Tips Bisnis Pulsa untuk Pemula 1 Bulan Langsung Balik Modal

Bagi pemula yang bingung memilih usaha, bisa mengikuti saran ini untuk menjalankan bisnis pulsa. Modalnya kecil. 1 bulan sudah bisa BEP.

Kok bisa?

Menjadi agen pulsa memang tidak seribet waktu dulu. Sekarang semuanya sudah serba online dan terbuka.

Biaya pendaftarannya kecil, bahkan gratis. Yang penting punya hp dan uang untuk deposit buat dijual ke pelanggan nantinya.

Banyak sekali kisah sukses yang berawal dari usaha jualan pulsa kecil-kecilan di rumah dan kos-kosan. Merangkak naik menjadi distributor dan melesat menjadi pemilik server pulsa sendiri.

Kalau anda punya modal besar, memang baiknya langsung membuka server sendiri untuk menjual pulsa elektrik all operator. Tapi tak semua punya kemampuan finansial yang besar. Maka jalan satu-satunya adalah menjadi agen eceran dulu.

Peluang Bisnis Pulsa Elektrik dan Online

  Tips Bisnis Pulsa untuk Pemula

Di era start up ini, jualan pulsa masih terbuka lebar. Peluangnya tetap besar karena hp sudah menjadi kebutuhan primer.

Lebih lagi, saat musim pandemi corona ini, semuanya membutuhkan paket internet karena kebutuhan work from home dan learn from home.

Oleh karena itu, menjalankan bisnis pulsa adalah pilihan tepat bagi pemula. Alasan lengkapnya adalah :

  1. Pertumbuhan pengguna smartphone terus meningkat setiap tahun.
  2. Modal untuk memulainya kecil. Cukup HP dan deposit saldo untuk anda jual.
  3. Target market semua kalangan. Mulai dari anak sekolah, pekerja kantoran, sampai ibu-ibu rumah tangga.
  4. Bisa merangkap menjual paket lainnya seperti layanan pembayaran PPOB.
  5. Per satu pelanggan bisa melakukan transaksi minimal 3 kali setiap bulan. Untuk beli paket data, paket telepon, dan saldo.
  6. Bisa dimulai tanpa harus buka kios pulsa. Namun akan lebih baik jika membukanya karena anda bisa stok kartu perdana dan aksesoris hp seperto headset, charger, powerbank, dan sound bluetooth.

Resiko Usaha Pulsa

Meskipun cara memulainya mudah, usaha ini juga punya banyak risiko.

  1. Banyak pesaingnya. Sampai tak terlihat. Maksudnya, banyak pengguna gadget sekarang langsung mendaftar sendiri menjadi agen agar mendapatkan harga murah untuk di pakai sendiri.
  2. Risiko kehilangan deposit jika pemilik server curang. Bahkan banyak kejadian saldonya di bawa lari servernya, atau saldo hilang karena server di hack.
  3. Kena komplain pelanggan karena pulsa lama masuk jika servernya lemot.

Strategi Bisnis Pulsa

Strategi Jualan Pulsa Tetap Laris

Tips bisnis pulsa bagi pemula yang menjual di rumah sebenarnya sederhana.

Jangan ambil banyak untung

Pulsa termasuk barang yang sensitif akan harga. Selisih 50 perak pun, pelanggan bisa pindah ke lain hati. Tapi anda jangan pernah terjebak dengan perang harga. Pasti bangkrutnya.

Boleh ambil untung banyak tapi harus sepadan dengan kualitas layanan anda.

Pilih dealer yang terpercaya

Server yang dimiliki oleh dealer pulsa harus terjamin ketangguhannya. Keamanan terjamin. Tidak mudah di hack dan banyak agennya yang puas dan sukses.

Anda perlu riset khusus untuk memilih dealer yang baik.

Buka peluang lainnya dengan melayani PPOB

Dengan membuka layanan PPOB, anda bisa membayarkan tagihan air, internet kabel, tv kabel, sampai BPJS. Tinggal mengalikan saja, jumlah transaksi dengan keuntungan yang anda ambil.

Jemput bola

Tawarkan pulsa anda langsung ke kakak, paman, tante, dan tetangga satu komplek RT anda. Jika memungkinkan, ingatkan langsung ke mereka bahwa paket data internetnya mau habis dan sudah waktunya isi ulang.

Tagihan air dan BPJS juga bisa anda bayarkan dulu. Tentunya dengan sudah meminta izin sebelumnya untuk membayarkannya lebih dulu di bulan-bulan berikutnya. Anda tinggal menarik pembayaran di belakang.

Siap menerima bon hutangan

Manusia itu punya banyak latar belakang. Ada yang langsung bisa bayar, ada yang harus berhutang dulu. Alasannya bisa sederhana, yaitu agar bayarnya jadi satu semua setiap bulan. Ada juga yang rumit karena memang belum ada pemasukan.

Anda sebagai penjual pulsa yang baik harus siap dengan permintaan seperti ini. Lumrah. Apalagi jika anda menjalankan bisnisnya di desa. Yang orang per orangnya (karakter, nama, dan rumahnya) sudah anda kenal. Yang penting, pelunasan bon lancar terus.

Berbeda jika yang beli orang asing yang tak anda kenal. Jangan dikasih jika meminta bon. Bangkrut nanti.

Catat yang baik

Usahakan pencatatan transaksi yang anda jual rapi dan terekam dengan jelas. Jika ada komplain, anda bisa mudah melacaknya.

Analisis Bisnis dan Simulasinya

Investasi Awal dan Modal Usaha Pulsa

Analisis Investasi dan Modal Usaha Bisnis Pulsa

Modal bisnis pulsa bagi pemula relatif kecil. Investasi awalnya bisa nol jika memakai hp Anda sendiri. Namun, jika anda bermaksud memisahkan HP bisnis dan personal, maka anda perlu beli smartphone lagi.

Tidak harus yang mahal. Bekas pun oke. Minimal bisa dipakai SMS untuk kirim kode transaksi ke server.

Mau pakai yang android juga boleh dan disarankan. Alasannya, perintah transaksinya sekarang sudah bisa dikirim via internet lewat dashboard website, aplikasi, atau pakai chat telegram dan whatsapp.

Selain itu, anda bisa mengerjakannya tanpa perlu membuka kios. Cukup dari rumah dan memasarkannya dari mulut ke mulut. Mulai dari para saudara ke tetangga kanan kiri.

Untuk memulai, anda perlu mendaftar dulu menjadi agen penjual pulsa ke pemilik server pulsa. Pilihlah yang biaya memulainya kecil atau nol. Banyak juragan server yang menggratiskan pendaftaran agen baru.

Sehingga, nilai investasi awalnya adalah Rp 750.000,- hanya untuk membeli HP bekas di situs olx. Tanpa sewa kios dan tanpa biaya pendaftaran.

Biaya Operasional

Rincian biaya operasional bisnis pulsa adalah :

  1. Deposit Pulsa : Rp 500.000,-.
  2. Pulsa HP dan Paket Data : Rp 100.000,-.
  3. Listrik : Rp 30.000,-. (Kecil, bahkan nol karena hanya untuk biaya charging HP)

Pendapatan

Asumsikan anda mengambil keuntungan per transaksi Rp 1.500,-.

Perlu anda ingat, jumlah keuntungan anda tidak bergantung pada besarnya jumlah pendapatan. Tapi bergantung pada jumlah transaksi.

Misalnya, dengan modal deposit di atas, jika anda menjual pulsa senilai Rp 100.000, maka hanya cukup untuk 5 kali transaksi. Laba kotornya adalah Rp 7.500,-.

Namun, jika anda menjualnya lima ribuan, maka anda bisa melayani 100 kali transaksi. Laba kotornya Rp 150.000,-.

Asumsikan, Anda membatasi penjualan pulsa maksimal 25.000 demi mengejar jumlah transaksi dan keuntungan. Juga, jumlah penjualan per hari mencapai 20 kali tanpa melihat nilai yang dijual.

Maka, laba kotor yang anda dapatkan setiap bulan adalah :

  • Rp 1.500 x 20 x 30 = Rp 900.000,-.

Dikurangi dengan pengeluaran Pulsa Paket Data dan Listrik, maka laba bersihnya :

  • Rp 900.000 – Rp 100.000 – Rp 30.000 = Rp 770.000,-.

Estimasi BEP

Berpatokan pada biaya investasi awal sejumlah Rp 750.000,- maka BEP atau balik modal tercapai pada bulan pertama anda membuka bisnis pulsa.

Itulah tips dan trik cara bisnis pulsa untuk pemula yang jitu untuk dijual di rumah area kampung. Jika menurut anda usaha ini terlalu berisiko karena kebanyakan pesaing, anda bisa memilih usaha ternak kambing jika anda punya modal yang lebih banyak.

Namun, jika mau lanjut jual pulsa, maka layanan anda harus selalu bintang 5. Agar transaksi anda meningkat dan bisa loncat naik level menjadi dealer server pulsa.

1 thought on “Tips Bisnis Pulsa untuk Pemula 1 Bulan Langsung Balik Modal”

Comments are closed.