Peluang Usaha Pangkas Rambut, Modal 3 Jt Siap Ekspansi

Modal kecil, langsung balik modal! Itulah usaha pangkas rambut. Bisnis ini amat menggiurkan karena banyak orang butuh, tapi semua upahnya jadi milik kita semua.

Sudah bukan rahasia umum jika membuka bisnis jasa dapat memberikan keuntungan yang luar biasa sebab minim biaya operasional.

Pemilik usaha dibayar berdasarkan jasa yang diberikan atau keahlian yang dimiliki. Sebagian besar upah ini akan masuk ke kantong sang pemilik. Sementara yang diputar ulang untuk modal toko sangat kecil.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai usaha barbershop yang dalam beberapa waktu terakhir booming dan trend. Jadi, silakan simak sampai akhir jika Anda mau membuka usaha ini.

Peluang usaha pangkas rambut yang menjanjikan

Bisnis pangkas rambut yang paling banyak peminatnya adalah potong rambut pria. Hal ini karena kaum laki-laki lebih sering tampil dengan gaya cepak.

Peluang usaha pangkas rambut yang menjanjikan

Berbeda dengan wanita yang sebagian besar memilih memanjangkan rambutnya sehingga jarang terlihat memotong rambut. Paling-paling hanya dirapikan bagian ujungnya saja.

Jadi, kalau Anda mau membuka barbershop, jelas pilihan membuka bisnis khusus pria lebih menguntungkan.

Selain soal keteraturan untuk potong rambut, salon pria juga lebih berpeluang sukses karena alasan di bawah ini:

Masing-masing lelaki potong rambut secara berkala sebulan sekali

Dalam beberapa literatur disebutkan bahwa pemilik rambut pendek seharusnya memotong rambutnya setiap 4-6 minggu sekali.

Sedangkan mereka yang berambut panjang bisa memotong rambut setidaknya 4-6 bulan dari periode terakhir potong rambut. Hal ini dilakukan agar rambut tetap pada kondisi sehat dan terawat.

Artinya, semua lelaki yang mayoritas memiliki rambut pendek akan sering mengunjungi barbershop karena butuh menjaga kesehatan rambutnya. Mereka datang ke sini setidaknya sekali dalam sebulan. Begitu terus secara berkala.

Modalnya lebih kecil

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha yang fokus ke rambut para pria jauh lebih kecil dibanding wanita. Sebab peralatan yang dipakai juga lebih sederhana.

Berbeda dengan salon wanita yang memerlukan creambath, smoothing, curly, dan yang lainnya. Pada pria, rambutnya cukup dipotong sampai rapi.

Desain tempat usaha yang tak begitu ribet

Usaha ini bisa dimulai dari lokasi usaha yang kecil, tak perlu tempat luas untuk memulainya. Sebab yang dibutuhkan hanyalah kursi, cermin, dan peralatan untuk potong rambut.

Konsep yang diusung pada gerainya juga terbilang simpel. Tak perlu aksesori macam-macam karena kesannya sederhana tapi tetap maskulin.

Keuntungan yang sangat besar

Profit margin bisnis ini besar. Setidaknya sebanyak 50% sampai 60% dari upah yang diterima akan masuk ke kantong pemilik usaha, kecuali jika Anda mempekerjakan karyawan.

Resiko usaha pangkas rambut

Semua bisnis pasti memiliki risiko dan khusus untuk barbershop, berikut ini adalah kemungkinan resikonya:

Model rambut tidak sesuai keinginan pelanggan

Saat memotong rambut pelanggan, bisa jadi mereka tidak terlalu suka dengan hasilnya. Inilah yang kemudian membuat mereka kecewa dan mungkin tidak datang lagi.

Antrean yang panjang bikin tidak betah

Dalam memotong rambut, orang-orang membutuhkan waktu yang berbeda. Ada yang bisa cepat, ada pula yang lambat.

Nah, bila kinerjanya cepat dengan hasil yang bagus, maka ini adalah kabar baik sebab bisa mengurangi antrean panjang dengan cepat pula.

Sebaliknya, bila kinerjanya lambat ini akan membuat antrean mengular dan para pelanggan akan bosan menunggu.

Persaingan ketat

Karena peluang yang cukup menjanjikan, ada banyak sekali orang yang ingin membuka usaha pangkas rambut. Entah dengan mengerjakannya sendiri karena sudah punya keahlian atau mempekerjakan orang lain karena tak cukup yakin dengan keahlian memotongnya.

Yang jelas karena peluang besar, persaingannya juga kemungkinan besar. Apalagi jika Anda tinggal di perkotaan atau lokasi pemukiman padat penduduk.

Cara mengembangkan usaha pangkas rambut dan meminimalkan resikonya

Cara mengembangkan usaha pangkas rambut dan meminimalkan resikonya

Menilik peluang dan resiko yang dibahas di atas, Anda memerlukan trik atau kiat sukses untuk menjalankan bisnis ini. Tujuannya adalah agar peluangnya bisa dimaksimalkan dan risikonya bisa diminimalkan. Berikut ini beberapa triknya:

Tentukan lokasi usaha yang tepat dan strategis

Tempat usaha memegang peran penting dalam keberhasilan sebuah bisnis. Lokasi ini berkaitan erat pangsa pasar yang ingin dituju.

Jika hidup di kota dan ingin menyasar kalangan mahasiswa maka membukanya dekat kampus bisa jadi solusi. Tapi kalau Anda menyasar para eksekutif muda, menyewa lahan dekat area kantor adalah pilihan yang tepat.

Sebaliknya, jika Anda ingin menjadikan bisnis ini sebagai peluang usaha yang cocok di desa, maka membukanya di pinggir jalan dengan memanfaatkan rumah pribadi adalah solusi yang paling menguntungkan.

Keahlian

Karena ini adalah bisnis berbasis jasa, maka keahlian untuk memotong rambut adalah modal yang utama. Tanpa ini, bisnis tak akan berjalan.

Bila Anda memiliki keyakinan untuk memotong rambut sendiri, maka lakukanlah. Nanti, jika antrean sudah panjang berarti saat itu Anda butuh karyawan. Maka carilah karyawan yang juga terampil dengan hasil potongan bagus.

Menguasai tren model rambut masa kini

Style atau gaya rambut juga penting buat para cowok. Meski tidak semua cowok mau tampil mengikuti tren, tapi Anda harus tetap menguasai tren terbaru jika memang ada yang sedang hits.

Tempat yang nyaman

Buatlah lokasi usaha Anda nyaman buat para pelanggan. Nyaman untuk menunggu dan nyaman untuk yang sedang dipotong. Pastikan sirkulasi udara bagus. Kalau memang udara di luar panas, Anda bisa memakai kipas angin atau AC.

Jika memang modalnya cukup, menambahkan wifi gratis juga bisa jadi solusi buat para pelanggan agar tidak bosan menunggu.

Layanan yang cepat

Keahlian Anda harus semakin meningkat agar bisa memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan.

Dengan keahlian memotong yang bagus dan cepat, para pelanggan yang datang juga tak perlu menunggu lama, bukan?

Ramah

Terkadang untuk meningkatkan trust dan bounding dengan pelanggan, harus ada komunikasi yang tulus. Jadilah pribadi yang ramah, jangan sungkan untuk bertanya apa yang mereka butuhkan, mau seperti apa, apa ada yang kurang dengan hasilnya, dan yang lainnya.

Promosi

Lakukan promosi dengan rajin. Salah satu metode yang paling manjur adalah memakai sistem member atau kupon.

Anda bisa membuat kupon buat para pelanggan yang datang. Misalnya dengan memberikan 1 kali gratis potong setelah 3 kali potong rambut berturut-turut.

Trik seperti ini juga bisa menjadikan para pelanggan loyal meskipun ada banyak pangkas rambut yang baru buka.

Perkiraan rincian modal dan analisa BEP bisnis potong rambut

Perkiraan rincian modal dan analisa BEP bisnis potong rambut

Berikut ini adalah perkiraan rincian modal usaha pangkas rambut yang bisa Anda terapkan. Rincian ini khusus untuk pemula yang mau memulai bisnis kecil-kecilan:

Modal awal

  1. Investasi alat Rp 1.000.000,-.
  2. Cermin Rp 1.000.000,-.
  3. Kursi Rp 1.000.000,-
  4. Lain-lain Rp 100.000,-.

Total modal yang diperlukan sebagai investasi awal sekitar Rp 3.100.000,-.

Biaya operasional bulanan

  1. Sewa tempat 0 (dianggap buka usaha di rumah sendiri).
  2. Listrik Rp 200.000,-.
  3. Biaya bahan seperti silet, bedak, dll Rp 100.000,-.
  4. Lain-lain Rp 100.000,-.

Secara total, biaya operasional bulanannya adalah Rp 400.000,-

Asumsi pendapatan per bulan

Misalnya satu kali potong bayar Rp 10.000,-.

Jika dalam satu hari ada 15 pelanggan yang datang, maka estimasinya adalah:

15 x Rp 10.000,- = Rp 150.000,- per hari.

Dalam satu bulan, dengan asumsi tidak ada libur, maka pendapatannya akan jadi:

Rp 150.000,- x 30 = Rp 4.500.000,-

Perhitungan laba di bulan pertama

Pada bulan pertama, Anda akan mendapat keuntungan sebagai berikut:

Rp 4.500.000 – Rp 3.100.000 – Rp 400.000 = Rp 1.000.000,-. (Langsung BEP)

Dari perhitungan di atas, kita tahu bahwa persentase margin bisnis ini sangat besar. Tentu saja ini berbeda jauh dengan usaha toko sembako yang marginnya kecil dengan perputaran barang cepat.

Perhitungan laba di bulan berikutnya

Jika bisa mempertahankan pelanggan atau meningkatkannya, maka keuntungan akan makin besar di bulan berikutnya. Sebab yang perlu dikeluarkan hanya biaya operasional saja.

Kecuali mau menambah alat lain seperti kipas angin atau asesori untuk membuat nyaman para pelanggan. Barulah Anda butuh mengeluarkan dana tambahan.

Anda juga bisa menambah karyawan bila mana pelanggannya sudah mulai antre berkepanjangan. Berikut ini estimasi perhitungannya dengan menambah karyawan 1 dengan gaji Rp 1.000.000,- per bulan.

Pelanggan yang datang 20 orang x Rp 10.000 = Rp 200.000,-, dengan hari kerja 30, maka pendapatannya Rp 6.000.000,-.

Pengeluaran operasional bulanan Rp 400.000 + Rp 1.000.000 = Rp 1.400.000,-.

Jadi laba bersihnya adalah Rp 6.000.000 – Rp 1.400.000 = Rp 3.600.000,-.

Perhitungan usaha pangkas rambut di atas hanya ilustrasi. Modal awal bisa berubah karena harga produknya lebih mahal atau murah. Perhitungannya juga tergantung kondisi pasar di daerah Anda.