Cara Membuka File Berformat .Bin yang Harus Diketahui

Cara Membuka File Berformat .Bin yang Harus Diketahui

Saat mengunduh atau berbagi file, biasanya ekstensinya berubah menjadi bin. Pada saat dibuka dengan semua program, file tersebut tidak bisa dibuka. Otomatis file tersebut dihapus dan Anda mencoba untuk mengulangi hal yang sama. Lantas, file tidak berubah dan tetap berekstensi bin. Oleh karena itu, simak info cara membuka file berformat .bin berikut.

Apa itu File .Bin?

apa itu File .Bin

Pada dasarnya setiap file memiliki informasi berbeda yang disimpan di dalamnya dan informasi tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan. File dengan ekstensi atau format bin adalah file biner. Pada umumnya file ini adalah salinan byte dari file asli seperti tiruan dari disk atau file asli.

Bin sendiri merupakan kependekan dari binary atau file yang berisi angka-angka biner. Pada umumnya, file dengan format bin ini digunakan untuk menghubungkan berbagai macam konten dan file pada program software dan sering kali dikompilasi. Bisa berupa video, audio, gambar, file image CD, atau instalasi.

Oleh karena itu, untuk membuka file dengan format ini tidak bisa dilakukan saat itu juga. Baik itu melalui laptop dengan langsung klik dua kali pada file maupun dari ponsel dengan cara langsung membukanya. Ada beberapa cara untuk membuka file dengan format bin seperti berikut.

1. Cara Buka di Laptop

File dengan ekstensi atau format bin tidak sama dengan file lain dengan format yang berbeda. File ini tidak bisa dibuka dengan program apapun dan tanpa masalah apapun. Hal ini berbeda dengan file teks atau file dengan format gambar yang biasanya langsung terbuka pada perangkat lainnya. Oleh karena itu, file dengan format ini harus diubah terlebih dahulu ke format lain ISO terlebih dahulu.

Cara membuka file berformat .bin menjadi format ISO tidak bisa dilakukan begitu saja. Anda harus membutuhkan pihak ketiga untuk mengubahnya. Yakni menggunakan software Magic ISO atau Ultra ISO. Bisa juga menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang bernama Tugzip.

Pengertian Tugzip

Software yang termasuk freeware ini merupakan software yang menyediakan dukungan untuk berbagai file terkompresi. Software yang berukuran 4 MB ini dapat digunakan pada semua versi sistem operasi windows.

Salah satu kelebihannya, software ini support dengan file berformat ZIP, 7-ZIP, A, ACE, ARC, ARJ, BH, BZ2, CAB, CPIO, DEB, GCA, GZ, IMP, JAR, LHA (LZH), LIB, RAR, RPM, SQX, TAR, TGZ, TBZ, TAZ, YZ1, ZOO archives, BIN, C2D, IMG, ISO dan NRG disc-images. Berikut cara penggunaannya.

Cara Menggunakan Tugzip

  • Unduh software dari halaman websitenya yaitu tugzip.com
  • Pasang atau instal hingga muncul pemberitahuan seperti ini, pilih dan klikCara Menggunakan Tugzip 2
  • Apabila muncul pemberitahuan lagi, pilih dan klikCara Menggunakan Tugzip 3
  • Jika muncul pemberitahuan lagi, klik sajaCara Menggunakan Tugzip 4
  • Lakukan hal yang sama bila kembali muncul pemberitahuan muncul pemberitahuan lagi, yaitu klikCara Menggunakan Tugzip 5
  • Apabila Anda melihat pemberitahuan seperti gambar di bawah ini, pilih select all. Langkah ini merupakan inti dari cara membuka file berformat .bin. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan centang pada format bin atau menyeleksi semuanya.Cara Menggunakan Tugzip 6
  • Ada baiknya untuk memilih semua untuk memungkinkan software membuka file dengan format yang tertera. Anda juga bisa memilih beberapa diantaranya saja dengan memberikan centang pada beberapa pilihan yang Anda kehendaki. Apabila format telah dipilih, jangan lupa klikCara Menggunakan Tugzip 7
  • Tidak lama kemudian, tampilan dari software tugzip terbuka seperti gambar di bawah ini. Apabila Anda ingin membuka file tertentu, tinggal mengeksplorasi saja melalui tugzip. Anda juga bisa langsung memilih file yang dikehendaki dengan cara langsung klik kanan kemudian buka dengan software tugzip yang telah terinstal.Cara Menggunakan Tugzip 8

2.  Cara Buka di Ponsel/HP

Cara membuka file berformat .bin di ponsel atau HP cukuplah mudah. Anda tinggal menggantinya sesuka hati dengan format atau ekstensi apapun. Berikut cara mengubahnya.

  • Buka file yang ada di dalam ponsel.Cara Buka di Ponsel 1
  • Tahan beberapa detik, hingga keluar pilihan seperti di bawah ini. Lalu pilih salin untuk mengubah format.Cara Buka di Ponsel 2
  • Ganti format atau ekstensi yang Anda inginkan sehingga berubah seperti gambar di bawah ini.Cara Buka di Ponsel 3

Itulah beberapa cara membuka file berformat .bin yang bisa Anda coba. Ada baiknya untuk menyediakan tempat khusus untuk mengekstraknya bila berada di laptop. Apabila setelah mengganti format atau ekstensi di ponsel, ada baiknya untuk restart ponsel dengan harapan file tersebut bisa diproses dengan baik oleh ponsel. Semoga artikel ANGKASA.CO.ID ini bermanfaat.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini