Cara Mengatasi SMS Tidak Terkirim Atau Gagal

Cara Mengatasi SMS Tidak Terkirim Atau Gagal  – Di era modern sekarang ini hampir semua aktivitas yang ada di perangkat ponsel menggunakan koneksi internet untuk mengoperasikannya. Salah satunya yaitu untuk mengirim pesan teks atau SMS. Dengan adanya kemajuan teknologi internet kini kita bisa dengan mudah dmengirim pesan SMS secara gratis dengan menggunakan aplikasi chatting. Tidak heran kalau kirim pesan melalui SMS kini sudah mulai di tinggalkan para pengguna perangkat ponsel.

Meskipun begitu bukan berarti sudah tidak ada lagi pengguna ponsel yang mengirim pesan teks menggunakan SMS. Bagi sebagian orang lebih nyaman kirim pesan menggunakan SMS ketibang dengan menggunakan aplikasi chatting seperti whatsapp, mesengger, Line, dan sebagainya. Karena selain sudah terbiasa, kirim pesan teks melalui SMS juga bisa dibilang sangat pribadi.

Terlepas dari itu bukan berarti kirim pesan melalui SMS bukan tidak ada masalah. Ya, banyak permasalahan yang dia alami pengguna saat melakukan SMS,s alah satunya yaitu SMS tidak terkirim. Bagi kamu yang mengalami masalah SMS tidak terkirim tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan. Apalagi jika kamu sedang melakukan SMS an yang sifatnya penting dan mendesak.

Kejadian seperti tersebut memang bukan hanya terjadi pada kamu saja. Banyak juga pengguna ponsel lainnya yang sering mengalami masalah tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara mengatasi SMS yang tidak terkirim dengan mudah. Nah, bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara mengatasinya. SIlahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi SMS Tidak Terkirim Atau Gagal

SMS tidak terkrim atau gagal bukan hanya terajdi pada 1 atau 2 orang saja. Masalah seperti ini bisa dibilang pernah dialami pengguna ponsel. Lantas kenapa SMS tidak terkirim atau gagal. Nah berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Cek Sisa Pulsa

Salah satu yang menjadi penyebab keapa SMS tidak bisa terkirim atau gagal penyebabnya yaitu karena sisa pulsa yang tidak mencukupi. Oleh karena itu silahkan kamu cek sisal pulsa kamu apakah masih mencukupi atau limit. Nah masing-masing provider memiliki cara cek pulsa yang berbeda-beda. Nah bagi kamu yang belum mengetahui cara cek sisa pulsa, silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini.

Cara Cek Sisa Pulsa Indosat

  • Ketik kode dial ke *363#, kemudian YES atau Panggil
  • Setelah itu akan muncul pop-up yang berisi Sisa Pulsa dan Sisa Masa Aktif kartu anda.

Cara Cek Sisa Pulsa Telkomsel

  • Ketik kode dial ke *888#
  • Kemudian YES atau Panggil

Cara Cek Sisa Pulsa XL :

  • Ketik kode dial ke *123#,
  • Kemudian YES atau Panggil.

Cara Cek Sisa Pulsa Axis :

  • Ketik kode dial ke *123#
  • Kemudian YES atau Panggil

Cara Cek Sisa Pulsa Tri / 3 :

  • Ketik kode dial *111#
  • Kemudian YES atau Panggil
  • Lalu pilih menu Cek Pulsa.

Cara Cek Sisa Pulsa Smartfren :

  • Ketik kode dial *999#
  • Kemudian YES atau Panggil
  • Setelah itu kamu akan mendapatkan balasan SMS mengenai sisal pulsa kamu

Kartu SIM Belum Di Registrasi

Kartu yang belum melakukan registrasi maka tidak bisa digunakan untuk SMS, telepon, atau internetan. Nah mungkin inilah yang menjadi penyebab kenapa SMS yang kamu lakukan selalu gagal atau tidak terkirim.

Untuk itu silahkan kamu cek kartu SIM kamu apakah sudah melakukan registrasi dengan menggunakan nomor NIK dan nomor KK. Nah bagi kamu yang belum tahu cara registrasi kartu SIM. Silahkan kamu ikuti langkah-langkah seperti dibawah ini.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel (Simpati dan Kartu AS) :

  • Kirim SMS dengan format REG[spasi]16 digit NIK#16 digit nomor KK#, lalu kirim ke 4444

Cara Registrasi Kartu XL Axiata (XL dan Axis) :

  • Kirim SMS dengan format DAFTAR#16 digit NIK#16 digit no KK#, lalu kirim ke 4444

Cara Registrasi Kartu Indosat (Im3 dan Mentari) :

  • Kirim SMS dengan format 16 digit nomor NIK#16 digit nomor KK, lalu kirim ke 4444

Cara Registrasi Kartu Tri / 3 :

  • Kirim SMS dengan format 16 digit nomor NIK#16 digit nomor KK, lalu kirim ke 4444

Cara Registrasi Kartu Smartfren :

  • Kirim SMS dengan format 16 digit nomor NIK#16 digit nomor KK, lalu kirim ke 4444

Masa Aktif Kartu

Masing – masing provider jaringan seluler memiliki kebijakn sendiri mengenai masa aktif kartu SIM. Kartu SIm yang sudah tidak aktif lagi tentunya tidak bisa untuk melakukan aktivitas apapun termasuk untuk kirim SMS.

Nah oleh karena itu jika kamu tidak bisa kirim SMS atau kirim SMS gagal terus silahkan kamu cek masa aktif kartu SIM kamu apakah masih aktif atau tidak. Bagi kamu yang belum mengetahui bagaiamana cara cek masa aktif kartu, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

Cara Cek Masa Aktif Telkomsel 

  • Buka menu dial dan ketik *888# lalu klik ok

Cara Cek Masa Aktif  Indosat 

  • Buka menu dial dan ketik *555#
  • Atau bisa juga Buka menu dial dan ketik  *123#

Cara Cek Masa Aktif  XL 

  • Buka menu dial dan ketik Dial ke *123#

Cara Cek Masa Aktif  AXIS

  • Buka menu dial dan ketik *123# lalu

Cara Cek Masa Aktif  Tri / 3

  • Buka menu dial dan ketik *111#.

Cara Cek Masa Aktif  Smartfren :

  • Hubungi call center smartfren di no telepon 999

Jaringan Yang Tidak Stabil Atau Sering Hilang

Jaringan yang tidak stabil atau sering hilang bisa menjadi penyebab kenapa SMS tidak bisa terkirim atau gagal terus. Oleh karena itu pastikan jaringan atau sinyal ditempat kamu berada stabil dan tidak sering hilang.

Jaringan yang tidak stabil atau tiba-tiba sering hilang biasanya terjadi hanya beberapa jam saja. Entah itu karena provider selang melakukan perbaikan atau faktor lainnya. Namun jika berjam-jam ternyata jaringan masih juga tidak ada maka silahkan kamu hubungi cs tokopedia melalui call centernya.

Selain dengan menghubungi cs provider, kamu juga bisa mencoba memperaikinya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah seperti dibawah ini.

  1. Pertama silahkan kamu buka menu pengaturan di hp kamu
  2. Jika sudah, silahkan kamu pilih menu kartu Sim
  3. Setelah itu silahkan kamu pilih Jaringan Seluler
  4. Kemudian silahkan kamu pilih Pengaturan jaringan
  5. Nah, pada tahap ini silahkan kamu atur jaringan mennjadi 2G/3G/4G

Selain melalui menu pengaturan, kamu juga melakukannya melalui kode dial. Silahkan ikuti langkah-langkah seperti berikut ini.

  1. Pertama silahkan kamu buka menu dial dan ketikkan kode dial *#*#4636#*#*
  2. Setelah itu silahkan kamu pilih menu Informasi Telepon
  3. Kemudian silahkan kamu atur jaringan menjadi LTE/TD-SCDMA/UTMS
  4. Nah setelah itu silahkan kamu kembali ke menu awal

Penutup

Demikian lah ulasan pada kesempatan kali ini yang membahas Cara Mengatasi SMS Tidak Terkirim Atau Gagal. Semoga apa yang telah kami share di artikel ini bisa mudah di pahami oleh semua pembaca setia angkasa.co.id. Selain itu silahkan kamu kunjungi artikel kami terbaru untuk mendapatkan informasi terupdate seputar dunia tekno. Terima kasih dan semoga bermanfaat.