yang nyaman untuk potong, kursi untuk menunggu, kipas angin, dan peralatan untuk memotong rambut.

21. Cuci motor

Jasa cuci motor bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil, dari 5 sampai 10 juta. Untuk memulai bisnis ini, Anda tinggal menyiapkan lokasinya. Uangnya akan lebih banyak dipakai untuk hal ini sebab butuh pengaturan saluran air, dll.

Selain itu, Anda juga akan membutuhkan mesin pencuci motor dengan debit air yang kuat. Dengan mesin ini, pekerjaan akan cepat dan konsumen puas.

22. Fotokopi

Jika rumah Anda dekat dengan sekolah, kampus, atau lembaga pemerintahan, maka tak ada salahnya membuka usaha fotokopi.

Dengan uang 10 jutaan, Anda dapat membeli mesin fotokopi merek tertentu yang banderol harganya antara 5 sampai 8 jutaan. Sisa uangnya nanti boleh dipakai untuk beli etalase dan menambahkan alat tulis kantor untuk dijual kembali.

23. Jasa fotografi

Bila Anda memiliki skill memotret yang baik, maka membuka jasa fotografi bisa jadi pilihan. Untuk membuka bisnis jasa fotografi ini, Anda butuh uang untuk membeli kamera seharga 5-7 jutaan.

Selanjutnya, Anda juga akan butuh ruang yang cukup luas lengkap dengan background-background foto yang keren dan kekinian.

Usaha dengan modal 10 juta di desa dan pinggiran kota: peternakan dan budidaya

Untuk Anda yang tinggal di pedesaan atau di kawasan pinggiran kota, berbisnis ternak dan budidaya sangat direkomendasikan karena ketersediaan lahan yang memadai.

Usaha dengan modal 10 juta di desa dan pinggiran kota peternakan dan budidaya

Sumber foto: pexels.com

24. Budidaya ikan

Ada banyak jenis ikan yang dapat Anda budidayakan. Di antaranya adalah lele, nila, gurame, hingga patin.

Ikan-ikan air tawar ini memiliki masa panen berbeda dan jumlah permintaan pasarnya sangat tinggi. Modal yang dibutuhkan pun bisa disesuaikan dengan budget.

25. Ternak burung

Burung menjadi salah satu hewan yang bisa menghasilkan banyak uang. Salah satu yang paling terlihat adalah burung puyuh, di mana Anda bisa mengambil telurnya setiap hari dan mendapatkan penghasilan bulanan. Modal bisnis ini sangat fleksibel karena bisa disesuaikan dengan budget.

26. Budidaya jamur

Hasil tani yang cukup banyak peminatnya adalah jamur tiram. Bahan makanan ini bisa dijual langsung ke pembeli atau dikumpulkan ke pengepul dan tukang sayur.

Kebutuhan utama yang diperlukan dalam budidaya jamur adalah baglog. Di pasaran, harga baglog sangat murah, sekitar 5 ribuan buat yang siap panen.

Nah, uang 10 juta Anda bisa dipakai sedikit untuk membuat rak dengan anggaran sekitar 1 jutaan. Sisanya tinggal dipakai untuk beli baglog dan melakukan perawatan.

Usaha dengan modal 10 juta beserta rinciannya yang fokus di bidang digital atau online

Jika Anda senang dengan bisnis kekinian yang fokus online, maka berikut ini beberapa rekomendasi usahanya:

27. Jadi youtuber

Untuk memulai usaha ini, Anda hanya butuh kamera dan tempat untuk merekam video bila konsepnya indoor. Anda juga butuh laptop untuk editing dan uploading videonya. Kedua alat ini membutuhkan uang sekitar 10 jutaan rupiah.

28. Membuat blog

Pembuatan blog sebenarnya bisa dimulai dengan modal yang murah, bahkan gratis. Namun, apabila Anda bisa membuat blog dan ingin langsung menikmati hasilnya, silakan gunakan uang 10 juta itu untuk beli artikel dan back link.

Anggaran artikelnya 1,3 jutaan per bulan. Sementara back link-nya bisa dianggarkan senilai 500 ribu per bulan.

Dalam 6 bulan, trafiknya biasanya akan terlihat. Selama 6 bulan itu, uang yang Anda habiskan adalah sekitar 10,8 juta rupiah.

29. Buka jasa PBN

Apabila Anda mengerti dunia digital dengan baik, khususnya SEO, maka membuka jasa PBN bisa jadi pilihan yang pas.

Untuk membuka bisnis ini Anda butuh beli banyak domain, hosting, dan artikel unik. Uang 10 juta rasanya sudah cukup untuk itu semua.

Buatlah kerja sama yang baik dengan para klien agar bisnisnya makin lancar dan menghasilkan. Anda juga perlu menjaga amanah mereka dengan memberikan kinerja terbaik.

30. Membuat aplikasi di smartphone

Dari pada bingung menciptakan sesuatu, Anda bisa menggunakan 10 juta secara mudah dengan menghubungi developer aplikasi.

Kemukakan ide pembuatan aplikasi pada mereka dan pesanlah sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Jika sudah, bertransaksilah dengan baik. Dengan uang 10 juta, ada kemungkinan Anda bisa membuat dua aplikasi sekaligus.

Saat aplikasinya sudah diluncurkan, jangan lupa untuk memasanginya iklan agar Anda bisa mendapatkan uang bulanan secara lancar.

Itulah beberapa pilihan peluang usaha modal 10 jutaan yang bisa Anda coba. Masih banyak bisnis lain yang dapat dimulai dari dana 10 jutaan. Berpikirlah out of the box, mulailah dari passion, dan jalankanlah dengan telaten serta sabar.