Cara Menghilangkan Bercak Hitam di Layar iPhone

Bagaimanakah Cara Menghilangkan Bercak Hitam di Layar Iphone?

Layar iPhone Anda muncul bercak hitam? Tak Perlu Khawatir, ada cara yang bisa dicoba hanya di rumah. Bagaimana caranya? Simak pembahasannya berikut ini!

Bagaimanakah Cara Menghilangkan Bercak Hitam di Layar Iphone?dreamstime.com
Ilustrasi

Cara menghilangkan bercak hitam di layer iPhone, Bagaimana, ya? Indikasi adanya bercak hitam pada iPhone Anda tidak bisa dianggap remeh. Bisa jadi hal tersbeut muncul sebagai tanda bahwa adanya kerusakan yang terjadi pada LCD iPhone Anda. 

Lantas, bagiamana mengatasinya? Apabila di LCD iPhone Anda muncul bercak hitam, Anda tak perlu khawatir. Tidak perlu langsung pergi ke tempat servis iPhone, karena ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan di rumah. Simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Bercak Hitam di Layar iPhone hanya di Rumah!

Timbulnya bercak hitam pada layer LCD iPhone biasa disebut dead pixel. Penyebab utamanya tentu karena kerusakan pada transistor LCD. Tiap layer LCD terdiri dari sub pixel yang membentuknya dan diwakili oleh transistor. 

Oleh karena itu, apabila transistor memiliki masalah, tentu warna yang dihasilkan tidak sempurna. Selain masalah pada transistor, penyebab lain juga berasal dari liquid yang tidak terdistribusi dengan rata pada display. Memang bitnik hitam yang terlihat sangat kecil, tapi akan mengurangi kinerja LCD. 

Namun, tak perlu cemas apalagi panik. Anda tetap bisa mengatasinya terlebih dahulu di rumah. Bagaimanakah caranya? Berikut serangkaian cara yang patut Anda coba di rumah. 

  1. Tekan layar LCD

    Cara menghilangkan bercak hitam di Layar iPhone pertama adalah dengan tekan layer LCD iPhone Anda. Cara ini bisa dibilang efektif, karena sudah banyak yang mencobanya dan berhasil. Anda bisa menekan layar iPhone menggunakan tangan atau dengan kain yang lembut. Jangan sampai menggunakan kuku, karena bisa saa akan menambah bercak hitam di layar iPhone Anda.

    Pertama, carilah dimana tempat bitnik hitam, lalu tekan dengan lembut dan perlahan. Durasi penekanan bisa dalam beberapa detik saja dan ulangi hingga tiga kali. Usai melakukan penekanan pada layar, matikan iPhone Anda dan nyalakan Kembali.

  2. Gunakan Metode Pendinginan

    Selain menekan layar, ada juga cara lain seperti menggunakan metode pendinginan. Bagaimanakah metodenya? Apakah menggunakan lemari es dalam prosesnya? Dalam metode ini, Anda memang akan mendinginkan iPhone dengan lemari es, tapi bukan berarti Anda mendinginkannya begitu saja. Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan sebelumnya.

    Pertama-tama, lepaskan casing yang Anda gunakan, baterau, simcard hingga memori card. Kemudian, masukkan iPhone Anda ke dalam wadah plastic yang kedap udara. Pastikan Anda menutupnya dengan rapat.

    Selanjutnya, simpan iPhone ke dalam lemari pendingin atau freezer dalam kurun waktu 5-7 jam. Jika sudah sesuai waktunya, keluarkan dan dinginkan hingga suhunya sesuai dengan suhu ruang.

    Keluarkan juga dari wadah plastik dan lap iPhone dengan kain, Anda juga bisa menyemprotkan angin kompresor terlebih dahulu. Apabila sudah kering, Anda bisa memasukkan sim card, kartu memori hingga baterai. Anda bisa menyalakan iPhone dan cek ulang apakah bercak hitam sudah menghilang.

  3. Hangatkan Ponsel

    Bagaimana jika bercak hitam berada di pojok layar iPhone? Bercak tersebut tetap bisa dihilangkan, caranya dengan menghangatkan iPhone Anda. Cara ini bisa Anda gunakan apabila dengan cara mendinginkan tidak membuahkan hasil.

    Pertama, Anda hanya perlu menyalakan ponsel Anda, lalu siapkan juga handuk lembut yang sudah dihangatkan sebelumnya. Jika sudah menyala, usap ponsel Anda secara perlahan dengan tidak menekannya sama sekali. Anda bisa mengelapnya beberapa kali sambil mengecek apakah dead pixel sudah benar-benar hilang. 

Jika serangkaian cara di atas masih tidak berhasil, maka satu-satunya cara adalah dengan mengganti secara keseluruhan LCD iPhone Anda. Sayangnya, penggantian LCD  iPhone ini tidak bisa Anda lakukan di rumah. Penggantian LCD hanya bisa dilakukan di tempat servis khusus iPhone. 

Begitulah cara menghilangkan bercak hitam di layar iPhone. Meskipun cara-cara di atas tidak selalu bisa berhasil di tiap-tiap iPhone, setidaknya Anda bisa mencobanya dan bisa lebih hemat di kantong. Semoga dengan adanya cara-cara di atas bisa menghilangkan kebingunan Anda ketika terjadi hal tersebut. 

Cek dan Baca artikel lainnya di Google News

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini