Resiko Motor Matic Pakai Ban Lebar

Begini Dampak Buruk Ganti Ban Motor Matic Terlalu Besar

Nah teruntuk kamu yang hobi banget memodifikasi motor matic agar terlihat keren dan nyentrik. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memodifikasi motor tersebut, salah satunya penggunaan ban terlalu besar untuk motor matic.

Begini Dampak Buruk Ganti Ban Motor Matic Terlalu BesarInstagram.com
Ilustrasi

Jika kamu memodifikasi motor dengan ukuran ban yang besar dan tidak sesuai dengan standar dari perusahaannya, maka kamu bisa mengalami kecelakaan.

ANGKASA.co.id -  Nah pentingnya kamu memperhatikan bahwa mengganti ban motor matic dengan ukuran yang lebih besar dari yang biasanya, bisa berdampak buruk bagi motor matic. Pemakaian ban motor ini pun memiliki ukuran yang bervariasi tergantung dari jenis dan merk motor yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Bahkan hanya dengan memakai ukuran ban yang tidak sesuai dengan motor tersebut  bisa membuat kerja mesin motor menjadi tidak maksimal pada bagian CVT.

Dampak Buruk Ketika Motor Pakai Ban Besar

1. Motor Tidak Bergerak Dengan Gesit

Nah, jika motor matic menggunakan ban yang tidak sesuai ukurannya  hal ini tentunya berdampak pada kelincahan motor yang menjadi berkurang ketika melewati jalanan padat.

2. Kerja Rem Pada Motor Bekerja  Ekstra

Dikarenakan pemakaian ban motor matic yang besar dan terlalu lebar sehingga beban motor yang ditanggung rem menjadi berat. Meskipun begitu , biasanya beberapa bengkel menawarkan pringan rem dengan diameter yang lebih besar. Tetapi, keawetan piringan ini pun berada dibawah kualitas pabrik.

3. Motor Menjadi Boros Bensin

Tidak hanya rem, bahkan motor matic pun mengalami pemborosan bensin. Hal ini terjadi karena besarnya tenaga yang harus dikeluarkan untuk membuat ban besar bergerak dijalan, maka semakin besar pula asupan bensin yang dibutuhkan mesin.

4. Perawatan Ekstra pada CVT

Seperti halnya dengan yang lain, ukuran ban motor matic yang terlalu besar bisa membuat kinerja v-belt lebih besar. Pada motor skutik, penurunan kinerja CVT lebih cepat hingga rusak jika memakai ban besar tersebut.

Tips Memilih Ban Tubeless Untuk Modifikasi Motor Matic

Jika kamu masih kukuh ingin memodifikasi ban motor matic, kamu bisa menggunakan ban tubeless. Tentunya kamu bingung apa sih ban tubeless? Ban tubeless adalah ban yang memiliki lapisan fluid sealant yang mempertahankan kerapatan ban. Berbeda dengan ban biasa yang tidak memiliki lapisan fluid sealant sehingga memerlukan ban dalam.

Nah, ban tubeless memiliki daya tahan yang lebih kuat, hal ini dikarenakan bagian dalam ban tersebut terdapat fluid sealant yang berfungsi untuk merekatkan bagian yang terindikasi bocor. Berikut ini  beberapa tips memilih ban tubeless untuk modifikasi motor matic supaya makin keren.

1. Menentukan Merk

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yakni menemukan merk ban tubeless ternama. Dengan kamu memilih merk bagus tentunya memiliki quality control yang sangat bagis. Salah satunya merk IRC, Bridgestone, Michelin, FDR, Zeneos, Maxxis, dan beberapa merk terkenal lainnya. Semakin terkenal brand ban tubeless maka kenyaman dan kualitas ban terjamin.

2. Menyesuaikan Ukuran Ban

Perlu diingatkan kembali, kamu harus menggunakan ban tubeless menyesuaikan ukuran ban motor sebelum melakukan pembelian. Pilihlah ban tubeless dengan ukuran standar dan pas di motor.

Dan perhatikan juga apakah ban kendaraan sesuai pelek atau tidak. Jangan sampai salah dalam menentukan pilihan, karena jika kamu salah memilih  ban tersebut bisa mengurangi daya cengkram ban ketika berkendara. Contohnya ban bawaan pabrik memiliki ukuran 90/90, nah ukuran ban tubeless motor maksimal yang bisa dipilih 110/70.
 

3. Motif Ban

Masih banyak orang salah memilih motif ban yang digunakan pada motor matic. Padahal motif ban ini bisa mempengaruhi perjalanan nantinya. Seperti pada kondisi jalanan yang kering dikota, maka kamu bisa memilih ban tubeless yang memiliki daya cengkram terbaik. Dan pilihlah ban tubeles tipe dual purpose jika kamu sering melewati jalanan tidak rata, berbatu, dan berpasir.
 

4.  Hindari Tapak Minim

Ternyata memakai ban motor yang memiliki tapak kecil memiliki banyak kelemahan. Salah satunya mudah selip ketika mengerem mendadak atau berkendara di jalanan yanng basah.

5. Tanggal Pembuatan

Pentingnya untuk kamu selalu memilih ban tubeless dengan tanggal pembuatan atau produksi baru agar memiliki kualitas bagus.
 

6. Masa Pakai

Hal yang selalu kamu harus ingat, jangan menunggu sampai permukaan ban tipis baru melakukan penggantian ban motor, karena dapat menimbulkan kecelakaan.

7. Sesuai Budget

Selanjutnya, penting untukmu membeli ban tubeless sesuai budget. Hal yang paling penting ketika kamu membeli ban tubeless perhatikan kualitasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google New

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini