10 Aplikasi Pemutar Video Terbaik untuk PC dan laptop

Laptop kini memiliki fungsi yang lebih luas, bukan hanya untuk bekerja tapi juga bisa dijadikan sarana untuk hiburan. Salah satu hiburan favorit yang biasa dilakukan di laptop/PC adalah menonton video. Untuk kegiatan tersebut tentu saja membutuhkan aplikasi khusus pemutar video.

Ada banyak pilihan aplikasi pemutar video, namun Angkasa memilihkan 10 aplikasi terbaik yang bisa diandalkan untuk semua jenis video atau film. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, mari simak rekomendasinya berikut ini.

1. GOM Player

GOM Player

Di urutan pertama, kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi GOM Player. Dengan aplikasi ini, penggunanya bisa memainkan video dengan resolusi 8K, baik itu video dari Youtube atau pun film biasa. Banyak format video yang support di GOM Player, contohnya AVI, TS, MPG, FLV, MKV, .pls, hingga .asx.

Untuk interface-nya juga cukup simpel, kamu bisa play, pause, playback, dan lainnya dengan mudah. Kelebihan lain dari GOM Player adalah ada versi gratis. Jadi, jika hanya digunakan untuk penggunaan standar kamu tidak perlu membayar apapun. Tapi, kalau ingin menikmati semua fiturnya dengan lengkap, silakan cek harganya di situs resmi GOM Player melalui link ini.

2. PotPlayer

PotPlayer

PotPlayer merupakan software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan asal Korea Selatan bernama Kakao. Mungkin PotPlayer tidak sepopuler GOM atau pun VLC, tapi kemampuan PotPlayer ini sangat mengagumkan dengan sejumlah kelebihan yang mumpuni.

Hal menarik dari aplikasi ini adalah support dengan format CUDA, DXA, dan QuickSync sehingga penggunanya bisa menikmati video dengan animasi 3D. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa menampilkan video dalam sudut 360 derajat serta resolusi 8K.

Yang lebih serunya lagi, aplikasi ini bisa merekam layar dengan fitur screen recorder. Tertarik untuk mencoba aplikasi ini? Sayangnya, PotPlayer hanya bisa dinikmati untuk sistem operasi berbasis Windows saja, ya.

3. VLC Media Player

VLC Media Player

Berbicara soal aplikasi pemutar video, pasti tidak pernah meninggalkan VLC Media Player. Aplikasi ini sangat populer dengan berbagai macam alasan. Pertama, VLC Media Player bisa digunakan di berbagai perangkat, seperti Windows, macOS, hingga Linux. Kedua, fiturnya sangat lengkap. Dan ketiga, interface-nya sangat mudah dipahami.

Seperti aplikasi pemutar video sebelumnya, VLC Media Player juga menyediakan fitur untuk memainkan video dengan resolusi 8K. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini punya berbagai macam tools dan controls yang lengkap, misalnya untuk mengatur kualitas audio, filter video, hingga subtitle. Menariknya lagi, VLC Media Player juga support plugin. Yang jelas, kamu juga bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis.

4. UMPlayer

UMPlayer

Berbahagialah yang menggunakan PC/laptop berbasis Windows, karena Microsoft juga membuat sebuah aplikasi untuk memutar video, namanya adalah UMPlayer. Ini merupakan aplikasi gratis yang bisa didapatkan melalui Microsoft Store. Meski tidak memiliki banyak fitur menarik seperti PotPlayer atau VLC, tapi UMPlayer cukup bagus untuk kamu yang doyan nonton video di laptop.

Tercatat, aplikasi ini mendukung banyak format video, seperti AAC, AC3, ASF, AVI, DIVX, FLV, H.263, Matroska, MOV, MP3, MP4, MPEG, OGG, QT, RealMedia, VOB, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, UMPlayer juga punya antarmuka yang simpel sehingga memudahkan pengguna baru untuk mengoperasikannya. Yang lebih mengesankannya lagi, aplikasi ini tergolong ringan dengan kapasitas sekitar 150KB saja!

5. MP4 Player

MP4 Player

Tidak lengkap rasanya kalau belum memasukkan MP4 Player ke dalam daftar aplikasi pemutar video terbaik ya? Ini namanya MP4 Player, sebuah aplikasi yang cukup legend. Sama seperti aplikasi sebelumnya, MP4 Player juga bisa memutar beragam format video, mulai dari MP4, FLV, WebM, MP3, hingga AAC.

Menurut pengalaman beberapa reviewers, aplikasi ini mampu menampilkan video dengan mulus dan halus. Bahkan, gambar yang dihasilkan cukup smooth tanpa lag atau loading yang terlalu lama. Bukan itu saja, di MP4 Player juga memudahkan pengguna untuk membuat playlist video dengan mudah.

Jadi, kamu tidak perlu repot menyusun videonya satu-persatu, cukup masukkan semua video yang mau ditonton dan nikmati filmnya! Sayangnya, fitur nonton video melalui link URL tidak bekerja dengan baik. Beberapa orang menemukan bug dalam fitur tersebut.

6. Media Player Classic Home Cinema

Media Player Classic Home Cinema

Aplikasi berikutnya, kami mau merekomendasikan Media Player Classic Home Cinema. Sesuai dengan namanya, ini aplikasi pemutar video yang cukup klasik dan tidak kalah legend-nya dengan MP4 Player. Meski begitu, aplikasi ini masih sangat mumpuni dengan giatnya pembaharuan beberapa fitur yang menarik.

Dalam aplikasinya, kamu bisa menemukan toolbars yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Lalu, ada banyak filter video yang menarik untuk mempercantik tampilan video. Tidak hanya itu saja, Media Player Classic Home Cinema juga meng-update aplikasinya dengan support 8K video serta tampilan video 360-degree!

7. Free AVI Player

Free AVI Player

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis. Tidak perlu mengeluarkan uang, kamu bisa menikmati video dengan format AVI, MP4, dan MOV pada aplikasi Free AVI Player ini. Meski tidak banyak format video yang bisa diputar, tapi ketiga format tersebut yang paling sering muncul ketika mau menonton video/film.

Selain itu, resolusi yang dihasilkan pada Free AVI Player juga cukup lengkap, mulai dari 720p, 1080p, hingga 4K. Kelebihan lainnya, Free AVI Player mengklaim tampilan video di aplikasi ini lebih smooth dengan audio yang baik. Tertarik untuk menonton video dengan Free AVI Player?

8. 5KPlayer

5KPlayer

Yang menarik dari 5KPlayer adalah, pengguna bisa langsung memutar video langsung dari Youtube. Tidak hanya itu saja, masih ada banyak fitur lain yang lebih mengesankan. Pertama, 5KPlayer diklaim bisa memutar video beresolusi cukup tinggi, yakni 8K. Lalu, aplikasi ini juga support 360-degree video.

Masih ada lagi kelebihan lainnya, kamu bisa mengatur dan mengontrol semua koleksi video yang ada di PC. Bahkan, 5KPlayer juga membebaskan penggunanya untuk membuat library untuk setiap video yang ada di laptop/PC.

9. KMPlayer

KMPlayer

Masih dengan aplikasi pemutar video gratis untuk Windows, kali ini ada aplikasi KMPlayer. Meski gratis, tapi aplikasi ini cukup bersaing dengan aplikasi terbaik lainnya. Pasalnya, di sini bisa memutar video dengan resolusi hingga 4K. Yang lebih menariknya lagi, KMPlayer bisa memainkan video dalam format 3D.

Kelebihan lainnya adalah, kamu bisa menemukan banyak pilihan efek audio dan efek video yang menarik. Cara menerapkan efeknya juga cukup mudah karena antarmuka yang ditampilkan sangat simpel. Bahkan, di KMPlayer juga disediakan fitur untuk mengedit subtitle lho!

10. DivX Player

DivX Player

Last but not least, ada aplikasi DivX Player yang menjadi pelengkap dalam daftar aplikasi pemutar video terbaik kali ini. Dalam aplikasinya, pengguna bisa menyaksikan video dalam banyak format, seperti MP4, MKV, DivX, dan AVI. Lalu, DivX Player juga menyediakan pemutaran video dengan resolusi 4K.

Selain itu, di sini ada fitur yang unik namanya Trick Play. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa dengan mudah ‘lompat’ ke adegan video yang paling disukai. Bahkan, di sini juga ada yang namanya fitur multiple audio untuk mengganti audio sesuai kesukaan masing-masing. Satu lagi fitur yang menarik yakni media library yang berguna untuk menyimpan film/video agar tidak bisa dilihat oleh sembarang orang.

Banyak banget kan aplikasi pemutar video yang bagus untuk PC? Memang ada banyak, tapi menurut kami 10 aplikasi di atas adalah aplikasi-aplikasi terbaik yang wajib dicoba. Namun, jika kamu punya rekomendasi aplikasi yang bagus lainnya, silakan tuliskan nama aplikasinya di kolom komentar, ya.