Cara Mengatasi Sorry, You Can't View Or Download This file At This Time

Cara Mengatasi Sorry, You Can't View Or Download This file At This Time

Pernahkah Anda mengalami kejadian, dimana saat Anda memulai akan mendownload pada Google Drive. Namun ternyata pada monitor PC Anda, ataupun layar hp Anda, muncul notifikasi sorry, you can't view or download this file at this time? Jika hal ini terjadi, bagaimana cara mengatasinya?

Menunggu hingga sistem bisa pulih kembali, merupakan solusi terbaik. Namun bagaimana, jika ternyata Anda benar-benar membutuhkan file ataupun apapun, yang semestinya harus Anda download saat itu juga yang diambil dari Google Drive? Mungkin cara di bawah ini, bisa sedikit mengatasi masalah tersebut.      

Mengatasi Sorry, You Can't View or Download This File At This Time (Google Drive) Dan Penyebabnya

Seperti namanya, Google Drive merupakan salah satu layanan yang diberikan Google. Layanan ini memungkinkan penggunanya, untuk menyimpan, mengunduh/mendownload maupun membagikan (sharing) semua jenis file yang disimpan dalam Google Drive ini.

Akses yang cepat serta kapasitas penyimpanan yang lumayan besar, memungkinkan Google Drive bisa menjadi pilihan yang tepat. Terutama bagi setiap orang yang ingin menyimpan, mendownload hingga membagikan file dengan lebih mudah.

Namun terkadang, dalam situasi yang tak biasa, pengguna mungkin akan menemukan sebuah notifikasi sorry, you can't view or download this file at this time pada monitor/layar hp/PC Anda. Jika demikian adanya, apa yang harus dilakukan? Dan apa penyebabnya?

Secara umum, ada 2 kemungkinan mengapa Google Drive tidak bisa melakukan download, dan bahkan muncul notifikasi seperti itu. Penyebab tersebut, diantaranya :

1. Penyimpanan Melebihi Kapasitas  

Salah satu penyebab adanya notifikasi sorry, you can't view or download this file at this time yaitu mungkin dikarenakan file-file yang Anda simpan pada Google Drive telah melampaui batas penyimpanan.

Sekedar informasi, Google Drive memberikan layanan menyimpan file hingga 15 GB. Jika memang, ternyata, file-file yang Anda download dan Anda simpan di Google Drive ini ternyata, melebihi dari 15 GB tersebut. Maka secara otomatis, Google Drive tidak bisa mendownload, dan malah muncul notifikasi seperti itu.

2. Banyak Yang Mengakses Google Drive Dalam Waktu Yang Hampir Bersamaan

Selain karena penyimpanan yang melebihi batas, adanya notifikasi sorry, you can't view or download this file at this time ini juga, biasanya dikarenakan ada banyak pengguna yang mengakses Google Drive tersebut, dalam waktu yang hampir bersamaan. Sehingga mau tak mau, sistem akan mengalami sedikit masalah, hingga akhirnya muncul notifikasi seperti itu.

Mengatasi Sorry, You Can't View or Download This File At This Time Pada Google Drive Dengan Menyalin Drive

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh notifikasi sorry, you can't view or download this file at this time ini. Namun kali ini, hanya akan dibahas mengenai cara mengatasi masalah pada Google Drive yang tidak bisa didownload ataupun diakses dengan cara menyalin drive.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa langkahnya! Diantaranya:

  • Login ke Google Drive
  • Jika telah login ke Google Drive, maka Anda bisa mengunjungi situs Google Drive pada tab yang baru
  • Lakukan edit URL, dengan mengubah kolom link, yang semula UC, kini menjadi open

                                          Cara Mengatasi Sorry, You Can't View Or Download This file At This Time (1)

  • Jika di belakang URL tersebut, disisipi kolom parameter export=dowbload&. Maka Anda bisa menghapus parameter tersebut
  • Lanjutkan dengan mengklik menu tombol enter
  • Jika langkah tersebut, telah Anda lakukan. Maka secara otomatis, Anda akan dialihkan ke menu utama. Cara mengatasi sorry, you can't view or download this file at this time selanjutnya, yaitu Anda tinggal mengklik menu add to my drive. Posisi menu ini, berada di pojok kanan paling atas

                                          Cara Mengatasi Sorry, You Can't View Or Download This file At This Time (2)

  • Langkah selanjutnya, Anda tinggal mengklik menu recognize
  • Jika menu recognize tersebut, telah Anda klik. Maka Anda bisa langsung mencari file yang telah Anda tambahkan sebelumnya
  • Jika sudah ditemukan, klik file tersebut untuk memulai proses download, dan dilanjutkan dengan mengklik menu make a copy

Cara Mengatasi Sorry, You Can't View Or Download This file At This Time (3)

  • Tunggu hingga proses download selesai, dan muncul notifikasi Copy of.. (nama file)
  • Barulah kemudian, Anda bisa mengklik kanan pada file tersebut. Lanjutkan dengan mengklik menu download pada file salinan (copy)
  • Lanjutkan dengan mengklik menu download anyway
  • Jika proses download selesai, maka secara otomatis, hasil download akan ditampilkan bersamaan dengan salinan file.

Cara diatas bisa Anda coba lakukan sendiri. Namun jika ternyata, proses download tidak berhasil, dan malah muncul notifikasi error creating copy. Maka, mungkin saja, Google Drive Anda tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan salinan drive.

Maka dari itu, ada baiknya Anda menghapus terlebih dahulu beberapa file yang sudah tidak diperlukan lagi. Barulah kemudian memulai proses download kembali, dengan cara mengklik menu download pada file salinan. Dilanjutkan dengan mengklik menu download anyway, hingga proses download selesai.

Nah, itu tadi salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi sorry, you can't view or download this file at this time ini. Khususnya yang dilakukan dengan cara menyalin drive. Jadi, jika ternyata Anda tidak bisa melakukan download karena muncul notifikasi error semacam ini. Anda tak perlu panik dan khawatir lagi, karena Anda bisa melakukan cara diatas, untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga Artikel Angkasa ini bermanfaat, selamat mencoba.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini