10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk PC dan Laptop

Di balik kerennya sebuah video, ada yang namanya proses penyuntingan atau istilahnya proses editing. Tapi, untuk bisa mengedit video dengan bagus memang agak sulit karena kamu membutuhkan aplikasi penunjang video editing. Namun, tidak perlu khawatir karena ada banyak aplikasi edit video PC terbaik yang bisa digunakan oleh kamu.

Nah, saking banyaknya pilihan aplikasi edit video, mungkin kamu bingung memilih aplikasi yang cocok untuk kebutuhan editing video. Maka dari itu, kali ini Angkasa mau merekomendasikan 10 aplikasi edit video di PC yang wajib untuk dicoba. Yuk, baca artikel ini sampai akhir, ya!

1. DaVinci Resolve

DaVinci

Ingin mengedit video dengan hasil yang yang sangat bagus? Cobalah pakai DaVinci Resolve. Ini merupakan aplikasi yang bisa mengedit video dengan resolusi 8K. Di sini, kamu bisa mengedit dengan berbagai macam tools yang lengkap dimana bisa memperbaiki warna, visual effects hingga menambahkan audio dengan mudah.

Oh iya, aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis. Meski gratis, tapi DaVinci Resolve punya banyak efek dan filter yang menarik untuk berbagai jenis video. Kalau mau kumpulan filter yang lebih lengkap, bisa berlangganan DaVinci Resolve versi pro dengan membayar tagihan perbulan lewat kartu kredit, ya. Untuk yang ingin menggunakan aplikasi ini, silakan klik link di sini.

2. Corel VideoStudio

Corel VideoStudio

Berbicara soal aplikasi edit video di PC, kita tidak boleh melupakan aplikasi dari Corel. Corel VideoStudio, sebuah aplikasi untuk edit video yang bisa melakukan banyak hal. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengedit berbagai macam resolusi video, mulai dari 4K, HD, bahkan video dengan 360 derajat .

Tercatat, Corel VideoStudio juga mengklaim punya lebih dari 2000 filter video yang bisa dikostumisasi sesuai dengan selera masing-masing. Jadi, di sini kamu bisa bermain dengan warna dan menambahkan efek unik untuk bisa menghasilkan video lebih estetik. Oh iya, aplikasi ini juga punya antarmuka yang mudah dimengerti, cocok dipakai untuk video editor pemula.

3. CyberLink PowerDirector

CyberLink PowerDirector

Jika membutuhkan aplikasi edit video di PC yang bagus untuk pemula maka CyberLink PowerDirector ini adalah jawaban yang tepat. Dalam aplikasinya, CyberLink PowerDirector menawarkan kemudahan kontrol yang rapi dan simpel. Sebelum mulai mengoperasikan CyberLink PowerDirector, pengguna diajak untuk melakukan tutorial terlebih dahulu.

Setelah menuntaskan tutorial, silakan langsung gunakan CyberLink PowerDirector sesuai dengan kebutuhan. Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, mulai dari mengubah warna, motion tracking, green screen editing, hingga menambah animasi. Tidak kalah lengkapnya dengan dua aplikasi sebelumnya, CyberLink PowerDirector juga menyediakan berbagai filter yang unik dan menarik. Cocok untuk semua konsep video!

4. Machete Video Editor Lite

Machete Video Editor Lite

Untuk para video editor pemula bisa pilih aplikasi Machete Video Editor Lite. Pasalnya, aplikasi ini menawarkan interface yang sangat simpel. Pengaturan serta kontrolnya juga dibuat dengan sangat rapi. Bahkan, navigasinya pun mudah dipahami oleh orang awam, tapi memang aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur hebat seperti Corel atau DaVinci Resolve, ya.

Meski begitu, tools yang disediakan Machete Video Editor Lite cukup mumpuni untuk pemula. Di sini tersedia fitur untuk cut, copy, delete, dan paste untuk berbagai fragments yang ada di video. Lalu, kamu juga bisa menggabungkan beberapa video untuk dibuat menjadi satu video dengan format yang sama. Yang menariknya, aplikasi ini mendukung berbagai format video lho!

5. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Kalau para video editor profesional mungkin sudah tidak asing lagi dengan Adobe Premiere Pro. Dalam aplikasinya, Adobe Premiere Pro tergolong punya kelengkapan fitur yang sangat mumpuni. Dengan Adobe Premiere Pro, pengguna bisa mengedit dan membuat berbagai macam konsep video, mau berupa story atau video biasa.

Kelebihan lainnya, aplikasi ini juga bisa mengedit video dengan resolusi sangat tinggi yakni 8K. Bahkan, pengguna juga bisa mengubah format video 8K menjadi virtual reality. Serunya lagi, Adobe Premiere Pro mendukung berbagai aplikasi penunjang edit video lainnya seperti Photoshop, After Effects, Adobe Auditions, dan Adobe Stock. Tertarik untuk coba aplikasinya?

6. Filmora

Filmora

Selanjutnya, kami mau merekomendasikan aplikasi yang dikembangkan oleh Wondershare, nama aplikasinya adalah Filmora. Ada banyak fitur yang ditawarkan di sini, beberapa di antaranya adalah mendukung edit video 4K, edit GIF, bisa menghapus suara-suara yang tidak diinginkan, hingga mengubah video menjadi 1:1 (portrait).

Tidak hanya itu saja, Filmora juga memungkinkan penggunanya untuk mengedit judul semenarik mungkin. Pasalnya di sini ada yang namanya title tools dimana kamu bisa membuat judul dengan konsep 3D. Bahkan judulnya pun bisa diberi efek unik untuk menampilkan video yang lebih menarik. Oh iya, di sini juga ada Easy Mode untuk mengedit dengan cepat dan hasilnya tetap maksimal!

7. iMovie

iMovie

Untuk para pengguna Mac OS dan sedang mencari aplikasi edit video yang bagus, cobalah pakai aplikasi iMovie. Sama seperti aplikasi edit video lainnya, iMovie juga memiliki banyak fitur menarik. Tercatat, ada sekitar 10 filter untuk mendandani video ala sinematik yang estetik. Kalau ingin ada sentuhan klasik, coba filter vintage western-nya. Hasilnya bikin penonton balik ke era jadul.

Kelebihan lainnya, aplikasi ini juga cukup mudah untuk melakukan trimming dan audio editing. Bahkan, kamu juga bisa split screen video. Yang asyiknya lagi, iMovie ini punya interface simpel dan mudah dipelajari, jadi cocok digunakan untuk para pemula juga lho!

8. VSDC

VSDC

Butuh aplikasi edit video di PC yang bagus dan gratis? Silakan coba VSDC. Dalam aplikasinya mendukung berbagai macam format video sehingga memudahkan pengguna untuk mengedit video dalam bentuk apapun, termasuk codec. Tidak hanya itu saja, di sini juga tersedia chroma key tool yang bisa menghapus latar hijau dalam video,

Untuk membuat hasil video semakin menarik, kamu juga bisa menyematkan efek, filter dan beberapa transisi unik. Bahkan, kamu juga bisa membubuhi berbagai macam charts agar videonya semakin apik. Kelebihan lainnya adalah, VSDC adalah salah satu aplikasi edit video yang ringan dan bisa dipakai di berbagai macam PC Windows.

9. HitFilm Express

HitFilm Express

Selain Adobe, ada satu lagi aplikasi edit video kelas profesional dan namanya adalah HitFilm Express. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menikmati berbagai macam fitur yang menarik, seperti cutting tools, keying for green screen effects, filter untuk video dan audio, composting tools, layers, hingga mendukung pengeditan pada video 3D. Jika tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, cobalah untuk mengunjungi website resminya di link ini.

10. Avidemux

Avidemux

Last but not least, ada aplikasi edit video yang bisa digunakan oleh PC dengan OS Windows, Mac, dan Linux, namanya adalah Avidemux. Meski bukan aplikasi edit video yang sering digunakan oleh para profesional, tapi aplikasi ini punya segudang fitur yang mumpuni untuk para pemula.

Di sini disediakan fitur cutting yang simpel, serta filtering yang lengkap. Bukan hanya itu saja, di Avidemux juga menampilkan antarmuka yang simpel dan mudah dimengerti. Dan yang lebih serunya lagi, Avidemux bisa mendukung berbagai format video seperti MPEG, MP4, dan ASF.

Ya, itu tadi kesepuluh aplikasi yang bagus untuk edit video di PC, baik untuk pemula maupun professional video editor. Beberapa aplikasi di atas juga bisa digunakan secara gratis dan ada juga yang berkapasitas ringan. Jadi, tinggal pilih saja aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sudah menentukan mau pakai aplikasi yang mana?