Wisata Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang Salah satu destinasi wisata yang menurut kami sangat recommended terutama bagi kalian para pecinta wisata alam dan sejarah yaitu berkunjung ke situs Gunung Padang yang ada di Kabupaten Cianjur. Situs Gunung Padang Cianjur biasa dikenal dengan sebutan tempat wisata megalitikum yang keren dan terbaik sedunia dan hal ini memang bukanlah isapan jempol Semata, lokasi wisata ini kalian bisa mempelajari banyak sekali sejarah yang yang masih misterius sampai sekarang tentang sebuah situs Gunung Padang yang di klem mempunyai umur yang lebih tua jika dibandingkan piramida Giza yang ada di kota Mesir dan juga Candi Borobudur yang ada di Indonesia.

Situs Gunung Padang merupakan situs megalitikum yang diprediksi sudah ada semenjak 5200 sebelum Masehi dimana lokasi wisata ini dianggap sebagai misteri terbesar yang ada di Indonesia dikarenakan memang masih banyak hal yang misterius yang belum bisa terkuak sampai sekarang baik oleh ahli sejarah dan lainnya. Ketika anda para pecinta sejarah dan juga pecinta alam pertama kali berkunjung ke lokasi ini, maka anda akan berdecak kagum dengan sebuah situs Gunung Padang ciptaan Allah SWT yang super keren dan maha dahsyat.

 

Sejarah situs Gunung Padang

Seperti dikutip dari laman Wikipedia apabila situs Gunung Padang adalah situs prasejarah peninggalan kebudayaan megalitikum yang ada di Jawa Barat di mana laporan pertama kali terkait keberadaan situs tersebut dimuat di dalam Rapporten van de Oudheidkundige Dienst am yaitu sekitar tahun 1914 dan selanjutnya seorang sejarawan asal negara Belanda bernama NJ krom sudah menyinggung lokasi tersebut tahun 1949 dan selanjutnya di Tahun 1979, 3 penduduk setempat yaitu Endi, Soma, dan Abidin memberikan sebuah laporan terkait keberadaan tumpukan batu persegi besar berukuran tersusun di dalam suatu tempat berundak yang mengarah ke Gunung Gede.

Selanjutnya Ketiga orang tersebut bersama kepala seksi kebudayaan Departemen Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Cianjur yaitu Raden Adang Suwanda langsung melakukan pengecekan dan melakukan kajian di Tahun 1979 pada situs yang unik tersebut.

Harga tiket masuk situs Gunung Padang

Di bawah ini adalah harga tiket masuk yang update di tahun 2020 bagi Anda yang ingin berwisata ke salah satu area Megalitikum terbesar di Indonesia malahan di Asia dimana untuk tarif masuknya sendiri terbilang murah yaitu hanya Rp5.000 bagi setiap pengunjung dan mereka pun sudah bisa berkeliling dan menikmati area sekitar.

Jam buka situs Gunung Padang

Seperti diketahui apabila situs Gunung Padang bisa dikunjungi setiap hari mulai dari jam 09.00 – 17.00 WIB.

Daya tarik di situs Gunung Padang

Situs yang ada di Kabupaten Cianjur ini resmi mempunyai sertifikat sebagai cagar budaya dan ditetapkan di tahun 2018 yang lalu dan dengan mendapatkannya sertifikat resmi maka nama Gunung Padang berubah menjadi cagar budaya nasional Gunung Padang yang memang sampai sekarang masih penuh dengan misteri.

Walaupun masih banyak misteri yang belum terungkap, akan tetapi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi ini maka mereka bisa menikmati daya tarik dan spot wisata di situs Gunung Padang di antaranya adalah:

Menikmati situs Megalitikum dunia

Gunung Padang Cianjur adalah situs megalitikum zaman purba yang ditandai dengan adanya peradaban batu besar selanjutnya hamparan bebatuan purba tersebut masih bisa disaksikan di daerah tersebut sehingga tidak salah jika area ini disebut sebagai situs Megalitikum terbesar di dunia dimana untuk konstruksi bangunan dan ukuran juga usia situs ini terbilang paling tua yaitu dengan mempunyai ketinggian 220 m yang menempati lahan cukup luas sampai 29,1 hektar.

Menikmati pemandangan indah dari perbukitan

Di lokasi ini pun para pengunjung sudah bisa Menikmati keindahan alam sekitar yang sangat indah walaupun pastinya kalian bisa menaiki ratusan tangga terlebih dahulu supaya bisa melihat keadaan alam sekitar yang maha dahsyat.

Selanjutnya di lokasi tersebut terdapat pemandangan menyejukkan dan di antaranya adalah hijaunya pepohonan yang menghampar di bawah bukit sudah terlihat dari kejauhan pemandangan eksotis gunung gede-pangrango cianjur.

Gunung gede-pangrango adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia yang memang mempunyai keunikan tersendiri dan kalian pun bisa menikmati sunset di lokasi tersebut.

Menikmati bukan sekedar bukit

Secara tidak sadar apabila situs Gunung Padang Cianjur memberikan dedikasi dan ilmu pengetahuan alam bagi para pengunjung dikarenakan kalian bukan hanya sekedar melihat bukit akan tetapi seperti diungkapkan oleh sang juru kunci apabila dahulunya situs ini dikenal sebagai negara siang Padang yang mempunyai filosofi tersendiri dan situs ini menjadi area berbagi ilmu mulai dari ilmu sejarah arkeologi antropologi geologi sampai sosiologi.

Di lokasi ini pun kalian bisa menikmati sebuah sumur yang diberi nama sumur Kahuripan yang mempunyai arti sumur yang memberikan kehidupan bagi masyarakat sekitar dikarenakan tidak pernah surut walaupun di musim kemarau.

Melihat misteri situs Gunung Padang

Penuh misteri merupakan salah satu ungkapan yang sampai sekarang hadir di benak para pengunjung ketika mereka berada di lokasi situs Gunung Padang Cianjur dan Hal inilah yang menjadikan situs ini sangat diapresiasi baik oleh pemerintah pusat dan daerah juga oleh para pemerhati arkeologi dunia.

Ketika kalian berkunjung ke lokasi ini terdapat lima tingkatan atau undakan di situs Gunung Padang Cianjur di mana di tingkat lima terdapat tempat bernama Sunan Ibnu Sunan Rama dan misteri selanjutnya terdapat di tingkat kedua yaitu batu mahkota dunia di mana Banyak anggapan jika batu tersebut adalah operasi harta Terpendam di Gunung Padang.

Melihat wisata yang sudah menjadi film

Seperti diketahui apabila situs Gunung Padang Cianjur sudah pernah beberapa kali dijadikan area film yang diproduksi dan pastinya ketika kalian berkunjung ke lokasi ini kalian bisa melihat secara langsung situs unik tersebut.

Diduga ada piramida

Situs Gunung Padang yang dijadikan sebagai cagar budaya membuat para peneliti banyak beranggapan jika gunung Padang mempunyai bentuk segitiga sama sisi dan diduga terkubur piramida di bawahnya walaupun Sampai sekarang masih menjadi perdebatan di antara mereka.

Fungsi Gunung Padang

Beberapa Spot yang berada di sini bisa dijadikan tempat berfoto selfie walaupun pastinya Kalian harus menjaga kearifan lokal dan menjaga tidak untuk merusak dan kabarnya apabila fungsi situs Gunung Padang dahulunya diperkirakan sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat yang bermukim di lokasi tersebut yaitu sekitar 2000 tahun sebelum Masehi dan dalam beberapa penjelasan lain apabila di lokasi tersebut untuk pemujaan sudah menggunakan keterlibatan musik dari beberapa batu megalitikum yang memang ada.

Fasilitas di situs Gunung Padang Cianjur

Untuk Anda yang ingin berwisata ke lokasi ini maka untuk fasilitasnya terbilang lengkap diantaranya adalah:

  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat makan
  • Tempat membeli aksesoris

Alamat dan lokasi situs Gunung Padang

Bagi Anda yang belum mengetahui Di manakah keberadaan situs Gunung Padang Cianjur, maka di bawah ini kalian bisa melihat lokasi situs Gunung Padang dan juga alamat Google Map dari tempat tersebut.

Lokasi situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang berlokasi di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianju, Jawa Barat dengan kode pos 43263

Alamat Google Map Gunung Padang Cianjur

Untuk kalian yang ingin mengetahui Google Map dari situs Gunung Padang maka bisa melihat alamat Google Map berikut ini.

Hotel di dekat situs Gunung Padang Cianjur

Di bawah ini adalah beberapa hotel yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi apabila ingin bermalam dan dekat dengan situs Gunung Padang Cianjur di antaranya adalah:

  • Horison Sukabumi
  • Max One Hotel
  • VIP hotel
  • Hotel Santika Sukabumi
  • Cianjur paddies hostel
  • Aira costel
  • Vermisse guest house
  • Sparks odeon Sukabumi
  • Red Doors
  • Hotel Mustika
  • Anugrah hotel
  • Shine Bnb Cianjur

Foto terbaru situs Gunung Padang Cianjur

Di bawah ini adalah beberapa penampakan foto terbaru untuk situs Gunung Padang yang kami ambil dari berbagai sumber di Instagram dengan tujuan agar bisa memberikan referensi untuk anda semua.

Situs Gunung Padang - IG 5
Situs Gunung Padang – IG 5
Situs Gunung Padang - IG 7
Situs Gunung Padang – IG 7
Situs Gunung Padang - IG 6
Situs Gunung Padang – IG 6
Situs Gunung Padang - IG 3
Situs Gunung Padang – IG 3
Situs Gunung Padang - IG 4
Situs Gunung Padang – IG 4
Situs Gunung Padang - IG 2
Situs Gunung Padang – IG 2
Situs Gunung Padang - IG 1
Situs Gunung Padang – IG 1
Kesimpulan

Untuk kalian yang suka sekali dengan wisata alam dan juga wisata sejarah, maka situs Gunung Padang yang ada di Kabupaten Cianjur tepatnya di perbatasan dusun Gunung Padang dan panggulan desa karyamukti Kecamatan Campaka bisa dijadikan sebagai tempat berwisata anda dan keluarga dimana di lokasi ini kalian bisa menikmati pemandangan alam sambil berfoto selfie dan juga bisa mendapatkan ilmu tentang megalitikum dan juga ilmu sejarah tempo dulu yang penuh misteri dan sangat keren.