30 Usaha Ternak yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Mau coba usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil? Bisa! Silakan pilih yang terbaik dan sesuaikan dengan ketersediaan dananya.

Ada banyak pilihan usaha yang dapat Anda jalankan. Mulai dari bisnis hewan darat, air, hingga udara. Anda dapat memilihnya berdasarkan passion, hobi, atau skill supaya bisnisnya dapat berkembang dengan pesat.

Yang menarik dari bisnis ternak adalah mudah! Anda hanya perlu mengetahui cara ternaknya kemudian menjalankan usahanya sebagai bisnis utama atau sampingan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan daftar usahanya secara gamblang. Selamat menyimak sampai akhir.

Usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil – unggas

Berbicara tentang ternak di Indonesia, tentu unggas akan menjadi pilihan utama. Berikut ini adalah beberapa pilihan unggas yang dapat Anda budidayakan:

1. Telur puyuh

Burung puyuh merupakan salah satu jenis unggas yang cukup banyak peminatnya. Salah satu hasil puyuh yang banyak disukai orang adalah telurnya.

Usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil – telur puyuh

Sumber foto: Freepik.com

Untuk itu, Anda bisa mulai membeli beberapa indukan puyuh kemudian membudidayakannya untuk menghasilkan telur.

Silakan sesuaikan jumlah indukan dengan dana yang tersedia. Kemudian, hasil telurnya bisa didistribusikan atau dijual ke pemasok atau pedagang telur puyuh. Selain itu, Anda juga bisa menjualnya langsung ke end user.

2. Burung puyuh

Selain telur, burung puyuh juga dapat dinikmati dagingnya. Buktinya, banyak sekali warung lalapan yang menambahkan burung puyuh ke dalam menunya.

Meski unggas ini bisa dinikmati daging dan telurnya, Anda tetap harus memilih salah satu produk supaya lebih fokus.

Khusus untuk penjualan dalam bentuk daging, hindari penjualan di usia tua karena rasa dagingnya kemungkinan akan terasa berbeda. Penjualan burungnya bisa langsung ke pemilik warung atau pemasok daging yang ada di pasar.

Berbeda dengan peternakan burung puyuh yang diambil telurnya, di sini kemungkinan Anda membutuhkan burung dalam jumlah yang lebih banyak. Hal ini karena produk akhir yang dijual adalah burungnya.

3. Ayam petelur

Ada banyak jenis ayam di Indonesia, salah satunya adalah ayam petelur. Sesuai dengan namanya, untuk menjalankan usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil ini Anda memerlukan indukan buat menghasilkan telur.

Proses penjualannya nanti bisa langsung ke grosir telur atau pedagang-pedagang sembako. Silakan sesuaikan ketersediaan dananya untuk membeli indukan awal.

4. Ayam pedaging

Selain petelur, ayam pedaging juga sangat menguntungkan. Biasanya, jenis ayam ini disebut ayam potong dan banyak dijual di pasar-pasar hingga supermarket. Pangsa pasar produk ini sangat tinggi karena hampir semua ibu rumah tangga memasaknya setiap hari.

Usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil – ayam pedaging

Sumber foto: Freepik.com

Anda dapat kulakan anakan kemudian mengembangkannya dengan memberi pakan yang sesuai. Bila sudah siap, silakan jual langsung ke pemasok, grosir, pedagang ayam, bekerja sama dengan super market atau jadi pemasok untuk salah satu bisnis franchise makanan terlaris di Indonesia. Contohnya, ayam geprek.

5. Ayam kampung

Harga ayam kampung boleh jadi lebih mahal dibanding produk ayam lainnya. Namun, produk ini memiliki pangsa pasarnya sendiri. Salah satu contohnya adalah sebagai lauk makanan untuk bayi. Selain itu, beberapa warung besar juga menyediakan menu khusus ayam kampung.

Cara beternak ayam kampung sangat mudah atau tidak terlalu rewel. Itulah yang menjadikan bisnis ini makin menguntungkan.

6. Bebek

Bebek menjadi salah satu menu olahan yang cukup digemari di Indonesia. Dagingnya yang kenyal memiliki cita rasa tersendiri. Anda bisa beternak bebek dan menjual dagingnya ke beberapa pemilik warung, katering, dan pasar.

7. Telur bebek

Selain dapat dimanfaatkan dagingnya, bebek juga menghasilkan telur yang memiliki pangsa pasar sendiri. Misalnya untuk penjual martabak atau dibuat menjadi telur asin.

Meski bisa dimanfaatkan daging dan telurnya, sebaiknya Anda fokus di salah satunya saja. Hal ini erat kaitannya dengan cara ternaknya. Jadi, pelajarilah dengan baik sebelum memulai usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil ini.

8. Burung parkit

Parkit adalah salah satu jenis burung berkicau yang digemari di Indonesia. Selain karena kicauannya yang keren, burung ini juga memiliki bulu yang indah dengan warna yang cantik.

Yang menarik, usaha unggas satu ini berpotensi menghasilkan banyak uang dari modal yang kecil. Bayangkan saja, harga sepasang parkit yang tadinya hanya 200 ribuan bisa Anda jual di angka jutaan rupiah setelah dibudidayakan.

9. Burung lovebird

Selain parkit, lovebird juga memiliki penggemar yang cukup fanatik. Tak hanya dari pencinta burung, lovebird juga mampu menarik orang awam lewat keunikannya dalam hal berpasangan, kicauannya yang indah, dan bulunya yang berwarna-warni.

Dengan modal 250 ribuan, Anda bisa menjual lovebird sampai jutaan rupiah setelah dibudidayakan dengan baik.

10. Walet

Walet merupakan burung yang terkenal dari dulu sampai sekarang. Anda bisa menjual sarang hingga kotorannya. Untuk memulai usaha ini, yang perlu Anda siapkan adalah rumah sebagai tempat walet bersarang.

Bisnis ternak yang menguntungkan – ikan dan sejenisnya

Selain unggas, Anda juga bisa mencoba bisnis dengan beternak hewan air. Mulai dari ikan yang dapat dimakan hingga ikan hias untuk akuarium. Berikut ini info selengkapnya:

11. Lele

Siapa yang tidak tahu lele, hampir semua orang pernah memakan ikan yang memiliki kadar protein tinggi ini. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal 3 jutaan dengan keuntungan yang cukup besar karena pangsa pasarnya yang tinggi.

Bisnis ternak yang menguntungkan – ikan lele

Sumber foto: Freepik.com

Harga ikan ini juga cenderung stabil sehingga tidak akan membuat perhitungan rencana bisnis Anda melenceng. Terlebih, lele juga menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang mudah dikembangkan. Agar modalnya kecil, sebaiknya mulai usahanya dari kolam terpal.

12. Patin

Patin menjadi salah satu ikan yang dapat dikembangkan dengan mudah. Hewan yang tidak memiliki banyak duri ini memiliki pangsa pasar yang jelas, yakni dari para pedagang ikan hingga pembuat olahan patin seperti nugget, abon, dan yang lainnya.

Anda pun dapat membuat kolam dari terpal untuk menghemat anggaran.

13. Koi

Bagi sebagian orang, koi menjadi ikan yang dikeramatkan. Inilah yang membuat harga jual ikan koi berbeda dengan ikan air tawar lainnya.

Bila ikan lain dijual kiloan, koi dijual per ekor. Harganya biasanya ratusan ribu hingga jutaan rupiah per ekor. Tergantung warna kulit dan ukuran ikannya.

Modal bibitnya tidak mahal, per ekornya tidak sampai 10 ribu rupiah tergantung ukurannya. Namun perlu diperhatikan bahwa bila ada warna yang cacat, maka ikan koi tersebut sudah tidak bisa dijual. Jalan satu-satunya adalah dimakan sendiri.

14. Nila

Ikan nila merupakan salah satu menu makanan yang sering ada di resto-resto dan dijual oleh penjual ikan di pasar. Ikan ini memiliki daging dengan cita rasa yang enak dan tekstur yang lembut.

Anda bisa mulai bisnisnya dari kolam air terpal. Harga bibitnya sangat murah, ada yang menjual 1 jutaan untuk 4.000 ekor. Artinya, modal 3 jutaan rasanya sudah cukup untuk memulai usaha ini dari awal.

15. Gurame

Selain nila, gurame juga menjadi ikan air tawar yang paling banyak peminatnya. Baik itu di resto maupun ibu rumah tangga. Itulah yang menyebabkan jenis ikan satu ini masuk ke dalam usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil.

Untuk memulai bisnisnya, Anda tinggal membeli bibit yang harganya mulai Rp 1.300,- per ekor, tergantung ukurannya. Anda bisa menyesuaikan ketersediaan modal dengan pemenuhan bibit dan biaya operasional lain.

Harga jual gurame sangat stabil, yakni di angka Rp 45.000,- sampai Rp 60.000,- per kilogram.

16. Kakap

Salah satu ikan air tawar yang laris di pasaran adalah ikan kakap. Harga bibit kakap sangat beragam, mulai dari Rp 950,- per ekor sampai ribuan. Hal ini tergantung jenis dan ukuran bibitnya.

Untuk menentukan jenisnya, silakan cari tahu jenis kakap apa yang paling laku di pasaran. Kemudian beli bibitnya sesuai dengan dana yang ada. Selanjutnya jual saat usianya sudah memenuhi. Penjualannya bisa ke pedagang ikan, langsung ke pembeli, atau bekerja sama dengan super market.

17. Ikan hias

Selain jenis ikan yang dapat dimakan di atas, beternak ikan hias ternyata juga sangat menguntungkan. Hal ini karena saat ini banyak orang yang suka membuat akuarium dan aquascape.

Jenis ikan hias sangat banyak, dari yang murah hingga mahal. Salah satu contohnya adalah ikan arwana yang saat masih kecil dihargai ratusan ribu. Tapi begitu sudah besar, harganya bisa sampai jutaan rupiah.

18. Belut

Belut kini menjadi menu makan yang cukup banyak peminatnya. Hewan air yang terkenal licin ini biasanya dijadikan sebagai salah satu menu di warung lalapan. Selain itu, dia juga bisa dibuat keripik atau belut crispy.

Budidaya belut tergolong mudah. Selain itu, harga bibitnya juga tidak terlalu mahal, yakni sekitar Rp 45.000 per setengah kilogram. Bisnis ini bisa dijalankan baik di pedesaan maupun perkotaan.

19. Udang

Di beberapa daerah yang terkenal dengan tambaknya, udang merupakan salah satu komoditi yang cukup menjanjikan. Harganya stabil dan tergolong mahal dengan cara ternak yang tergolong mudah.

Bisnis ternak yang menguntungkan – udang

Sumber foto: Freepik.com

Produk ini dapat langsung dijual ke pemasok atau ke pedagang-pedagang besar di pasar. Selain itu, Anda juga dapat membuat pengolahan udang sendiri. Misalnya dijadikan terasi atau petis. Peluangnya sangat banyak sehingga potensi berkembangnya tinggi.

Usaha ternak yang menjanjikan di masa depan dan masa kini – hewan darat

Berikut ini adalah beberapa pilihan binatang yang dapat diternak dan terbukti menghasilkan banyak uang dari dulu, sekarang, hingga nanti:

20. Sapi

Sapi menjadi salah satu komoditi peternakan yang sangat menguntungkan. Hal ini sudah terbukti sejak dulu sampai sekarang, di mana para petani memilihnya sebagai hewan ternak rumahan untuk dijual sewaktu-waktu saat membutuhkan uang dalam jumlah besar.

Anda dapat memulai usahanya dengan cara membeli 2 ekor sapi betina. Proses kawinnya adalah dengan kawin suntik. Kalau bisa, pilih jenis yang mahal dan banyak peminatnya seperti brahma.

Sebagai modal awal, dua sapi bisa dibeli dengan harga 20 sampai 25 jutaan. Setelah melahirkan dan dikembangbiakkan, Anda bisa menjualnya lagi ke pasar dengan harga yang tinggi.

21. Sapi perah

Selain sapi yang diambil dagingnya, Anda juga bisa mencoba bisnis sapi perah. Usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil ini dapat memberikan keuntungan harian. Hal ini karena susu yang dihasilkan bisa diperah setiap hari dan dijual saat masih segar.

Usaha ternak yang menjanjikan di masa depan dan masa kini – sapi perah

Sumber foto: Freepik.com

Mayoritas peternak menjual produknya langsung ke KUD setempat. Harganya memang tidak semahal bila dijual sendiri ke pembeli, tapi dengan penjualan langsung ke KUD, sirkulasi keuangan menjadi lebih cepat.

Harga sapi perah saat ini adalah 19 jutaan. Sementara pakannya bisa didapatkan dari rumput biasa.

22. Kelinci

Binatang satu ini memiliki pencintanya sendiri. Ada yang suka karena hobi, ada pula yang menjadikannya sebagai olahan atau makanan. Salah satu yang cukup terkenal adalah sate kelinci.

Anda dapat mulai beternak kelinci dengan membeli induk sepasang seharga 160 ribuan. Dengan uang ini biasanya indukannya siap untuk beranak. Nantinya, Anda bisa menjual anakan kelinci di pasar hewan seharga Rp 25.000 sampai Rp 45.000,- per ekor.

23. Kambing

Kambing bisa dimanfaatkan dagingnya. Untuk memulai bisnis ini, Anda memerlukan uang jutaan rupiah khusus untuk membuat kandang dan menyiapkan indukan.

Selain dagingnya yang dapat dijual ke pasar, kotorannya juga dapat dijadikan pupuk dan dijual dengan harga yang lumayan.

24. Kambing etawa

Susu kambing terkenal memiliki khasiat yang luar biasa, khususnya susu kambing etawa. Oleh karena itu, Anda dapat menjalankan bisnis ternak yang menjanjikan dengan modal kecil satu ini.

Sebagai informasi, harga kambing etawa betina berusia 3 – 6 bulan adalah sekitar 1,2 sampai 1,7 juta rupiah. Silakan sesuaikan budget dengan total kambing yang mau dibeli.

25. Kuda

Peternakan kuda tidak terlalu banyak pesaingnya. Padahal, bisnis ini cukup menguntungkan karena diminati oleh orang-orang khususnya untuk pacuan kuda. Selain itu, kuda juga dikenal gesit saat menarik delman.

Bisnis budidaya unik dan menghasilkan

Selain deretan hewan di atas, Anda juga dapat mencoba bisnis unik di bawah ini:

26. Lebah madu

Lebah menjadi salah satu hewan terbang yang cukup menguntungkan. Anda bisa beternak lebah kemudian memanen madunya untuk dijual. Madu dari lebah ini memiliki khasiat yang banyak dan pangsa pasarnya luas.

Selain dapat diambil hasil madunya, peternakan lebah juga bisa dijadikan sebagai salah satu wahana wisata edukatif.

27. Kroto

Kroto atau anakan semut rangrang memiliki harga yang mahal. Sayangnya, ketersediaan di alam semakin menipis. Untuk itu, Anda bisa mengambil peluang ini sebagai usaha yang menjanjikan. Yakni dengan beternak kroto.

Harga paket bibitnya untuk 100 toples dengan 3 ratu adalah 2 jutaan. Dengan modal ini, Anda bisa mendapatkan berkilo-kilo kroto dengan harga per kg mulai 75 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

28. Semut jepang

Usaha lain yang cukup menjanjikan adalah semut jepang. Hewan kecil ini dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan sehingga peminatnya cukup banyak.

Yang menarik, sampai sekarang belum banyak orang yang mengembangkan bisnisnya, yang artinya persaingannya belum begitu banyak.

Anda bisa membeli bibit seharga 500 sampai 1.000 rupiah per semut. Karena pertumbuhannya yang cepat, Anda bisa langsung menjual produknya di bulan pertama.

29. Jangkrik

Jangkrik menjadi salah satu hewan yang cukup banyak peminatnya karena bisa dijadikan pakan. Untuk beternak jangkrik, Anda perlu membeli telurnya kemudian dikembang biakkan.

Selain dapat dijual dalam bentuk jangkrik, Anda juga dapat menjual telurnya kepada para peternak lainnya. Harganya cenderung stabil sehingga sangat menguntungkan.

30. Cacing sutera

Cacing sutera merupakan hewan yang dapat diternak di kolam atau lahan yang sangat sempit. Cacing ini sangat dibutuhkan dalam proses pembenihan ikan atau untuk pakan ikan hias. Ukurannya yang kecil sangat cocok sebagai pakan untuk larva-larva yang ukurannya masih belum begitu besar.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal awal 1 juta. Selanjutnya, silakan jual produknya secara offline maupun online dengan harga jual yang kompetitif.

Itulah beberapa pilihan usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil dan keuntungannya melimpah. Silakan pilih salah satu kemudian jalankan dengan fokus dan telaten.