10 Game PSP Terbaik yang Seru untuk Nostalgia

Game konsol masih menjadi primadona di kalangan gamers. Salah satu game konsol paling populer adalah PlayStation. Tapi sayangnya, PlayStation ini tidak fleksibel, agak sulit untuk dibawa kemana-mana. Berangkat dari permasalahan tersebut, akhirnya pihak Sony pun membuat PSP (PlayStation Portable).

Sesuai dengan namanya, dengan PSP ini memungkinkan untuk main game PS dimana pun dan kapan pun. Karena konsepnya portable, sehingga memungkinkan pemain membawa PS kemana-mana, bahkan bisa disimpan di dalam saku. Meski terkesan simpel, tapi game di PSP ini agak terbatas. Tapi, banyak game PSP yang seru untuk dimainkan, 10 di antaranya akan kami ulas dalam artikel berikut ini. Stay tune dengan Angkasa, ya!

1. TEKKEN: Dark Resurrection

TEKKEN Dark Resurrection

TEKKEN: Dark Resurrection adalah game yang dirilis pada tahun 2006 silam, tepatnya pada tanggal 25 Juli. Meski lawas, tapi TEKKEN: Dark Resurrection tidak menurunkan minat pemainnya untuk memainkan game ini. Selain legendaris, TEKKEN: Dark Resurrection juga memberikan berbagai karakter baru yang bisa dipilih untuk menjadi lawan.

Lalu, di sini juga tersedia fitur multiplayer mode dimana kamu bisa adu kekuatan dengan temanmu. Yang serunya lagi, setiap karakter di TEKKEN: Dark Resurrection bisa dikostumisasi sesuai dengan pilihan item yang menarik. Agar permainan lebih seru dan menegangkan, ada 19 stages yang siap untuk dituntaskan oleh pemain.

2. Gran Turismo PSP

Gran Turismo PSP

Untuk yang suka main game balapan, mungkin akan suka dengan game Gran Turismo PSP ini. Dalam permainannya, game ini memiliki lebih dari 800 mobil balap yang keren. Mobilnya bisa balapan di 35 laju balapan yang sangat menantang. Permainan akan lebih menarik karena Gran Turismo PSP membolehkan pemain untuk memilih koleksi mobil, jalur balapan, lawan, hingga lap yang ingin dimainkan.

Jadi, bisa dibilang kalau Gran Turismo PSP ini lebih condong dengan gameplay free racing. Tapi, jangan khawatir bakal kebosanan main game ini, ya. Pasalnya, Gran Turismo PSP juga menyediakan tiga mode permainan yang patut dicoba, seperti time trials, race, dan drift mode challenge. Tertarik untuk main gamenya?

3. God of War: Chains of Olympus

God of War Chains of Olympus

Di tahun 2008, PSP menerbitkan game God of War: Chains of Olympus dengan konsep no online multiplayer, alias bisa dimainkan secara offline. Game ini punya genre petualangan, fantasi, dan aksi yang seru. Yang asyiknya lagi, game ini punya story line yang menarik untuk diikuti dengan map yang cukup luas.

Untuk ceritanya sendiri, pemain akan berperan sebagai Kratos yang punya kekuatan Gods sangat kuat. Kratos juga adalah seorang mantan Spartan Warrior yang menghancurkan Ares sang God of War. Di sini Kratos harus melawan berbagai makhluk mitologi, seperti Medusa, Cyclops, Hydra, dan masing banyak lagi. Game ini akan lebih menantang karena pemain harus menyelesaikan beberapa puzzles.

4. Lumines

Lumines

Tidak memiliki jalan cerita yang berat seperti God of War, tapi Lumines ini bisa menjadi pilihan game PSP yang asyik dimainkan saat waktu luang. Konsep gamenya mirip dengan Tetris. Yang harus dilakukan adalah menyusun kotak-kotak dengan warna yang sama, minimal harus ada 4 kotak dengan warna yang sama.

Terdengar mudah, ya? Tapi tidak semudah yang dibayangkan lho. Pasalnya, Lumines akan memberikan kotak dengan warna secara acak. Untuk menyusunnya juga super random, jadi pemain harus jago mengambil langkah yang tepat. Terlepas dari cara mainnya yang unik, Lumines ini punya animasi permainan yang menarik dengan warna dan art yang sparkling.

5. Dissidia 012 Final Fantasy

Dissidia 012 Final Fantasy

Meski PSP adalah konsol portable, tapi PSP juga bisa memainkan game terpopuler sepanjang masa, yakni Final Fantasy. Adalah Dissidia 012 Final Fantasy yang memang diumumkan untuk bisa dimainkan di PSP. Dalam gamenya, Dissidia 012 Final Fantasy ini punya konsep fighting dengan sedikit sentuhan JRPG di dalamnya.

Di sini cara mainnya cukup simpel dengan mengandalkan mode single player. Nah, pemain bisa menyerang dengan dua tipe, bravery attack dan HP attack. Agar pertarungan semakin asyik, Dissidia 012 Final Fantasy juga menyediakan battle map yang variatif dengan konsep pertarungan satu lawan satu. Jika menang dalam pertarungan tersebut maka pemain berhak menaikan power HP attack.

6. LocoRoco 2

LocoRoco 2

LocoRoco 2 adalah salah satu pilihan game PSP santai dan bisa dimainkan oleh anak-anak minimal usia 3 tahun. Permainan ini sendiri sebenarnya sudah pernah dirilis tahun 2006. Namun untuk versi PSP-nya baru dirilis tahun 2008. Oh iya, game ini juga masih dimainkan di PS4 lho.

Untuk cara mainnya cukup menggemaskan karena pemain akan diajak bernyanyi dan berguling-guling di tanah. Selain itu, kamu juga bisa melompat untuk menghindari tantangan, naik, dan turun untuk mendapatkan berbagai bonus yang ditemukan di jalanan. Simpel banget? Tapi sebenarnya ini sangat menarik, karena ada cerita yang harus diikuti oleh para pemain. Penasaran?

7. Secret Agent Clank

Secret Agent Clank

Mau main game menjadi seorang secret agent ala James Bond? Kalau begitu coba main game Secret Agent Clank ini. Pasalnya game ini punya tema James Bond dengan elemen Up Your Arsenal. Di sini, kamu berperan sebagai Clank, seorang secret agent dengan pakaian tuxedo rapi. Bahkan, game ini menggambarkan pakaian dengan sangat detail, contohnya kehadiran pita di jas Clank. James Bond banget!

Selain detail tema James Bond yang kuat, Secret Agent Clank juga menghadirkan gameplay unik. Jarang ditemukan adegan aksi tembak-tembakan dan lebih banyak memecahkan teka-teki. Untuk persenjataannya juga hanya berbekal beberapa pistol dan gadget saja. Nah, bentuk Clank ini cukup kerdil tapi kamu bisa mengubahnya menjadi Giant Clank saat melawan mesin. Menarik, kan?

8. Monster Hunter Freedom

Monster Hunter Freedom

Jika lebih menyukai game penuh aksi dan monster, mungkin game Monster Hunter Freedom bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Sesuai dengan namanya, di sini pemain harus berburu dan menumpas para monster. Ada berbagai macam quest yang harus diselesaikan, dan hampir semua quest-nya punya misi untuk memburu monster.

Tipe monsternya bermacam-macam dan punya kekuatan yang berbeda. Jadi, kamu harus lincah agar tidak kena serangan monster. Oh iya, kalau kamu bosen main sendiri, Monster Hunter Freedom juga menyediakan mode multiplayer yang bisa dimainkan secara online.

9. Grand Theft Auto: Chinatown Wars

Grand Theft Auto Chinatown Wars

Nggak asing dengan game GTA dong? Nah di PSP juga kamu bisa memainkan game GTA, tapi versi dengan yang berbeda. Kalau di PSP ada yang namanya game Grand Theft Auto: Chinatown Wars. Sesuai dengan namanya, setiap karakter dan ceritanya lebih condong ke Chinese. Nama-nama di dalam game ini juga memiliki unsur Chinese yang cukup kental.

Untuk cara mainnya sendiri tidak jauh berbeda dengan GTA lainnya dimana Grand Theft Auto: Chinatown Wars juga mengambil genre action-adventure. Lalu, environment-nya juga memiliki konsep open world. Yang menarik, di sini pemain bisa membatasi jumlah mobil polisi agar bisa lebih mudah kabur dari kejaran polisi.

10. Grand Theft Auto: Vice City Stories

Grand Theft Auto Vice City Stories

Masih dengan game GTA, kalau main game di PSP maka tidak boleh melewatkan Grand Theft Auto: Vice City Stories ini. Ini sebenarnya spin-off, alias cerita prequel dari game Grand Theft Auto: Vice City Stories yang ada di PS2. Meski begitu, cerita di game ini masih menarik untuk diikuti. Cara mainnya masih sama, dimana kamu akan dikejar polisi, menuntaskan misi yang melibatkan berbagai kejahatan, hingga membawa senjata di kota. Mau coba main?

Meski PSP tidak bisa menampilkan banyak game seperti PS, tapi PSP bisa menjadi konsol yang tepat jika ingin main game secara fleksibel. Bahkan, PSP juga banyak game menarik untuk dimainkan di waktu senggang, entah sedang menunggu kereta, di dalam bus kota, atau di tempat lain yang bisa membunuh rasa bosan. Jadi, kamu mau main game yang mana?