Cara Menghidupkan Motor PCX Tanpa Remote Keyless

Mudah banget! 7 Langkah Menghidupkan Motor PCX Tanpa Remote Keyless

Motor PCX dilengkapi fitur remote keyless. Akan tetapi, motor keluaran Honda ini bisa dihidupkan tanpa menggunakan remote keyless tersebut.

Mudah banget! 7 Langkah Menghidupkan Motor PCX Tanpa Remote KeylessInstagram.com
Ilustrasi

Motor PCX merupakan jenis motor keluaran terbaru Honda untuk segmen motor premium skutik. Dan, motor Honda PCX 150 cukup banyak digandrungi oleh masyarakat.

ANGKASA.co.id – Tidak hanya memberikan kemudahan bagi pengendara pemula motor, bahkan desain motor PCX pun  juga menjadi salah satu rekomendasi motor yang wajib dimiliki di era sekarang. Motor ini cukup banyak digandrungi oleh masyarakat di Indonesia. Motor PCX 150 keluaran Honda merupakan jenis motor matik 150 cc yang sangat istimewa.

Bahkan, motor PCX keluaran Honda ini memiliki berbagai fitur teknologi canggih. Salah satunya, memiliki sistem pencahayaan full LED, panel instrumen digital, power charger, hingga smartkey atau keyless. Fitur keyless merupakan pengganti kunci konvesional. Tentunya keyless ini sangat berguna dalam mengaktifkan mesin motor, dan dapat mencegah pencurian.

Akan tetapi, jika kamu dalam keadaan terdesak atau lupa sehingga tidak memiliki remote keyless untuk menghidupkan motor PCX tentunya hal ini merepotkan. Ternyata, motor PCX 150 keluaran Honda bisa dihidupkan tanpa keyless. Bagaimana caranya? Simaklah  beberapa langkah berikut ini.

7 Langkah Menghidupkan Motor PCX  Jika Remote Keyless Hilang

1. Membuka Jok Motor dengan Emergency Key

Pertama hal yang perlu kamu ingat, kamu harus menyimpan emergency key untuk berjaga-jaga. Tentunya, mesin motor tidak langsung hidup tetapi  bisa membuka jok secara manual.

Kemudian, membuka kotak disamping kenop pintar  motor PCX tersebut. Lalu, cocokkan lubang dengan emergency key dengan titik kotak tersebut. Selanjutnya, putar ke bawah maka jok otomatis terbuka.

2. Colok EM Connector Warna Biru

Jika jok  sudah terbuka, langkah selanjutnya yakni kamu mengambil  EM Connector di bagasi. Letaknya EM Connector di tool kit, dan kabel tersebut berwarna biru.

Lalu, kamu perlu mencari songket pasangannya disekitar aki dan warna songket pun sama seperti warna EM Connector berwarna biru juga. Kemudiakan colok EM Connector ke songket tersebut.

3. Masukkan Nomor ID Tag

Nah, setelah tahap pertama dan kedua dilakukan maka kenop pintar Honda PCX 150 akan menyala. Ini merupakan tanda bahwa  kamu perlu memasukkan kode nomor sesuai ID Tag.

Ketika pengisian No ID Tag terdapat nomor tujuh, maka kamu perlu tekan tujuh kali. Lalu, tunggu sampai berkedip dan masukkan lagi nomor seterusnya. Lakukan terus hingga semua angka ID Tag terinput.

4. Mencabut EM Connector

Selanjutnya, kamu mencabut EM Connector warna biru dari songket. Dan meletakkan kembali di tool kit agar komponen tersebut tidak hilang.

Tentunya, kamu bisa menutup jok motor Honda PCX 150 kembali dengan menggunakan emergency key dengan menempelkan dikotak samping kenop pintar. Lalu, tutup kotak memakai kovernya.

5. Aktifkan Mesin Motor Seperti Biasa

Setelah semua rapi, kamu bisa mengaktifkan motor Honda PCX 150 seperti biasa. Putar kenop pintar ke posisi on, kemudian tekan tombo starter maka mesin motor otomatis aktif.

6. Pergi Ke Bengkel untuk Membeli Remote Baru

Setelah motor Honda PCX 150 hidupa kamu bisa segera ke bengkel resmi Honda agar dibuatkan remote duplikat. Jika terlalu lama, kamu bisa mengunjungi bengkel-bengkel aftermarket lainnya.
 
Diperkirakan harga remote bisa mencapai Rp 1 juta. Kemudian, memasukkan ID Tag ke remote dengan biaya Rp 100 ribu. Jika ID Tag hilang juga, maka perlu dilakukan reset smart control unit (SCU)  dengan biaya mencapai Rp 1,1 juta.

7. Kembali Ke Rumah Jika Masih Punya Remote Cadangan

Setiap pembelian motor bahkan Honda PCX 150 akan diberi dua remote. Tentunya, dipakai sehari-hari dan satunya lagi sebagai cadangan.

Seandainya kamu kehilangan remote pertama, kamu masih menggunakan remote cadangan. Nah, inilah tujuh cara menghidupkan motor PCX tanpa remote keyless.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini