Beberapa Cara Atasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun

Inilah Cara Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun

Bagi kamu yang panik setelah melihat minyak rem cakram macet. Berikut adalah cara mengatasi minyak rem cakram tidak turun dengan mudah.

Inilah Cara Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun

Kali ini anda pun harus mengerti tentang cara mengatasi minyak rem cakram tidak turun agar mampu peroleh solusi terbaiknya. 

Minyak rem tentu saja menjadi komponen vital yang berada pada sistem pengereman hidrolik. Tanpa adanya minyak rem, tidak akan mungkin pengereman bisa anda lakukan.

Hanya saja pemakaian minyak rem tersebut seringkali alami gangguan. Terlebih ketika minyak rem tidak turun. Sebetulnya fungsi minyak rem ini dijadikan sebagai pelumas untuk beragam komponen logam yang ada pada sistem pengegreman.

Beberapa Cara Atasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun

Memang penting sekali anda mengetahui fungsi dari minyak rem. Apabila minyak rem tidak mampu turun tentunya bisa menimbulkan bahaya tertentu. Setiap pengendara seharusnya mampu melakukan pemeriksaan rem saat ingin mempergunakan kendaraan mereka.

Beruntungnya kini sudah tersedia beragam cara mengatasi minyak rem cakram tidak turun. Jika penasaran simak ulasannya di bawah ini:

1.    Pergunakan trik isap

Trik yang satu ini ternyata seringkali dipergunakan ketika pengisian minyak rem ataupun saat melakukan penggantian master rem maupun selang guna mengisi kapiler motor. Ketika anda melakukan penggantian rem. Maka anda pun bisa juga mengisikan minyak rem melalui tabung.

Tabung minyak rem tersebut berada di selang dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama supaya minyak rem bisa turun. Cara agar minyak rem cakram segera turun tentu saja dengan menghisapnya. Hal tersebut bisa anda lakukan dari bagian bawah supaya minyak rem turun tanpa masalah.

Anda bisa mempergunakan bantuan selang yang tadinya sudah dipersiapkan. Cara terbaik melakukannya hanya dengan mengendorkan nepel yang berada pada kapiler menggunakan kunci 8 ataupun 10. Pilih saja selang kemudian kendorkan nepelnya sesuai jenis sepeda motor anda.

2.    Pergunakan trik suntik

Cara mengatasi minyak rem cakram tidak turun selanjutnya tentu saja hanya dengan mempergunakan trik suntik. Trik tersebut bisa dilakukan oleh seorang mekanik yang tidak ingin mempergunakan trik penyedotan minyak rem dari selang. Inilah mengapa trik suntik menjadi pilihan ternyaman.

Biasanya trik suntik ini mempergunakan alat bantu berupa suntikan yang sengaja disambungkan pada selang transparan. Anda pun juga perlu mengisikan suntikan dengan minyak rem. Selanjutnya menyambungkan selang dengan nepel yang berada pada kapiler cakram.

Usahakan melakukan koneksi tersebut dengan beerhati-hati agar nantinya bisa tersambung baik. Persiapkan kunci sesuai ukuran nepel. Biarkan kunci pembuka yang berada pada nepel tetap ada pada posisi semula. Dengan begitu penyuntikan untuk menarik minyak rem tidak akan mengalami masalah.

3.    Pergunakan cara menekan

Cara menekan ternyata juga menjadi cara mengatasi minyak rem cakram tidak turun. Trik ini bisa anda pergunakan ketika membersihkan kapiler sampai melepaskan piston. Yang harus anda lakukan yakni mengisikan kapiler terlebih dulu sebelum akhirnya mengisi minyak rem sampai penuh.

Usahakan melakukannya sebelum anda memasangkan piston. Jadi sekaligus supaya terkesan lebih mudah. Kemudian tekan mempergunakan piston dan memasang secara bersamaan. Jangan lupa perhatikan tabung master rem yang berada di bagian setang supaya tidak terisi penuh.

4.    Lakukan finishing

Kali ini anda pun bisa melakukan pengecekan akankah ada atau tidak angin palsu. Finishing ini bisa dilakukan dengan mempergunakan selang transparan yang tadinya disambungkan pada nepel menggunakan kunci yang sudah dipersiapkan.

Caranya cukup mudah sekali yakni hanya dengan menekan tuas rem sebanyak 2 ataupun 3 kali kemudian tahan tuasnya. Buka nepel dan jangan sampai lupa perhatikan minyak rem yang ada pada selang. Lakukan cara tersebut berulang kali hingga rem cakram tidak turun lagi.

5.    Melakukan penggantian rem cakram

Cara mengatasi minyak rem cakram tidak turun selanjutnya tentu saja hanya dengan melakukan penggantian rem cakram. Ketika rem cakram tidak mampu berfungsi dengan baik pastinya bisa menimbulkan hal fatal. Mungkin permasalahan yang hadir tidak bisa lagi diatasi dengan cara yang biasa.

Baca Juga: Review Spesifikasi Suzuki XL7 Baru 2020

Ridak ada salahnya anda berkonsultasi dengan mekanik mengenai langkah terbaik yang bisa dilakukan. Jika memang pilihannya harus melakukan penggantian rem cakram. Usahakan menyesuaikan dengan jenis motor anda.

Akhir Kata

Itulah tadi beragam tips terbaik yang bisa anda pergunakan sebagai cara mengatasi minyak rem cakram yang tidak turun. Semoga penjelasan di atas mampu mengatasi permasalahan pada motor anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini