Cara Top Up LinkAja Lewat KlikBCA Internet Banking Termudah

Berapa banyak pembayaran non-tunai yang ada di Indonesia? Jawabannya cukup banyak. Salah satu penyedia layanan pembayaran non-tunai, atau yang disebut dengan e-money, adalah LinkAja. Ini merupakan sebuah fasilitas dimana pengguna bisa membayar tagihan dan belanja dengan satu kali tap.

Sistemnya hampir sama dengan e-mpney lainnya dimana pengguna harus mengisi saldo terlebih dahulu baru bisa membayar dengan LinkAja. Nah, untuk mengisi saldonya juga bisa menggunakan berbagai macam cara. Salah satu caranya adalah lewat KlikBCA Internet Banking. Untuk yang ingin isi saldo LinkAja lewat KlikBCA Internet Banking, silakan simak tutorial dari Angkasa berikut ini.

Tentang LinkAja dan KlikBCA Internet Banking

Jangan dulu terburu-buru ke tutorial top up saldo LinkAja karena di sini kami akan memaparkan sedikit informasi mengenai LinkAja dan KlikBCA Internet Banking. Berikut ulasannya:

  • LinkAaja

Seperti yang diketahui, LinkAja adalah salah satu penyedia layanan uang elektronik yang bisa melakukan transaksi apapun dengan cepat, mudah, dan aman. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa membeli pulsa, paket internet, membayar belanjaan, bayar tagihan, hingga mengirim donasi.

Nah, untuk cara pakainya sangat gampang. Tapi, pastikan dulu saldo LinkAja sudah mencukupi, ya. Pertama, kamu tinggal install dan pasang aplikasi LinkAja di HP. Kemudian, masuk dengan akun LinkAja. Lalu, pilih menu yang ingin kamu gunakan.

Di sana ada menu Kirim Uang, Belanja Online, Bayar Listrik, Beli Pulsa/Kuota, dan masih banyak lagi. Setelah itu, pembayarannya langsung menyedot saldo yang ada di LinkAja. Simpel banget, kan?

  • KlikBCA Internet Banking

Kalau tadi sudah kenalan dengan aplikasi LinkAja, kini kita mau memberi sedikit informasi seputar KlikBCA Internet Banking. Ini bukan aplikasi, tapi ini adalah sebuah layanan perbankan elektronik. Tujuannya, agar para nasabah BCA bisa melakukan transaksi perbankan dengan mudah dan cepat.

Selain itu, KlikBCA Internet Banking juga punya fungsi seperti ATM karena bisa melakukan berbagai macam transaksi layaknya ATM. Tenang saja, pelayanan ini dijamin keamanannya sebab diawasi langsung oleh pihak bank BCA.

Namun, sebelum bisa menikmati semua layanan itu, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Syarat utamanya, tentu saja harus menjadi nasabah bank BCA. Jika sudah resmi menjadi nasabah, barulah bisa mendaftar KlikBCA Internet Banking.

Ada dua cara, pertama bisa mendaftar lewat ATM dan yang kedua adalah datangi bank BCA terdekat di daerahmu. Agar tidak bingung dan mengurangi kendala, memang lebih mudah langsung datangi bank BCA. Sesampainya di sana, katakan pada pihak bank bahwa kamu ingin mendaftar KlikBCA Internet Banking. Kemudian ikuti prosedurnya sesuai dengan yang diarahkan oleh customer service. Nggak ribet, kan?

Cara Top Up Saldo LinkAja Via KlikBCA Internet Banking

Kini sudah mengetahui tentang LinkAja dan KlikBCA Internet Banking, saatnya ke pembahasan inti yaitu top up saldo LinkAja lewat KlikBCA. Untuk mengetahui langkah selengkapnya, simak tutorialnya di bawah ini:

1. Pertama, kunjungi situs KlikBCA. Agar lebih mudah, silakan langsung klik di link ini. Setelah itu, login ke KlikBCA Individual dengan memasukkan USER ID dan PIN Internet Banking. Berikutnya, lanjutkan dengan klik LOGIN di bagian bawah.

2. Jika mengetikkan USER ID dan PIN Internet Banking dengan benar maka di layar langsung muncul nama kamu, seperti gambar di bawah ini.

3. Langkah selanjutnya, KlikBCA akan menampilkan beberapa menu. Nah, pada tahap ini kamu bisa pilih menu Transfer ke BCA Virtual Account.

4. Secara otomatis, di bagian samping kanan ada beberapa kolom berupa informasi rekening hingga nomor virtual account. Sampai di sini, silakan kamu mengisi bagian kolom VIRTUAL ACCOUNT dengan angka (09110+Nomor HP yang Terdaftar LinkAja). Cek ulang nomornya agar tidak ada kendala.

5. Setelah nomor diisi dengan benar, lanjutkan dengan mengisi kolom JUMLAH TRANSFER. Perlu diketahui bahwa JUMLAH TRANSFER adalah besaran saldo LinkAja ingin diisi. Kemudian, langsung klik Lanjutkan.

6. Jika sudah, KlikBCA langsung menampilkan nama perusahaan/produk, biaya admin, dan beberapa informasi lainnya. Di sana tertera satu kolom kosong, yaitu RESPON KEYBCA APPLI 1. Isi kolom tersebut sesuai dengan kode Respon KEYBCA APPLI 1 yang kamu dapatkan dari BCA. Selanjutnya, jangan lupa untuk klik KIRIM.

7. Selesai, jika berhasil maka KlikBCA akan langsung menampilkan bukti proses transaksi yang tadi kamu lakukan. Dalam bukti tersebut terdapat beberapa informasi, seperti tanggal, waktu, nomor referensi, nomor virtual account, hingga rincian biaya top up saldo.

Cara Lain Top Up Saldo LinkAja

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengisi saldo LinkAja. Selain melalui KlikBCA Internet Banking, top up saldo LinkAja juga bisa dilakukan secara offline jika kamu tidak memiliki akun KlikBCA. Nah, sebagai alternatif, kami mau memberikan beberapa cara top up saldo LinkAja selain via KlikBCA Internet Banking di bawah ini:

  • Isi saldo LinkAja di minimarket

Tidak asing dengan Alfamart, Alfamidi, Circle K, Indomaret, dan FamilyMart? Nah, di sana juga kamu bisa isi ulang saldo LinkAja. Cukup andalkan aplikasi LinkAja dan selanjutnya, kamu hanya perlu menghampiri kasir minimarketnya. Pertama, buka aplikasi LinkAja dan pilihlah menu Bayar yang ada di bagian bawah layar.

Selanjutnya, pilih Token pada halaman menu Bayar tadi. Jangan lupa untuk memasukkan PIN LinkAja. Jika sudah mengetikkan PIN dengan benar, maka LinkAja akan menampilkan kode token berupa barcode, QR code, dan angka. Nah, sekarang tunjukkan kode token tersebut ke kasir.

Nantinya pihak kasir akan memindai kode tersebut untuk pengisian saldo. Lalu, bayarlah sesuai dengan tagihan yang ada di struk pembayaran.

Oh iya, untuk cara ini juga bisa diterapkan di beberapa took retail lainnya, seperti kantor pos, pegadaian, dan mitra LinkAja lainnya, ya. Jadi, tidak terpaku pada minimarket saja, ya.

  • LinkAja KIOSK – MSISDN

LinkAja juga punya kios khusus untuk mengisi saldo. Kios ini bisa kamu temukan di beberapa lokasi GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk caranya juga sangat mudah, pertama kamu bisa hampiri mesin LinkAja KIOSK dan klik Pilih Bahasa.

Setelah itu, kamu bisa langsung klik pada menu Pilih Nomor Telepon. Pada tahap ini, silakan ketikan nomor telepon yang terdaftar di LinkAja. Cek ulang nomor teleponnya, jika sudah benar langsung klik pada bagian konfirmasi.

Selanjutnya, pilihlah jenis transaksinya yaitu Setor Tunai dan silakan masukkan uang sesuai dengan saldo yang mau di top up. Terakhir, klik konfirmasi. Selesai, kini saldo LinkAja sudah terisi. Gampang, kan?

Ya, itulah cara top up saldo LinkAja via KlikBCA Internet Banking. Perlu diketahui juga bahwa melakukan isi ulang saldo LinkAja bisa dilakukan dimana pun dengan mudah dan cepat. Kamu bisa mengisi lewat KlikBCA, minimarket, kantor pos, bahkan LinkAja menyediakan kios khusus untuk isi ulang saldo.

Tapi perlu diingat bahwa rata-rata pengisian saldo ini harus memasukkan nomor telepon secara manual. Jadi, saran kami adalah pastikan untuk cek ulang nomor yang dituju untuk menghindari saldo kesasar ke nomor lain.

Lalu, perhatikan juga bahwa setiap isi ulang saldo pasti ada biaya admin. Jadi, pastikan mengisi saldo sesuai dengan kebutuhan, ya! Kalau punya tips lain tentang pengisian saldo LinkAja, bisa bagikan di kolom komentar. Selamat mencoba!