Tahukah Anda Manfaat Belut untuk Ayam Pelung? Simak Di sini!

Kokok yang nyaring dengan suara yang melengkung adalah ciri khas ayam pelung. Karena suaranya yang merdu ini, ayam pelung kerap diikutkan dalam kontes-kontes ayam. Agar ayam pelung menghasilkan suara yang indah, tentunya Anda harus selalu menjaga dan melakukan perawatan agar ayam Anda selalu sehat dan rajin berkokok. Untuk perawatannya Anda sebaiknya memberikan pakan yang tepat seperti belut. Yah manfaat belut untuk ayam pelung bukanlah hal yang rahasia lagi.

Ayam pelung adalah ayam yang berasal dari ianjur. Walaupun ayam pelung tidak sepopuler ayam hias lainnya, ayam ini memiliki keistimewaan pada suaranya. Suaranya yang nyaring dan melengkung di akhir suara menambah nilai plus ayam ini. Namun ada kalanya ayam pelung menjadi malas untuk berkokok, hal itu dikarenakan mungkin saja perawatan yang kurang sehingga ayam ini malas untuk berkokok.

Memang benar faktor genetika sangat berpengaruh pada kualitas kokok ayam. Walaupun begitu, Anda tetap harus selalu memastikan kesehatan, gizi dan kebersihan kandang ayam. Yah kondisi ayam yang tidak bersih akan membuat ayam pelung urung berkokok. Untuk pecinta ayam pelung sudah tentu tau apa saja manfaat belut untuk ayam pelung. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami akan membagikan kepada Anda bagaimana perawatan ayam pelung yang benar serta cara melatih suara ayam pelung.

Manfaat Belut untuk Ayam Pelung

Tidak hanya baik bagi kesehatan manusia, hewan yang memiliki nama latin Monopterus albus ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan ayam. Biasanya belut seringkali ditemukan di tepi sawah. Pemberian belut pada ayam pelung biasanya dilakukan pada saat sebelum kontes.

Belut yang dimasukkan dalam bentuk utuh ke tenggorokan ayam bertujuan untuk membersihkan lendir agar pita suara ayam pelung tidak rusak. Setelah selesai membersihkan tenggorokan ayam dengan belut, belut tersebut bisa dipotong-potong kecil untuk diberi makan kepada ayam.

Pada saat memotongnya usahakan darah yang keluar dari belut tidak terlalu banyak. Memberi belut untuk ayam pelung makan dilakukan 15 hari sekali. Manfaat belut untuk ayam pelung memang sangat baik karena mengandung berbagai macam zat seperti

1. Protein

Belut merupakan hewan tinggi protein sekitar 18,4g/100 gr. Kandungan protein yang tinggi itu sangat cocok bagi ayam pelung agar staminanya bertambah dan menjadi rajin untuk berkokok.

2. Fosfor

Kandungan fosfor yang terdapat dalam daging belut memang sanggat tinggi, bahkan lebih 2x lipat lebih banak dibandingkan kandungan fosfor pada telur. Dimana kandungan fosfor ini sangat bermanfaat untuk menaikkan massa tulang yang dapat menghindari ayam Anda dari kelumpuhan tulang.

3. Zat Besi

Kandungan zat besi yang ada pada belut sekitar 22mg/100gram. Kandungan zat besi sebesar itu sudah cukup untuk memperlancar peredaran darah pada ayam serta memberikan daya pada otot ayam pelung.

4. Lemak

Selain memberikan makanan yang tepat serta jamu untuk mempercepat pertumbuhan ayam, pemberian belut akan membantu pertumbuhan ayam agar cepat besar karena mengandung lemak yang sangat tinggi.

5. Mengandung Banyak Vitamin

Manfaat belut untuk ayam pelung memang sangat baik karena belut mengandung vitamin A sebanyak 1.600SI/100gr yang baik dalam pemeliharaan sel epitel ayam. Vitamin B yang bermanfaat untuk kofaktor dari satu enzim untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Menjaga kesehatan ayam pelung memang tidak mudah, dibutuhkan perawatan yang khusus serta kehati-hatian. Selain belut, Anda juga bisa memberikan pisang kepok matang setiap pagi agar suara yang dihasilkan halus dan tidak terlalu kristal. Itulah manfaat belut untuk ayam pelung, semoga dengan informasi ini ayam pelung Anda selalu sehat dan memiliki suara yang indah.