Laher Kruk As RX King, Ukuran, dan Kode Partnya Simak Disini!

Mengenal Lebih Jauh Laher Kruk AS RX King, Beserta Ukuran dan Kode Partnya

Berapa ukuran dari laher kruk as RX King? Lalu berapa kode partnya? Biar gak kebingungan lagi, Yuk simak bersama disini!

Mengenal Lebih Jauh Laher Kruk AS RX King, Beserta Ukuran dan Kode PartnyaGridoto.com
Laher Kruk As

Motor RX King merupakan salah satu jenis motor yang sudah menjadi primadona pecinta roda dua di tanah air. Motor 2 tak ini sempat dikenal dengan sebutan sebagai “Motor Jambret.” Alasannya tidak lain dan tidak bukan karena banyak pelaku kriminal yang menggunakan motor tersebut dalam melaksanakan aksi mereka. Bukan sembarangan, motor RX King merupakan salah satu motor yang memiliki kecepatan di atas rata-rata di era keemasannya.

Untuk saat ini, produksi RX King sudah dihentikan semenjak 2008 silam. penyebabnya adalah karena motor ini sudah tidak sesuai dengan standar emisi gas buang yang berlaku. Mesin dari motor pabrikan yamaha ini memiliki beberapa ciri khas seperti memiliki asap berwarna putih dari knalpot, serta menghasilkan suara yang cukup nyaring. 

Jika membicarakan soal mesin dari motor ini, salah satu komponen yang paling sering dicari oleh para pemilik RX King, adalah laher. Laher sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga stabilitas pergerakan komponen agar tidak oleng.

Apa Itu Kruk As?

Sumber Gambar : ihaisp.com

Kruk As merupakan salah satu komponen yang biasa disebut poros engkol atau Crankshaft. Komponen ini menjadi pijakan dari stang seher atau Connecting Rod Piston.

Letak dari Kruk As berada pada bagian tengah mesin dan bagian bawahnya berada sejajar dengan kopling dan Fly Wheel.

Fungsinya adalah sebagai konverter gerakan naik dan turun piston menjadi putaran yang nantinya akan disalurkan kruk as pada komponen-komponen lain, seperti sistem transmisi atau kopling.

Apa Saja Penyebab Laher Kruk As Rusak?

Sumber Gambar : biggo.com

Pada umumnya laher atau Bearing di bagian kruk as sangat jarang mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan bagian kruk as tertutup dan dilumuri oleh oli. Akan tetapi pada beberapa kasus, terjadi kerusakan pada laher kruk as. Penyebabnya bermacam-macam. Berikut ini adalah beberapa contoh kasus yang mengakibatkan kruk as menjadi rusak.

  • Kekurangan Oli Mesin

Kekurangan oli mesin dapat menjadi salah satu faktor yang merusak Kruk As pada Motor RX King. Ketika terjadi kekurangan oli mesin, Kruk as dan juga Bearing dapat mengalami panas berlebih atau yang dikenal dengan overheat.

  • Terjadi Benturan Keras Pada Bagian Mesin

Ketika terjadi benturan yang cukup keras di bagian mesin motor RX King, hal ini dapat merusak laher kruk as

  • Faktor Usia Motor

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau faktor usia motor dapat mempengaruhi performa dan kesehatan motor. Hal ini juga berlaku pada bagian laher kruk as motor RX King. Semakin tua usia motor, semakin rentan pula terjadi kerusakan.

  • Penggunaan Bearing/Laher Pengganti Yang Tidak Berkualitas.

Pemilihan laher KW atau tiruan juga dapat menjadi penyebab dari kerusakan laher kruk as. 

  • Kesalahan Dalam Pemasangan 

Laher merupakan salah satu komponen yang sensitif. Maka dari itu, diperlukan pemahaman dan perhatian ekstra untuk mencegah kerusakan saat pemasangan seperti dengan dipukul paksa atau pemasangan yang tidak center.

Ukuran Laher atau Bearing Kruk As RX King

Sumber Gambar : gridoto.com

Laher atau bearing kruk as pada motor RX King memiliki perbedaan ukuran antara posisi satu dan posisi yang lain (kiri dan kanan). Laher atau bearing kruk as RX King bagian kiri berukuran 6205 sedangkan bagian kanannya berukuran 6304.

Kode Part Bearing/ Laher Kruk As RX King

Kode part untuk bearing kruk as RX King dapat menggunakan bearing dengan kode 93306-205YG untuk ukuran 6205 (kiri). Sedangkan bagian kanan atau ukuran 6304 (kanan) dapat menggunakan bearing dengan kode 93306-304X6.

Itulah sedikit pembahasan mengenai apa itu laher kruk as RX King, penyebab kerusakan, ukuran, serta kode partnya. Semoga bermanfaat.

Cek dan Baca artikel lainnya di Google News

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini