5 Kelebihan dan Kekurangan Virtual Office Yang Harus Anda Ketahui

ANGKASA.CO.ID Р5 Kelebihan dan Kekurangan Virtual Office Yang Harus Anda Ketahui Tidak bisa dipungkiri apabila di zaman sekarang ini yang menjadi zaman Era milenial setiap apapun sebetulnya bisa dijadikan ladang untuk usaha terutama bagi kalian yang sangat mengerti dengan dunia Internet dikarenakan menjadi start up ataupun pengusaha online, sebetulnya Kalian tidak usah mempunyai toko dan sebagainya karena kalian bisa membangun sebuah virtual office atau kantor virtual yang bisa dijadikan sebagai lokasi usaha yang disesuaikan dengan usaha yang diminati.

Untuk masalah virtual office memang mempunyai banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh para penggunanya dan juga terdapat kekurangan dan semuanya harus kalian ketahui jika memang ingin membuat virtual kantor dikarenakan virtual office adalah sebuah perusahaan yang tidak berbentuk akan tetapi mempunyai pekerja. Anda bisa duduk manis di depan laptop dan selanjutnya melakukan meeting dengan pekerja yang bisa Anda ambil berbagai daerah di Indonesia tanpa harus bertemu dengan anda dan selanjutnya dengan cara video call, kalian bisa bekerja bersama dan saling memberikan intruksi terkait usaha anda tersebut.

Namun harus kalian ketahui, apabila virtual office memang dari segi finansial atau pengadaan pembiayaan masalah kantor lebih irit karena kalian tidak akan membeli kursi meja dan sebagainya, akan tetapi ada juga kekurangan dari virtual office yang harus kalian ketahui supaya bisa dipikirkan dengan matang Apakah ingin membuat sebuah kantor yang virtual office atau reality office oleh karena itu, untuk penjelasan lebih lengkap tentang kelebihan dan kekurangan virtual office bisa kalian baca melalui artikel berikut ini.

5 Kelebihan dan Kekurangan Virtual Office Yang Harus Anda Ketahui

Seperti dikutip dari berbagai sumber yang kami rangkum untuk virtual office memang mempunyai manfaat yang sangat bagus terutama untuk perusahaan kecil dikarenakan ketika kalian menggunakan virtual office, maka kalian bisa menghemat modal untuk mempunyai kantor dan juga modal lainnya dan kalian pun tinggal fokus dalam usaha yang sedang digeluti.

Namun untuk virtual office mempunyai kelebihan dan juga kekurangan yang harus kalian ketahui di antaranya sebagai berikut:

Kelebihan virtual office

Untuk masalah Kelebihan Ketika anda semua menggunakan virtual office maka kalian bisa mendapatkan keuntungan berikut ini.

  • Virtual office lebih fleksibel dikarenakan bekerja secara online di mana anda bersama karyawan bisa menentukan waktu kerja dan kalian pun bisa bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan dan sudah disepakati baik oleh bos dan juga karyawan. Sehingga dengan bekerja melalui virtual office, maka tidak ada tekanan waktu karena bebas bekerja akan tetapi harus kalian sadari, kalian digaji atau kalian memberikan gaji kepada orang lain sehingga bekerja harus tetaplah mempunyai etos kerja yang bagus.
  • Lebih menghemat biaya dikarenakan tidak mempunyai kantor fisik akan tetapi kalian hanya mempunyai virtual office, kalian hanya tinggal cukup mempunyai komputer atau laptop dan selanjutnya melakukan teleconference melalui video call baik di WhatsApp dan sebagainya dan selanjutnya kalian tinggal kerja secara online.
  • Ketika virtual office banyak digunakan di era milenial maka banyak pilihan kerja yang bisa dilakukan yang disesuaikan dengan kemampuan orang tersebut diantaranya pekerjaan yang sekarang ini mulai menggunakan virtual office yaitu developer website, freelance, content writer, dan sebagainya.
  • Untuk penghasilan dari para cara bekerja di virtual office dipastikan tidak terbatas dikarenakan mereka bekerja online sehingga manfaatnya lebih banyak tidak ada pengeluaran baik pengeluaran untuk biaya kendaraan, jajan lebih irit, dan sebagainya.
  • Yang mempunyai banyak waktu dengan keluarga dikarenakan mereka tidak pergi ke kantor akan tetapi mereka bekerja di rumah dan hal ini bisa memberikan keleluasaan untuk karyawan di virtual office supaya bisa setiap hari bersama keluarga mereka.

Kekurangan virtual office

Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh virtual office yang sudah kami bahas di atas, dibawah ini adalah beberapa kekurangan seputar virtual office di antaranya sebagai berikut:

  • Apabila karyawan yang Anda pilih adalah orang malas, maka tidak akan bisa secara langsung kalian marahi dan hal ini menjadi kekurangan dari virtual office
  • Kalian tidak bisa melihat apakah mereka bekerja dengan baik atau tidak karena mereka bekerja di rumah masing-masing
  • Biasanya ketika menggunakan virtual office kebanyakan dari pekerja akan merasa kesepian karena tidak mempunyai rekan kantor
  • Terjadinya miskomunikasi dikarenakan adanya jarak di antara para karyawan sehingga untuk solusinya kalian harus selalu melakukan video call dan sebagainya.